apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by ferryset »

saya ada pertanyaan nih. apakah betul apabila dibandingkan misalnya dengan tahun yang sama mobil honda jazz i-dsi lebih irit dibanding dengan VTEC? soalnya mobil saya 2008 honda jazz i-dsi untuk dalam kota hanya 1:7. apakah normal? untuk dijalan tol konsumsinya 1:11. padahal saya sudah melakukan tune-up, mengganti filter udara dan bensin, mengganti busi tapi tetap konsumsi bbm nya segitu. apa yang harus saya lakukan?
thanks guys :mky_04:
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by Turboman »

ferryset wrote:saya ada pertanyaan nih. apakah betul apabila dibandingkan misalnya dengan tahun yang sama mobil honda jazz i-dsi lebih irit dibanding dengan VTEC? soalnya mobil saya 2008 honda jazz i-dsi untuk dalam kota hanya 1:7. apakah normal? untuk dijalan tol konsumsinya 1:11. padahal saya sudah melakukan tune-up, mengganti filter udara dan bensin, mengganti busi tapi tetap konsumsi bbm nya segitu. apa yang harus saya lakukan?
thanks guys :mky_04:
BBM nya apa ? (kalo premios polos ya jgn protes)

Sudah pernah carbon clean ?

Nyetir pulse n glide ?

Sering nunggu sambil mesin idup ?

ban / pelk std ?
* Bukan ajakan Beli *
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by Landie »

Tidak normal pak kl dalkot 1:7 (kecuali macet banget yah).

Saya pake City i-dsi 2003 dalkot bisa 1:10, kl banyak lewat jalan macet 1:9; dulu pernah terjebak macet 5 jam (rute normal cm 30 menit) langsung jadi 1:7. Kl luar kota ke Bandung bisa 1:14 (situasi tol lancar, dalam kota Bandung macet).

Metode ukurnya full-to-full, BBM Premium.
zoroaster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by zoroaster »

ikutan kasih masukan, mobil gw skrg city 2007 idsi. pernah 1:12, tapi dengan kondisi skrg rata2 1:10... dulu selalu isi super, sekarang mulai nyoba performance 92. ke bengkel ngikutin km yg ditulis di kertas oli, udah termasuk carbon clean dll... rute bekasi - mega kuningan via tol and stop-go...
sesekalinya 1:7 itu gara2 pas pulang ke arah bekasi bertepatan dengan mudik lebaran + jalan tol lagi perbaikan (kuningan - bekasi 5 jam)... even saat kaki kanan lagi emosian paling parah 1:9... jadi bagi gw 1:7 itu ga wajar....

cuma pernah kejadian aneh aja, bed rest 5 hari otomatis idle 5 hari tuh city, tangki bensin dari 3/4... begitu hari ke 6 dinyalain, ga nyampe 1 menit turun ke 1/2 tangki... padahal nggak bocor dan nggak kecium uap bensin.... ini sering kejadian kalo lagi long weekend dimana mobil idle ga dipakai.... itu bensin ilang kemana ya?
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by MonSTER_GTR »

vtec lebih irit kayaknya, kalo ngedenger dari suara mesinya kayaknya idsi berat gitu, tapi kalo vtec smooth. ini sih pengaruh cc nya juga sih
Here Come's The Best Car - Coming soon
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by ferryset »

untuk info mobil saya menggunakan premium ditambah oktan booster bardhal, ban dan velg standar, melalui jalan tidak macet2 amat. lokasi di bandung. carbon clean saya blom coba. cuma saya denger dari orang2 kalau pernah mencoba carbon clean, oli mesin akan lebih cepat menguap. betul ga? thanks ya
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by ferryset »

zoroaster wrote:ikutan kasih masukan, mobil gw skrg city 2007 idsi. pernah 1:12, tapi dengan kondisi skrg rata2 1:10... dulu selalu isi super, sekarang mulai nyoba performance 92. ke bengkel ngikutin km yg ditulis di kertas oli, udah termasuk carbon clean dll... rute bekasi - mega kuningan via tol and stop-go...
sesekalinya 1:7 itu gara2 pas pulang ke arah bekasi bertepatan dengan mudik lebaran + jalan tol lagi perbaikan (kuningan - bekasi 5 jam)... even saat kaki kanan lagi emosian paling parah 1:9... jadi bagi gw 1:7 itu ga wajar....

cuma pernah kejadian aneh aja, bed rest 5 hari otomatis idle 5 hari tuh city, tangki bensin dari 3/4... begitu hari ke 6 dinyalain, ga nyampe 1 menit turun ke 1/2 tangki... padahal nggak bocor dan nggak kecium uap bensin.... ini sering kejadian kalo lagi long weekend dimana mobil idle ga dipakai.... itu bensin ilang kemana ya?
iya saya juga bingung cara apalagi yang harus dilakukan supaya mobil saya jadi irit. hehehehhe.
untuk tangki bensin yang tadinya 3/4 menjadi 1/2 mungkin itu penyakit honda. mobil saya honda crv2006 juga kl dalam kondisi bensin full lama banget turunnya tapi kalau udah menyentuh garis 3/4 cepet sekali turun menjadi 1/2. ga tau juga penjelasan teknis nya gimana tapi menurut saya itu adalah salah satu penyakit honda. :big_peace:
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by madcat015 »

Hmmm... Memang aneh karakter mesin i-dsi keluaran Honda. Dulu sering pake City Aria kantor, matik pula. Boyo banget tenaga nya, jadi kaki kanan ga sopan. Kalo boros, kayaknya ane belum pernah ngitung full to full untuk City itu.

Ane pake D15A1 taon 2002 november. Cukup irit. Terakir nyoba 1:12.5 jalur kombinasi dalkot lukot (sby-pandaan) 30:70 Ngebut di tol kayak setan, shifting di 5,500rpm.
Untuk murni dalkot paling boros 1:10.5, mesin nyala 30 menit nunggu meme ane pulang kerja, shifting med rpm, tapi sering mainin gas kalo di traffic light. Dalkot rata2 1:11.8

Tentang misteri tangki bensin, awal2 pake Honda juga gitu. Abis isi full, sampe tripmeter di 100km ga turun2. Eh, begitu turun dikit, jadi 'realistis' lagi dah gauge nya. :mrgreen: Ane pake Mazda juga gitu, sampe 80km ga turun2, begitu turun dikit, ahhh, waktunya menghadapi kenyataan kalo FC di 1:8 koma sekian sekian sekian. :shrug:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by c_adhi_k »

madcat015 wrote:
Tentang misteri tangki bensin, awal2 pake Honda juga gitu. Abis isi full, sampe tripmeter di 100km ga turun2. Eh, begitu turun dikit, jadi 'realistis' lagi dah gauge nya. :mrgreen: Ane pake Mazda juga gitu, sampe 80km ga turun2, begitu turun dikit, ahhh, waktunya menghadapi kenyataan kalo FC di 1:8 koma sekian sekian sekian. :shrug:
di toyoti juga sama om
awal bisa sampe 80-100 kilo
mungkin karena ada bensin yang di selang om jadi jarak yang didapat bisa lebih banyak di awal-awal,
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by madcat015 »

c_adhi_k wrote:
madcat015 wrote:
Tentang misteri tangki bensin, awal2 pake Honda juga gitu. Abis isi full, sampe tripmeter di 100km ga turun2. Eh, begitu turun dikit, jadi 'realistis' lagi dah gauge nya. :mrgreen: Ane pake Mazda juga gitu, sampe 80km ga turun2, begitu turun dikit, ahhh, waktunya menghadapi kenyataan kalo FC di 1:8 koma sekian sekian sekian. :shrug:
di toyoti juga sama om
awal bisa sampe 80-100 kilo
mungkin karena ada bensin yang di selang om jadi jarak yang didapat bisa lebih banyak di awal-awal,
Nah, menurut manual book Mazda, gara2 pelampung.
Kan kayak balon, waktu isi penuh kerendam dah tuh pelampung, begitu bbm mulai turun dikit, dia masih kerendam.
Sampe bbm bener2 turun di bawah pelampung, baru dah dia turun.

Memang ga masuk akal, tapi ane coba pikir lagi. Sekian centimeter turun x luas permukaan tangki. Lumayan besar juga volumenya.

Yang lucu di Honda. Begitu bensin tinggal 2 strip (kurang dari 5 liter), ane hajar tikungan tajam kec 40-60kpj, eh, naik jadi 4 strip. Abis itu kena traffic light, turun jadi 1 strip. Langsung panik nyari SPBU. :e-doh: Isi full tank cuman dapat 35.8 liter. Lah, masih ada 4.2 liter dong...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by HilmanZ »

Mobil nya boros banget bro.menurut gw i-DSI lebih irit dibanding VTEC cuma sekedar mitos :D

naek i-DSI belet banget jalannya.ga enak.jadi mungkin lu nyetir mesti nginjek gas dalem baru ngacir. beda banget sama VTEC. VTEC 2006 gw dapet 1:9 an dalkot lancar.Luar kota lancar masi dapet 1:12 (via Tol) .kalo dalkot macet2 an (Binus-Glodok) paling minimal 1:8.itu gw injek gas halus karena menurut gw ud cukup ngacir (Pake Shell Super terus)

1:7 si ga normal banget :D dulu pernah waktu awal2,VTEC gw boros nya 1:6 trus gw bawa ke BeRes trus disetel injector nya trus jadi 1:9 an d.

Perawatan mobil gw cuma tiap 5,000 km ganti oli. 10,000km ganti oli CVT.tapi mobil gw baru 27,000km si.uda 7 tahun :ungg:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by imsus2c »

Seperti hal-nya dengan transmisi sabuk-nya (CVT)
Saat ini Honda di produk barunya tidak (atau belum...?) keluarkan mesin dengan varian teknologi i-dsi...

Artinya.....? :mky_04:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4486
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by Ryan Steele »

Ujung2nya menurut ane si kaki kanan. Tukang ngebut pakai i-dsi pasti boros, soalnya kaki kanan ngebejek gas melulu. Kalau pakai vtec baru pas, kaki kanan gak usah ngebejek terlalu dalam udah ngacir, jadi bbm lebih irit.
IMO
no signature
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by maskopat »

setuju dengan pendapat om saber tooth... idsi harus bawa kaleeemmm leeeemmmm.... kalo mau kenceng dan irit, pake i-vtec... vtec just kick'n yooooo..... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by ZombiEE »

Kopat just kicked in yoooo
ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*•
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by andy1800 »

ferryset wrote: soalnya mobil saya 2008 honda jazz i-dsi untuk dalam kota hanya 1:7. apakah normal? untuk dijalan tol konsumsinya 1:11.
itu mobilnya berperilaku begitu sejak kpn? sejak beli dr baru?
mobil lain yg pernah TS pakai, apa aja? brp FC nya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by madcat015 »

imsus2c wrote:Seperti hal-nya dengan transmisi sabuk-nya (CVT)
Saat ini Honda di produk barunya tidak (atau belum...?) keluarkan mesin dengan varian teknologi i-dsi...

Artinya.....? :mky_04:
Artinya pengendalian diri om?
Jangan abuse CVT dan i-Dsi Honda...
:mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by ZombiEE »

Seingat nubie ada perbaikan software TCU, pernah di flash gitu kalau gak salah..
Dan coba saja kabel gas nya dilepas semua...
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by MonSTER_GTR »

daripada oprak-oprek lagi, kalo ada dana lebih mending ganti ke vtec sih. harga pasaran gak mahal2 amat kq. terbukti kq dulu bokap pake 1:10 full to full, dapet kq :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by Turboman »

ferryset wrote: carbon clean saya blom coba. cuma saya denger dari orang2 kalau pernah mencoba carbon clean, oli mesin akan lebih cepat menguap. betul ga? thanks ya
Enggak lah, cuman kalo abis Carbon Clean sgt disarankan utk ganti oli

Bersihkan ruang bakar pakai obat yg disembur lewat lubang busi, kalo mau lebih Joss sembur juga ke intake valve (intake manifold copot) dan purging injector pakai obat macam 3M / Foerch / Wynn's dll
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by ZombiEE »

Klo menurut nubie blm tentu performa vtec lebih baik daripada i-dsi..cmiiw
Dan i-dsi juga belum tentu lebih irit drpd vtec...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by DOHC »

vtec nya honda skrg apalagi yg kelas 1500cc... agak berkurang yahhh sensasi nya...

ane masi lebi demen yg jaman2 taon 90an akhir tuhh... masi real honda vtec engine... enjin blok masi dari bahan besi cor.. kompresi ga stinggi vtec2 jaman skrg.. mau bejeg redline jg ga ada ragu...

L15 kompresi uda 1:10.5.... D15 aja cuman 1:9an... makanya cityZ dicekokin premium jg tetep ganas... paling pas isi bensin nya aja berasa kaya lagi nyetir suv... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by MonSTER_GTR »

ini pemikiran ane aja ya, tapi ada yang kepikiran gak kalo i-vtec itu berasal dari i-dsi + vtec = i-vtec :mky_01: :mky_01:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by andy1800 »

sip sip... nah, kalau PBvSi, terdiri dr apa aja bro ?






.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: apa i-dsi lebih irit dibanding vtec?

Post by Risol1 »

madcat015 wrote:Yang lucu di Honda. Begitu bensin tinggal 2 strip (kurang dari 5 liter), ane hajar tikungan tajam kec 40-60kpj, eh, naik jadi 4 strip. Abis itu kena traffic light, turun jadi 1 strip. Langsung panik nyari SPBU. :e-doh: Isi full tank cuman dapat 35.8 liter. Lah, masih ada 4.2 liter dong...
itu sih kayaknya masalah pelampungnya deh yg jelek punya, bukan hondanya.
ane sekarang pake honda jarumnya akurat koq, isi full tank, jalan bbrp jauh udah mulai keliatan turun jarumnya.
Gak kaya dulu pake City Z lama banget gak turun2, sekalinya turun cepet banget kaya bensin bocor :mrgreen: