roda belakang suzuki aerio cepat habis
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Sep 22, 2010 2:45
roda belakang suzuki aerio cepat habis
Salam kenal.,
Bro ane mau tanya nih, kenapa ya ban belakang suzuki aerio thn 2004 punya ane cepet habis drpd ban depan ? sdh ke bengkel balancing ampe ganti shockbreaker tapi tetep aja, ni bahkan ban depan blm habis sepasang, eh ban belakang udh hbs dua pasang,. mohon bantuan nih..thanks ya
Bro ane mau tanya nih, kenapa ya ban belakang suzuki aerio thn 2004 punya ane cepet habis drpd ban depan ? sdh ke bengkel balancing ampe ganti shockbreaker tapi tetep aja, ni bahkan ban depan blm habis sepasang, eh ban belakang udh hbs dua pasang,. mohon bantuan nih..thanks ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
pak mods...mungkin topiknya bs digabung ke mari..... http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=54
sorry kalo kurang berkenan.....
sorry kalo kurang berkenan.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
pemakaian sehari-hari nya bagaimana Oom ? maksudnya apakah sering bawa beban berlebih? lalu karakteristik jalan yang sering dilalui bagaimana, aspal, beton .. ?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Sep 22, 2010 2:45
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
kapsul 97 wrote:pemakaian sehari-hari nya bagaimana Oom ? maksudnya apakah sering bawa beban berlebih? lalu karakteristik jalan yang sering dilalui bagaimana, aspal, beton .. ?
pemakaian normal kok., jalanan aspal biasa, yg bikin pusing nih hbsnya jg rata, apa mgkin ada kerusakan di kaki2 ya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
karena itu ban belakang seharusnya tidak ada pengaruh dari kaki2x, soalnya kaki-kaki belakang tidak sama dengan depan ... logikanya kalu kaki-kaki depan kan banyak sekali join nya yang bisa membuat ban miring dsb, makanya ada ban yang sampe 'makan dalem'
shock belakang nya gmana boz, masih okay kah ?
shock belakang nya gmana boz, masih okay kah ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
kalau tekanan angin nya ga kurang trus kan boz ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
alternatif lain setiap 10.000 switch antar ban bisa juga boz...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
habisnya gmn broo?? apakah rata atau kah hanya sisi kiri to kanan aja???darmawanfandy wrote:Salam kenal.,
Bro ane mau tanya nih, kenapa ya ban belakang suzuki aerio thn 2004 punya ane cepet habis drpd ban depan ? sdh ke bengkel balancing ampe ganti shockbreaker tapi tetep aja, ni bahkan ban depan blm habis sepasang, eh ban belakang udh hbs dua pasang,. mohon bantuan nih..thanks ya
kalo udah di balance, bagaimana dengan spooring?? karena suspensi belakang aerio kan menganut jenis independent ya setau saya, jadi bisa di spooring untuk bagian belakangnya.. beda kalao untuk mobil yang suspensi belakangnya rigid pasti tidak bisa di spooring untuk ban belakangnya...
dan hasil spooring ini menentukan juga loh kerataan dari keausan ban.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Sep 22, 2010 2:45
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
udh spooring balancing bro...malah ama bengkelnya suruh gnti shockbreaker baru jg udh ane turutin, ato mgkin ada yg gak bener di balancing ama spooringnya ya ??
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
ban yg dipake itu sama dgn standard bawaan aerio atau ada dimodif ??... coba cari second opinion dari bengkel laen... btw di bagian blakang itu ada taruh audio mobil yg berat ga, dongkrak yg gede gt misalnya...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
10rb km, ban belakang udah gundul....hmm...
dan gundulnya rata, bukan makan sebelah.....well, saya pernah mengalami kejadian serupa, ban blkg lbh cepet gundul ketimbang depan, waktu itu penyakitnya adalah karena Camber belakang terlalu negatif, sementara Toe belakangnya terlalu positif (toe-in).....(suspensi blkg independen). Jadi sewaktu jalan, posisi ban belakang jadi agak menggusur, makanya cpt habis, dan habisnya jg rata, tidak gundul sebelah...
disini banyak pakar2 yg bisa memberikan analisa dr data spooring tsb. Atau temen2 dr club aerio bs bantu kasi data spec spooring untuk referensi.
maaf saya tidak hapal konstruksi suspensi belakang aerio, jika memang bener itu independen (info dr mario tisue basah), asumsi saya bisa saja sudut2 roda belakang ada yg tidak tepat, sehingga ban mengalami gesekan berlebih waktu jalan. CMIIW
meski sudah dispooring, tapi banyak (meski tidak semua) dr bengkel spooring yang cuma tau stel tie rod depan aja, sudut2 roda yang lainnya tidak dikoreksi. (saya pengalaman beberapa kali ketemu bengkel spooring yg kayak gitu.... ), akibatnya meski sudah di spooring tapi permasalahan tidak kunjung selesai.
selain masalah sudut roda, beban kendaraan, kontur & permukaan jalan yg sering ditempuh jg bs mempengaruhi keausan ban, namun opini saya sih untuk jarak 10rb km rasanya terlalu cepat, lha wong ban mobil niaga aja bs bertahan lbh dr segitu, selain itu kalo memang permukaan jalannya kasar, semestinya ban depan juga ikut cepet gundul khan...CMIIW
eniwey, bisa saja problem yg dulu saya alami tidak sama dng TS, tapi mudah2an bs memberikan masukan untuk bahan analisa
CMIIW
dan gundulnya rata, bukan makan sebelah.....well, saya pernah mengalami kejadian serupa, ban blkg lbh cepet gundul ketimbang depan, waktu itu penyakitnya adalah karena Camber belakang terlalu negatif, sementara Toe belakangnya terlalu positif (toe-in).....(suspensi blkg independen). Jadi sewaktu jalan, posisi ban belakang jadi agak menggusur, makanya cpt habis, dan habisnya jg rata, tidak gundul sebelah...
apakah print out hasil spooringnya masih ada ?? kalo boleh mungkin bisa diposting disini angka2 hasil penyetelannya....,darmawanfandy wrote:udh spooring balancing bro...malah ama bengkelnya suruh gnti shockbreaker baru jg udh ane turutin, ato mgkin ada yg gak bener di balancing ama spooringnya ya ??
disini banyak pakar2 yg bisa memberikan analisa dr data spooring tsb. Atau temen2 dr club aerio bs bantu kasi data spec spooring untuk referensi.
maaf saya tidak hapal konstruksi suspensi belakang aerio, jika memang bener itu independen (info dr mario tisue basah), asumsi saya bisa saja sudut2 roda belakang ada yg tidak tepat, sehingga ban mengalami gesekan berlebih waktu jalan. CMIIW
meski sudah dispooring, tapi banyak (meski tidak semua) dr bengkel spooring yang cuma tau stel tie rod depan aja, sudut2 roda yang lainnya tidak dikoreksi. (saya pengalaman beberapa kali ketemu bengkel spooring yg kayak gitu.... ), akibatnya meski sudah di spooring tapi permasalahan tidak kunjung selesai.
selain masalah sudut roda, beban kendaraan, kontur & permukaan jalan yg sering ditempuh jg bs mempengaruhi keausan ban, namun opini saya sih untuk jarak 10rb km rasanya terlalu cepat, lha wong ban mobil niaga aja bs bertahan lbh dr segitu, selain itu kalo memang permukaan jalannya kasar, semestinya ban depan juga ikut cepet gundul khan...CMIIW
eniwey, bisa saja problem yg dulu saya alami tidak sama dng TS, tapi mudah2an bs memberikan masukan untuk bahan analisa
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Sep 22, 2010 2:45
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
jalu wrote:10rb km, ban belakang udah gundul....hmm...
dan gundulnya rata, bukan makan sebelah.....well, saya pernah mengalami kejadian serupa, ban blkg lbh cepet gundul ketimbang depan, waktu itu penyakitnya adalah karena Camber belakang terlalu negatif, sementara Toe belakangnya terlalu positif (toe-in).....(suspensi blkg independen). Jadi sewaktu jalan, posisi ban belakang jadi agak menggusur, makanya cpt habis, dan habisnya jg rata, tidak gundul sebelah...
apakah print out hasil spooringnya masih ada ?? kalo boleh mungkin bisa diposting disini angka2 hasil penyetelannya....,darmawanfandy wrote:udh spooring balancing bro...malah ama bengkelnya suruh gnti shockbreaker baru jg udh ane turutin, ato mgkin ada yg gak bener di balancing ama spooringnya ya ??
disini banyak pakar2 yg bisa memberikan analisa dr data spooring tsb. Atau temen2 dr club aerio bs bantu kasi data spec spooring untuk referensi.
maaf saya tidak hapal konstruksi suspensi belakang aerio, jika memang bener itu independen (info dr mario tisue basah), asumsi saya bisa saja sudut2 roda belakang ada yg tidak tepat, sehingga ban mengalami gesekan berlebih waktu jalan. CMIIW
meski sudah dispooring, tapi banyak (meski tidak semua) dr bengkel spooring yang cuma tau stel tie rod depan aja, sudut2 roda yang lainnya tidak dikoreksi. (saya pengalaman beberapa kali ketemu bengkel spooring yg kayak gitu.... ), akibatnya meski sudah di spooring tapi permasalahan tidak kunjung selesai.
selain masalah sudut roda, beban kendaraan, kontur & permukaan jalan yg sering ditempuh jg bs mempengaruhi keausan ban, namun opini saya sih untuk jarak 10rb km rasanya terlalu cepat, lha wong ban mobil niaga aja bs bertahan lbh dr segitu, selain itu kalo memang permukaan jalannya kasar, semestinya ban depan juga ikut cepet gundul khan...CMIIW
eniwey, bisa saja problem yg dulu saya alami tidak sama dng TS, tapi mudah2an bs memberikan masukan untuk bahan analisa
CMIIW
thanks atas masukannya bro !
Maksudnya gini bro...di km 10.000 itu ban blkg sdh keliatan kemakan n mulai tipis, kondisinya udh duluan tipis drpd roda dpn, pdhal ane gantinya duluan ban depan, dlm arti kata disini ban belakang lbh baru drpd ban depan., yg perlu dicatet itu mobil dlm pemakain normal, kondisi aspal di daerah ane jg normal, bagasi standar tanpa muat audio yg gede, ukrn velg ama ban jg standar, suspensi standar. mgkin ada referensi utk setting roda belakang aerio mohon bantuannya bro...udh bosen keluar duwit buat beli ban terus nih...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
mending kalo mau spooring di beres yang ada layanan spooringnya deh. pengalaman yang udah2 sih kalo spooring di beres sebagian besar berhasil.
karena kan mank specnya kan dia update terus buat mobilnya...
nah kalo yang di bengkel2 luar sih ada juga sih spec buat semua mobil, tapi kan gk tau gmn itu specnya.. hehehehe
karena kan mank specnya kan dia update terus buat mobilnya...
nah kalo yang di bengkel2 luar sih ada juga sih spec buat semua mobil, tapi kan gk tau gmn itu specnya.. hehehehe
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
ikut menghilight share pengalaman yg sangat bagus tsb, spy tercamkan dan gak mudah lupa.darmawanfandy wrote:thanks atas masukannya bro !jalu wrote:10rb km, ban belakang udah gundul....hmm...darmawanfandy wrote:udh spooring balancing bro...malah ama bengkelnya suruh gnti shockbreaker baru jg udh ane turutin, ato mgkin ada yg gak bener di balancing ama spooringnya ya ??
dan gundulnya rata, bukan makan sebelah.....well, saya pernah mengalami kejadian serupa, ban blkg lbh cepet gundul ketimbang depan, waktu itu penyakitnya adalah karena Camber belakang terlalu negatif, sementara Toe belakangnya terlalu positif (toe-in).....(suspensi blkg independen). Jadi sewaktu jalan, posisi ban belakang jadi agak menggusur, makanya cpt habis, dan habisnya jg rata, tidak gundul sebelah...
mgkin ada referensi utk setting roda belakang aerio mohon bantuannya bro...udh bosen keluar duwit buat beli ban terus nih...
udah jadi spooring dg bener belum ? pls dishare dong ?...lbh bagus klo ada printaout before and after nya.... apa analisis dari si teknisi spooring ttg hal itu ?
kalau belum, salah satu andalan offroader (trmasuk SJI) untuk spooring, di mas Darto, cahaya ban, gandaria.
atau di GBT Laras Imbang, meruya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1290
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
darmawanfandy wrote:jalu wrote:10rb km, ban belakang udah gundul....hmm...
dan gundulnya rata, bukan makan sebelah.....well, saya pernah mengalami kejadian serupa, ban blkg lbh cepet gundul ketimbang depan, waktu itu penyakitnya adalah karena Camber belakang terlalu negatif, sementara Toe belakangnya terlalu positif (toe-in).....(suspensi blkg independen). Jadi sewaktu jalan, posisi ban belakang jadi agak menggusur, makanya cpt habis, dan habisnya jg rata, tidak gundul sebelah...
apakah print out hasil spooringnya masih ada ?? kalo boleh mungkin bisa diposting disini angka2 hasil penyetelannya....,darmawanfandy wrote:udh spooring balancing bro...malah ama bengkelnya suruh gnti shockbreaker baru jg udh ane turutin, ato mgkin ada yg gak bener di balancing ama spooringnya ya ??
disini banyak pakar2 yg bisa memberikan analisa dr data spooring tsb. Atau temen2 dr club aerio bs bantu kasi data spec spooring untuk referensi.
maaf saya tidak hapal konstruksi suspensi belakang aerio, jika memang bener itu independen (info dr mario tisue basah), asumsi saya bisa saja sudut2 roda belakang ada yg tidak tepat, sehingga ban mengalami gesekan berlebih waktu jalan. CMIIW
meski sudah dispooring, tapi banyak (meski tidak semua) dr bengkel spooring yang cuma tau stel tie rod depan aja, sudut2 roda yang lainnya tidak dikoreksi. (saya pengalaman beberapa kali ketemu bengkel spooring yg kayak gitu.... ), akibatnya meski sudah di spooring tapi permasalahan tidak kunjung selesai.
selain masalah sudut roda, beban kendaraan, kontur & permukaan jalan yg sering ditempuh jg bs mempengaruhi keausan ban, namun opini saya sih untuk jarak 10rb km rasanya terlalu cepat, lha wong ban mobil niaga aja bs bertahan lbh dr segitu, selain itu kalo memang permukaan jalannya kasar, semestinya ban depan juga ikut cepet gundul khan...CMIIW
eniwey, bisa saja problem yg dulu saya alami tidak sama dng TS, tapi mudah2an bs memberikan masukan untuk bahan analisa
CMIIW
thanks atas masukannya bro !
Maksudnya gini bro...di km 10.000 itu ban blkg sdh keliatan kemakan n mulai tipis, kondisinya udh duluan tipis drpd roda dpn, pdhal ane gantinya duluan ban depan, dlm arti kata disini ban belakang lbh baru drpd ban depan., yg perlu dicatet itu mobil dlm pemakain normal, kondisi aspal di daerah ane jg normal, bagasi standar tanpa muat audio yg gede, ukrn velg ama ban jg standar, suspensi standar. mgkin ada referensi utk setting roda belakang aerio mohon bantuannya bro...udh bosen keluar duwit buat beli ban terus nih...
10rb km dah kliatan kemakan yah, aneh juga, dulu Turanza bawaan sampe 50rb km lebih kalo ndak salah inget..... sekarang km dah hampir 70rb pake ban Achilless ATR Sport ga ada tanda2 aus berlebih....
Bannya pake merk apa yah ?
suspensi kalo mati sih efeknya ke habis bergelombang, bukan aus rata.....
aneh juga yah.....
Aerio emang belakang indipendent, tapi chamber udah ga bisa disetel kecuali modif bautnya, jadi yang disetel adalah Toe nya
kebetulan kapan hari spooring, ini catatan gua pas foto hasil spooringnya
Front Left Cross Right
Caster 2.11 0.13 2.24
Camber -032 0.09 -0.41
Toe 0.05 0.05 0.00
SAI 13.05 12.92
Included Angle 12.68 12.54
Toe Out On Turns --- ---
Max Turn --- ---
Setback -0.14"
Rear Left Cross Right
Camber -1.43 0.27 -1.70
Toe -0.05 -0.01 0.04
Thrust Angle -0.05
Setback -0.01"
regards,
singachu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 217
- Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
mungkin tekanan ban kurang dan sering membawa barang berat melalui jalan beton bukan jalan aspal karena jalan yang terbuat dari beton lebih kasar sehingga ban lebih cepat habis dibanding dengan melalui jalan aspal. apa sokbreaker dan per bermasalah? coba bawa ke BERES supaya bisa diketahui apa solusi dari masalah yang timbul
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
kalau dari shock, keausan tidak rata. jadi, jika melihat keausan yang rata, maka masalah nya adalah spooring yang kurang pas. istilahnya, kalau di roda depan umumnya toe in atau toe out. ini mungkin yang kurang pas. sebenarnya ban belakang juga memerlukan toe in dan toe out, kalau angkanya terlalu berlebihan/gk pas, maka ban akan cepat termakan, tapi efeknya, traksi juga bertambah,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
Zombie thread !
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
Wajar ban belakang cepat aus, khan selalu mikir gimana mendahului ban depan, dan itu tidak pernah terjadi, akibatnya stress dan cepat gundul ...........................
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
ada belasan.POS VETT wrote:Zombie thread !
bahkan mgkin puluhan.
yg tiba2 saja menjadi trid jombi, baru2 ini.
nugroho_bangor bikin klonengan nampaknya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
ayooo... mana lagi nih trit zombienyaa....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 480
- Joined: Mon Nov 20, 2006 7:17
- Location: Jakarta
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
Trit zombie maksudnya gmn, trit lama yg hidup lagi kah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
Ah kagaklah omandy1800 wrote:ada belasan.POS VETT wrote:Zombie thread !
bahkan mgkin puluhan.
yg tiba2 saja menjadi trid jombi, baru2 ini.
nugroho_bangor bikin klonengan nampaknya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
salah type tuh bagor harusnya..ntar jadi bango lagi..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02
Re: roda belakang suzuki aerio cepat habis
Sory jadi zombie.. Tapi ternyata masalah mobil saya jawabannya disini. Thanks ya. Dan baru tau ternyata suspensi aerio independen..