10rb km, ban belakang udah gundul....hmm...

dan gundulnya rata, bukan makan sebelah.....well, saya pernah mengalami kejadian serupa, ban blkg lbh cepet gundul ketimbang depan, waktu itu penyakitnya adalah karena Camber belakang terlalu negatif, sementara Toe belakangnya terlalu positif (toe-in).....(suspensi blkg independen). Jadi sewaktu jalan, posisi ban belakang jadi agak menggusur, makanya cpt habis, dan habisnya jg rata, tidak gundul sebelah...
darmawanfandy wrote:udh spooring balancing bro...malah ama bengkelnya suruh gnti shockbreaker baru jg udh ane turutin, ato mgkin ada yg gak bener di balancing ama spooringnya ya ??
apakah print out hasil spooringnya masih ada ?? kalo boleh mungkin bisa diposting disini angka2 hasil penyetelannya....

,
disini banyak pakar2 yg bisa memberikan analisa dr data spooring tsb. Atau temen2 dr club aerio bs bantu kasi data spec spooring untuk referensi.
maaf saya tidak hapal konstruksi suspensi belakang aerio, jika memang bener itu independen (info dr mario tisue basah), asumsi saya bisa saja sudut2 roda belakang ada yg tidak tepat, sehingga ban mengalami gesekan berlebih waktu jalan. CMIIW
meski sudah dispooring, tapi banyak (meski tidak semua) dr bengkel spooring yang cuma tau stel tie rod depan aja, sudut2 roda yang lainnya tidak dikoreksi. (saya pengalaman beberapa kali ketemu bengkel spooring yg kayak gitu....

), akibatnya meski sudah di spooring tapi permasalahan tidak kunjung selesai.
selain masalah sudut roda, beban kendaraan, kontur & permukaan jalan yg sering ditempuh jg bs mempengaruhi keausan ban, namun opini saya sih untuk jarak 10rb km rasanya terlalu cepat, lha wong ban mobil niaga aja bs bertahan lbh dr segitu, selain itu kalo memang permukaan jalannya kasar, semestinya ban depan juga ikut cepet gundul khan...CMIIW
eniwey, bisa saja problem yg dulu saya alami tidak sama dng TS, tapi mudah2an bs memberikan masukan untuk bahan analisa
CMIIW