Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

pengen ngereview dan cerita tentang kendaraan kesayangan ane, sori kalo fotonya agak banyak dan jelek :mky_01:

awal mula jatuh cinta dengan Subaru itu dari game Gran Turismo 1, disitu saya jatuh cinta dengan peforma Subaru Impreza WRX STi GC series, mulai dari situ saya kenal dengan Subaru. Selain Impreza, saya juga mengenal Legacy dan Alycone awalnya dari Gran Turismo juga. Seiring berjalannya waktu, mulai dari SD hingga umur mencapai kepala 2, saya tetap setia menyukai Subaru. Tahun 2012 saya diberi kesempatan untuk mengganti Crossover SUV saya oleh ortu saya gara2 mobilnya sempit dan kurang nyaman. Syarat penggantinya, Sedan dengan 1500-2000cc.

Saya mulai mencari2 info tentang pengganti CUV saya, kemudian munculah nama2: Vios, Altis, dan Civic. 2 mobil langsung terdepak, yaitu Vios dan Civic. Vios karena buat saya terlalu sempit dan Civic saya udah nggak suka modelnya kecuali FD series (ortu nggak mau ambil bekas, pengalaman buruk ambil mobil bekas). Altis 2.0 seakan sudah mantap, tapi suatu hari kebetulan lewat depan showroom Subaru, saya menyempatkan mampir sejenak karena saya pernah baca kalo Impreza non Turbo mereka harganya sekitar 230-290jt, eh ternyata stok mobilnya sudah habis dan tidak diproduksi lagi, tapi Subaru mengatakan kalo Impreza baru akan keluar pada saat IIMS dan mengatakan harganya kira2 300-400jt. Ya sudah, Altis saya tahan demi Impreza.

Suatu hari saya bertemu dengan seorang pengendara WRX hitam, beliau mengenalkan kepada saya orang Motor Image, bak durian runtuh saya ditawari test drive Subaru Legacy untuk mencoba dan merasakan teknologi Symmetrical AWD. Setelah mencobanya di tol serpong dan sekitaran Bintaro, saya benar2 terkesima dibuatnya hingga bergumam dalam hati "seandainya semua mobil handlingnya seenak ini".

IIMS 2012 pun dimulai dan saya pun akhirnya bisa melihat sosok 4th generation Impreza, pas saya lihat harganya "weleh, 11:12 ama Civic 2.0, Lancer EX, dan Altis 2.0" itulah kalimat pertama yang muncul dari saya. Hati makin mantap dengan Impreza, fitur yang ditawarkan lebih banyak dan build qualitynya menurut saya lebih baik dari pesaingnya. Dengan harga 11:12 dengan pesaingnya saya sudah mendapatkan mobil dengan berpenggerak semua roda (AWD) dengan fitur banyak sekali, berbeda dengan kompetitornya yang downspecnya ampun2an..bbrp bulan kemudian, saya pun meminang Subaru Impreza warna hitam. Impian masa kecil untuk mengendarai Subaru Impreza terjawab sudah, from game to reality, mungkin banyak pengendara Subie jatuh cinta dengan Subie bermula dari game. Saya juga memilih Subaru karena saya bosen dengan yang mainstream..pengen sesuatu yang berbeda, pengen experience yang baru..and let the Impreza, takes me to anywhere i want in any road condition..

Overall mobilnya sangat enak, walaupun agak sedikit lemot di awal tapi begitu diatas 40 kmh dia sudah mulai kencang tarikannya, handling yang sangat impresif, terutama kalo jalanan sedang basah, dan body roll juga terasa minim, dilengkapi dengan transmisi + 6 speed manual yang bisa dimainkan lewat paddleshift, membuat mobil ini cukup irit. untuk interior sih jujur saja, masih sedikit lebih mewah Altis, terutama dengan tidak adanya head Unit touch screen di Impreza (tapi bisa diganti, dan Subaru akan membantu untuk penggantiannya, harga yang saya dapat lebih murah dengan Subaru sendiri daripada toko aftermarket untuk merk yang sama, itupun sudah termasuk pemasangan). Untuk fitur, semuanya mirip Subaru XV, hanya saja MID di Impreza lebih canggih dengan banyak fitur. Ruang untuk penumpang di belakang juga lumayan lega dan posisi duduk pengemudi dan penumpang cukup nyaman. Overall mobil ini memang lebih mengedepankan driving experience dibanding kemewahan.

Untuk interior, kulit yang digunakan di dashboard juga menurut saya cukup bagus. Untuk visibility, WOW...spion luas, dibantu rear camera, dan pemandangan keluar yang baik..

nah ini mobilnya

warna hitam memberikan kesan yang semakin elegan
Image

Image

Image

bagasi yang luas
Image

ban dengan velg 17 inchi
Image

pedalnya memberikan kesan sporty
Image

interior depan
Image

start stop button, head lamp levelizer, VDC button
Image

head unit dan A/C system, head unitnya belom diganti, tapi soundnya juga lumayan cukup enak.
Image

stirnya, ada audio button, cruise control, dan MID button
Image

untuk kursi bayi, sudah ada tempat "pengailnya"
Image

Image

nah ini dia MID nya, ada banyak fitur dan ada fitur rear camera juga (lupa difoto) dan lebih canggih dari XV
Image

Image

Image

kita bisa melihat sistem Symmetrical AWD bekerja
Image

konsumsi bahan bakar, 100 dibagi 8,8 berarti FC saya averagenya 1:11,3, saya belom tau ini miss berapa persen kalo dibandingkan dengan perhitungan manual, kata orang masa break in engine itu mobil masih agak boros, bener nggak ya ?
Image

FC saya dari Bogor ke Jakarta, setiap kali kita menyalakan dan mematikan mobil, akan ada tampilan ini, ini menunjukkan FC kita mulai dari mesin nyala hingga mati, FC yang saya peroleh 1:13,6
Image

mesin FB20 yang mengeluarkan tenaga 150hp
Image

Subaru, Symmetrical AWD since 1972
Image

overall saya sangat mencintai Impreza saya, seperti tagline Impreza di US "Experience Love that Lasts" dan "Love, it's what makes a Subaru, a Subaru" saya juga sangat menyukai pengemudiannya seperti tagline mereka "Confidence in Motion". Saya juga terkagum2 dengan aftersales service and support Subaru, bener2 beyond expectation, mereka sangat helpful dan friendly pula, mungkin ini yang membuat mereka berbeda dengan merk lainnya, hubungan antara Subaru dan kustomernya bener2 deket. Thumbs up buat Subaru !

Plus
- Harga 11:12 dengan kompetitor dan sudah AWD
- Handling dan Driving Experience mantap
- Fitur berlimpah
- Lumayan irit buat AWD
- Visibility keluar oke

Minus
- Tarikan awal agak boyo (efek CVT)
- Ban agak berisik kalo lari 120 keatas
- Interior yang biasa saja

maaf banget reviewnya terkesan asal2an, habis gak tau lagi mau ngomong apa, cuma pengen ngeshare experience doang :ungg:

i love my Subaru :)
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by Jambangan »

mantap om :off_good_job:
yg varian hatchback msh masuk indo ga om??
dulu sempet keluar kan yg hatchback gen 3. harganya waktu itu untuk varian 1.5R AWD M/T 280 jtan. 2WD A/T 250 jtan (tahun 2009)
kalo yg 2.0R lebih tinggi lagi harganya nyampe 300 jtan kalo ga salah
sekarang variannya apa aja ya??
dah ga pernah merhatiin subaru indonesia lagi :mky_01:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7652
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by newrubble »

Awd di subaru itu baru thn 76 ...sblmmya ....fwd termasuk yg di indo saat masih di impor oleh pt insan apollo

Sy pengalaman pertama x naik subaru thn 83 saat alm ayah beli subaru brat ...sport ute yg awd ...saat dia dikirim ke US utk backup program astronot indo.

Di US dlm bbrp profesi mapan memilih brand ini sesudah seseorg mulai masuk level senior (saat mrk mulai menjual hyundai nya n punya bbrp pilihan yaitu entry level bimmer, tyt camry atau subby ...sblm mrk punya sportcar yg pertama) yaitu saat memasuki 5 tahun kedua sbg dokter / attorney / accountant

Dulu saat driving imprz GE di jkt ...trutama saat berhenti di sevel pdk indah ...sering bbrp x ada yg permisi numpang foto foto ...atau saat cruising 80kmh @ JORR ada sj mobil anak muda yg ajak kebut

GE sedan a/t yg sy punya dulu menarik krn meski non turbo tapi dia terlihat sgt so sporty dgn twin pipe di kiri kanan (spt pug604 yg sy punya) serta body kit bikinan prodrive hingga diatas trunk lid

Kilau cat hitam pearl nya mmg tdk sebagus grand new kijang yg juga pernah sy punya tapi mmg tampilan exterrior telah banyak terkompensasi dgn body kit yg OEM itu
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

@jambangan: makasih om, kalo yang hatchback alias Impreza Sport nggak masuk sini, alasannya waktu itu karena udah ada Subaru XV jadi yang hatchback nggak masuk. Sekarang varian non turbonya setau gw cuma 1, 2.0i-S aja

@newrubble: makasih om koreksinya, iyaa Impreza sekarang udah hilang sportynya, malah jadi elegan seperti Legacy..tadi pulang dari Bogor aja ane diuber ama Lancer Evolution X, nempel belakang ane mulu, akhirnya dia ngacir duluan deh, ane males ngebut soalnya :mky_01:

di US brand Subaru sepertinya bener2 punya konsumen yang loyal banget ya, ntah gmn kalo Indonesia.. :ungg:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by y_anjasrana »

subaru tanpa bolongan di kap mesin kyknya jd ilang ciri khasnya.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by Jambangan »

Ini merek kenapa ya kok jarang bgt dibahas di media otomotif di indo??
Padahal line up nya lumayan banyak dan mobilnya oke dari segi model
paling autobild ama mobil motor doang yg sering ngebahas ini merek
waktu itu pernah AB test drive subaru R1 & R2 660 CC Turbo tahun 2008 kalo ga salah. Modelnya unik jg buat city car bikin ane kepincut hehe...
Sayang kurang laku di indo ane cuma ketemu R2 sekali di kelapa gading. Kalo R1 ga pernah
Oh iya ane kenal ini merek jg dari game PS1 yaitu collin mcrae rally hehe.. Sama waktu SD pernah dikasih model kit tamiya subaru alcyone :mky_02:
zoroaster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by zoroaster »

di indonesia gw cek cuma ada varian 20i-S, ini udah ada sunroof nggak ya? sama pengaturan seat nya manual or elektrik?
jadi bingung antara ini atau mazda 6 :ungg:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by billyd1773dz »

^^
wow mantap! :D MIDnya yg nampilin AWD itu, fungsinya bwat apa om? :D



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by toonafish »

Sip, thanks for the review. :off_good_job:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by andy1800 »

billyd1773dz wrote:^^
wow mantap! :D MIDnya yg nampilin AWD itu, fungsinya bwat apa om? :D



:beer:
fungsi strategis.
itu semacam campaign.
yaitu pencerahan kpd user: "ni loh, begini ini loh klo AWD sdg bekerja...ente liat kan, variasi2 pembagian2nya tenaganya kayak gimana klo kondisi begini, klo kondisi begitu, dst.... nah sbg hasilnya, intinya ente merasakan bhwa handlingnya enak betul kaan?....much more safety kaan?"

nah pencerahan smacam itu lama2 akan tercamkan ke kepala user....mengkooptasi si user.
maka,
- si user ntar klo ganti mobil, tentulah akan pilih subaru AWD lagi.
- si user jd akan sering cerita ke rekan2nya, AWD tu gini gini gini dst....maka belilah subaru AWD
*sbg contoh: ada kenalan ane...krn dulu2 yg plg terasa getol dg awd tu kan audi ya...maka tu kenalan selalu bilang: mobil paling safety tu bukan bolbo, tp audi ...krn dia quattro. (when equipped)



nah..mmg strategis kan? ....apalagi dlm hal ini, campaign ttg AWD itu adlh mmg benar. jd ya itu ok dong..... ya gak Billy? :off_woman: :
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by g4ndalf »

nice review gan.... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Kalau bicara soal handling + sensasi mengemudi, awd subaru nggak ada tandingannya, mmg mobil ini diciptakan utk handling yg mumpuni (mesin boxer yg letaknya rendah membantu stabilitas, awd full time membuat mobil 'nempel' ke jalan, juga tidak akan ada gejala under/over steer).

Sayangnya selera konsumen indo, mengingat ini mobil kelas 300jt+ , maunya mobil yg tampilan mentereng + interior mewah. Seringkali performa jadi urutan kesekian, toh mayoritas orang (terutama cewek...) juga nggak tau bedanya fwd rwd awd (awd ada yg full time, ada yg on demand, dll). Mayoritas taunya mobil ini mereknya itu, tampangnya keren / biasa aja, harganya sekian sekian. Ya intinya performa / kenikmatan mengemudi seringkali jadi tidak penting. Itu bedanya dengan konsumen di luar negeri (terutama yg jalanannya bagus), performa jadi sangat penting. Contohnya di australia, subaru ini populer sekali, karena memang mesinnya mumpuni (boxer turbo nya, misal wrx, legacy twin turbo, dll), handlingnya juga sangat mantab (full time awd). Jalanan di sana sangat mendukung utk bisa menikmati handling subaru. Itulah analisa saya kenapa subie kurang sukses di indonesia - jujur karena tampang dan interiornya kurang 'menjual'.

Kalau diibaratkan cewek, subie ini punya inner beauty yg luar biasa, tapi sayang make up nya terlalu tipis, pakai bajunya juga biasa2 saja, tidak seperti cewek2 lain yg make up nya lebih mentereng / bajunya [cencored].....

:mky_01:
User avatar
makheel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Thu Jan 03, 2013 19:50

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by makheel »

Review-nya mantap... :frm_tumbleft: (harap maklum, komentar pemula)... :mky_01:

Jadi inget kalo istri juga ngasih penawaran buat beli sedan... :e-think:
Salam :n00b:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by amfibi »

Mantab bos mobilnya :mky_02:
Harga 400jt udah AWD, keren :mky_02:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

Impreza Indonesia itu nggak punya sunroof dan pengaturan kursi masih manual

setuju ama om g4ndalf, orang Indonesia lebih mentingin brand image, tampang, dan interior mobil..performa dinomor duakan..
Kalau diibaratkan cewek, subie ini punya inner beauty yg luar biasa, tapi sayang make up nya terlalu tipis, pakai bajunya juga biasa2 saja, tidak seperti cewek2 lain yg make up nya lebih mentereng / bajunya [cencored].....
hehehe bener bro, "don't judge the book by it's cover" berlaku banget buat Subaru :big_smoking:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by andy1800 »

g4ndalf wrote: Sayangnya selera konsumen indo, mengingat ini mobil kelas 300jt+ , maunya mobil yg tampilan mentereng + interior mewah. Seringkali performa jadi urutan kesekian, toh mayoritas orang (terutama cewek...) juga nggak tau bedanya fwd rwd awd (awd ada yg full time, ada yg on demand, dll). Mayoritas taunya mobil ini mereknya itu, tampangnya keren / biasa aja, harganya sekian sekian. Ya intinya performa / kenikmatan mengemudi seringkali jadi tidak penting.

Itu bedanya dengan konsumen di luar negeri (terutama yg jalanannya bagus), performa jadi sangat penting. Contohnya di australia, subaru ini populer sekali, karena memang mesinnya mumpuni (boxer turbo nya, misal wrx, legacy twin turbo, dll), handlingnya juga sangat mantab (full time awd). Jalanan di sana sangat mendukung utk bisa menikmati handling subaru. Itulah analisa saya kenapa subie kurang sukses di indonesia - jujur karena tampang dan interiornya kurang 'menjual'.
haristk7 wrote: setuju ama om g4ndalf, orang Indonesia lebih mentingin brand image, tampang, dan interior mobil..performa dinomor duakan..
sebenernya ga gitu jg sih om
maksudnya, gak bisa jg sih berlandasakan hanya kepada hal performanya subaru ini, lalu sertamerta disimpulkan/dijudge klo org indonesia tu kelas cara pikirnya lbh rendah drpd org australia (atau umumnya luar negri).

subaru cukup populer di ostrali. ok boleh dibilang begitu...tp lbh populer dr nissan, hyundai, mitsu, toyota? ...tidak jg kan...kenyataannya dia berada di kisaran rank 9-10 disana.
krn mmg popularitas - yg ditunjukkan/tercermin dr angka penjualan - tu dipengaruhi oleh tidak sdikit faktor, diluar ttg performa dr mobil2nya itu sndiri.
bbrp yg terutama adlh ttg segmentasi/strategi penetrasi/niat/dan kemampuan keuangan utk bs membangun jaringan, supaya bisa memberikan ASS yg komprehensif.
jgn lupakan pula bhw tdk sdikit jg yg berkaitan dg sejarah kehadiran pabrikan tsb di suatu negara. spt nampak dr data tsb, bagaimana kekuatan brand General Motors Holden, spesifik utk disana. jgn dilupakan pula bhw subaru tu sebagian sahamnya jg dimiliki oleh GM dan toyota. (tepatnya GM dan toyota punya saham di fuji heavy industries dimana subaru merupakan slh satu divisi nya)

di Indonesia, kalau ATPM nya dia mampu menggelar jaringan yg "jor-joran", shg para (calon) pembeli merasa secure mengenai pemeliharaan mobilnya, maka bukan tidak mgkin Subaru bs juga menjadi populer. begitu bukan?
ekstremnya, sbg pemisalan.... bila subaru mampu jor2an jaringan melebihi toyota disini, at least nissan aja deh, lalu dia menjadi sangat populer...sdgkan di ostrali tetap stay di posisi demikian/spt skrg ini, lalu apakah kemudian bs disimpulkan bhw org ostrali tu kelas pemikirannya jadi lbh rendah drpd org indonesia? ....saya rasa tidak jg dong ya
:big_peace:

Image
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by y_anjasrana »

honda dibawah subaru? ga sangka nihh
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by abrof »

untuk ukuran Subaru sih bagus posisi ini karena line up Subaru sedikit, bandingkan dengan Toyota dan Nissan yang banyak jenis kendaraannya. Jadi jangan diliat saja dari total saja...
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by campoeran »

Superb review!

Kenapa gak nyoba ngelirik focus sedan baru ? fitur termasuk yg terlengkap di kelasnya , power juga yg paling gede kl gak salah ya .
Kl altis 2.0 mmg bagus om , saya sendiri punya . kekurangannya cuman pada handling dan kadang noise road masih mengganggu selebihnya bagus mulai dari fitur , eksterior , interior desain mmg plain tp cukup bagus materialnya.
Kl om mau sabar altis baru akan rilis bulan nov 2013 , modelnya bs diliat di luar negri , cuakep abis mirip lexus .

Kl civic no komeng dah mendingan civic FD kemana2 mmg.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by g4ndalf »

andy1800 wrote:
g4ndalf wrote: Sayangnya selera konsumen indo, mengingat ini mobil kelas 300jt+ , maunya mobil yg tampilan mentereng + interior mewah. Seringkali performa jadi urutan kesekian, toh mayoritas orang (terutama cewek...) juga nggak tau bedanya fwd rwd awd (awd ada yg full time, ada yg on demand, dll). Mayoritas taunya mobil ini mereknya itu, tampangnya keren / biasa aja, harganya sekian sekian. Ya intinya performa / kenikmatan mengemudi seringkali jadi tidak penting.

Itu bedanya dengan konsumen di luar negeri (terutama yg jalanannya bagus), performa jadi sangat penting. Contohnya di australia, subaru ini populer sekali, karena memang mesinnya mumpuni (boxer turbo nya, misal wrx, legacy twin turbo, dll), handlingnya juga sangat mantab (full time awd). Jalanan di sana sangat mendukung utk bisa menikmati handling subaru. Itulah analisa saya kenapa subie kurang sukses di indonesia - jujur karena tampang dan interiornya kurang 'menjual'.
haristk7 wrote: setuju ama om g4ndalf, orang Indonesia lebih mentingin brand image, tampang, dan interior mobil..performa dinomor duakan..
sebenernya ga gitu jg sih om
maksudnya, gak bisa jg sih berlandasakan hanya kepada hal performanya subaru ini, lalu sertamerta disimpulkan/dijudge klo org indonesia tu kelas cara pikirnya lbh rendah drpd org australia (atau umumnya luar negri).
Sedikit klarifikasi.. saya nggak ngomong cara pikir org indo lebih rendah drpd aussie :mky_06:

:big_peace:
subaru cukup populer di ostrali. ok boleh dibilang begitu...tp lbh populer dr nissan, hyundai, mitsu, toyota? ...tidak jg kan...kenyataannya dia berada di kisaran rank 9-10 disana.
krn mmg popularitas - yg ditunjukkan/tercermin dr angka penjualan - tu dipengaruhi oleh tidak sdikit faktor, diluar ttg performa dr mobil2nya itu sndiri.
bbrp yg terutama adlh ttg segmentasi/strategi penetrasi/niat/dan kemampuan keuangan utk bs membangun jaringan, supaya bisa memberikan ASS yg komprehensif.
jgn lupakan pula bhw tdk sdikit jg yg berkaitan dg sejarah kehadiran pabrikan tsb di suatu negara. spt nampak dr data tsb, bagaimana kekuatan brand General Motors Holden, spesifik utk disana. jgn dilupakan pula bhw subaru tu sebagian sahamnya jg dimiliki oleh GM dan toyota. (tepatnya GM dan toyota punya saham di fuji heavy industries dimana subaru merupakan slh satu divisi nya)

di Indonesia, kalau ATPM nya dia mampu menggelar jaringan yg "jor-joran", shg para (calon) pembeli merasa secure mengenai pemeliharaan mobilnya, maka bukan tidak mgkin Subaru bs juga menjadi populer. begitu bukan?
ekstremnya, sbg pemisalan.... bila subaru mampu jor2an jaringan melebihi toyota disini, at least nissan aja deh, lalu dia menjadi sangat populer...sdgkan di ostrali tetap stay di posisi demikian/spt skrg ini, lalu apakah kemudian bs disimpulkan bhw org ostrali tu kelas pemikirannya jadi lbh rendah drpd org indonesia? ....saya rasa tidak jg dong ya
:big_peace:

Image
Maksud saya begini, krn dulu kebetulan sy kenal bbrp penduduk aussie yg pake subie, apa sih daya tarik subie? Mesin boxer (turbo) + awd, itu rata2 jawaban mereka. Kalo bicara exterior, subie impreza yg sebelum ini pernah keluar yg headlampnya bulet - itu dikritik rame2 bahkan sama penggemar subie sendiri. Interior, build qualitynya solid tapi tidak mewah. Jadi daya tarik brand subaru itu ada di boxer + awd nya - dan ini nggak keliatan dari luar. Mayoritas awam (apalagi cewek :mky_05: ) nggak tau apa bedanya full time awd sama part time awd, mesin boxer juga nggak banyak yg tau apa keuntungannya. Jadi kalau di indonesia, rata2 konsumen nggak tau ttg keunggulan2 subaru. Itupun kalau sudah tau, juga nggak memilih subaru karena modelnya gak keren lah, interior biasa2 saja lah... dlsb.

Kalau dilihat produk2nya subaru yg paling murah xv harga 350an jt (cmiiw) - itu masuk segmen menengah ke atas. Nah di sinilah masalahnya, yg dijual subaru itu adalah driving experience, bukan tampilan luar dalem yg 'keren' atau 'mewah'. Tapi kalau di indo jalan2 pada macet, banyak yg rusak / bolong2. Jadi kalau dipakai di kondisi se hari2, jarang kita bisa menikmati driving experience - oleh karena itu konsumen tidak terlalu mementingkan performa.

Soal atpm, kalau studi kelayakan mereka bagus, saya rasa kemungkinan mereka akan 'jor2' an juga. Tapi mungkin dari internal mereka sendiri sudah melihat profil target market - dan merasa mmg ini bakal susah utk marketing nya. Masalahnya ya terletak di kekuatan subaru itu sendiri: boxer + awd = ongkos produksi yg mahal. Saya rasa bisa2 saja misalnya subaru bikin mobil yg daleman nya mewah, eksterior sewa designer yg mumpuni. Tapi nanti harga produksinya jadi berapa? Kalau sudah masuk ke rentang harga brand2 mewah eropa saya rasa juga akan sulit bersaing. Tapi kalau boxer, awd dikorbankan, itu juga nggak tepat karena di situlah 'soul' / jiwa nya subaru.

Jadi maksud saya konsumen indo memang terbentuk seleranya oleh kondisi indo juga (jalan macet, rusak, kalau di perumahan ya tau sendiri lah spt apa... tetangga beli civic besoknya yg satunya beli altis... :mky_01:). Mobil sudah juga jadi simbol status. Nggak usah jauh2 lah, pembantu2 skrg saja sudah tau apa itu crv, civic, corolla, alphard, dll... tapi subaru, ya mereka nggak tau itu merk apa. Boxer, awd, gak kliatan dari luar - pdhl kalau di perumahan faktor 'kelihatan dari luar' itu cukup penting bagi sebagian org (disclaimer: saya nggak menggeneralisasi semua org lho... hehehe, hanya pengamatan saya saja kalau kadang2 lagi jalan2 di perumahan saya lihat org2 yg di situ ya saling me lihat2 punya tetangga apa... :mky_01: ).
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by AD74YA »

Subaru diluar negeri, dinilai hampir sama reliabel nya dengan Toyota... Karena itu sangat laku.. Dan karena itu juga Toyota mau kerjasama dengan Subaru bikin GT86/BRZ, selain karena Boxer nya, reliabilitas Subaru sudah terbukti.

Jangan kan di Aussie, di Singapura saja Subaru banyak sekali.. Sayang banget nggak niat garap ATPM di Indonesia..

Subaru terakhir yang saya setirin adalah Legacy.. Legacy yang old model sebelum model sekarang.. Kalau WRX STi hatchback saya pernah coba yang otomatis.. Sekarang masih ada nggak ya yang otomatis? Apa cuman manual yang dijual?

Dulu saya sangat jatuh cinta dengan Legacy.. Saya proposalkan untuk meminangnya, tapi keluarga belum siap dengan kelangkaan bengkel resmi nya.. Jadi urung niat.. Setelah Legacy yang baru keluar, kok malah turun kasta.. Frameless kaca nya saja jadi hilang... jadi mainstream banget... Jadi nggak jadi suka sama Legacy lagi..


Anyway, luar biasa bagus review nya oom.. :e-clap: Terima kasih sudah share..
Saya suka karena di review nya ada pernyataan kalau CVT membuat agak boyo... jadi saya tau persis TS adalah orang yang ngerti feeling mobil...

Boxer dan CVT sebenernya tidak di takdirkan untuk bersama kalau mau dapat linear tenaga dari berhenti... Pasti ada lag nggak jelas.. tapi efek bagusnya menggunakan CVT adalah, bisa mengurangi getaran mesin boxer di rpm tinggi.. Dan saya rasa itulah tujuan utama Subaru mempertahankan CVT di line up boxer nya..

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by andy1800 »

g4ndalf wrote:
andy1800 wrote:
g4ndalf wrote: Sayangnya selera konsumen indo, mengingat ini mobil kelas 300jt+ , maunya mobil yg tampilan mentereng + interior mewah. Seringkali performa jadi urutan kesekian, toh mayoritas orang (terutama cewek...) juga nggak tau bedanya fwd rwd awd (awd ada yg full time, ada yg on demand, dll). Mayoritas taunya mobil ini mereknya itu, tampangnya keren / biasa aja, harganya sekian sekian. Ya intinya performa / kenikmatan mengemudi seringkali jadi tidak penting.

Itu bedanya dengan konsumen di luar negeri (terutama yg jalanannya bagus), performa jadi sangat penting. Contohnya di australia, subaru ini populer sekali, karena memang mesinnya mumpuni (boxer turbo nya, misal wrx, legacy twin turbo, dll), handlingnya juga sangat mantab (full time awd). Jalanan di sana sangat mendukung utk bisa menikmati handling subaru. Itulah analisa saya kenapa subie kurang sukses di indonesia - jujur karena tampang dan interiornya kurang 'menjual'.
haristk7 wrote: setuju ama om g4ndalf, orang Indonesia lebih mentingin brand image, tampang, dan interior mobil..performa dinomor duakan..
sebenernya ga gitu jg sih om
maksudnya, gak bisa jg sih berlandasakan hanya kepada hal performanya subaru ini, lalu sertamerta disimpulkan/dijudge klo org indonesia tu kelas cara pikirnya lbh rendah drpd org australia (atau umumnya luar negri).
Sedikit klarifikasi.. saya nggak ngomong cara pikir org indo lebih rendah drpd aussie :mky_06:

:big_peace:

Maksud saya begini, ....

hehee... tentu saja kalimatnya tidak literally berbunyi begitu sih om...namun. dan seterusnya.


it's ok anyways :off_good_job: :frm_tumbright:
obrolan ringan yg santai buat mengisi wktu luwang, biar seru


:beer:

lanjut, lanjut




AD74YA wrote: .. Sayang banget nggak niat garap ATPM di Indonesia..
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

hehehe lanjut ya om, tapi memang kalo dilihat datanya secara global, Subaru memang masih tertinggal jauh oleh lawan2nya sesama kompetitor Jepang untuk segi volume penjualan, kembali lagi ke mindset konsumen suatu negara IMO :mky_01:

ooh ya lupa nambahin, untuk suspensinya si Impreza ini lumayan lembut, tapi untuk corneringnya tetap stabil..kalo misalnya om2 ada yang punya Impreza, Forester, Legacy, Outback, dan Exiga generasi manapun monggo dishare juga ya om2 :mky_01:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by mr-saga »

om haris...
gmn update terbaru perkembangan mobil nya?
apakah makin jatuh cintrong? :big_peace:

oiya om, odometernya sudah nyampe brp nih?
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

makin jatuh cinta nih om, mobilnya enak bener soalnya, handlingnya mantap bener, memang nggak senyaman Legacy sih, tapi tetep ok lah, pengeluaran bensinnya juga lebih irit dibanding XTrail T31 yang suka saya pake buat kendaraan "tempur" menghadapi kemacetan ke kampus :mky_01:

biasanya isi bensin si XTrail dari setengah tank ke full tank (4 hari) ane udah ketar ketir liat biaya yang harus dikeluarkan..pas isi si Impreza dari setengah ke full tank (5-6 hari, tergantung kaki kanan) bener2 bernapas lega..untuk infonya, saya selalu isi RON92, dan sesekali (nggak tiap bulan) kalo ada duit jajan lebih, mobil saya kasih minum RON95..rencananya tgl 14 Februari ini mau ngasi tunggangan ane minum RON95 sebagai wujud terima kasih ke tunggangan yang selalu setia menemani jalan2 :mky_01:

bener2 enak deh, sayang nggak ada pilihan warna Beige untuk interiornya...karena bbrp hal jadi baru sampe 500an KM doang nih odonya :(

STNK asli udah ditangan setelah 3x ganti plat sementara, orang Subaru yang ngurusin beginian bilang kalo ngurus STNK Subaru yang CBU Japan agak lama, rata2 bisa 2x s/d 3x ganti plat sementara baru dapet STNK aslinya :)
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by mr-saga »

haristk7 wrote:makin jatuh cinta nih om, mobilnya enak bener soalnya, handlingnya mantap bener, memang nggak senyaman Legacy sih, tapi tetep ok lah, pengeluaran bensinnya juga lebih irit dibanding XTrail T31 yang suka saya pake buat kendaraan "tempur" menghadapi kemacetan ke kampus :mky_01:

biasanya isi bensin si XTrail dari setengah tank ke full tank (4 hari) ane udah ketar ketir liat biaya yang harus dikeluarkan..pas isi si Impreza dari setengah ke full tank (5-6 hari, tergantung kaki kanan) bener2 bernapas lega..untuk infonya, saya selalu isi RON92, dan sesekali (nggak tiap bulan) kalo ada duit jajan lebih, mobil saya kasih minum RON95..rencananya tgl 14 Februari ini mau ngasi tunggangan ane minum RON95 sebagai wujud terima kasih ke tunggangan yang selalu setia menemani jalan2 :mky_01:

bener2 enak deh, sayang nggak ada pilihan warna Beige untuk interiornya...karena bbrp hal jadi baru sampe 500an KM doang nih odonya :(

STNK asli udah ditangan setelah 3x ganti plat sementara, orang Subaru yang ngurusin beginian bilang kalo ngurus STNK Subaru yang CBU Japan agak lama, rata2 bisa 2x s/d 3x ganti plat sementara baru dapet STNK aslinya :)
wuiiihh..manteb beneeeerrr... :off_good_job:

kok bs ya lbh irit dari X-Trail T31?? :e-think:
apa ada perbedaan rasa yg signifikan ketika ente ngasi minum RON92 dg RON95?

kira2 Impreza ini bs menambah daya tarik ke cwe2 apa gak ya? :big_slap: :big_peace:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?