Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

al_athur wrote:Salam Nubie...
Om saya pake PSD 4x4 5sp baru 2500km.
Pernah saya cemplungin ke kubangan pada posisi D 4x2, sampai stuck ga bisa maju lagi,
kemudian saya pindah ke posisi D 4x4H, mobil bisa keluar kubangan, n sebenernya pengen sampe stuck di posisi D 4x4H trus kemudian dipindah ke posisi
4x4HLLc buat mengetahui responnya, tp ternyata sampe ketemu jalan halus mobil tidak stuck masih bisa pake D 4x4H.
Kira-kira apa perbedaan 4x4H ama 4x4HLLc, bukankah posisi LSD itu di gardan bukan di transfercase?
Thanks a lot and Regards
4H --> hi range, center diff kerja
4HLc --> hi range & center diff lock
4LLc --> low range & center diff lock
User avatar
al_athur
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Nov 15, 2012 5:56

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by al_athur »

RVR wrote: 4H --> hi range, center diff kerja
4HLc --> hi range & center diff lock
4LLc --> low range & center diff lock

Om...
apakah berarti di 4H roda depan dan roda belakang bisa muter di RPM berbeda? bisa stuck dong dilumpur....
Thanks a lot and regards
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

al_athur wrote:
RVR wrote: 4H --> hi range, center diff kerja
4HLc --> hi range & center diff lock
4LLc --> low range & center diff lock
Om...
apakah berarti di 4H roda depan dan roda belakang
bisa muter di RPM berbeda? bisa stuck dong dilumpur....

Justru itu kelebihan 4*4 nya PS (ada center diff)
4*4 juga bisa dipakai di jl aspal
Kalo udah pasti licin/lumpur, tinggal pake lock
User avatar
al_athur
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Nov 15, 2012 5:56

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by al_athur »

RVR wrote:
Justru itu kelebihan 4*4 nya PS (ada center diff)
4*4 juga bisa dipakai di jl aspal
Kalo udah pasti licin/lumpur, tinggal pake lock

waaah...mantab, terimakasih banyak Om atas penjelasannya...
jadi tambah pengetahuan tentang 4x4 nih....
Thanks a lot and regards
chevbro
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 20, 2012 1:54

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by chevbro »

sblm jadiin pajero sport bulan januari depan. mau review dong ttg pajero sport 4x2 exceed. akselerasi gmn?. nyaman digunakan utk jalan jauh?. udh prnah top speed sampe brp?. di kecepatan tinggi ttp nyaman kah?. suara masuk ke kabin sangat mengganggu ato ga?. makasih bos-bos
submariner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by submariner »

chevbro wrote:sblm jadiin pajero sport bulan januari depan. mau review dong ttg pajero sport 4x2 exceed. akselerasi gmn?. nyaman digunakan utk jalan jauh?. udh prnah top speed sampe brp?. di kecepatan tinggi ttp nyaman kah?. suara masuk ke kabin sangat mengganggu ato ga?. makasih bos-bos
gua pake exceed 2012, kalau kata ane sih ps exceed itu has the most bang for a buck, alias worth the money untuk type tsb.

kondisi standard:
speed dan akselerasi sudah cukup banget bro untuk dalam kota sih, bahkan lebih dari cukup mengingat torsinya lumayan gede.
dipake di tol juga ok banget untuk manufer taking over kendaraan depan. selama ini top speed cuma berani di 140 saja.
dapet ke 140 cukup mudah, bahkan ke 160/170 gua yakin bisa didapet tanpa harus berlama2, cuma ya itu karena ini kan SUV bukan sport car, ane kaga berani lebih dari 140.
kenyamanan di 140 mobil masih diem, engga seperti innova yang udah kerasa goyang2 engga karuan,

suara diesel sih ya ada masuk ke kabin.
mau diapain juga pasti akan ada suaranya masuk engga akan bisa sesunyi kendaraan bensin.
tapi its ok lah, yang penting suaranya engga seperti ketika naek mobil box L300.

tip dari gua, jangan kebut2 di tol terlalu kenceng pake SUV, bahaya, ini mobil besar dan pasti akan lebih limbung dibandingkan sedan.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by andy1800 »

al_athur wrote:
andy1800 wrote:
al_athur wrote:Salam Nubie...
Om saya pake PSD 4x4 5sp baru 2500km.
Pernah saya cemplungin ke kubangan pada posisi D 4x2, sampai stuck ga bisa maju lagi,
kemudian saya pindah ke posisi D 4x4H, mobil bisa keluar kubangan, n sebenernya pengen sampe stuck di posisi D 4x4H trus kemudian dipindah ke posisi 4x4HLLc buat mengetahui responnya, tp ternyata sampe ketemu jalan halus mobil tidak stuck masih bisa pake D 4x4H.
Kira-kira apa perbedaan 4x4H ama 4x4HLLc, bukankah posisi LSD itu di gardan bukan di transfercase?


Thanks a lot and Regards
serius ga nih nanya nya ? :big_smoking:

Serius Om,
soalnya yg sya tau LSD itu di gardan, trus bedanya 4x4H ama 4x4HLLc apaan? yg dimaksud lock pada posisi 4x4HLLc itu yg dilock apanya? apakah 4x4HLLc itu mengaktifkan LSD juga?
:e-think:
heheee ok om.
jd pada dasarnya udah diterangkan sm om RVR tsb ya
sdgkan ini cm penjabarannya:
Kira-kira apa perbedaan 4x4H ama 4x4HLLc, bukankah posisi LSD itu di gardan bukan di transfercase?
tidak demikian

scara pengertian basic, transfercase itu sbenarnya adlah gardan atau differensial jg. shg scara spesifik disebutnya centre differential.
jadi, LSD posisinya bisa dimana saja. bisa di gardan/differensial axle depan, bisa di gardan/differensial tengah (yaitu transfercase), bisa di gardan/differensial axle belakang.
jd tiap2 mobil 4WD bisa saja mempunyai 1, 2, atau 3 LSD. sampai disini kebayang kan?

ok, jd baik di dakar maupun fortuner, mereka mempunyai LSD hanya di centre diff.
hanya saja, sistem LSD yg diadopsi nya ada sedikit perbedaan.
Fortuner mengadopsi LSD yg berbasiskan Torque Sensing Traction (Torsen), sdgkan Dakar mengadopsi LSD berbasiskan Viscous Coupling Unit (VCU).

baik Torsen LSD di Fortuner maupun Viscous LSD di Dakar, hanya aktif pada mode 4x4H...yg mana scara standar akan membagi torsi ke axle depan dan belakang dg perbandingan skitar 37-40% ke dpn 60-63% ke blkg.
lalu klo terjadi slip/kehilangan traksi di slh satu axle dpn atau blkg, maka si Torsen atau VCU akan membuat si Centre Diff utk melakukan pembagian ulang distribusi torsinya, up to 100%.

sdkan jika si centre LSD itu ternyata tdk mampu melakukan distribusi dg benar, maka kita bisa masuk ke mode 4x4HLc *) yg mana huruf Lc tsbt merefer kepada Locked Centre-diff, shg artinya dlm mode ini transfercase dikunci utk selalu bagi torsi 50% - 50% ke msg2 axle depan/blkg.


tdk ada uraian diatas yg msh kurang dipahami kan?
dg demikian, otomatis lsg bs diaphami kenapa dlm kejadian itu akhirnya perlu pakai 4x4HLc instead of 4x4H



*) pls notice itu HLc ya, bukan HLLc...adanya tu HLc dan LLc...tuliasn Lc refers to Locked centrediff. H refers to High-range gear. L refers to Low-range gear.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by RVR »

submariner wrote:
chevbro wrote:sblm jadiin pajero sport bulan januari depan. mau review dong ttg pajero sport 4x2 exceed. akselerasi gmn?. nyaman digunakan utk jalan jauh?. udh prnah top speed sampe brp?. di kecepatan tinggi ttp nyaman kah?. suara masuk ke kabin sangat mengganggu ato ga?. makasih bos-bos
gua pake exceed 2012, kalau kata ane sih ps exceed itu has the most bang for a buck, alias worth the money untuk type tsb.
kondisi standard:
speed dan akselerasi sudah cukup banget bro untuk dalam kota sih, bahkan lebih dari cukup mengingat
torsinya lumayan gede.
dipake di tol juga ok banget untuk manufer taking over kendaraan depan. selama ini top speed cuma berani di 140 saja.
dapet ke 140 cukup mudah, bahkan ke 160/170 gua yakin bisa didapet tanpa harus berlama2, cuma ya itu
karena ini kan SUV bukan sport car, ane kaga berani lebih dari 140.
kenyamanan di 140 mobil masih diem, engga seperti innova yang udah kerasa goyang2 engga karuan,

suara diesel sih ya ada masuk ke kabin.
mau diapain juga pasti akan ada suaranya masuk
engga akan bisa sesunyi kendaraan bensin.
tapi its ok lah, yang penting suaranya engga seperti ketika naek mobil box L300.

tip dari gua, jangan kebut2 di tol terlalu kenceng pake SUV, bahaya, ini mobil besar dan pasti akan lebih limbung dibandingkan sedan.
Kalo mau lebih stable coba pake per eibach bro
Body turun sedikit sih, tapi lebih enak dibawanya & tetep nyaman juga
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

andy1800 wrote: jadi, LSD posisinya bisa dimana saja. bisa di gardan/differensial axle depan, bisa di gardan/differensial tengah (yaitu transfercase), bisa di gardan/differensial axle belakang.
jd tiap2 mobil 4WD bisa saja mempunyai 1, 2, atau 3 LSD. sampai disini kebayang kan?

ok, jd baik di dakar maupun fortuner, mereka mempunyai LSD hanya di centre diff.
hanya saja, sistem LSD yg diadopsi nya ada sedikit perbedaan.
Fortuner mengadopsi LSD yg berbasiskan Torque Sensing Traction (Torsen), sdgkan Dakar mengadopsi LSD berbasiskan Viscous Coupling Unit (VCU).

baik Torsen LSD di Fortuner maupun Viscous LSD di Dakar, hanya aktif pada mode 4x4H...yg mana scara standar akan membagi torsi ke axle depan dan belakang dg perbandingan skitar 37-40% ke dpn 60-63% ke blkg.
lalu klo terjadi slip/kehilangan traksi di slh satu axle dpn atau blkg, maka si Torsen atau VCU akan membuat si Centre Diff utk melakukan pembagian ulang distribusi torsinya, up to 100%.

sdkan jika si centre LSD itu ternyata tdk mampu melakukan distribusi dg benar, maka kita bisa masuk ke mode 4x4HLc *) yg mana huruf Lc tsbt merefer kepada Locked Centre-diff, shg artinya dlm mode ini transfercase dikunci utk selalu bagi torsi 50% - 50% ke msg2 axle depan/blkg.
Mantap brp andy penjelasannya. Mau nambahin aja, di kelas 4*2 pun psd ada LSD hybrid type untuk di gardan belakangnya. Jadi kalau mobil angkat, roda belakang sebelah kita puter, roda sebelahnya akan berputer searah, bukan berlawanannya arah seperti mobil2 tanpa LSD. Untuk psd 4*4 pun di spec sama, di gardan belakangnya ada LSD hybrid type
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

tsk tsk tsk....... :e-think:

Kalo di dunia bengkel2 yg namanya LSD itu pasti semua orang nunjuk ke Gardan, pan LSD adalah mekanisme dari gardan itu sendiri, yang mengatur slip factor roda kiri dan kanan yah hanya si gardan lah.......... :mrgreen:

Note : tuk mobil RWD based

Di Transfer Box pada mobil AWD yg mengatur Torque Split roda depan - belakang ada Differential juga, tapi nggak disebut LSD, pan kalo mobil jalan lurus normal dia bisa full RWD atau saat roda belakang kehilangan traksi dia bisa full FWD. (mekanisme tiap mobil beda2, ada yg bisa full ke belakang atau ke depan, ada juga yang sistem persentase). CMIIW

Image
Buat conto aja
* Bukan ajakan Beli *
sayur
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Sep 14, 2012 4:26

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by sayur »

om om semua.... mau numpang tanya....bisa gak ya ps exceed dipasang LSD ?
User avatar
al_athur
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Nov 15, 2012 5:56

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by al_athur »

Turboman wrote:tsk tsk tsk....... :e-think:

Kalo di dunia bengkel2 yg namanya LSD itu pasti semua orang nunjuk ke Gardan, pan LSD adalah mekanisme dari gardan itu sendiri, yang mengatur slip factor roda kiri dan kanan yah hanya si gardan lah.......... :mrgreen:

Note : tuk mobil RWD based

Di Transfer Box pada mobil AWD yg mengatur Torque Split roda depan - belakang ada Differential juga, tapi nggak disebut LSD, pan kalo mobil jalan lurus normal dia bisa full RWD atau saat roda belakang kehilangan traksi dia bisa full FWD. (mekanisme tiap mobil beda2, ada yg bisa full ke belakang atau ke depan, ada juga yang sistem persentase). CMIIW

Image
Buat conto aja
Terimakasih banyak buat om andy1800 and om Turboman atas penjelasannya....jd lebih paham sekarang....
Thanks a lot and regards
reject
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Nov 26, 2012 9:49

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by reject »

lapor, nubie baru gabung.
Hansen wrote:
Rdi88 wrote:oohh gituu yah..
saya di padang om.. :e-think:
Kalo bisa DIY sih ga masalah om :D
Saya sendiri juga di medan kok
om hansen,dimedan juga kah?pjs nya sudah tutup EGR?dimedan, beli dan pasang dibengkel mana ya untuk EGR delete kit
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by andy1800 »

htannis wrote: Mantap brp andy penjelasannya. Mau nambahin aja, di kelas 4*2 pun psd ada LSD hybrid type untuk di gardan belakangnya. Jadi kalau mobil angkat, roda belakang sebelah kita puter, roda sebelahnya akan berputer searah, bukan berlawanannya arah seperti mobil2 tanpa LSD. Untuk psd 4*4 pun di spec sama, di gardan belakangnya ada LSD hybrid type
wuih... dg demikian, semakin menambah daftar mantapnya dakar ya bro. :frm_tumbright: :off_good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
chevbro
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 20, 2012 1:54

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by chevbro »

mau tanya dong. td baru liat di brosur, harga pajero sport 4x2 exceed sama dengan Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T. mau saran dong, ada yang tau perbandingannya apa, sama yg lbh unggul yang mana. makasih seblumnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

chevbro wrote:mau tanya dong. td baru liat di brosur, harga pajero sport 4x2 exceed sama dengan Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T. mau saran dong, ada yang tau perbandingannya apa, sama yg lbh unggul yang mana. makasih seblumnya.
Kalau saya pribadi antara PJS Exceed dan 42ner VNT ya masih lebih pilih 42ner VNT, tapi buat lebih pastinya mending anda test drive keduanya, mana yang lebih disukai yah ambil yg anda suka.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Bakmiekepiting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2623
Joined: Wed Nov 14, 2012 11:19

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Bakmiekepiting »

Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

---deleted----
Last edited by Abu2 on Fri Nov 30, 2012 2:52, edited 2 times in total.
Reason: jualan pada tempatnya!!
submariner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by submariner »

Bakmiekepiting wrote:Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

Mau beli pajero? PM saya,tar saya kasih diskon & bonus menarik...

Ane sales mitsubishi jakarta utara..thx hehe :)

itu sih specs di atas kertas oom.

udah ada yang coba dyno VNT blom ?

exceed keluaran 2010 ke atas, rata2 yang di dyno dapet 150an hp.

tapi kalau mau lebih enak sih harusnya dicoba aja drag race di jalan, baru keliatan siapa yg lebih unggul.
User avatar
al_athur
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Nov 15, 2012 5:56

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by al_athur »

submariner wrote:
Bakmiekepiting wrote:Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

Mau beli pajero? PM saya,tar saya kasih diskon & bonus menarik...

Ane sales mitsubishi jakarta utara..thx hehe :)

itu sih specs di atas kertas oom.

udah ada yang coba dyno VNT blom ?

exceed keluaran 2010 ke atas, rata2 yang di dyno dapet 150an hp.

tapi kalau mau lebih enak sih harusnya dicoba aja drag race di jalan, baru keliatan siapa yg lebih unggul.

kalo saya milih PJS soalnya 42ner diesel di Indonesia ga ada versi 4x4-nya....
Thanks a lot and regards
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Turboman wrote: Kalau saya pribadi antara PJS Exceed dan 42ner VNT ya masih lebih pilih 42ner VNT, tapi buat lebih pastinya mending anda test drive keduanya, mana yang lebih disukai yah ambil yg anda suka.
Turboman ditanya, fanboy D4D gitu :mrgreen:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

htannis wrote:
Turboman wrote: Kalau saya pribadi antara PJS Exceed dan 42ner VNT ya masih lebih pilih 42ner VNT, tapi buat lebih pastinya mending anda test drive keduanya, mana yang lebih disukai yah ambil yg anda suka.
Turboman ditanya, fanboy D4D gitu :mrgreen:
Image HenTan Image
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Bakmiekepiting wrote:Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

Mau beli pajero? PM saya,tar saya kasih diskon & bonus menarik...

Ane sales mitsubishi jakarta utara..thx hehe :)
Tolong di trit diskusi ini utk discuss membahas mobilnya dan bukan jualan

Peringatan pertama yah

Thanks
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by poeticmind »

Bakmiekepiting wrote:Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

Mau beli pajero? PM saya,tar saya kasih diskon & bonus menarik...

Ane sales mitsubishi jakarta utara..thx hehe :)
siapa bilang exceed kalah...
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by andy1800 »

poeticmind wrote:
Bakmiekepiting wrote:Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

Mau beli pajero? PM saya,tar saya kasih diskon & bonus menarik...

Ane sales mitsubishi jakarta utara..thx hehe :)
siapa bilang exceed kalah...
Bakmiekepiting
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by poeticmind »

andy1800 wrote:
poeticmind wrote:
Bakmiekepiting wrote:Pajero exceed jelas kalah sama foruner vnt..exceed 136 HP,sdgkan VNT Turbo 144HP...mendingan Dakar gan lbh mantab...

Mau beli pajero? PM saya,tar saya kasih diskon & bonus menarik...

Ane sales mitsubishi jakarta utara..thx hehe :)
siapa bilang exceed kalah...
Bakmiekepiting
mau cari pasal ini... :mky_03: :mky_03:
Image