al_athur wrote:andy1800 wrote:al_athur wrote:Salam Nubie...
Om saya pake PSD 4x4 5sp baru 2500km.
Pernah saya cemplungin ke kubangan pada posisi D 4x2, sampai stuck ga bisa maju lagi,
kemudian saya pindah ke posisi D 4x4H, mobil bisa keluar kubangan, n sebenernya pengen sampe stuck di posisi D 4x4H trus kemudian dipindah ke posisi 4x4HLLc buat mengetahui responnya, tp ternyata sampe ketemu jalan halus mobil tidak stuck masih bisa pake D 4x4H.
Kira-kira apa perbedaan 4x4H ama 4x4HLLc, bukankah posisi LSD itu di gardan bukan di transfercase?
Thanks a lot and Regards
serius ga nih nanya nya ?

Serius Om,
soalnya yg sya tau LSD itu di gardan, trus bedanya 4x4H ama 4x4HLLc apaan? yg dimaksud lock pada posisi 4x4HLLc itu yg dilock apanya? apakah 4x4HLLc itu mengaktifkan LSD juga?

heheee ok om.
jd pada dasarnya udah diterangkan sm om RVR tsb ya
sdgkan ini cm penjabarannya:
Kira-kira apa perbedaan 4x4H ama 4x4HLLc, bukankah posisi LSD itu di gardan bukan di transfercase?
tidak demikian
scara pengertian basic, transfercase itu sbenarnya adlah gardan atau differensial jg. shg scara spesifik disebutnya centre differential.
jadi, LSD posisinya bisa dimana saja. bisa di gardan/differensial axle depan, bisa di gardan/differensial tengah (yaitu transfercase), bisa di gardan/differensial axle belakang.
jd tiap2 mobil 4WD bisa saja mempunyai 1, 2, atau 3 LSD. sampai disini kebayang kan?
ok, jd baik di dakar maupun fortuner, mereka mempunyai LSD hanya di centre diff.
hanya saja, sistem LSD yg diadopsi nya ada sedikit perbedaan.
Fortuner mengadopsi LSD yg berbasiskan Torque Sensing Traction (Torsen), sdgkan Dakar mengadopsi LSD berbasiskan Viscous Coupling Unit (VCU).
baik Torsen LSD di Fortuner maupun Viscous LSD di Dakar, hanya aktif pada mode 4x4H...yg mana scara standar akan membagi torsi ke axle depan dan belakang dg perbandingan skitar 37-40% ke dpn 60-63% ke blkg.
lalu klo terjadi slip/kehilangan traksi di slh satu axle dpn atau blkg, maka si Torsen atau VCU akan membuat si Centre Diff utk melakukan pembagian ulang distribusi torsinya, up to 100%.
sdkan jika si centre LSD itu ternyata tdk mampu melakukan distribusi dg benar, maka kita bisa masuk ke mode 4x4HLc *) yg mana huruf Lc tsbt merefer kepada Locked Centre-diff, shg artinya dlm mode ini transfercase dikunci utk selalu bagi torsi 50% - 50% ke msg2 axle depan/blkg.
tdk ada uraian diatas yg msh kurang dipahami kan?
dg demikian, otomatis lsg bs diaphami kenapa dlm kejadian itu akhirnya perlu pakai 4x4HLc instead of 4x4H
*) pls notice itu HLc ya, bukan HLLc...adanya tu HLc dan LLc...tuliasn Lc refers to Locked centrediff. H refers to High-range gear. L refers to Low-range gear.