power to weight ratio??
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13
power to weight ratio??
Alo agan2 skalian...penasaran neh gmn carany itung power to weight ratio?? Ap bs dijadikan acuan buat tahu performa sbuah mobil/motor?? Ato mungkin agan2 skalian bs share jg power to weight ratio dri kndaraan agan2...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: power to weight ratio??
Peak nya power to weight ratio ya = peak power dibagi dg berat kendaraan dlm kondisi stdar (curb weight).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: power to weight ratio??
dr pengamatan ane ya,
kalo hasil bagi yg seperti um andy bilang kurang dari 0,1 biasanya tu mobil lemot
deket2 0,1 pas2an
lebih dari 0,1 ngacir
tp kalo diesel tidak berlaku karena hp nya kecil tp torsinya besar
kalo hasil bagi yg seperti um andy bilang kurang dari 0,1 biasanya tu mobil lemot
deket2 0,1 pas2an
lebih dari 0,1 ngacir
tp kalo diesel tidak berlaku karena hp nya kecil tp torsinya besar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: power to weight ratio??
1) cara itung?
mau nggak mau ya percaya ama brosur/data pabrikan hehehe.... karena? utk ngitung output power real mobil kita, mesti di dyno test. ribed dan buang duit kalo hanya sekedar pengen ngitung brapa output mobil kita. plus tiap brand mesin dyno outputnya beda2 hehe contoh antara dastek vs dyno dynamics. pasti beda (banyak) tuh ngukur di dastek vs dyno dynamics.
2) utk ngitung berat, tauk deh gimana caranya. masak iya mo ke jembatan timbangnya DLLAJR?
3) utk acuan kasar komparasi performa? iya. dengan catatan ini nggak mutlak, sangaaaaat banyak parameter lain sebagai faktor kalkulasi performa saat dikebut. karakteristik mesin, drivetrain, dll.
4) jangan lupa, data di brosur juga mesti dikalibrasi antar brand, sama nggak tuh metode ngukurnya. Ada SAE rating vs DIN rating vs JIS rating, juga gross vs net.
5) bobot mobil juga ada curb weight (kosongan) vs GVW.
6) CMIIW.
mau nggak mau ya percaya ama brosur/data pabrikan hehehe.... karena? utk ngitung output power real mobil kita, mesti di dyno test. ribed dan buang duit kalo hanya sekedar pengen ngitung brapa output mobil kita. plus tiap brand mesin dyno outputnya beda2 hehe contoh antara dastek vs dyno dynamics. pasti beda (banyak) tuh ngukur di dastek vs dyno dynamics.
2) utk ngitung berat, tauk deh gimana caranya. masak iya mo ke jembatan timbangnya DLLAJR?
3) utk acuan kasar komparasi performa? iya. dengan catatan ini nggak mutlak, sangaaaaat banyak parameter lain sebagai faktor kalkulasi performa saat dikebut. karakteristik mesin, drivetrain, dll.
4) jangan lupa, data di brosur juga mesti dikalibrasi antar brand, sama nggak tuh metode ngukurnya. Ada SAE rating vs DIN rating vs JIS rating, juga gross vs net.
5) bobot mobil juga ada curb weight (kosongan) vs GVW.
6) CMIIW.

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13
Re: power to weight ratio??
Pake satuan ap buat power & curb weight ny? Trus misal dri data brosur antara brio & new aveo...sama2 punya 100 ps power...new aveo lebih berat...klo pake itungan itu bs dijadikan acuan buat komparasi kemampuan 2 mbl tsb? Klo dri logikany seh harusny new aveo lbh lambat akselerasi...(sorry klo salah..msh noob neh.haha..)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: power to weight ratio??
pakai satuan apa aja blh kok Om, yg penting sama..ultimate0 wrote:Pake satuan ap buat power & curb weight ny? Trus misal dri data brosur antara brio & new aveo...sama2 punya 100 ps power...new aveo lebih berat...klo pake itungan itu bs dijadikan acuan buat komparasi kemampuan 2 mbl tsb? Klo dri logikany seh harusny new aveo lbh lambat akselerasi...(sorry klo salah..msh noob neh.haha..)

klo ane biasanya jg memperhatiin wheelbase/jarak sumbu roda.
bobot nya Brio brp sih Om?
ane cek di web Honda Prospek kok gak ada datanya..
gmn klo sekalian jg dibahas dsini data2nya.. biar jls.

Last edited by mr-saga on Mon Oct 22, 2012 12:36, edited 1 time in total.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 413
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: power to weight ratio??
klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: power to weight ratio??
ga perlu sorry cm krn msh noob. emang ultimate0 ini msh kuliah atau blm lama lulusnya?ultimate0 wrote:Pake satuan ap buat power & curb weight ny? Trus misal dri data brosur antara brio & new aveo...sama2 punya 100 ps power...new aveo lebih berat...klo pake itungan itu bs dijadikan acuan buat komparasi kemampuan 2 mbl tsb? Klo dri logikany seh harusny new aveo lbh lambat akselerasi...(sorry klo salah..msh noob neh.haha..)
spt dah dijelasin sm temens di atas2 itu ya, bhw:
- satuan bs apa aja. klo mau bandingin mobil, intinya ya satuannya hrs sama.
- utk sederhananya kesimpulan logikanya mmg bs begitu.
- ok let's step by step... skrg coba tulis sini aja dulu data dari brosur2 itu. terutama peak power dan peak torque. lgkap sm satuannya ya, dan tulislah disini persis sm yg tertulis di brosur itu yak.
stlh itu bisa kita lanjut
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: power to weight ratio??
ngak bisa dibandingkan karena perhitungan secara kasar, buat lari itu banyak faktor,ultimate0 wrote:Alo agan2 skalian...penasaran neh gmn carany itung power to weight ratio?? Ap bs dijadikan acuan buat tahu performa sbuah mobil/motor?? Ato mungkin agan2 skalian bs share jg power to weight ratio dri kndaraan agan2...
mulai dari kaki kanan pengemudi cara injak gas, kecepatan oper verneling/ kecanggihan maticnya, tentu beda dunk maticnya mercedes 7 speed lalu dibandingkan ama maticnya avansa misalnya, aerodinamis mobil, kondisi pengetasan cuaca, dll
paling gampang ya ngajak temen aja yang punya mobil lain lalu diajak ngebut. ngetrack bareng2 ..

http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: power to weight ratio??
contohnya captiva dieseldany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: power to weight ratio??
hanya sayangnya, saat ini rasio gigi mobil diesel (penumopang/passenger) biasanya lebih halus dibanding bensin dan bentang tenaganya (powerband) juga lebih pendekevolution21 wrote:contohnya captiva dieseldany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget
lama lama, nanti topicnya bisa nyambung kesini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1179
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: power to weight ratio??
kalo dari ilmu awam sotoy saya kayanya HP itu nentuin max speed deh, kalo torsi kayanya masalah menggerakkan mobil dari diam ke gerak gitu (accel kali yak). coefficient of drag ngaruhnya gede bangetngetnget dong..dany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1179
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: power to weight ratio??
hadeh2.. ini captiva diesel yg paling baru sih bengis gila larinya. ngejar pake mazda2 nggak kekejar. ngejar pake xtrail 2.5 ngap2an. di tanjakan cipularang sih siap2 telen tinta hitam cumi2 captiva ajaevolution21 wrote:contohnya captiva dieseldany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13
Re: power to weight ratio??
Berikut bbrp spek dri brosur yg sy punya:andy1800 wrote:ga perlu sorry cm krn msh noob. emang ultimate0 ini msh kuliah atau blm lama lulusnya?ultimate0 wrote:Pake satuan ap buat power & curb weight ny? Trus misal dri data brosur antara brio & new aveo...sama2 punya 100 ps power...new aveo lebih berat...klo pake itungan itu bs dijadikan acuan buat komparasi kemampuan 2 mbl tsb? Klo dri logikany seh harusny new aveo lbh lambat akselerasi...(sorry klo salah..msh noob neh.haha..)
spt dah dijelasin sm temens di atas2 itu ya, bhw:
- satuan bs apa aja. klo mau bandingin mobil, intinya ya satuannya hrs sama.
- utk sederhananya kesimpulan logikanya mmg bs begitu.
- ok let's step by step... skrg coba tulis sini aja dulu data dari brosur2 itu. terutama peak power dan peak torque. lgkap sm satuannya ya, dan tulislah disini persis sm yg tertulis di brosur itu yak.
stlh itu bisa kita lanjut
*Brio M/T
Mesin: 1.3L SOHC 4 silinder segaris,16 katup i-VTEC+DBW
Sistem suplai bahan bakar: PGM-FI
Diameter x langkah(mm): 73x80
Isi silinder(cc): 1.339
Perbandingan komperasi: 10,5:1
Daya maks Kw(PS)/rpm: 73(100)/6000
Momen puntir maks Kg.m(Nm)/rpm: 13(127)/4800
PxLxT (mm): 3.160x1.680x1.485
Jarak sumbu roda (mm): 2.345
Berat kosong (kg): 920/925 (berdasarkan data dri wikipedia,majalah lokal, & brosur brio versi thailand. Krn di brosur versi lokal ga ad)
Ban: 175/65 R14
Suspensi:
Depan: McPherson Strut
Belakang: H-Shape Torsion Beam
Perbandingan gigi (M/T):
1st: 3,307
2nd: 1,750
3rd: 1,171
4th: 0,853
5th: 0,727
Reverse: 3,307
Final gear: 4,625
--------------------------------------------------------------
*New Aveo M/T
Mesin: 1.4L,DOHC, 16 valve, 4 CYL,Variable Timing
Fuel system: injection-multi points
Bore x stroke (mm): 73,4 x 82,6
Displacement (cc): 1,398
Compression ratio: 10,5:1
Max power (PS/rpm): 100/6000
Max torque (Nm/rpm): 130/4000
PxLxT (mm): 4039x1735x1517
Wheelbase (mm): 2,525
Curb weight (kg): 1.253
Tire: 195/65 R15
Suspensi:
Depan: MacPherson Struts with direct acting stabilizer bar
Belakang: Compound crank with double walled V beam
Gear ratio:
1st: 3,727
2nd: 1,960
3rd: 1,323
4th: 0,946
5th: 0,756
reverse: 3,308
Final gear: (ga ad di brosur)
-----------------------------------------------------------
Silahkan dibahas mana yg lbih baik. Kebetulan kedua mbl ini punya spek power mesin yg sama mnurut brosur...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: power to weight ratio??
hwadhuh.........
kalo pertanyaannya luas dan dalam: mana yang lebih baik antara brio vs aveo? maka nggak akan bs dijawab HANYA by brochure dan HANYA MENGACU pada teori power to weight ratio bro.
skali lg, seperti udah sy dan temen2 lain jawab di atas, semua spendapat: YA, pd dasarnya begitulah perhitungan kasarnya. power to weight ratio makin besar ya makin bagus, tp itu cm sebagai perhitungan awal/kasar aja.
mana yg lebih baik, rasio antara brio vs aveo? DI ATAS KERTAS, brio lebih bagus rasionya. jadi, performa brio lebih unggul? NTAR DULU, perlu dites nyata.
kalo pertanyaannya luas dan dalam: mana yang lebih baik antara brio vs aveo? maka nggak akan bs dijawab HANYA by brochure dan HANYA MENGACU pada teori power to weight ratio bro.

skali lg, seperti udah sy dan temen2 lain jawab di atas, semua spendapat: YA, pd dasarnya begitulah perhitungan kasarnya. power to weight ratio makin besar ya makin bagus, tp itu cm sebagai perhitungan awal/kasar aja.
mana yg lebih baik, rasio antara brio vs aveo? DI ATAS KERTAS, brio lebih bagus rasionya. jadi, performa brio lebih unggul? NTAR DULU, perlu dites nyata.

Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: power to weight ratio??
Beli mobil via bandingin brosur?
Dua mobil sama horsepower & torsi maxnya, beda di karakteristik power delivery.
Yaris tarikan bawah, jazz tarikan atas. Di kemacetan enak Yaris. Padahal speknya mirip2 di brosur.
Dua mobil sama horsepower & torsi maxnya, beda di karakteristik power delivery.
Yaris tarikan bawah, jazz tarikan atas. Di kemacetan enak Yaris. Padahal speknya mirip2 di brosur.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: power to weight ratio??
goodultimate0 wrote:Berikut bbrp spek dri brosur yg sy punya:andy1800 wrote:ga perlu sorry cm krn msh noob. emang ultimate0 ini msh kuliah atau blm lama lulusnya?ultimate0 wrote:Pake satuan ap buat power & curb weight ny? Trus misal dri data brosur antara brio & new aveo...sama2 punya 100 ps power...new aveo lebih berat...klo pake itungan itu bs dijadikan acuan buat komparasi kemampuan 2 mbl tsb? Klo dri logikany seh harusny new aveo lbh lambat akselerasi...(sorry klo salah..msh noob neh.haha..)
spt dah dijelasin sm temens di atas2 itu ya, bhw:
- satuan bs apa aja. klo mau bandingin mobil, intinya ya satuannya hrs sama.
- utk sederhananya kesimpulan logikanya mmg bs begitu.
- ok let's step by step... skrg coba tulis sini aja dulu data dari brosur2 itu. terutama peak power dan peak torque. lgkap sm satuannya ya, dan tulislah disini persis sm yg tertulis di brosur itu yak.
stlh itu bisa kita lanjut
*Brio M/T
Mesin: 1.3L SOHC 4 silinder segaris,16 katup i-VTEC+DBW
Sistem suplai bahan bakar: PGM-FI
Diameter x langkah(mm): 73x80
Isi silinder(cc): 1.339
Perbandingan komperasi: 10,5:1
Daya maks Kw(PS)/rpm: 73(100)/6000
Momen puntir maks Kg.m(Nm)/rpm: 13(127)/4800
PxLxT (mm): 3.160x1.680x1.485
Jarak sumbu roda (mm): 2.345
Berat kosong (kg): 920/925 (berdasarkan data dri wikipedia,majalah lokal, & brosur brio versi thailand. Krn di brosur versi lokal ga ad)
Ban: 175/65 R14
Suspensi:
Depan: McPherson Strut
Belakang: H-Shape Torsion Beam
Perbandingan gigi (M/T):
1st: 3,307
2nd: 1,750
3rd: 1,171
4th: 0,853
5th: 0,727
Reverse: 3,307
Final gear: 4,625
--------------------------------------------------------------
*New Aveo M/T
Mesin: 1.4L,DOHC, 16 valve, 4 CYL,Variable Timing
Fuel system: injection-multi points
Bore x stroke (mm): 73,4 x 82,6
Displacement (cc): 1,398
Compression ratio: 10,5:1
Max power (PS/rpm): 100/6000
Max torque (Nm/rpm): 130/4000
PxLxT (mm): 4039x1735x1517
Wheelbase (mm): 2,525
Curb weight (kg): 1.253
Tire: 195/65 R15
Suspensi:
Depan: MacPherson Struts with direct acting stabilizer bar
Belakang: Compound crank with double walled V beam
Gear ratio:
1st: 3,727
2nd: 1,960
3rd: 1,323
4th: 0,946
5th: 0,756
reverse: 3,308
Final gear: (ga ad di brosur)
-----------------------------------------------------------
Silahkan dibahas mana yg lbih baik. Kebetulan kedua mbl ini punya spek power mesin yg sama mnurut brosur...

ok, jd bro ultimate pengen metode pembahasan secara step by step ala "for dummies" dulu...atau pgn lsg advance?
sdgkan yg dah dikemukakan sm masters/guru2 di atas, adlh metode pengajaran utk yg attending di kelas advance.
sukur klo bro ultimate dah bisa lsg mencernanya.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: power to weight ratio??
power sama2 100hp
tp bobot selisih 200kg
ya yg lebih ringan yg menang
power to weight ratio
brio 100/925 = 0.108
aveo 100/1253 = 0.079
kalo cuman hitung2an diatas kertas semestinya brio menang, menang telak malahan
tapi itu semua harus di tes lg di aspal beneran
tp bobot selisih 200kg
ya yg lebih ringan yg menang
power to weight ratio
brio 100/925 = 0.108
aveo 100/1253 = 0.079
kalo cuman hitung2an diatas kertas semestinya brio menang, menang telak malahan
tapi itu semua harus di tes lg di aspal beneran
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: power to weight ratio??
PWR adalah salah 1 faktor aja yg menentukan performa mobil/motor... ada satu faktor lain yg sangat menentukan performa, yaitu gear ratio (perbandingan gigi dalam girboks) dan kalok utk motor ada 1 lagi yaitu sprocket ratio (perbandingan gir depan dan blakang)... Perbandingan gear ratio dalam girboks dan perbandingan sprocket SANGAT BERPENGARUH pada performa akselerasi dan topspeed. Pada mobil, perbedaan signifikan adalah gear ratio antara mobil utk on-road dan yg utk off-road, maka performanya juga sangat beda...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: power to weight ratio??
evolution21 wrote:power sama2 100hp
tp bobot selisih 200kg
ya yg lebih ringan yg menang
power to weight ratio
brio 100/925 = 0.108
aveo 100/1253 = 0.079
kalo cuman hitung2an diatas kertas semestinya brio menang, menang telak malahan
tapi itu semua harus di tes lg di aspal beneran
Spek brosur sih begitu, tapi pertanyaannya apa boil jepang bisa explore semua horsepowernya itu dengan grip pas2an?
Anda ngebut pakai 206 1.4 / polo 1.4 tenaga pas bobot mantap, dengan boil jepun (misal Jazz) yg spek horsepower besar bodi kapas. Boil eropa trek lurus & nikung high speed mobil masih lengket dengan aspal.
Sudah rahasia umum jalan toll & gunung bukan area bermain boil yg "garang spek brosurnya".
Pinjem istilah beken : power is nothing without grip.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: power to weight ratio??
ya plus minus tiap mobil itu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13
Re: power to weight ratio??
@andy1800: Pembahasan dri step by step aj..krn sy butuh bnyk blajar..haha...
@all: thx y buat masukan dri para master...sy jd tambah wawasan bru...klo ad tambahan ilmu2 bru...bole skalian dishare di sini...buat komparasi mobil2.....btw gear ratio itu bs ngaruh apa y buat mobil? Sy ga ngerti soal gear ratio.. Contohny kyk spek brosur brio & aveo...power sama..tp gear ratio beda...ternyata bnyk faktor jg y dlm nentuin performa mbl...jd tambah bingung dh sy...haha...
@all: thx y buat masukan dri para master...sy jd tambah wawasan bru...klo ad tambahan ilmu2 bru...bole skalian dishare di sini...buat komparasi mobil2.....btw gear ratio itu bs ngaruh apa y buat mobil? Sy ga ngerti soal gear ratio.. Contohny kyk spek brosur brio & aveo...power sama..tp gear ratio beda...ternyata bnyk faktor jg y dlm nentuin performa mbl...jd tambah bingung dh sy...haha...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: power to weight ratio??
oh ya gear ratio gimana ya kalo ngeliat spek gitu
kadang kan ada tu mobil yg terasa tiap giginya terlalu pendek, ada yg terlalu panjang
kalo boleh dilampirkan gear rationya mobil2 honda / mitsubishi / mazda
3 merek ini biasanya terasa pas, enak dipake, terasa sporty perpindahan giginya
kadang kan ada tu mobil yg terasa tiap giginya terlalu pendek, ada yg terlalu panjang
kalo boleh dilampirkan gear rationya mobil2 honda / mitsubishi / mazda
3 merek ini biasanya terasa pas, enak dipake, terasa sporty perpindahan giginya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: power to weight ratio??
Kejar Captiva diesel ya Pake BMW X1 Diesel sama sama 2000 cc dieselnya ....iamwewe wrote:hadeh2.. ini captiva diesel yg paling baru sih bengis gila larinya. ngejar pake mazda2 nggak kekejar. ngejar pake xtrail 2.5 ngap2an. di tanjakan cipularang sih siap2 telen tinta hitam cumi2 captiva ajaevolution21 wrote:contohnya captiva dieseldany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget



http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: power to weight ratio??
hadeh2.. ini captiva diesel yg paling baru sih bengis gila larinya. ngejar pake mazda2 nggak kekejar. ngejar pake xtrail 2.5 ngap2an. di tanjakan cipularang sih siap2 telen tinta hitam cumi2 captiva ajaevolution21 wrote:contohnya captiva dieseldany_pos wrote:klo power to weight ratio kecil tapi torsi besar, mobilnya ngacir juga kah? trus coeficient of drag pengaruhnya besar atau kecil?
cuman 160 hp tapi torsinya 360nm
bobot 1,7 sampai hampir 2ton
kalo liat hp doank kayak pas2an cenderung lemot
tapi karena torsi besar, pas dicoba di aspal berasa galak banget

Kejar Captiva diesel ya Pake BMW X1 Diesel sama sama 2000 cc dieselnya ....



Gak usah pake BMW bro, coba kejar pake Hyundai i20 CRDI, ada kawan pake standard full biosolar bisa dapat 180 kph pedal gas belum kena lantai...