Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
yang vnt sedikit lebih boros, kan tenaga lebih gede = jadi ngegas terus..wajar aja sih
ini baru jalan 1000km abis cek ke auto2k trus saya ganti oli mesin (semi synth) di toyota..abis 570rebu
ini baru jalan 1000km abis cek ke auto2k trus saya ganti oli mesin (semi synth) di toyota..abis 570rebu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
bukannya logikanya bisa juga kbalikan dg itu:
krn tenaga lbh gede, maka maen towel dikiiiiittttt aja juga dah ngacir.... shg malah ga perlu srg2 bejek yg artinya memboroskan solar.
gitu nggak?
krn tenaga lbh gede, maka maen towel dikiiiiittttt aja juga dah ngacir.... shg malah ga perlu srg2 bejek yg artinya memboroskan solar.
gitu nggak?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
masi inreyen kali bro,. jadi mmg di stel aga boros,.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Yg dipake rally pake rem tromol apa rem cakram sih belakangnya?FortunerMan wrote:Dimana gak nyambungnya? Asal usul Fortuner = Hilux. Reputasi Hilux adalah tough. Contohnya tough apa? banyak - salah satunya dipake rally. Banyak lagi...kalo anda mau belajar

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
montir bengkel tetangga kali siong...Hansen wrote:Siapa yg stel?
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Wah kan padahal seharusnya dibawa ke beres aja chiong...DOHC wrote:montir bengkel tetangga kali siong...Hansen wrote:Siapa yg stel?


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
kata serpis adpeser nya toyota sih
ga pake setel2an kan udah pake kumputer pak
ya udah gitu aja dah..ganti oli doangan
sekarang 1:9.5km/liter rute komuter harian bunderan hi ke scbd
tinggal suspengsi neh...trd trd trd
mari kita menabung




ya udah gitu aja dah..ganti oli doangan
sekarang 1:9.5km/liter rute komuter harian bunderan hi ke scbd
tinggal suspengsi neh...trd trd trd



-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Oct 21, 2009 7:00
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
barusan dapet info dr temen showroom di medan katanya kalo ambil gnf non vnt sekarang dikasih diskon 20jt dr pricelist.. artinya antara vnt dan non vnt ada selisih harga 30jt.. worthed ambil yg mana ya gan kalo gitu?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
loh, kok ganti oli pertama bayar?iwang wrote:yang vnt sedikit lebih boros, kan tenaga lebih gede = jadi ngegas terus..wajar aja sih
ini baru jalan 1000km abis cek ke auto2k trus saya ganti oli mesin (semi synth) di toyota..abis 570rebu
yg ganti oli pertama gratis tu apa ya? toyota atau honda atau apa sih?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
gantii oli pertama kan 10ribu kilo om yang gratis..keburu ancur dah tuh mesin
baru abis break in..makanya saya jalan 1000km trus langsung minta ganti olinya..biar nanti sampe 10rb baru ganti gratis..



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
ho? emg ganti oli 10rb km gratis yah? kq saya ga gratis yah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
^^ oo yg gratis 10rb nya ya om?...kirain pokoknya yg ganti oli pertama....ic, thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
iya di manual buk dan di buku serpis nya gitu..10rebu baru ganti oli gratis..makanya banyak orang pada ganti2 sendiri setelah break in period. lama juga 10rebu km kan
heheh

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
kq di manual n buku servis saya ga ad yah tulisan gratis oli 10rb itu?? yg ada cman gratis biaya jasa aja?iwang wrote:iya di manual buk dan di buku serpis nya gitu..10rebu baru ganti oli gratis..makanya banyak orang pada ganti2 sendiri setelah break in period. lama juga 10rebu km kanheheh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
di jkt atau bukan?fur10usx wrote:kq di manual n buku servis saya ga ad yah tulisan gratis oli 10rb itu?? yg ada cman gratis biaya jasa aja?iwang wrote:iya di manual buk dan di buku serpis nya gitu..10rebu baru ganti oli gratis..makanya banyak orang pada ganti2 sendiri setelah break in period. lama juga 10rebu km kanheheh
bisa saja di buku servis ga ad. kdg ada yg tulisannya dicapkan.
spt perawatan berkala itu di buku servis ane yg ditulis perawatan cuma-cuma hanya di lembar 1000km.
tp kenyataannya policy perawatan toyota di seluruh tam/a2k, memang sampai 50rb km gratis biaya jasa. utk mobil sejak keluaran 2009. plus gratis ganti oli pertama. gak tau klo utk beres yg bukan tam/a2k. misalnya nasmoco atau apa
utk yakinnya iseng2 tlp beres aj
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
ane di a2k cibinong-bogor.. iya om klo soal 50k jasa sih emg gratis tpi klo oli gratis 10k ane ga dpt bgtuan...andy1800 wrote:di jkt atau bukan?fur10usx wrote:kq di manual n buku servis saya ga ad yah tulisan gratis oli 10rb itu?? yg ada cman gratis biaya jasa aja?iwang wrote:iya di manual buk dan di buku serpis nya gitu..10rebu baru ganti oli gratis..makanya banyak orang pada ganti2 sendiri setelah break in period. lama juga 10rebu km kanheheh
bisa saja di buku servis ga ad. kdg ada yg tulisannya dicapkan.
spt perawatan berkala itu di buku servis ane yg ditulis perawatan cuma-cuma hanya di lembar 1000km.
tp kenyataannya policy perawatan toyota di seluruh tam/a2k, memang sampai 50rb km gratis biaya jasa. utk mobil sejak keluaran 2009. plus gratis ganti oli pertama. gak tau klo utk beres yg bukan tam/a2k. misalnya nasmoco atau apa
utk yakinnya iseng2 tlp beres aj
iya rencana nya tar mw di tanyain ksana..
thx om info nya
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Oct 21, 2012 16:48
- Location: Jakarta
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Iya nih bro trit ini terasa sepi sekali dan kelihatanya melempem, posting terakhir tgl 3 Oktober. Apa karena pada kecewa karena meskipun VNT tapi dapat spec matic yg “purba” (saya pinjam istilahnya pak Turboman) alias 4AT, padahal yg lain sudah 5-6 AT Tiptronic/padlle shift lagi he...he...he...eh. Ato mungkin semua sudah puas dg spec purba tersebut he...he...he.... Ditambah lagi setelah pak FM alias pak Fortunerman dikandangin kelihatanya sudah gak ada lagi yg berjibaku untuk fortuner he....he...he...Nah dengan kemunculan pak Fortuner SUV sebagai pengganti pak FM mudah mudahan trit ini kembali bergairah he...he.....hee...fortuner SUV wrote:ikut memantau dan mengamati nih fortuner vnt, sampai* ane punya banyak review mengenai ini.
![]()
Yang kelihatan sangat bersemangat dinamis dan energic justru trit Santa Fe, CRV, Captiva, OS, CX5. Mereka sangat bersemangat dg masalah teknologi, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semangat dong di trit ini, tuh CRV gen 4 sudah mengintai mo nyalip he....he.....he....

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Ya masing2 mobil ada plus - minusnya, tinggal sesuaikan kebutuhan aja
42ner VNT mmg Matic masih 4 speed, dan konon kinerja rem saat panic brake kurang.
Tapi :
- Matic A 304 ini tahan dihajar Torsi sampe 600 Nm an (short burst)
- Spare part sgt mudah didapat
- Parts2 tuning utk mesin / suspensi / rem mudah didapat & pilihan aneka rupa, bahkan paket tuning transmisi buatan TransGo pun di Jkt sudah ada yg pake
- Body parts mudah didapat
Nih contoh kecil :
Ipah saya bumper belakang kesenggol pelan, saya mau claim tus teman sy yg mau bantu claim bilang : "Gak usah dibetulin, ganti baru aja bumper-nya sekalian, gampang kok"........nah malah sy ditawarin dapat bumper baru
Trus dulu saya pernah ngalamin rel kursi depan macet, cari2 di suatu bengkel, dapat deh rel kursi copotan ex asuransi, masih bagus, cuman bayarin 100 rb kursi ane lancar lagi.
Coba kalo mobil2 yg CBU dari negara yg jauh, apalagi jika populasi mobillnya gak banyak, semudah itu kah cari body parts-nya ? kalaupun ada, harga body partsnya berapa duit ?
lalu perspektif konsumen juga beda2 :
- Ada yg beli mobil tertentu spy terlihat "berbeda"
- Ada yg beli mobil dgn expetasi kondisi standard-nya udah oke banget
- Ada yg beli mobil sebagai "bahan" utk dimodifikasi, jadi beli bahan yg basic-nya oke spy bisa modifikasi extreme
Ipah & Fortuner D4 D masuk yg kategori nomor 3
Well, bukan sih promosikan merek tertentu, ane berharap semua pabrikan utk serius jualan di Indonesia, memudahkan konsumen, jangan cuman tahunya jualan mobil baru abis itu selesai cerita........
42ner VNT mmg Matic masih 4 speed, dan konon kinerja rem saat panic brake kurang.
Tapi :
- Matic A 304 ini tahan dihajar Torsi sampe 600 Nm an (short burst)
- Spare part sgt mudah didapat
- Parts2 tuning utk mesin / suspensi / rem mudah didapat & pilihan aneka rupa, bahkan paket tuning transmisi buatan TransGo pun di Jkt sudah ada yg pake
- Body parts mudah didapat
Nih contoh kecil :
Ipah saya bumper belakang kesenggol pelan, saya mau claim tus teman sy yg mau bantu claim bilang : "Gak usah dibetulin, ganti baru aja bumper-nya sekalian, gampang kok"........nah malah sy ditawarin dapat bumper baru
Trus dulu saya pernah ngalamin rel kursi depan macet, cari2 di suatu bengkel, dapat deh rel kursi copotan ex asuransi, masih bagus, cuman bayarin 100 rb kursi ane lancar lagi.
Coba kalo mobil2 yg CBU dari negara yg jauh, apalagi jika populasi mobillnya gak banyak, semudah itu kah cari body parts-nya ? kalaupun ada, harga body partsnya berapa duit ?
lalu perspektif konsumen juga beda2 :
- Ada yg beli mobil tertentu spy terlihat "berbeda"
- Ada yg beli mobil dgn expetasi kondisi standard-nya udah oke banget
- Ada yg beli mobil sebagai "bahan" utk dimodifikasi, jadi beli bahan yg basic-nya oke spy bisa modifikasi extreme
Ipah & Fortuner D4 D masuk yg kategori nomor 3
Well, bukan sih promosikan merek tertentu, ane berharap semua pabrikan utk serius jualan di Indonesia, memudahkan konsumen, jangan cuman tahunya jualan mobil baru abis itu selesai cerita........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
ini vnturbo rasanya remnya ga keliatan gede, mungkin ukurannya sama dengan yang biasa. tapi setelah pake agak jauh, nanjak turun dsb saya rasa brake fade nya biasa aja..pakem2 aja cuman ya mobil gede bego gini direm mendadak ya ngeri tebalik karena ga ada ESP/VSC.
cuma memang seharusnya sih sudah disc-disc. ga tau deh prado 2.7 rem nya mungkin lebih besar atau mungkin disc all round.
cuma memang seharusnya sih sudah disc-disc. ga tau deh prado 2.7 rem nya mungkin lebih besar atau mungkin disc all round.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Nah ini dia pendapat sang master of diesel.....pak Turboman. Suatu pendapat yang objective dan berdasar he...he...he... tidak sekedar pokoknya dan gicu loh...he...he... Jadi kalo golongan 1&2 kurang pas ya pak Turboman kalo beli fortuner. Dan mungkin tambah satu lagi ya pak Turboman, golongan ke 4 yaitu golongan yg nrimo beli fortuner dg spec purba tanpa dioprek yang penting fortuner he....he...he....Yah tergantung kita berada di golongan 1,2,3,ato 4 he....he...he...Turboman wrote:Ya masing2 mobil ada plus - minusnya, tinggal sesuaikan kebutuhan aja
42ner VNT mmg Matic masih 4 speed, dan konon kinerja rem saat panic brake kurang.
Tapi :
- Matic A 304 ini tahan dihajar Torsi sampe 600 Nm an (short burst)
- Spare part sgt mudah didapat
- Parts2 tuning utk mesin / suspensi / rem mudah didapat & pilihan aneka rupa, bahkan paket tuning transmisi buatan TransGo pun di Jkt sudah ada yg pake
- Body parts mudah didapat
Nih contoh kecil :
Ipah saya bumper belakang kesenggol pelan, saya mau claim tus teman sy yg mau bantu claim bilang : "Gak usah dibetulin, ganti baru aja bumper-nya sekalian, gampang kok"........nah malah sy ditawarin dapat bumper baru
Trus dulu saya pernah ngalamin rel kursi depan macet, cari2 di suatu bengkel, dapat deh rel kursi copotan ex asuransi, masih bagus, cuman bayarin 100 rb kursi ane lancar lagi.
Coba kalo mobil2 yg CBU dari negara yg jauh, apalagi jika populasi mobillnya gak banyak, semudah itu kah cari body parts-nya ? kalaupun ada, harga body partsnya berapa duit ?
lalu perspektif konsumen juga beda2 :
- Ada yg beli mobil tertentu spy terlihat "berbeda"
- Ada yg beli mobil dgn expetasi kondisi standard-nya udah oke banget
- Ada yg beli mobil sebagai "bahan" utk dimodifikasi, jadi beli bahan yg basic-nya oke spy bisa modifikasi extreme
Ipah & Fortuner D4 D masuk yg kategori nomor 3
Well, bukan sih promosikan merek tertentu, ane berharap semua pabrikan utk serius jualan di Indonesia, memudahkan konsumen, jangan cuman tahunya jualan mobil baru abis itu selesai cerita........

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jul 26, 2011 4:49
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
sekalian tambah 1 lagiDeasegara wrote:Nah ini dia pendapat sang master of diesel.....pak Turboman. Suatu pendapat yang objective dan berdasar he...he...he... tidak sekedar pokoknya dan gicu loh...he...he... Jadi kalo golongan 1&2 kurang pas ya pak Turboman kalo beli fortuner. Dan mungkin tambah satu lagi ya pak Turboman, golongan ke 4 yaitu golongan yg nrimo beli fortuner dg spec purba tanpa dioprek yang penting fortuner he....he...he....Yah tergantung kita berada di golongan 1,2,3,ato 4 he....he...he...Turboman wrote:Ya masing2 mobil ada plus - minusnya, tinggal sesuaikan kebutuhan aja
42ner VNT mmg Matic masih 4 speed, dan konon kinerja rem saat panic brake kurang.
Tapi :
- Matic A 304 ini tahan dihajar Torsi sampe 600 Nm an (short burst)
- Spare part sgt mudah didapat
- Parts2 tuning utk mesin / suspensi / rem mudah didapat & pilihan aneka rupa, bahkan paket tuning transmisi buatan TransGo pun di Jkt sudah ada yg pake
- Body parts mudah didapat
Nih contoh kecil :
Ipah saya bumper belakang kesenggol pelan, saya mau claim tus teman sy yg mau bantu claim bilang : "Gak usah dibetulin, ganti baru aja bumper-nya sekalian, gampang kok"........nah malah sy ditawarin dapat bumper baru
Trus dulu saya pernah ngalamin rel kursi depan macet, cari2 di suatu bengkel, dapat deh rel kursi copotan ex asuransi, masih bagus, cuman bayarin 100 rb kursi ane lancar lagi.
Coba kalo mobil2 yg CBU dari negara yg jauh, apalagi jika populasi mobillnya gak banyak, semudah itu kah cari body parts-nya ? kalaupun ada, harga body partsnya berapa duit ?
lalu perspektif konsumen juga beda2 :
- Ada yg beli mobil tertentu spy terlihat "berbeda"
- Ada yg beli mobil dgn expetasi kondisi standard-nya udah oke banget
- Ada yg beli mobil sebagai "bahan" utk dimodifikasi, jadi beli bahan yg basic-nya oke spy bisa modifikasi extreme
Ipah & Fortuner D4 D masuk yg kategori nomor 3
Well, bukan sih promosikan merek tertentu, ane berharap semua pabrikan utk serius jualan di Indonesia, memudahkan konsumen, jangan cuman tahunya jualan mobil baru abis itu selesai cerita........
golongan ke-5 , golongan sok high tech ... beli mobil yg penting keliatan lebih banyak pernak-pernik mekaniknya biar keliatan canggih .. urusan nanti ga awet / bengkel resmi berantakan ga perduli, yg penting bisa klaim klo dirinya high tech lah

dan saya setuju tergantung setiap orang mau masuk digolongan 1,2,3,4, ato 5 ... toh duit masing2

Dream, Believe, Make It Happen
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
Om Turbo,Turboman wrote:Ya masing2 mobil ada plus - minusnya, tinggal sesuaikan kebutuhan aja
42ner VNT mmg Matic masih 4 speed, dan konon kinerja rem saat panic brake kurang.
Tapi :
- Matic A 304 ini tahan dihajar Torsi sampe 600 Nm an (short burst)
- Spare part sgt mudah didapat
- Parts2 tuning utk mesin / suspensi / rem mudah didapat & pilihan aneka rupa, bahkan paket tuning transmisi buatan TransGo pun di Jkt sudah ada yg pake
- Body parts mudah didapat
Nih contoh kecil :
Ipah saya bumper belakang kesenggol pelan, saya mau claim tus teman sy yg mau bantu claim bilang : "Gak usah dibetulin, ganti baru aja bumper-nya sekalian, gampang kok"........nah malah sy ditawarin dapat bumper baru
Trus dulu saya pernah ngalamin rel kursi depan macet, cari2 di suatu bengkel, dapat deh rel kursi copotan ex asuransi, masih bagus, cuman bayarin 100 rb kursi ane lancar lagi.
Coba kalo mobil2 yg CBU dari negara yg jauh, apalagi jika populasi mobillnya gak banyak, semudah itu kah cari body parts-nya ? kalaupun ada, harga body partsnya berapa duit ?
lalu perspektif konsumen juga beda2 :
- Ada yg beli mobil tertentu spy terlihat "berbeda"
- Ada yg beli mobil dgn expetasi kondisi standard-nya udah oke banget
- Ada yg beli mobil sebagai "bahan" utk dimodifikasi, jadi beli bahan yg basic-nya oke spy bisa modifikasi extreme
Ipah & Fortuner D4 D masuk yg kategori nomor 3
Well, bukan sih promosikan merek tertentu, ane berharap semua pabrikan utk serius jualan di Indonesia, memudahkan konsumen, jangan cuman tahunya jualan mobil baru abis itu selesai cerita........
Mobil ane mungkin lebih purba lagi maticnya.. TC lockup cuma di speed 3&4 di posisi D. Posisi terendah speed 1-2 cuma lockup di gear 2...alhasil klo turun dari parkiran mall pasti ngerem sepanjang turunan.
Karena lockup cuma di speed 3 & 4, kurang responsif klo bejek gasnya biasa-biasa aja. Baru ganas klo gasnya disentak, kayak buaya nerkam...malah susah ngeremnya...
Maticnya 42ner ini apakah identik dengan Aisin A340H atau A340 series pada umunya? Thanks..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1170
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Dari Grand New Fortuner Ke Grand New Fortuner VNT
sok high techbarzul wrote:sekalian tambah 1 lagiDeasegara wrote:Nah ini dia pendapat sang master of diesel.....pak Turboman. Suatu pendapat yang objective dan berdasar he...he...he... tidak sekedar pokoknya dan gicu loh...he...he... Jadi kalo golongan 1&2 kurang pas ya pak Turboman kalo beli fortuner. Dan mungkin tambah satu lagi ya pak Turboman, golongan ke 4 yaitu golongan yg nrimo beli fortuner dg spec purba tanpa dioprek yang penting fortuner he....he...he....Yah tergantung kita berada di golongan 1,2,3,ato 4 he....he...he...Turboman wrote:Ya masing2 mobil ada plus - minusnya, tinggal sesuaikan kebutuhan aja
42ner VNT mmg Matic masih 4 speed, dan konon kinerja rem saat panic brake kurang.
Tapi :
- Matic A 304 ini tahan dihajar Torsi sampe 600 Nm an (short burst)
- Spare part sgt mudah didapat
- Parts2 tuning utk mesin / suspensi / rem mudah didapat & pilihan aneka rupa, bahkan paket tuning transmisi buatan TransGo pun di Jkt sudah ada yg pake
- Body parts mudah didapat
Nih contoh kecil :
Ipah saya bumper belakang kesenggol pelan, saya mau claim tus teman sy yg mau bantu claim bilang : "Gak usah dibetulin, ganti baru aja bumper-nya sekalian, gampang kok"........nah malah sy ditawarin dapat bumper baru
Trus dulu saya pernah ngalamin rel kursi depan macet, cari2 di suatu bengkel, dapat deh rel kursi copotan ex asuransi, masih bagus, cuman bayarin 100 rb kursi ane lancar lagi.
Coba kalo mobil2 yg CBU dari negara yg jauh, apalagi jika populasi mobillnya gak banyak, semudah itu kah cari body parts-nya ? kalaupun ada, harga body partsnya berapa duit ?
lalu perspektif konsumen juga beda2 :
- Ada yg beli mobil tertentu spy terlihat "berbeda"
- Ada yg beli mobil dgn expetasi kondisi standard-nya udah oke banget
- Ada yg beli mobil sebagai "bahan" utk dimodifikasi, jadi beli bahan yg basic-nya oke spy bisa modifikasi extreme
Ipah & Fortuner D4 D masuk yg kategori nomor 3
Well, bukan sih promosikan merek tertentu, ane berharap semua pabrikan utk serius jualan di Indonesia, memudahkan konsumen, jangan cuman tahunya jualan mobil baru abis itu selesai cerita........
golongan ke-5 , golongan sok high tech ... beli mobil yg penting keliatan lebih banyak pernak-pernik mekaniknya biar keliatan canggih .. urusan nanti ga awet / bengkel resmi berantakan ga perduli, yg penting bisa klaim klo dirinya high tech lah![]()
dan saya setuju tergantung setiap orang mau masuk digolongan 1,2,3,4, ato 5 ... toh duit masing2
