CDI BRT VS CDI SHINDENGEN

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Kayaknya gw pernah denger2 kok ada cdi racing buat ninja.........
Ntar kalo ada info gw share deh......

cheers!
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

kalo buat NSR ada info gak ya??? hiks...hikss
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

iya gauss, ada sih, brt juga ada keluarin buat ninja..cuma pas gw buka link yg tomy kasih, gw lemes ngebacanya..panjang lebar bacanya, dah sampe bawah baru bilang gak bisa buat ninja, hehe...
Just Call Me Nichol !!!
basita
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Nov 19, 2005 14:12
Location: Depok

Post by basita »

mungkin blom dibikin soalnya takut kemahalan. cdi sama coil ninja kan yang model gabung. jadi kalo mau ganti cdi otomatis juga harus ganti coil....
nichol wrote:iya gauss, ada sih, brt juga ada keluarin buat ninja..cuma pas gw buka link yg tomy kasih, gw lemes ngebacanya..panjang lebar bacanya, dah sampe bawah baru bilang gak bisa buat ninja, hehe...
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Bro Nichol Linknya untuk BRT boleh donk........
tuperware
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Mon Mar 28, 2005 4:52

Post by tuperware »

kalo scorpio ada seri brt gak>
mbalelo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37

Post by mbalelo »

Salam kenal bro, ane newbie

Dari info yg ane dpt dari forum sebelah, browsing, tabloid motor n ngobrol ma mekanik bengkel:
1. CDI BRT Cibinong, saya sering denger, katanya bagus untuk pengapian, napas jd panjang, tp katanya harus ganti jg beberapa part yg lain, seperti koil, main jet, pilot jet, nozel, busi n\\, kabel busi, dll. Kemarin baru tanya2 harganya 300rb.

2. CDI Ciomas "XP 301 MC", harga 600rb, dari info yang saya dapet lebih bagus dari BRT n RPM yg dihasilkan bisa lebih tinggi.

3. CDI palembang, info harga 1,5 juta.

Please pencerahannya< TQ.
@piterr
Lanjut kang pencerahannya soal CDI
mbalelo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37

Post by mbalelo »

Buat bro2 kabeh, neeh ane ambil dari forum tetangga:

Sistem Pengapian XP 301-MC (CDI CIOMAS)
Konsumsi bahan bakar motor 4-tak dianggap sudah lebih irit ketimbang 2-tak. Namun bila pemakaian bahan bakar bisa lebih ditekan lagi tanpa menurunkan -bahkan meningkatkan- performa, mengapa tidak? Nah lo! Hal seperti ini bukan mustahil di zaman krisis seperti sekarang. Rahasianya terletak pada sistem pengapian yang dahsyat!

Sumber otomotif online


RISET 5 TAHUN
"Pengapian merupakan salah satu kunci utama mesin 4 langkah," jelas Kiki, mekanik road race yang sedang riset pengapian pada Suzuki Satria F150. Bukannya apa-apa, modifikasi ekstrem macam noken as durasi tinggi, klep lebar dan lift tinggi serta karburator 'gajah', akan percuma kalau bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tak terbakar dengan baik.


Menjawab problem bikers jadi tantangan jago elektronik seperti Ervin Dadang Sinaga, head of engineering PT Cahaya Berkat Teknologi (CBT). Pakar arus lemah yang juga penasaran dengan dilema seputar pengapian motor ini, akhirnya berhasil membuat sistem pengapian yang murah, mantap dan bisa diservis.


Berlabel XP 301-MC, kotak pengapian yang kompatibel dengan CDI standar bawaan semua motor. "Saya riset selama 5 tahun untuk menemukan rangkaian sederhana ini," rendah Ervin yang kerap dipanggil Kang Dadang.


SELF LEARNING
Menurutnya, kotak pengapian berembel-embel racing atau hi-performance yang banyak beredar akhir-akhir ini, masih 'mencekik leher' dan kadang tidak bisa diperbaiki bila rusak. Jadi banyak yang berpikir 2 kali untuk menebusnya. Toh, motor 4-tak sudah irit. Padahal, bila sistem CDI standar bisa di upgrade, tak hanya efisiensi didapat, melainkan juga performa.


Kunci rangkaian pengapian XP 301-MC milik Kang Dadang ada pada pemakaian toroit dan kumparan berkapasitas besar yang masih diimpor dari Belanda. Pendek kata, saat pengujian di atas meja, alat ini mampu menghasilkan pengapian sebesar 370-375 volt secara konstan hingga 30.000 rpm.
Kelebihan dari XP 301-MC adalah kemampuan untuk self learning dengan cepat. Maksudnya, pemakaian jenis koil apa pun di motor tersebut akan terdeteksi oleh XP 301-MC untuk menakar besar voltase yang bisa disuplai. Bahkan bila dijodohkan dengan koil mobil sekalipun.


"Kalau pakai koil racing mobil yang berdaya 14 A seperti Accel atau Mallory, XP 301-MC dengan tanggap akan menyuplai api yang besar pula sesuai kemampuan si koil," tegas pria yang bermarkas di Ciomas, Bogor. Termasuk bila koil yang dipakai sudah menjelang ajal, CDI made in Ciomas ini tak akan mengirim suplai listrik dengan jumlah besar.


Bicara harga, Ervin dan tim pemasarannya tak mematok harga tinggi. "Ide ini jelas bisa dijual tinggi, tetapi saya lebih senang bila seluruh bikers di tanah air bisa pakai alat ini," jelas Andres Sianipar, director PT CBT yang akan memasarkan CDI Ciomas sekitar Rp 500 ribu per unit.Kl:X ([email protected])


FITUR CANGGIH CDI CIOMAS


Ngomongin otak pengapian racing bikinan lokal pasti ingat merek BRT serta CDI Lampung yang lebih dulu kondang di arena road race. Melihat kompetitornya yang tangguh, sang insinyur XP 301-MC alias CDI Ciomas tak kalah gertak. "Kami telah pelajari kelemahan lawan. CDI rakitan kami menawarkan tiga keunggulan," tegas Kang Dadang sambil menunjukkan ketangguhan produknya.


Keunggulan pertama, output tegangan CDI tinggi serta stabil di putaran atas. Menurut Dadang, otak pengapian racing yang ada sekarang keluaran voltasenya tidak lebih 250 volt. Itupun saat rpm tinggi cenderung menurun. Sedangkan CDI Ciomas mampu memproduksi 450 volt stabil hingga 30 ribu rpm. "Kita pakai toroit yang lebih besar serta dililit sendiri," ujarnya.


Hebatnya lagi, CDI Ciomas ini mampu melayani koil racing hingga 14 A. Membuktikannya Kang Dadang mempraktikkan dengan memasang koil Mallory. "CDI racing biasa hanya mampu untuk koil 4 A. Jika dipasangkan dengan koil berkapasitas lebih tinggi, CDI akan jebol," wanti pria berkacamata ini.


Fitur berikutnya yang ditawarkan CDI Ciomas yaitu advance pengapian yang bisa disetel. CDI Ciomas dilengkapi penyetel timing pengapian model putar. Bila ingin memajukan atau memundurkan titik api tinggal putar saja. Lebih praktis serta memiliki variasi pilihan timing yang lebih banyak.Zoelis
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Boljug neh CDI Ciomas. Kalo buat harian ada masalah nggak?
mbalelo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37

Post by mbalelo »

Sorry bro, ane blom ngarti soal uprek2 motor.
Cuba gimana tuh bro piterr
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

sori ini bukan ttg BRT atau Shindengen. Tapi kayaknya semua seneng kalau solusinya ngga mahal, dan berlaku utk semua motor.

dari sebuah artikel di Otomotif:
"Segala tipe CDI analog, baik sumbernya DC maupun AC bisa diprogram ulang. Sehingga kurva pengapian maupun limiternya berubah menyesuaikan permintaan mesin," ujar pemilik bengkel Techno Motor di Jln. Babarsari Kledokan CT.19, Yogyakarta."
...
berdasarkan temuannya dalam satu CDI bisa diprogram ulang puluhan kali. Pokoknya tergantung permintaan mau grafik seperti apa. Biaya pembelian komponennya tidak melebihi Rp 30 ribu.
untuk lengkapnya, datengin aja ini: Otomotif 12/XV: PROGRAM ULANG CDI ANALOG
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

siiipp...kalo yg bagus bisa lebih murah, kenapa hrs yg mahal? ok banget bro...
Just Call Me Nichol !!!
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Info aja nih kalo mau beli BRT buat Shogun 125 SP / R warnanya adalah hitam dengan kode 40R... itu yg keluaran baru....
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

@nichol
coba tanya ciomas ada bwat ninja ga? gw dapet filmnya [cencored] donk :P tapi kok daerah vitalnya di sensor ya?

BRT baru ngeluarin produk multi kurva harga 3.6jt 8) modelnya kaya hape N-Gage QD yg mmcnya bisa gonta ganti tp produk ini masi limited edition
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

buset deh..programable cdi ya? 3,6 bisa buat beli blok pdk tuh! bisa buat telepon gak?

daerah vital disensor? gampang bro..pake kamera hp resolusi vga (jgn yg megapixel)..pas lagi 'shoot' daerah v nya, rekam pake video hp...itu kan sensor kotak2 ya, stlh direkam kamera hp, pasti keliatan jelas....

ciomas buat ninja? hmmm....belom pernah denger tuh bro..belinya aja gak tau dimana..
Just Call Me Nichol !!!
mbalelo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37

Post by mbalelo »

Nih bro tempat jual CDI CIOMAS XP 301-MC
ato liat di mari : http://indonetwork.co.id/BAONG-MOTORSPORT/252462

Keterangan:
- MENINGKATKAN AKSELERASI DAN TOP SPEED
- PENGAPIAN STABIL & TANGGUH
- SELF LEARNING COIL ADAPTION
- TIMING ADVANCE SYSTEM
- HEMAT BBM
- MUDAH DI STARTER
- CDI TIDAK PANAS & AWET
- BUSI TAHAN LAMA
- DAPAT MENGURANGI POLUSI DENGAN PENYETELAN YANG TEPAT
- GARANSI PRODUK
- DAPAT DIGUNAKAN DENGAN KOIL MOBIL

Nama: Bpk. Bagus [Pemasaran]
Telpon: (62-21) 7032 - 3066
Faks: (62-21) 862 - 0106
Alamat: JL. RAYA PAHLAWAN REVOLUSI NO.6, PONDOK BAMBU (SEBERANG TOSERBA YOGYA)
JAKARTA TIMUR 13430, DKI. Jakarta
Indonesia
fajar_text
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 21, 2006 14:35
Location: Pontianak Indonesia

Post by fajar_text »

apa beda DC booster dengan ECB? mana yang lebih bagus??? thx utk infonya
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Wahyu_D wrote:Bro Nichol Linknya untuk BRT boleh donk........
Ada. Tapi websitenya masih banyak yang under construction

http://www.bintangracingteam.com
Image
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

thanks Bung Crash .........
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

bung crash kok info2nya ga lengkap ya? apakh pihak BRT males2 bikin situs, ato dia minta browser khusus? masa di product CDI sama Muflernya gak mau kebuka?
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Kan gue udah tulis, masih banyak yang under construction. Namanya juga baru aja jadi. :P
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo motornya masih standar
(Misalnya Smash)
mending pake CDI-nya shogun yg kuva nya baru turun
di 11rb RPM
daripada standarnya Smash yg kurva-nya udah turun di
8500rpm.

Sementara BRT itu kurva gak ada turunnya, secara teori dia akan melayani pengapian dgn perbandingan derajat pengapian proporsional sampe berapapun putaran mesin,
kalo dipasang di motor standar, ya gak papa, tapi
khan ada resiko jebol kalo di geber tinggi.
Kecuali mesin udah di korek sedemikian rupa
sehingga bisa bekerja di putaran tinggi.

So, kalo mesin dah dinaekin kompresinya, volume dah di gedein, ya baru pake CDI BRT
Image
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Kalo mau paketnya dia aja kalo takut jebol. Kan nanti juga dites pake dynonya dia (ceile, promosi banget sih)
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Paket korek-nya si BRT (Bintang Racing Team) maksutnya?
Image
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

gila BRT ebat bener ya. pake acara punya dynotest, sayang produknya cuma 2 doank, tapi gw berdoa agar BRT dapat mendevlop perushaanya sebesar mungkin. biar kita punya produk dalam negri gak kalah saing ama luar negri(thailad & malaysia)
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D