CDI BRT VS CDI SHINDENGEN
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Nov 19, 2005 14:12
- Location: Depok
mungkin blom dibikin soalnya takut kemahalan. cdi sama coil ninja kan yang model gabung. jadi kalo mau ganti cdi otomatis juga harus ganti coil....
nichol wrote:iya gauss, ada sih, brt juga ada keluarin buat ninja..cuma pas gw buka link yg tomy kasih, gw lemes ngebacanya..panjang lebar bacanya, dah sampe bawah baru bilang gak bisa buat ninja, hehe...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Mon Mar 28, 2005 4:52
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37
Salam kenal bro, ane newbie
Dari info yg ane dpt dari forum sebelah, browsing, tabloid motor n ngobrol ma mekanik bengkel:
1. CDI BRT Cibinong, saya sering denger, katanya bagus untuk pengapian, napas jd panjang, tp katanya harus ganti jg beberapa part yg lain, seperti koil, main jet, pilot jet, nozel, busi n\\, kabel busi, dll. Kemarin baru tanya2 harganya 300rb.
2. CDI Ciomas "XP 301 MC", harga 600rb, dari info yang saya dapet lebih bagus dari BRT n RPM yg dihasilkan bisa lebih tinggi.
3. CDI palembang, info harga 1,5 juta.
Please pencerahannya< TQ.
@piterr
Lanjut kang pencerahannya soal CDI
Dari info yg ane dpt dari forum sebelah, browsing, tabloid motor n ngobrol ma mekanik bengkel:
1. CDI BRT Cibinong, saya sering denger, katanya bagus untuk pengapian, napas jd panjang, tp katanya harus ganti jg beberapa part yg lain, seperti koil, main jet, pilot jet, nozel, busi n\\, kabel busi, dll. Kemarin baru tanya2 harganya 300rb.
2. CDI Ciomas "XP 301 MC", harga 600rb, dari info yang saya dapet lebih bagus dari BRT n RPM yg dihasilkan bisa lebih tinggi.
3. CDI palembang, info harga 1,5 juta.
Please pencerahannya< TQ.
@piterr
Lanjut kang pencerahannya soal CDI
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37
Buat bro2 kabeh, neeh ane ambil dari forum tetangga:
Sistem Pengapian XP 301-MC (CDI CIOMAS)
Konsumsi bahan bakar motor 4-tak dianggap sudah lebih irit ketimbang 2-tak. Namun bila pemakaian bahan bakar bisa lebih ditekan lagi tanpa menurunkan -bahkan meningkatkan- performa, mengapa tidak? Nah lo! Hal seperti ini bukan mustahil di zaman krisis seperti sekarang. Rahasianya terletak pada sistem pengapian yang dahsyat!
Sumber otomotif online
RISET 5 TAHUN
"Pengapian merupakan salah satu kunci utama mesin 4 langkah," jelas Kiki, mekanik road race yang sedang riset pengapian pada Suzuki Satria F150. Bukannya apa-apa, modifikasi ekstrem macam noken as durasi tinggi, klep lebar dan lift tinggi serta karburator 'gajah', akan percuma kalau bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tak terbakar dengan baik.
Menjawab problem bikers jadi tantangan jago elektronik seperti Ervin Dadang Sinaga, head of engineering PT Cahaya Berkat Teknologi (CBT). Pakar arus lemah yang juga penasaran dengan dilema seputar pengapian motor ini, akhirnya berhasil membuat sistem pengapian yang murah, mantap dan bisa diservis.
Berlabel XP 301-MC, kotak pengapian yang kompatibel dengan CDI standar bawaan semua motor. "Saya riset selama 5 tahun untuk menemukan rangkaian sederhana ini," rendah Ervin yang kerap dipanggil Kang Dadang.
SELF LEARNING
Menurutnya, kotak pengapian berembel-embel racing atau hi-performance yang banyak beredar akhir-akhir ini, masih 'mencekik leher' dan kadang tidak bisa diperbaiki bila rusak. Jadi banyak yang berpikir 2 kali untuk menebusnya. Toh, motor 4-tak sudah irit. Padahal, bila sistem CDI standar bisa di upgrade, tak hanya efisiensi didapat, melainkan juga performa.
Kunci rangkaian pengapian XP 301-MC milik Kang Dadang ada pada pemakaian toroit dan kumparan berkapasitas besar yang masih diimpor dari Belanda. Pendek kata, saat pengujian di atas meja, alat ini mampu menghasilkan pengapian sebesar 370-375 volt secara konstan hingga 30.000 rpm.
Kelebihan dari XP 301-MC adalah kemampuan untuk self learning dengan cepat. Maksudnya, pemakaian jenis koil apa pun di motor tersebut akan terdeteksi oleh XP 301-MC untuk menakar besar voltase yang bisa disuplai. Bahkan bila dijodohkan dengan koil mobil sekalipun.
"Kalau pakai koil racing mobil yang berdaya 14 A seperti Accel atau Mallory, XP 301-MC dengan tanggap akan menyuplai api yang besar pula sesuai kemampuan si koil," tegas pria yang bermarkas di Ciomas, Bogor. Termasuk bila koil yang dipakai sudah menjelang ajal, CDI made in Ciomas ini tak akan mengirim suplai listrik dengan jumlah besar.
Bicara harga, Ervin dan tim pemasarannya tak mematok harga tinggi. "Ide ini jelas bisa dijual tinggi, tetapi saya lebih senang bila seluruh bikers di tanah air bisa pakai alat ini," jelas Andres Sianipar, director PT CBT yang akan memasarkan CDI Ciomas sekitar Rp 500 ribu per unit.Kl:X ([email protected])
FITUR CANGGIH CDI CIOMAS
Ngomongin otak pengapian racing bikinan lokal pasti ingat merek BRT serta CDI Lampung yang lebih dulu kondang di arena road race. Melihat kompetitornya yang tangguh, sang insinyur XP 301-MC alias CDI Ciomas tak kalah gertak. "Kami telah pelajari kelemahan lawan. CDI rakitan kami menawarkan tiga keunggulan," tegas Kang Dadang sambil menunjukkan ketangguhan produknya.
Keunggulan pertama, output tegangan CDI tinggi serta stabil di putaran atas. Menurut Dadang, otak pengapian racing yang ada sekarang keluaran voltasenya tidak lebih 250 volt. Itupun saat rpm tinggi cenderung menurun. Sedangkan CDI Ciomas mampu memproduksi 450 volt stabil hingga 30 ribu rpm. "Kita pakai toroit yang lebih besar serta dililit sendiri," ujarnya.
Hebatnya lagi, CDI Ciomas ini mampu melayani koil racing hingga 14 A. Membuktikannya Kang Dadang mempraktikkan dengan memasang koil Mallory. "CDI racing biasa hanya mampu untuk koil 4 A. Jika dipasangkan dengan koil berkapasitas lebih tinggi, CDI akan jebol," wanti pria berkacamata ini.
Fitur berikutnya yang ditawarkan CDI Ciomas yaitu advance pengapian yang bisa disetel. CDI Ciomas dilengkapi penyetel timing pengapian model putar. Bila ingin memajukan atau memundurkan titik api tinggal putar saja. Lebih praktis serta memiliki variasi pilihan timing yang lebih banyak.Zoelis
Sistem Pengapian XP 301-MC (CDI CIOMAS)
Konsumsi bahan bakar motor 4-tak dianggap sudah lebih irit ketimbang 2-tak. Namun bila pemakaian bahan bakar bisa lebih ditekan lagi tanpa menurunkan -bahkan meningkatkan- performa, mengapa tidak? Nah lo! Hal seperti ini bukan mustahil di zaman krisis seperti sekarang. Rahasianya terletak pada sistem pengapian yang dahsyat!
Sumber otomotif online
RISET 5 TAHUN
"Pengapian merupakan salah satu kunci utama mesin 4 langkah," jelas Kiki, mekanik road race yang sedang riset pengapian pada Suzuki Satria F150. Bukannya apa-apa, modifikasi ekstrem macam noken as durasi tinggi, klep lebar dan lift tinggi serta karburator 'gajah', akan percuma kalau bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tak terbakar dengan baik.
Menjawab problem bikers jadi tantangan jago elektronik seperti Ervin Dadang Sinaga, head of engineering PT Cahaya Berkat Teknologi (CBT). Pakar arus lemah yang juga penasaran dengan dilema seputar pengapian motor ini, akhirnya berhasil membuat sistem pengapian yang murah, mantap dan bisa diservis.
Berlabel XP 301-MC, kotak pengapian yang kompatibel dengan CDI standar bawaan semua motor. "Saya riset selama 5 tahun untuk menemukan rangkaian sederhana ini," rendah Ervin yang kerap dipanggil Kang Dadang.
SELF LEARNING
Menurutnya, kotak pengapian berembel-embel racing atau hi-performance yang banyak beredar akhir-akhir ini, masih 'mencekik leher' dan kadang tidak bisa diperbaiki bila rusak. Jadi banyak yang berpikir 2 kali untuk menebusnya. Toh, motor 4-tak sudah irit. Padahal, bila sistem CDI standar bisa di upgrade, tak hanya efisiensi didapat, melainkan juga performa.
Kunci rangkaian pengapian XP 301-MC milik Kang Dadang ada pada pemakaian toroit dan kumparan berkapasitas besar yang masih diimpor dari Belanda. Pendek kata, saat pengujian di atas meja, alat ini mampu menghasilkan pengapian sebesar 370-375 volt secara konstan hingga 30.000 rpm.
Kelebihan dari XP 301-MC adalah kemampuan untuk self learning dengan cepat. Maksudnya, pemakaian jenis koil apa pun di motor tersebut akan terdeteksi oleh XP 301-MC untuk menakar besar voltase yang bisa disuplai. Bahkan bila dijodohkan dengan koil mobil sekalipun.
"Kalau pakai koil racing mobil yang berdaya 14 A seperti Accel atau Mallory, XP 301-MC dengan tanggap akan menyuplai api yang besar pula sesuai kemampuan si koil," tegas pria yang bermarkas di Ciomas, Bogor. Termasuk bila koil yang dipakai sudah menjelang ajal, CDI made in Ciomas ini tak akan mengirim suplai listrik dengan jumlah besar.
Bicara harga, Ervin dan tim pemasarannya tak mematok harga tinggi. "Ide ini jelas bisa dijual tinggi, tetapi saya lebih senang bila seluruh bikers di tanah air bisa pakai alat ini," jelas Andres Sianipar, director PT CBT yang akan memasarkan CDI Ciomas sekitar Rp 500 ribu per unit.Kl:X ([email protected])
FITUR CANGGIH CDI CIOMAS
Ngomongin otak pengapian racing bikinan lokal pasti ingat merek BRT serta CDI Lampung yang lebih dulu kondang di arena road race. Melihat kompetitornya yang tangguh, sang insinyur XP 301-MC alias CDI Ciomas tak kalah gertak. "Kami telah pelajari kelemahan lawan. CDI rakitan kami menawarkan tiga keunggulan," tegas Kang Dadang sambil menunjukkan ketangguhan produknya.
Keunggulan pertama, output tegangan CDI tinggi serta stabil di putaran atas. Menurut Dadang, otak pengapian racing yang ada sekarang keluaran voltasenya tidak lebih 250 volt. Itupun saat rpm tinggi cenderung menurun. Sedangkan CDI Ciomas mampu memproduksi 450 volt stabil hingga 30 ribu rpm. "Kita pakai toroit yang lebih besar serta dililit sendiri," ujarnya.
Hebatnya lagi, CDI Ciomas ini mampu melayani koil racing hingga 14 A. Membuktikannya Kang Dadang mempraktikkan dengan memasang koil Mallory. "CDI racing biasa hanya mampu untuk koil 4 A. Jika dipasangkan dengan koil berkapasitas lebih tinggi, CDI akan jebol," wanti pria berkacamata ini.
Fitur berikutnya yang ditawarkan CDI Ciomas yaitu advance pengapian yang bisa disetel. CDI Ciomas dilengkapi penyetel timing pengapian model putar. Bila ingin memajukan atau memundurkan titik api tinggal putar saja. Lebih praktis serta memiliki variasi pilihan timing yang lebih banyak.Zoelis
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
sori ini bukan ttg BRT atau Shindengen. Tapi kayaknya semua seneng kalau solusinya ngga mahal, dan berlaku utk semua motor.
dari sebuah artikel di Otomotif:
dari sebuah artikel di Otomotif:
untuk lengkapnya, datengin aja ini: Otomotif 12/XV: PROGRAM ULANG CDI ANALOG"Segala tipe CDI analog, baik sumbernya DC maupun AC bisa diprogram ulang. Sehingga kurva pengapian maupun limiternya berubah menyesuaikan permintaan mesin," ujar pemilik bengkel Techno Motor di Jln. Babarsari Kledokan CT.19, Yogyakarta."
...
berdasarkan temuannya dalam satu CDI bisa diprogram ulang puluhan kali. Pokoknya tergantung permintaan mau grafik seperti apa. Biaya pembelian komponennya tidak melebihi Rp 30 ribu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
@nichol
coba tanya ciomas ada bwat ninja ga? gw dapet filmnya [cencored] donk
tapi kok daerah vitalnya di sensor ya?
BRT baru ngeluarin produk multi kurva harga 3.6jt
modelnya kaya hape N-Gage QD yg mmcnya bisa gonta ganti tp produk ini masi limited edition
coba tanya ciomas ada bwat ninja ga? gw dapet filmnya [cencored] donk

BRT baru ngeluarin produk multi kurva harga 3.6jt



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
buset deh..programable cdi ya? 3,6 bisa buat beli blok pdk tuh! bisa buat telepon gak?
daerah vital disensor? gampang bro..pake kamera hp resolusi vga (jgn yg megapixel)..pas lagi 'shoot' daerah v nya, rekam pake video hp...itu kan sensor kotak2 ya, stlh direkam kamera hp, pasti keliatan jelas....
ciomas buat ninja? hmmm....belom pernah denger tuh bro..belinya aja gak tau dimana..
daerah vital disensor? gampang bro..pake kamera hp resolusi vga (jgn yg megapixel)..pas lagi 'shoot' daerah v nya, rekam pake video hp...itu kan sensor kotak2 ya, stlh direkam kamera hp, pasti keliatan jelas....
ciomas buat ninja? hmmm....belom pernah denger tuh bro..belinya aja gak tau dimana..
Just Call Me Nichol !!!
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 27, 2006 3:37
Nih bro tempat jual CDI CIOMAS XP 301-MC
ato liat di mari : http://indonetwork.co.id/BAONG-MOTORSPORT/252462
Keterangan:
- MENINGKATKAN AKSELERASI DAN TOP SPEED
- PENGAPIAN STABIL & TANGGUH
- SELF LEARNING COIL ADAPTION
- TIMING ADVANCE SYSTEM
- HEMAT BBM
- MUDAH DI STARTER
- CDI TIDAK PANAS & AWET
- BUSI TAHAN LAMA
- DAPAT MENGURANGI POLUSI DENGAN PENYETELAN YANG TEPAT
- GARANSI PRODUK
- DAPAT DIGUNAKAN DENGAN KOIL MOBIL
Nama: Bpk. Bagus [Pemasaran]
Telpon: (62-21) 7032 - 3066
Faks: (62-21) 862 - 0106
Alamat: JL. RAYA PAHLAWAN REVOLUSI NO.6, PONDOK BAMBU (SEBERANG TOSERBA YOGYA)
JAKARTA TIMUR 13430, DKI. Jakarta
Indonesia
ato liat di mari : http://indonetwork.co.id/BAONG-MOTORSPORT/252462
Keterangan:
- MENINGKATKAN AKSELERASI DAN TOP SPEED
- PENGAPIAN STABIL & TANGGUH
- SELF LEARNING COIL ADAPTION
- TIMING ADVANCE SYSTEM
- HEMAT BBM
- MUDAH DI STARTER
- CDI TIDAK PANAS & AWET
- BUSI TAHAN LAMA
- DAPAT MENGURANGI POLUSI DENGAN PENYETELAN YANG TEPAT
- GARANSI PRODUK
- DAPAT DIGUNAKAN DENGAN KOIL MOBIL
Nama: Bpk. Bagus [Pemasaran]
Telpon: (62-21) 7032 - 3066
Faks: (62-21) 862 - 0106
Alamat: JL. RAYA PAHLAWAN REVOLUSI NO.6, PONDOK BAMBU (SEBERANG TOSERBA YOGYA)
JAKARTA TIMUR 13430, DKI. Jakarta
Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 21, 2006 14:35
- Location: Pontianak Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Ada. Tapi websitenya masih banyak yang under constructionWahyu_D wrote:Bro Nichol Linknya untuk BRT boleh donk........
http://www.bintangracingteam.com

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Kalo motornya masih standar
(Misalnya Smash)
mending pake CDI-nya shogun yg kuva nya baru turun
di 11rb RPM
daripada standarnya Smash yg kurva-nya udah turun di
8500rpm.
Sementara BRT itu kurva gak ada turunnya, secara teori dia akan melayani pengapian dgn perbandingan derajat pengapian proporsional sampe berapapun putaran mesin,
kalo dipasang di motor standar, ya gak papa, tapi
khan ada resiko jebol kalo di geber tinggi.
Kecuali mesin udah di korek sedemikian rupa
sehingga bisa bekerja di putaran tinggi.
So, kalo mesin dah dinaekin kompresinya, volume dah di gedein, ya baru pake CDI BRT
(Misalnya Smash)
mending pake CDI-nya shogun yg kuva nya baru turun
di 11rb RPM
daripada standarnya Smash yg kurva-nya udah turun di
8500rpm.
Sementara BRT itu kurva gak ada turunnya, secara teori dia akan melayani pengapian dgn perbandingan derajat pengapian proporsional sampe berapapun putaran mesin,
kalo dipasang di motor standar, ya gak papa, tapi
khan ada resiko jebol kalo di geber tinggi.
Kecuali mesin udah di korek sedemikian rupa
sehingga bisa bekerja di putaran tinggi.
So, kalo mesin dah dinaekin kompresinya, volume dah di gedein, ya baru pake CDI BRT

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
gila BRT ebat bener ya. pake acara punya dynotest, sayang produknya cuma 2 doank, tapi gw berdoa agar BRT dapat mendevlop perushaanya sebesar mungkin. biar kita punya produk dalam negri gak kalah saing ama luar negri(thailad & malaysia)

