Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

Halo.. Halo... I'm back again.... Kali ini ane mau coba review Camry 2.4V 2012. Entah kenapa tiba-tiba ada orang datang bawa Camry barunya kerumah, apa boleh buat, saya sita dulu selama 1 hari..........

Mungkin pada saat ini sudah begitu banyak pengguna Camry generasi ini, termasuk pembaca di SM, tapi gada salahnya kita ulik sejenak sejarahnya ni species sedan dari Toyota ..

Sejarah
Setau ane Camry awalnya keluar ditahun 1980-an awal, digadang Toyota sebagai substitusi Toyota Crown (yang sudah beredar sejak 1950an). Maksud substitusi disini adalah, Camry disediakan Toyota sebagai option bagi orang yang ingin mobil mewah setara Crown tapi dengan ukuran badan yang kompak seperti Corolla, karena Crown dinilai banyak orang terlalu besar (terutama bagi orang Jepang kan, size does matter-makin kompak makin disukai).

Dengan berkembangnya line up mobil di Toyota, Camry ternyata kurang booming diluar Jepang karena ada line up lain yang sharing platform dengan Camry, memiliki kualitas serupa, tetapi harga lebih murah bernama Toyota Corona (sebenernya untuk pasar global, Camry digadang sebagai pengganti Corona, tapi karena demand Corona lebih tinggi di beberapa negara termasuk Asia, jadi dijual keduanya). Pada masa ini, perkembangan Toyota masih lambat, masih menganut paham Toyota Way yang "Growing Slowly, Steadily", jadinya line up Camry masih dianak tirikan oleh Toyota untuk pasar luar Jepang. Hingga akhirnya Accord masuk di tahun 1990-an awal dan booming. Toyota akhirnya menelurkan Full-Sized Camry untuk pasar global, dan di Jepang dengan nama Crown (Jadi bener-bener sharing platform, bukan seri kompak nya Crown lagi). CMIIW

Selama cycle hidupnya di generasi yang full-sized ini, Camry mendapatkan banyak penghargaan seperti Top Ten Initial Quality, Ten Best Car, Best Overal Value, Most reliable Vehicle, dll.. yang terus-terusan menjadi kiblat kualitas Camry sampai saat ini (mengutamakan kualitas buatan dan reliabilitas).

Mobil yang saya test ini, generasi ke empat full-sized Camry. Dimana pada generasi ini, kelas Camry dan Crown udah dibedain sama Toyota baik untuk pasar Jepang maupun global. Sedangkan pada generasi ini sudah mendapatkan facelift di awal 2010, dengan perbedaan terdapat di desain bumper depan, grill, lampu belakang LED. Jadi yang saya test ini versi tahun facelift nya.

Camry generasi ini punya 3 kelas; 2.4G, 2.4V, dan 3.5Q. Di kelas G konsumen mendapatkan Jok dilapis fabrik berwarna abu-abu, setir tanpa tombol audio, velg 16", keyless entry, AC Plasmacluster, 6 CD-Changer, 6 speaker, AUX, 5-speed triptonic, foglamp, dual airbag, sensor parkir belakang saja.

Di kelas V, dapat semua fitur kelas G dengan tambahan: Jok dilapis kulit abu-abu full, velg 17", tombol audio setir, wooden panel, cruise control, MID, front electric seats, start stop button, chrome side molding, chrome door handles, rain sensor, corner sensor front back, bluetooth A2DP, auto lighting lamp.

Kelas Q dapat semua dari kelas V, dengan tambahan: Black leather seats, 6-speed sequential, 3.5 liter, memory seat , reclining rear seats, power sunshade, sunroof, side airbags, HID+AFS, dual muffler, VSC.

Secara pricelist Bandung, seri G berharga 480 juta, V 505 juta, dan 3.5Q di 670 juta. Unit yang saya test drive ini varian V, sehingga middle class nya Camry, bermesin 2400cc VVT-i.

Eksterior
Secara desain, pasti semua setuju, modelnya konvensional dan eternal. Mau dilihat dari sisi manapun, nggak akan menemukan desain yang nyeleneh atau salah, atau bikin sakit mata. Dengan perhiasan chrome yang cukup banyak, mobil ini terlihat mewah bagi mata orang Indonesia. Sayangnya, karena desainnya begitu aman dan konvensional, dari luar mobil ini tidak terlihat spesial sama sekali, terutama di mata orang yang sudah pernah melihat/merasakan rival sekelasnya.
Velg nya berdesain dinamis, dengan bilah 7 terbelah. Ban bawaan menggunakan Bridgestone Turanza ER33, yang juga merupakan bawaan Lexus dan Infinity. Ban comfort seri tertinggi dari Bridgestone.
IMG_1059.JPG
IMG_1063.JPG
IMG_1060.JPG
Lampu sudah menggunakan projector, tidak ada DRL. Headlamp dan fog lamp masih menggunakan halogen, belum HID.
Kunci berbentuk cupu, dengan kontrol buka tutup pintu, bagasi, bahkan ada sistem untuk membuka/tutup jendela driver jika tombol buka atau tutup ditahan 5 detik,
Lampu belakang desainnya lebih fresh dengan penggunaan LED.

Interior
Aura mewah terpancar jelas dalam interiornya. Berhubung selera saya wooden panel merah/coklat, saya senang sekali berada di dalam interior Camry yang dipenuhi ornamen wooden panel. Jok nya perforated, meskipun jahitan dan lipatan jok kurang rapih/kasar, tapi overall terlihat dan terasa mewah. Material dashboard dari hard plastic dan sebagian ornamen silver dengan tambahan akrilik.
IMG_1075.JPG
IMG_1071.JPG
IMG_1077.JPG
Jok nya terasa seperti sofa. Support punggung sempurna, empuk, nyaman, side support nya agak kurang. Viewing angle khas Toyota, agak nanggung dengan beberapa blind spot terutama di bagian corner depan dan spion yang agak kecil.
IMG_1073.JPG
Duduk dibelakang, penumpang dimanjakan dengan kursi yang melengkung seperti sofa, menyediakan ruang yang luas dan side support yang besar. Sangat nyaman untuk duduk dibelakang, benar-benanr nyaman seperti sofa. Tepat penyimpanan cukup banyak, ada akses langsung ke bagasi lewat panel buka di hand rest penumpang belakang. Mobil ini memang buat tidur.
IMG_1085.JPG
Headroom cukup besar, legroom juga. Terasa sekali lebih lapang dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Untuk bagasi, terhitung besar, tetapi penyusunan ruangnya terlihat kurang efektif dengan lekukan spakbor belakang membuat sempit bagasi dan yang ane gak suka, model engsel jadul pintu bagasi juga bisa membuat sempit bagasi.

Gadgets
6 CD's changer bekerja dengan baik, kontrol audio di setir juga tactile dan enak untuk di pencet-pencet. Suara dari 6 speaker yang ada di mobil ini kurang begitu mengesankan. Karena suaranya berkarakter lemas, dan kalau di geber, suaranya pecah.

Rain sensor dan Auto headlamp berkerja baik dan agak terlalu sensitif. AC dilengkapi dengan Plasmacluster yang di klaim hanya butuh mengganti ionizer nya saja dalam jangka watu 3 tahun kedepan .
IMG_1086.JPG
MID berada di tengah speedo dan sangat informatif sekali. Sensor parkir juga terhitung sangat sensitif dan saya mendingan dimatikan saja sensor ini.
Untuk electric seat, bekerja dengan sangat smooth, bisa bergerak 3 arah untuk driver, atas bawah, maju mundur, naik turun sandarannya. Lalu untuk kursi penumpang depan hanya 2 arah. Selain itu di sisi kanan jok penumpang depan juga ada kontroller maju mundur khusus buat penumpang depan yang terlalu malas mencet tombol atau untuk boss yang duduk di kursi penumpang belakang agar bisa lebih luas ruangnya dan driver ga perlu keluar mobil.
IMG_1074.JPG
Klaksonnya juga terdengar cempreng kurang kesan mewahnya.
IMG_1067.JPG
Dan...... That is it...... Dikit banget yakkk..

Ride and Handling

Sebagai driver, susah untuk menyukai mobil ini. Respon mesinnya agak lambat, posisi duduk terlalu nyaman, ukuran setir agak kebesaran, dan yang paling parah; setirnya berat. Bahkan lebih berat daripada Honda New CRV. Ketika diajak ngebut, terasa remnya pakem sekali, tetapi ketika berbelok u turn dengan kecepatan sedang, body roll kerasa sekali, dan moncong mobil agak susah diprediksi, seakan mengendarai speedboat naik mobil ini. Jadi handling nya sangat dull. Ketika menghantam lubang, goncangannya agak stiff dan kolong-kolong mobil pada bunyi besi bergetar semua.
IMG_1092.JPG
Yang bikin kaget, konsumsi BBM nya boros sekali meskipun baru jalan 300 an kilometer....

Ketika jadi penumpang. This is what this car is all about. Kursinya nyaman, posisi duduk sempurna, begitu roda menggelinding, kepala otomatis mengantuk, dan tiba-tiba hilang kesadaran untuk review bagaimana rasanya naik mobil ini.... hehehe
Sayangnya belum didapatkan HID dan AFS untuk seri ini..

Komparasi:
IMG_1058.JPG
IMG_1064.JPG
Dengan rivalnya, Mazda6, yang tiba-tiba juga muncul di tempat saya test drive, Camry overall:

Lebih panjang 10cm, wheelbase lebih panjang, Mazda6 lebih enak (jauh) untuk diajak manuver
Ketinggian bumper depan dan belakang terhadap tanah dipegang oleh Mazda6 yang lebih pendek jarak bumperdepan ke ban dan lebih tinggi sekitar setengah senti (ini bukan GC)
Dari segi fitur yaaa di babat habis deh kalau ngebandingin dengan Mazda6, bagaikan langit dan Bumi, kalau peduli soal fitur-fitur, orang nggak akan melirik Camry lagi dengan baderol harga yang ditawarkan.

Dari segi kenyamanan , Camry menang di bagian passenger (jauh), Mazda6 menang di area driver experience.
Untuk build quality, fit and finish tentu saja dimenangkan oleh Mazda, tapi dari kualitas material, saya rasa untuk banyak bagian Camry lebih baik dari Mazda6.
Untuk segi BBM, MID di Mazda6 menunjukkan konsumsi 7,2 km/L sedangkan di Camry 4,3 km/L (sementara).

Kesimpulan:
Dengan banderol harganya, mobil ini sebenarnya kurang layak untuk dibeli karena ini fitur keamanan dan audio visual yang di babat habis. Tapi disisi lain adalah prestise yang didapat untuk dilihat oleh orang lain, dan juga resale value yang sangat tinggi dan service yang mudah.

Mobil ini cocok bagi orang sudah berumur, punya istri satu atau lebih :big_weee: , bekerja sebagai corporate atau sejenisnya, dan mobile.

Untuk driving enthusiast, please keep away from this car.

Sekian. Mohon maaf kalau ada kekurangannya mohon di tambahkan, ditanyakan, atau di koreksi. Karena bikin review ni sambil ngantuk-ngantuk hehe...

:thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by amzas99 »

mantap pak, trims untuk reviewnya...

r1
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by campoeran »

Untuk build quality, fit and finish tentu saja dimenangkan oleh Mazda, tapi dari kualitas material, saya rasa untuk banyak bagian Camry lebih baik dari Mazda6.
Build Quality bagusan mazda6
Material bagusan camry

bisa diperjelas lagi bang maksudnya apa ?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

@om amzas: makasi om..

@om campoeran:
Jadi begini maksud saya, secara Fit and Finish menang Mazda6, contoh: Jahitan jok dan kerapihannya menang Mazda6, kalau di Camry masih ada jahitan yang benangnya serabutan, ada bagian yg jahitan tambalan, lipetannya ga rapi dll..

Contoh lainnya gap antar panel di camry kurang konsisten, misal di bagian klakson setir, gap kiri sama kanannya beda, lalu laci dashboard juga gap nya gak rata..

Paling konkrit nya sih kalau nutup pintu deh, di Mazda pintunya lebih berat, jadi solid kalau nutup cukup didorong dikit, kalau di Camry butuh tenaga lebih.. Apalagi nutup bagasi, kalau di Mazda suaranya teredam bagus, kalau di camry nutup bagasi kayak ada bunyi kalengnya.

Tapi, secara material buatan, overall bagusan Camry. Contoh kalau di Mazda6 konsol tengah dan dashboard tengah di dominasi oleh plastik hitam dengan permukaan agak kasar jadi terkesan murah, kalau di Camry full dilapisi oleh wooden panel. Kalau di Camry doortrim yg ada bagian kulitnya, busanya tebal dan ada aksen jahitannya, kalau di Mazda busanya tipis, jadi feel mahalnya kurang..

Kira2 gitu oom..

Jadi Mazda6 menang di kualitas perakitannya, sedangkan Camry di bahan2nya yg mewah tapi perakitannya agak kurang baik.
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by FortunerMan »

Tambahan buka mesin Camry juga udah pake penyangga hidrolik, M6 masih pake besi penyangga.

Handling dan safety (bikinan Jepang..gak pake spekdown fitur safety) menang Mazda6
Comfort dan prestige (di Indonesia) menang Camry

Memang design philosophy yg berbeda.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

Oya bener itu, ada perbedaan yang lucu diantara 2 unit ini:

Kalau di camry bagian kap mesin disangga menggunakan 2 hidrolik, kalau di Mazda6 masih pake kaitan standar.

Tapi..... Kebalikan di bagasi... Mazda6 pake hidrolik, jadi ga makan space bagasi engselnya. Kalau di Camry pake engsel konvensional yang masih makan tempat bagasi..
Kok kebalik gini ya.....

2 mobil ini bener2 1 kelas, tapi beda dunia...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

Oya 1 lg, bagian ruang Mesin Mazda6 ditutup cover mulai dari tutup radiator sampe tutup header dll.. Jadi terkesan rapi dan penuh..

Kalau di Camry, mesin nya gada cover , tutup radiator gada cover.. Bahkan dibagian radiator, kayaknya kita bisa masukin barang belanjaan kesitu gara2 lowong banget ruang mesinnya...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by ak4ng »

go... fitur pijet2 ada ga??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

Pijet cuman ada di 3.5Q kang..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by grandscenic »

AD74YA wrote:Halo.. Halo... I'm back again.... Kali ini ane mau coba review Camry 2.4V 2012. Entah kenapa tiba-tiba ada orang datang bawa Camry barunya kerumah, apa boleh buat, saya sita dulu selama 1 hari..........
Kumaha caritana,, tiba2 ada orang datang bawa camry barunya ke rumah, emang ente nerima gadai mobil.. :big_slap: :big_slap:
mudah2an besok ada yg bawa C63 AMG ke rumahmu, biar bisa dibedah disini.. :mrgreen: :mrgreen:

Review Accord ma Teana mana neh, kok blm ada ?? :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by ZombiEE »

Agak berbeda dibanding 3.5Q ya go rupa nya....ane kira mirip2.....
Ane juga surprised to know, 2.4V yg ane TD di mdn itu suspensi nya juga agak bising sewaktu jalanan gak rata..(Metal clunking).
Dibanding series 30 camry 3.0V, juga lebih bising suara mesin nya 2.4V camry sekarang....agak meraung2 suara nya,,,4 silinder jepang masih Honda jawara nya dah..hehe
Ane gak pernah TD 3.5Q sih, boro2 TD liat unit nya saja jarang sekali disini...jadi tidak punya paramaeter perbandingan...moga2 mampu mengimbangi 3.0V terdahulu dah...
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by Pak Uwo »

AD74YA wrote:Oya 1 lg, bagian ruang Mesin Mazda6 ditutup cover mulai dari tutup radiator sampe tutup header dll.. Jadi terkesan rapi dan penuh..

Kalau di Camry, mesin nya gada cover , tutup radiator gada cover.. Bahkan dibagian radiator, kayaknya kita bisa masukin barang belanjaan kesitu gara2 lowong banget ruang mesinnya...
Tutup radiator ada standar di 3.5Q. Yang 2.4 V kalau mau pasang harganya kalau tidak salah Rp.1.5 jt. Engga lah.... Urusan mesin, yang penting bersih saja lah....

Itu yang dipakai Bluebird, bagaimana ceritanya kok bisa dapat spek yang berbeda (lampu belakang). Lampu seperti yang digunakan mobil kedutaan AS.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

grandscenic wrote:
AD74YA wrote:Halo.. Halo... I'm back again.... Kali ini ane mau coba review Camry 2.4V 2012. Entah kenapa tiba-tiba ada orang datang bawa Camry barunya kerumah, apa boleh buat, saya sita dulu selama 1 hari..........
Kumaha caritana,, tiba2 ada orang datang bawa camry barunya ke rumah, emang ente nerima gadai mobil.. :big_slap: :big_slap:
mudah2an besok ada yg bawa C63 AMG ke rumahmu, biar bisa dibedah disini.. :mrgreen: :mrgreen:

Review Accord ma Teana mana neh, kok blm ada ?? :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Eta pisan, urang ge bingung.. wakakaka

Amiiin... C63, GTR V-Spec, Maserati GTS, ayooo siapa yang mau bawa kerumah sayaaaa.. hehehe..
Accord ma Teana kemarin lupa moto euy, fotonya cuman kondisi diem aja waktu di showroom sebelum TD.. Waktu TD Accord sibuk merhatiin fit and finish interiornya yang jelek, waktu Teana ane terlalu sibuk fokus sama nyetir karena blind spot dimana-mana... Sebenernya 2 unit ini ane dah pernah review di beberapa tret cuman ga dijadiin tret sendiri aja...
Takutnya kalau ane review berdasar yang ane inget aja ntar banyak yang kelupaan, kasian unitnya... Juga kan kalo review enakan banyak gambar...
ZombiEE wrote:Agak berbeda dibanding 3.5Q ya go rupa nya....ane kira mirip2.....
Ane juga surprised to know, 2.4V yg ane TD di mdn itu suspensi nya juga agak bising sewaktu jalanan gak rata..(Metal clunking).
Dibanding series 30 camry 3.0V, juga lebih bising suara mesin nya 2.4V camry sekarang....agak meraung2 suara nya,,,4 silinder jepang masih Honda jawara nya dah..hehe
Ane gak pernah TD 3.5Q sih, boro2 TD liat unit nya saja jarang sekali disini...jadi tidak punya paramaeter perbandingan...moga2 mampu mengimbangi 3.0V terdahulu dah...
Yang ane bold, itu pengalaman paling tidak mengenakkan mengendarai Camry Jem, ternyata ente mengalami hal yang sama...

What's wrong yo iki? kok kaki-kakinya kayak ringkih gini... Kayak people carrier aja..
3.5Q yang ane TD (yang udah ane uplot ke youtube for zombiee) itu ane rasa jauh lebih solid, paling gak jauh jauh jauh lebih enak dikendarain...
Pak Uwo wrote:
AD74YA wrote:Oya 1 lg, bagian ruang Mesin Mazda6 ditutup cover mulai dari tutup radiator sampe tutup header dll.. Jadi terkesan rapi dan penuh..

Kalau di Camry, mesin nya gada cover , tutup radiator gada cover.. Bahkan dibagian radiator, kayaknya kita bisa masukin barang belanjaan kesitu gara2 lowong banget ruang mesinnya...
Tutup radiator ada standar di 3.5Q. Yang 2.4 V kalau mau pasang harganya kalau tidak salah Rp.1.5 jt. Engga lah.... Urusan mesin, yang penting bersih saja lah....

Itu yang dipakai Bluebird, bagaimana ceritanya kok bisa dapat spek yang berbeda (lampu belakang). Lampu seperti yang digunakan mobil kedutaan AS.
Betul sih pak uwo. Cuman urusan mobil kelas gini, feel itu kan penting banget. Pas ane buka yang V buset dah..... Ini teh mobil mewah tapi males ngasih cover mesin?.......
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by ZombiEE »

Ane mau ralat....ane bukan TD tepat nya,,tapi TS -> Test Sit..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by asudarsono »

Ini Camry 2011 XV50 ya? Grillnya masih pakai yg lama? Harganya boleh juga deh.
Ready to Race
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

ZombiEE wrote:Ane mau ralat....ane bukan TD tepat nya,,tapi TS -> Test Sit..‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
asik disetirin yakkk...

Beda emang yang boss... kalau saya selalu disuruh nyetir :e-wall:
asudarsono wrote:Ini Camry 2011 XV50 bukan ya? Harganya boleh juga deh.
XV40 oom sudar...

Secara bentuk sudah obsolete, dan melihat dari selang cycle Camry, harusnya tahun ini keluar model baru dari Camry, All-New Camry baru, bukan cuma facelift.

Karena kalau di luar Indonesia Camry sudah generasi XV50 mulai akhir tahun 2011.

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by asudarsono »

O ya, thanks. Kebetulan ada temen nyari mobil, biar saya suruh baca review ini
Ready to Race
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by ZombiEE »

Maklum go..tau lah...ane gak dipercayai utk nyetir tuh mobil mahal...kadang2 lebih parah ane diperlakukan..nasib nasib...
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by zweifellos »

ZombiEE wrote:Maklum go..tau lah...ane gak dipercayai utk nyetir tuh mobil mahal...kadang2 lebih parah ane diperlakukan..nasib nasib...
Bos kok disuruh nyupir, bisa-bisa kena pecat mereka ntar kalo mereka sampe ngasih bapak nyupir.

Udah pasti mereka bakal kek gitu, pak. Harusnya bapak bilang ke mereka "Coba kamu supirin saya, pengen ngeliat senyaman apa ini mobil". :big_weee:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by htannis »

Perbandingan harga camry 2.4 dengan mazda6 gimana? Kl mazda sepertinya dah lengkap yah, ada paddleshift dan sunroof segala.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

New Camry V pricelist 508jt; 505 after discount and bonusses, depresiasi 40 juta tahun pertama.

Mazda6 pricelist 485jt; 444 after discount and bonusses, depresiasi 70 juta tahun pertama.
Cmiiw
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by Pak Uwo »

Tiba-2 ada pak Djoko Wi datang dengan AD 1 A menghadap pak AD74YA menyerahkan ESEMKA Rajawali untuk minta diuji coba.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by AD74YA »

Amiiiin... Wah ketemu idola saya.. Impian juga.. Hehehe
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by andy1800 »

AD74YA wrote:....digadang Toyota sebagai substitusi Toyota Crown ...
....sebenernya untuk pasar global, Camry digadang sebagai pengganti Corona, ....
....kelas Camry dan Crown udah dibedain sama Toyota .....

Corona, Crown, Camry ['plesetan' dari: kanmuri], Carina ...semua mempunya asal kata atau arti yg sama: mahkota
sdgkan Corolla adalah mahkota yg lbh kecilan.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
And45
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Tue May 31, 2011 8:56

Re: Review New Camry 2.4V Facelift 2012

Post by And45 »

stirnya sama ama innova punya :big_slap: