nyam nyam.....

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
emang rem tangan masih berhubungan dengan fluida rem? bukannya pake kabel dari rem tangan ke rem belakang? cmiiw...jalu wrote:qod...nanti kalo jadi serpis rem...sekalian di ncek2 apakah sistem mekanis rem tangannya itu ada hubungan ke sistem fluida atau ada tuas tersendiri untuk mendorong kampas rem nya.
tapi kalo parkir posisi lama saran terbaik memang sebaiknya pasang ganjalan di roda (balok atau chock block)
pertanyaan yg sama dg oom kopatmaskopat wrote:emang rem tangan masih berhubungan dengan fluida rem? bukannya pake kabel dari rem tangan ke rem belakang? cmiiw...jalu wrote:qod...nanti kalo jadi serpis rem...sekalian di ncek2 apakah sistem mekanis rem tangannya itu ada hubungan ke sistem fluida atau ada tuas tersendiri untuk mendorong kampas rem nya.
tapi kalo parkir posisi lama saran terbaik memang sebaiknya pasang ganjalan di roda (balok atau chock block)
justru maksud dr postingan saya untuk mengconfirm info di atas lho...asudarsono wrote:Bos Doq,
Aplikasi rem tangan di tanjakan sangat membebani sistem rem, khususnya master silinder. Apalagi kalau remnya disk brake. Wajar kalau oli remnya berkurang. Bagus gak blong di jalan (los).
http://auto.howstuffworks.com/auto-part ... rakes1.htmGoogle wrote: In a rear drum situation, the emergency brake cable runs directly to the brake shoes, bypassing the hydraulic brake system. In this simple, mechanical bypass, the emergency brake system requires no extra parts to control the brakes [source: Owen].
Cars with rear disc brakes have a more complicated emergency brake system, sometimes requiring an entire drum brake system to be mounted inside of the rear rotor, called an exclusive parking brake or auxiliary drum brake [source: Owen].
When the vehicle has rear disc brakes without an auxiliary drum brake, a caliper-actuated parking brake system is used. With this system, an additional lever and corkscrew is added to the existing caliper piston. When the emergency brake is pulled, the lever forces the corkscrew against caliper piston, and applies the brakes, again bypassing the hydraulic braking system.
doq wrote: so apakah sekarang clear, kalo rem tangan dg drum brake tidak ad intervensi fluida? dan tidak ada pengaruh nya terhadap kasus ini?
itu getarnya ada pola nggak? pas lari kenceng dan lambat2 beda?DOHC wrote:... nahh stelah mobil dipake setaon lebih dan jalan uda ampir 35rebu... rem mulai terasa aneh... kalo lari kenceng di rem geter2 hebat... cuman aneh nya, geteran berasa di sbelah kanan mobil doank... makin lama pun makin terasa ngeloss kaya kampas nya abis... nahh tadi waktu ane servis rem skalian bubut... ntuh kaliper dan pin kaliper nya susah banget alias kaga bisa di copotin... stelah di puter2, semport2 penetrant, dan berbagai cara yg melelahkan dsb, akhirnya copot lahh si kaliper dan pin2 nya tsb.... ketauan lahhh kalo ternyata pin kaliper rem dari rem kanan ane, bukan bawaan ipah karena diameter nya lebi gede.... parah nya lagi, ntuh pin dipaksa masuk ke selongsong mounting kaliper nya kaya digetok paksa gt... dan stelah di cari2 ama si montir, ternyata ntuh pin kaliper kepunyaan kijang LGX yg diameter nya lebi gede....
nahh scara ntuh ipah ama pemilik seblom nya ga perna servis rem... *wong si pemilik cuman ngerti ganti oli ama filter per 5000 km doank.... dan ane cuman perna servis rem skali di beres... apa jangan2 ini ulah montir beres yg ga beres yahhh... mending servis di bengkel rumahan donk drpd servis di beres yg montir nya kerjanya lebi parah dari montir pinggir jalan....
asudarsono wrote:Biasanya kit seal udah lengkap, bos.
Pesawat terbang kalau parkir diganjel. Kereta api juga. Kapal malah ditambat. Kalau boleh usul, mobil juga diganjal bila garasi menurun. Apalagi kalau ada anak2, bahaya.
pas ketemu mekanik yg nakal , emang kaya gitu om yg gak rusak jadi rusak dah sering ngalamin nih gueDOHC wrote:mengenai pertanyaan ini.... telah ane tanyakan ke bengkel servis rem ane... dan mnurut montir2 dsana... ga ada hubungan nya antara rem tangan dgn intervensi fluida... bahkan karena tadi ane lg servis rem ipah ane... skalian lahh di kasih lecture oleh si montir2 tsb... dan sistem mekanisme rem tangan itu, sistem mekanik... ga ada intervensi fluida sama skali...
btw skalian curhat... critanya berawal waktu taon lalu ane baru ngangkat ipah ane, diservis lahh mobil tsb ke suatu beres atoyot di jakarta utara... termasuk servis rem... walaupun sebelum nya ga ada msalah ama rem mobil nya, baik dipake jalan dalkot atau lg lari kenceng kaya abg lg galau...![]()
... nahhh servis rem tsb yg meliputi ntuh kaliper di copot smua, termasuk rumah2 dan pin2 mounting kaliper tsb... kampas rem masi ckup tebal jadi disarankan ga usa diganti.... nahh stelah mobil dipake setaon lebih dan jalan uda ampir 35rebu... rem mulai terasa aneh... kalo lari kenceng di rem geter2 hebat... cuman aneh nya, geteran berasa di sbelah kanan mobil doank... makin lama pun makin terasa ngeloss kaya kampas nya abis... nahh tadi waktu ane servis rem skalian bubut... ntuh kaliper dan pin kaliper nya susah banget alias kaga bisa di copotin... stelah di puter2, semport2 penetrant, dan berbagai cara yg melelahkan dsb, akhirnya copot lahh si kaliper dan pin2 nya tsb.... ketauan lahhh kalo ternyata pin kaliper rem dari rem kanan ane, bukan bawaan ipah karena diameter nya lebi gede.... parah nya lagi, ntuh pin dipaksa masuk ke selongsong mounting kaliper nya kaya digetok paksa gt... dan stelah di cari2 ama si montir, ternyata ntuh pin kaliper kepunyaan kijang LGX yg diameter nya lebi gede....
nahh scara ntuh ipah ama pemilik seblom nya ga perna servis rem... *wong si pemilik cuman ngerti ganti oli ama filter per 5000 km doank.... dan ane cuman perna servis rem skali di beres... apa jangan2 ini ulah montir beres yg ga beres yahhh... mending servis di bengkel rumahan donk drpd servis di beres yg montir nya kerjanya lebi parah dari montir pinggir jalan....
doq wrote: so apakah sekarang clear, kalo rem tangan dg drum brake tidak ad intervensi fluida? dan tidak ada pengaruh nya terhadap kasus ini?