melewati genangan air lalu .................
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
melewati genangan air lalu .................
salam semua nya
beberapa waktu lalu, kendaraan saya, minibus , melewati genangan air, tidak tinggi, dengan kecepatan sedang-tinggi , setelah melewati genangan , beberapa saat kemudian, mesin mobil agak batuk batuk kemudian mati total.
setelah beberapa saat di starter , tidak mau hidup, didiamkan sekitar 5 menit , di coba lagi baru hidup lagi .
mohon advice kira kira kenapa dan apa yang harus di lakukan supaya tidak terjadi lagi ?
thanks
sealteam88
jakarta
beberapa waktu lalu, kendaraan saya, minibus , melewati genangan air, tidak tinggi, dengan kecepatan sedang-tinggi , setelah melewati genangan , beberapa saat kemudian, mesin mobil agak batuk batuk kemudian mati total.
setelah beberapa saat di starter , tidak mau hidup, didiamkan sekitar 5 menit , di coba lagi baru hidup lagi .
mohon advice kira kira kenapa dan apa yang harus di lakukan supaya tidak terjadi lagi ?
thanks
sealteam88
jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: melewati genangan air lalu .................
mungkin ada cipratan air yg terhisap mesin broo.... kalo boleh tau mobilnya apa???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: melewati genangan air lalu .................
kayaknya ada air kesedot sama vacuum selang filter udara
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: melewati genangan air lalu .................
Cipratan air dari ban depan mobil om. Coba dicek mungkin fender dalamnya ada yang hilang / rusak
Ready to Race
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23
Re: melewati genangan air lalu .................
mobilnya apa ya bro??? 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: melewati genangan air lalu .................
atw mungkin di selang udara ada sampah banjir yg menghambat udara masuk mesin...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: melewati genangan air lalu .................
salah satu kemungkinannya kayaknya gak terlalu serius deh.
kalau minibus mesin bawah spt carry cs apalagi zebra, biasanya cuma krn air nyiprat ke delco (distributor).
buka klemnya, keringin dg tissuue beres.
kalau mau gak terulang, biasanya delco bs dilindungi dg menyelimutinya dg karet/"kondomisasi".
sdgkan kalau minibus mesin bawah yg lbh modern, yg tanpa distributor, mgkin nyipratnya air ke listrik2 yg sehubungan dg busi jg.
kalau minibus mesin bawah spt carry cs apalagi zebra, biasanya cuma krn air nyiprat ke delco (distributor).
buka klemnya, keringin dg tissuue beres.
kalau mau gak terulang, biasanya delco bs dilindungi dg menyelimutinya dg karet/"kondomisasi".
sdgkan kalau minibus mesin bawah yg lbh modern, yg tanpa distributor, mgkin nyipratnya air ke listrik2 yg sehubungan dg busi jg.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: melewati genangan air lalu .................
Biasanya FIAT yg suka gini. Yg penting jangan sampai masuk saluran udara. Kalau cuma delco, kabel busi dkk disemprot contact cleaner juga nyala lagi.
Ready to Race
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
thanks semua nya, mobilnya minibus , suzuki carry
delco nya cukup tinggi diatas blok kopling sih . dan filter udara pun dibawah jok, aman.
kalau kecepretan di sekitar filter bensin di bawah body, apakah bisa ? soalnya saya intip filter bensin nya basah semua .
thanks

kalau kecepretan di sekitar filter bensin di bawah body, apakah bisa ? soalnya saya intip filter bensin nya basah semua .
thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: melewati genangan air lalu .................
Minibusnya apa nih om? Mesin bawah deh pasti? Air masuk di distributor (delco), gak jauh2 lah....
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: melewati genangan air lalu .................
tul...meskipun delco cukup tinggi, tp justru dia lah yg sangat potensial mskipun cm sdikit terciprat atau bahkan cuma embun/kondensasi.sealteam88 wrote:thanks semua nya, mobilnya minibus , suzuki carrydelco nya cukup tinggi diatas blok kopling sih . dan filter udara pun dibawah jok, aman.
kalau kecepretan di sekitar filter bensin di bawah body, apakah bisa ? soalnya saya intip filter bensin nya basah semua .
thanks
ini mmh khas minibus spt itu.
*filter bensin mskipun luarnya nampak basah sekali tp sangat kecil peluang airnya merembes kedalemnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: melewati genangan air lalu .................
di mesin carry, pas bagian bell housing transmisi dekat delco itu ada lubang buat ngintip flywheel, coba dicek karet tutupnya masih ada atau lepas. Biasanya carry yg ngalamin delco basah (dan imbasnya mesin jd batuk2/mbrebet) itu krn karet penutup lubang bell housing itu hilang/lepas, jadi cipratan air krn putaran flywheel itu langsung kena ke delco melalu lubang itu.sealteam88 wrote:thanks semua nya, mobilnya minibus , suzuki carrydelco nya cukup tinggi diatas blok kopling sih . dan filter udara pun dibawah jok, aman.
kalau kecepretan di sekitar filter bensin di bawah body, apakah bisa ? soalnya saya intip filter bensin nya basah semua .
thanks
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
gimana kalau delco di semprot silicon spray ??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: melewati genangan air lalu .................
whoa..jalu wrote:di mesin carry, pas bagian bell housing transmisi dekat delco itu ada lubang buat ngintip flywheel, coba dicek karet tutupnya masih ada atau lepas. Biasanya carry yg ngalamin delco basah (dan imbasnya mesin jd batuk2/mbrebet) itu krn karet penutup lubang bell housing itu hilang/lepas, jadi cipratan air krn putaran flywheel itu langsung kena ke delco melalu lubang itu.sealteam88 wrote:thanks semua nya, mobilnya minibus , suzuki carrydelco nya cukup tinggi diatas blok kopling sih . dan filter udara pun dibawah jok, aman.
kalau kecepretan di sekitar filter bensin di bawah body, apakah bisa ? soalnya saya intip filter bensin nya basah semua .
thanks
lubang segede koin gopek (kira2) itu harusnya tertutup toh?
hmm.. muchas gracias infonya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: melewati genangan air lalu .................
pernah juga dulu kejadian sama ane, setelah melibas genangan air mobil langsung brebet, ternyata penyebabnya memang ada bagin kelistrikan yang terkena air ... solusi nya memang harus ditutupi boz ...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
bagian kelistrikan mana yang biasanya terkena air yah ? biasanya suzuki carry ngga pernah mati yah kalo kena air 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
kemarin malam hari kamis , kejadian lagi nih
kemaren suzuki carry saya lewat genangan air tidak tinggi , dengan kecepatan sedang saja , abis lewatin genangan itu mendadak mesin brebet brebet lalu mati tidak mau di starter , di starter hanya bunyi mesin tp tidak mau hidup.
di tunggu sekitar 5 menit di coba lagi masih tidak mau hidup, baru setelah 4-5x dicoba, mesin hidup kembali normal tidak brebet tidak pincang, dan perjalanan di lanjutkan.
di garasi saya liat delco kering , area busi kering juga .
mohon ide anda kira kira kenapa penyebab kecipratan air genangan lalu brebet ?
thanks banget semua
kemaren suzuki carry saya lewat genangan air tidak tinggi , dengan kecepatan sedang saja , abis lewatin genangan itu mendadak mesin brebet brebet lalu mati tidak mau di starter , di starter hanya bunyi mesin tp tidak mau hidup.
di tunggu sekitar 5 menit di coba lagi masih tidak mau hidup, baru setelah 4-5x dicoba, mesin hidup kembali normal tidak brebet tidak pincang, dan perjalanan di lanjutkan.
di garasi saya liat delco kering , area busi kering juga .
mohon ide anda kira kira kenapa penyebab kecipratan air genangan lalu brebet ?
thanks banget semua
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: melewati genangan air lalu .................
heheee hrs sabar jg nih membimbingnya
kl cheknya udah di rumah, mesin dah hbs nyala normal, ya tentulah titik2 air dah gak ada lg dong
1st, yg diadvise jalu ini udah jadi diliat belum?
kl cheknya udah di rumah, mesin dah hbs nyala normal, ya tentulah titik2 air dah gak ada lg dong
1st, yg diadvise jalu ini udah jadi diliat belum?
jalu wrote:di mesin carry, pas bagian bell housing transmisi dekat delco itu ada lubang buat ngintip flywheel, coba dicek karet tutupnya masih ada atau lepas. Biasanya carry yg ngalamin delco basah (dan imbasnya mesin jd batuk2/mbrebet) itu krn karet penutup lubang bell housing itu hilang/lepas, jadi cipratan air krn putaran flywheel itu langsung kena ke delco melalu lubang itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: melewati genangan air lalu .................
yang ane bold... kalo hanya terdengar suara stater tapi mesin ngga idup, ya salah satu atau salah dua dari hal ini yang pingsan: Pembakaran dan yang dibakar.. Pembakaran, dari ignition coil sampe ke busi. Yang dibakar, bensin. kalo bensin yang trobel, sy rasa sih kecil kemungkinan ya, mengingat posisi karbu Carry termasuk tinggi, dan berada nyaris sejajar dengan bagian atas roda mobil.sealteam88 wrote:kemarin malam hari kamis , kejadian lagi nih
kemaren suzuki carry saya lewat genangan air tidak tinggi , dengan kecepatan sedang saja , abis lewatin genangan itu mendadak mesin brebet brebet lalu mati tidak mau di starter , di starter hanya bunyi mesin tp tidak mau hidup.
di tunggu sekitar 5 menit di coba lagi masih tidak mau hidup, baru setelah 4-5x dicoba, mesin hidup kembali normal tidak brebet tidak pincang, dan perjalanan di lanjutkan.
di garasi saya liat delco kering , area busi kering juga .
mohon ide anda kira kira kenapa penyebab kecipratan air genangan lalu brebet ?
thanks banget semua
Eh, Carry nya yang 1000cc atau 1300/1500cc (Futura) om? Kalo Futura kok kayaknya jarang ya yang gitu... T120ss ane nerjang banjir setengah roda aja, ngga masalah tuh... Malah ane sempet iseng buka jok kiri depan, pengin liat melalui kolong mesin dari atas, airnya setinggi apa.. Apa karena pengapian T120ss beda ya?




" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
VanzMatic wrote:yang ane bold... kalo hanya terdengar suara stater tapi mesin ngga idup, ya salah satu atau salah dua dari hal ini yang pingsan: Pembakaran dan yang dibakar.. Pembakaran, dari ignition coil sampe ke busi. Yang dibakar, bensin. kalo bensin yang trobel, sy rasa sih kecil kemungkinan ya, mengingat posisi karbu Carry termasuk tinggi, dan berada nyaris sejajar dengan bagian atas roda mobil.sealteam88 wrote:kemarin malam hari kamis , kejadian lagi nih
kemaren suzuki carry saya lewat genangan air tidak tinggi , dengan kecepatan sedang saja , abis lewatin genangan itu mendadak mesin brebet brebet lalu mati tidak mau di starter , di starter hanya bunyi mesin tp tidak mau hidup.
di tunggu sekitar 5 menit di coba lagi masih tidak mau hidup, baru setelah 4-5x dicoba, mesin hidup kembali normal tidak brebet tidak pincang, dan perjalanan di lanjutkan.
di garasi saya liat delco kering , area busi kering juga .
mohon ide anda kira kira kenapa penyebab kecipratan air genangan lalu brebet ?
thanks banget semua
Eh, Carry nya yang 1000cc atau 1300/1500cc (Futura) om? Kalo Futura kok kayaknya jarang ya yang gitu... T120ss ane nerjang banjir setengah roda aja, ngga masalah tuh... Malah ane sempet iseng buka jok kiri depan, pengin liat melalui kolong mesin dari atas, airnya setinggi apa.. Apa karena pengapian T120ss beda ya?![]()
![]()
![]()
super carry extra 1000 cc

apa mungkin dari sambungan selang selang filter bensin ?
atau platina udah ga bagus ?
rotak lemah ?
yang jelas terjadi hanya kalau melewati genangan air bukan banjir besar dan beberapa menit hidup lagi normal setelah berkali kali dicoba.
thanks !

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
andy1800 wrote:heheee hrs sabar jg nih membimbingnya
kl cheknya udah di rumah, mesin dah hbs nyala normal, ya tentulah titik2 air dah gak ada lg dong
1st, yg diadvise jalu ini udah jadi diliat belum?jalu wrote:di mesin carry, pas bagian bell housing transmisi dekat delco itu ada lubang buat ngintip flywheel, coba dicek karet tutupnya masih ada atau lepas. Biasanya carry yg ngalamin delco basah (dan imbasnya mesin jd batuk2/mbrebet) itu krn karet penutup lubang bell housing itu hilang/lepas, jadi cipratan air krn putaran flywheel itu langsung kena ke delco melalu lubang itu.
ini lubang tempat ngintip kalo mau setting timing dengan timing light bukan yah bro ?
kalao lobang itu memang terbuka, karetnya udah aus dan hilang
boleh nanti saya coba tutup dulu yah , karetnya bisa dibeli dimana mana kan bro
thanks banget bro !

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: melewati genangan air lalu .................
siip.
nampaknya mmg lobang itu. dicoba aja ditutup dulu bro. stlh itu lihat ntar gmana. klo gak nemu karet di toko, bisa darurat ditutup pakai lakban atau gmanalaah kreatifitasnya.
merawat mobil ini belum lama kah bro, blm punya toko onderdil langganan? silakan tanya kesana.
klo belum punya langganan, silakan ke:
ada pusat2 onderdil yg tersebar di bbrp tepat, klo di BSD ada pusat onderdil, bekasi jg ada di ujung kalimalang itu, depok ada jg, jaksel di pasar onderdil cipete, jakpus ada kemayoran dst dst.
usahakan utk ngobrol sm yg jualnya...tanyakan jg dimana bs didapatkan karet pelindung delco. bentuknya agak menyerupai kaos tangan karet gitu. tempat jari-jemari=tempat keluarnya kabel2 busi
nampaknya mmg lobang itu. dicoba aja ditutup dulu bro. stlh itu lihat ntar gmana. klo gak nemu karet di toko, bisa darurat ditutup pakai lakban atau gmanalaah kreatifitasnya.
merawat mobil ini belum lama kah bro, blm punya toko onderdil langganan? silakan tanya kesana.
klo belum punya langganan, silakan ke:
ada pusat2 onderdil yg tersebar di bbrp tepat, klo di BSD ada pusat onderdil, bekasi jg ada di ujung kalimalang itu, depok ada jg, jaksel di pasar onderdil cipete, jakpus ada kemayoran dst dst.
usahakan utk ngobrol sm yg jualnya...tanyakan jg dimana bs didapatkan karet pelindung delco. bentuknya agak menyerupai kaos tangan karet gitu. tempat jari-jemari=tempat keluarnya kabel2 busi
andy1800 wrote: biasanya delco bs dilindungi dg menyelimutinya dg karet/"kondomisasi".
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: melewati genangan air lalu .................
wah sip banget bro , nanti saya tanya2 sekalian dengan karet pelapis delco/distributor juga , sekali lagi berhubung penasaran , kalau karpet karpet ban udah copot apa pengaruh juga ke cipratan2 genangan ujan bro ? sekali lagi, apakah juga platina dan rotak udah lemah bro ? carry tuh rotak nya kalo mati ngga ada peringatan apa apa broandy1800 wrote:siip.
nampaknya mmg lobang itu. dicoba aja ditutup dulu bro. stlh itu lihat ntar gmana. klo gak nemu karet di toko, bisa darurat ditutup pakai lakban atau gmanalaah kreatifitasnya.
merawat mobil ini belum lama kah bro, blm punya toko onderdil langganan? silakan tanya kesana.
klo belum punya langganan, silakan ke:
ada pusat2 onderdil yg tersebar di bbrp tepat, klo di BSD ada pusat onderdil, bekasi jg ada di ujung kalimalang itu, depok ada jg, jaksel di pasar onderdil cipete, jakpus ada kemayoran dst dst.
usahakan utk ngobrol sm yg jualnya...tanyakan jg dimana bs didapatkan karet pelindung delco. bentuknya agak menyerupai kaos tangan karet gitu. tempat jari-jemari=tempat keluarnya kabel2 busiandy1800 wrote: biasanya delco bs dilindungi dg menyelimutinya dg karet/"kondomisasi".

thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: melewati genangan air lalu .................
kl karpet karet yg dimaksud adlh kepet blkg ban, itu biasa disebut mud-guard. menurut ane itu gak signifikan. dg logika, pas dijalanan kita tengok2 aja byk carry/zebra yg dah gak pakai mud guard juga. nyatanya gak knp2 kan. lbh pas nya sih kalau observasinya pas liat mobil2 lain itu melintasi genangan.
klo platina,
cek fungsi: nyalanya busi kalau baik2 saja, berarti platina bekerja dg baik.
lalu cek scara visual: kehalusan permukaannya. jg ketebalannya. kalau gak rata, bisa diamplas sndiri klo msh tebal. klo dah tipis silakan diganti.
klo rotax, ngeceknya:
buka selang output rotax. lalu nyalakan kunci kontak gak usah distarter. ini maksudnya utk nyalain rotax. seharusnya semburan bensin dari rotax itu msh cukup kuat. gak perlu kuat2 amat asal cukup utk mendorong bensin sampai ke karburator. tp kalau dirasa lemah ya silalkanm diganti
rotax mau mati mmg gak ada tanda2nya.
sambil sabar ya bro, kita tunggu pendapat yg lain para pakar.
klo platina,
cek fungsi: nyalanya busi kalau baik2 saja, berarti platina bekerja dg baik.
lalu cek scara visual: kehalusan permukaannya. jg ketebalannya. kalau gak rata, bisa diamplas sndiri klo msh tebal. klo dah tipis silakan diganti.
klo rotax, ngeceknya:
buka selang output rotax. lalu nyalakan kunci kontak gak usah distarter. ini maksudnya utk nyalain rotax. seharusnya semburan bensin dari rotax itu msh cukup kuat. gak perlu kuat2 amat asal cukup utk mendorong bensin sampai ke karburator. tp kalau dirasa lemah ya silalkanm diganti
rotax mau mati mmg gak ada tanda2nya.
sambil sabar ya bro, kita tunggu pendapat yg lain para pakar.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: melewati genangan air lalu .................
Pakar yang merendah...andy1800 wrote:kl karpet karet yg dimaksud adlh kepet blkg ban, itu biasa disebut mud-guard. menurut ane itu gak signifikan. dg logika, pas dijalanan kita tengok2 aja byk carry/zebra yg dah gak pakai mud guard juga. nyatanya gak knp2 kan. lbh pas nya sih kalau observasinya pas liat mobil2 lain itu melintasi genangan.
klo platina,
cek fungsi: nyalanya busi kalau baik2 saja, berarti platina bekerja dg baik.
lalu cek scara visual: kehalusan permukaannya. jg ketebalannya. kalau gak rata, bisa diamplas sndiri klo msh tebal. klo dah tipis silakan diganti.
klo rotax, ngeceknya:
buka selang output rotax. lalu nyalakan kunci kontak gak usah distarter. ini maksudnya utk nyalain rotax. seharusnya semburan bensin dari rotax itu msh cukup kuat. gak perlu kuat2 amat asal cukup utk mendorong bensin sampai ke karburator. tp kalau dirasa lemah ya silalkanm diganti
rotax mau mati mmg gak ada tanda2nya.
sambil sabar ya bro, kita tunggu pendapat yg lain para pakar.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "