Tanya soal kijang jadul

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by maskopat »

kisup ane dulu, baru turun mesin setelah 13 tahun dan jalan lebih dari 200rb km... itupun dengan perawatan seadanya, suka lupa ganti oli, dan pake aer keran untuk radiator... :mrgreen:
soal lari, yang jelas pernah nyalib G-klasse di tanjakan bakauheni di kecepatan 130kpj lebih... :upss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by poeticmind »

bushkntl wrote:SMers gw mau tanya dong dulu ada kijang 3 pintu gak? Gw lg ngobrol ama temen gw kemaren soal kijang dan menurut dia kijang jadul gak pernah ada yg cuma 3 pintu, yg bener yg mana neh? Perasaan gw pernah liat kijang jadul 3 pintu?
ada yg 3pintu, dulu tahun 90an saya pernah punya... varian ini keluar tidak begitu banyak. ntah kenapa produksi nya tidak diteruskan. secara overall hanya beda di pintu saja...
mungkin karena kijang lebih laku di 4pintu, maka setelah itu keluar yg 5pintu. varian 3pintu saat ini sangat dicari dan menjadi rare item... hanya sayangnya, rata2 unit 2ndnya sudah jarang yg mulus. jika sangat berminat sebenarnya bisa mencari varian kijang super 90-91 dan dimodif menjadi 3pintu... sama saja, hitung2 sekalian repaint.
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by andy1800 »

jalu wrote:
bushkntl wrote:
maskopat wrote:yang kayak gini
Image
ini kalo gak salah 3 pintu...
temen gw td masih bilang gak ada kijang "coupe" gw keluarin ipad, navigate ke thread ini dan bam :big_slap: :big_weee: :big_weee: ujungnya gw dinner gratis malem ini :big_peace:

ngomong2 ini kijang taon berapa sih? ini yg disebut2 kijang kapsul ya?
setau saya ini keluarga kijang super....kalo gak salah bodynya bikinan NCH (Nusa Cendana Harum). CMIIW
tunggu2...skrg bukan oot nya deh nih.

kalau kijang super edisi taun segitu, yg plg umum kan ada pintu penumpang tp di kiri doang. gw jg sempet punya itu kijang super yg edisi pertama, edisi th 87....yg sm maskopat dibilang konfigurasi pintunya spt minibus carry...mana ada carry cuma dua pintu yaitu penumpang+navigator doang, pastilah total 4 pintu.

tp yg di gambar itu beneran "coupe" ?.... dua pintu: sopir, dan penumpang kiri (sebut saja "navigator")...plus satu pintu belakang/bagasi ya ?
perhatikan gambarnya, itu beneran gak ada pintu tengah kiri ya?
jadi, kalau mau masuk jok baris kedua itu, masuknya dari pintu navigator ya? ...weleh :e-think:

lalu, yg dibicarakan dan dimaksud sm bung bush tu mmg yg "coupe" 2 pintu ini ? ...atau yg 3 pintu ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by poeticmind »

gue yakin maksudnya yg 3pintu, penumpang belakang masuk dari pintu navigator, relnya berbeda dengan jok yg 4pintu. ada sementara orang bilang varian ini lebih sporty, tarikan lebih enteng dll.. tapi sebenernya ga ada bedanya, hanya beda tengah tidak ada pintunya.. dan minim feature, dulu keluar 2 tipe... yg jelas seri bawahnya tidak ada AC dan konsul kiri tidak ada tutupnya serta belum ada audio tape maupun dudukan speaker.

@andy1800 : tapi ini tetep ladder frame ya... :ngacir:
carry buntung kale maksut si kopat... udah ngantuk dia...
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by asudarsono »

ilhami wrote:Om sudarsono ini ngomongin apa ya kok ada pintu pagar dan pintu air segala...
:e-think:
Nah, om Andy,

aku jadi bingung sampeyan ngomong Carry 4 pintu itu pintu depan kiri kanan, pintu kiri tengah terus pintu satu lagi pintu mana? Apakah kita sepakat setidaknya di tret ini, pintu belakang termasuk "pintu" dalam penghitungan pintu segala merk MPV atau hanya dalam penghitungan pintu kijang?

Kalau SUV pintu belakang adalah pintu bagasi, jadi tidak dihitung pintu.
Ready to Race
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by bushkntl »

andy1800 wrote:
lalu, yg dibicarakan dan dimaksud sm bung bush tu mmg yg "coupe" 2 pintu ini ? ...atau yg 3 pintu ?
Gini bro buat gw awal misteri kijang "coupe" mulai dari bbrp minggu lalu waktu di tol cipularang otw balik ke jakarta dr bandung. Antara jet lag dan ngelamun jorok soal spg outlet mall yg manis dan genit :oops: gw liat di sebelah kanan ada kijang nyusul tp otak gw gak bisa register secara cepet apa yg istimewa dari kijang yg ada di kanan gw sampe beberapa menit kemudian waktu gw dah gak kesambet ama lamunan joroknya gw baru sadar kalo td itu kijang pintunya cuma 1 dibagian kiri mau suruh driver nguber males juga krn gw selalu minta dia jgn ngebut jadilah kijang "coupe" tadi jadi misteri buat gw. Waktu gw tanya ama temen apa ada kijang "coupe" malah dibilang mata gw error gara2 kebanyakan nonton [cencored] :mrgreen: makanya gw akhirnya post pertanyaannya di sini krn gw penasaran.
poeticmind wrote:gue yakin maksudnya yg 3pintu, penumpang belakang masuk dari pintu navigator, relnya berbeda dengan jok yg 4pintu. ada sementara orang bilang varian ini lebih sporty..
Betul keliatannya sporty spt yg di poto bro maskopat tinggal di cat hitam dof satu badan + velg gendut 19 inch di cat gun powder style sama dikasih cat merah di sekiling velgnya+ spoiler gede diatas belakang, mankyoss dah secara tampilan.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by Andrian »

poeticmind wrote:gue yakin maksudnya yg 3pintu, penumpang belakang masuk dari pintu navigator, relnya berbeda dengan jok yg 4pintu. ada sementara orang bilang varian ini lebih sporty, tarikan lebih enteng dll.. tapi sebenernya ga ada bedanya, hanya beda tengah tidak ada pintunya.. dan minim feature, dulu keluar 2 tipe... yg jelas seri bawahnya tidak ada AC dan konsul kiri tidak ada tutupnya serta belum ada audio tape maupun dudukan speaker.

@andy1800 : tapi ini tetep ladder frame ya... :ngacir:
carry buntung kale maksut si kopat... udah ngantuk dia...
bener om putik. penumpang belakang masuknya lewat pintu navigator. kayak katana yg short. :ungg:
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by andy1800 »

bushkntl wrote:
poeticmind wrote:gue yakin maksudnya yg 3pintu, penumpang belakang masuk dari pintu navigator, relnya berbeda dengan jok yg 4pintu. ada sementara orang bilang varian ini lebih sporty..
Betul keliatannya sporty spt yg di poto bro maskopat tinggal di cat hitam dof satu badan + velg gendut 19 inch di cat gun powder style sama dikasih cat merah di sekiling velgnya+ spoiler gede diatas belakang, mankyoss dah secara tampilan.
andy1800 wrote:
lalu, yg dibicarakan dan dimaksud sm bung bush tu mmg yg "coupe" 2 pintu ini ? ...atau yg 3 pintu ?
Gini bro buat gw awal misteri kijang "coupe" mulai dari bbrp minggu lalu waktu di tol cipularang otw balik ke jakarta dr bandung. Antara jet lag dan ngelamun jorok soal spg outlet mall yg manis dan genit :oops: gw liat di sebelah kanan ada kijang nyusul tp otak gw gak bisa register secara cepet apa yg istimewa dari kijang yg ada di kanan gw sampe beberapa menit kemudian waktu gw dah gak kesambet ama lamunan joroknya gw baru sadar kalo td itu kijang pintunya cuma 1 dibagian kiri mau suruh driver nguber males juga krn gw selalu minta dia jgn ngebut jadilah kijang "coupe" tadi jadi misteri buat gw. Waktu gw tanya ama temen apa ada kijang "coupe" malah dibilang mata gw error gara2 kebanyakan nonton [cencored] :mrgreen: makanya gw akhirnya post pertanyaannya di sini krn gw penasaran.
wkwkwkwkwkwk...bs jd inspirasi tuh bro...E51 nya dibikin "coupe" aja tuuh...biar itu si [cencored] jd susah klo mau melarikan diri dari dekapan loe... wkwkwkek

@asudar: iya, makanya itu buka-an blkg mmg cm buat maskopat.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by maskopat »

weleh.... maksud ane seperti carry minibus, carry minibus terakhir yang beredar tidak ada pintu belakang kanan.

trus, kenapa pintu belakang dihitung, karena pintu itu digunakan untuk menaikkan orang juga. :big_weee:
karena MPV jadoel pake kursi hadap kiri kanan..

dan satoe lagi, kijang koepe ini emang ada. kalo gak salah 2-3 tahoen pertama kijang soeper keloear. kalo gak salah lagi, yang koepe ini untuk short chassis. yang long chassis soedah 4 pintoe (tanpa pintoe tengah kanan, dan pintoe belakang dihitoeng).

karoseri yang mengeluarkan model ini adalah NCH seperti yang dijelaskan oleh kakak pramuka.
tapi untuk karoseri lain, seperti jantan, sudah pake 5 pintu (pintu belakang dihitung juga).
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by poeticmind »

kenapa harus pake ejaan lama, pat? ini taun setelah EYD kan? :upss:
pertama kijang keluar taun 79-80an, kijang bak (belum ada minibus)... di brosurnya bilang nya 2 pintu... bukan 2 'pintoe...'.



:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by maskopat »

maap om, kalo oedah ngomong djadoel, soeka kelewatan... sorrj ja om... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by poeticmind »

maskopat wrote:maap om, kalo oedah ngomong djadoel, soeka kelewatan... sorrj ja om... :frm_salut:
:big_weee: :big_weee: :big_weee:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by maskopat »

poeticmind wrote:
maskopat wrote:maap om, kalo oedah ngomong djadoel, soeka kelewatan... sorrj ja om... :frm_salut:
:big_weee: :big_weee: :big_weee:
:big_weee: :big_weee: :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by VanzMatic »

ane vote banged buat Kisup ini.. Yang bikin males, bukan masalah masih pake platina, atau semua masih manual, tapi Karburatornya! Oom ku yg punya Kisup 5speed, n kijang 4 speed, mertua punya Kijang Rover, semua pada tereak di KARBU nya yang jarum bensinnya pasti aus untuk pemakaian >5thn. Harus ganti baru tiap 4-5 tahun, satu glondong karbu ORISINIL Kijang.

Urutan kepuasan ane thd ni Kijang:
1. Driving Position yang menurut gw PERFECT. Kenapa? Jok ori nya enak didudukin. Engga keempukan (bikin tulang punggung atit) atau engga kekerasan (bikin wasir). Moncong bisa terlihat semua dengan sempurna, engga kalah ama idung pesek yang nyombong bisa ngliat kucing jongkok. Pantauan body kanan dan kiri juga perfect, terlihat semua body samping dengan sempurna sampai ke roda belakangnya keliatan! Apalagi kalo pake spion ala Carry Extra jadul yang puanjang ke atas bawah, gagah kayak truk.Modelnya seperti Kijang Jantan taon 91-an.
2. Interior engga manja2 amat. Abis dipakai buat angkut kayu2 bekas, gampang ngebersihin lagi. Coba aja interior AvXen apalagi Ipah... Berani u orang masukkin material kayak kayu2 bekas...? :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
3. Untuk karoseri standar Astra yang dikerjakan NCH, Nasmoco, ama satunya lagi apa aku lupa, leg room melimpah untuk depan n tengah.! Untuk karoseri lain, seperti model Jantan, Rover, Kencana, leg room tengah sempiit.... :e-naughty:
4. Bodi engga kerupuk!
5. Ruang mesin bisa di swap engine dengan Diesel..
6. Model sebelum Grand Extra yang model lampu kotak, sangat abadi. Engga berasa itu produksi taon brapa, tapi aura retronya kuat!
:big_peace:
CMIIW..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by maskopat »

setuju om vanz... tokisup paling mantap... walau untuk layout kursi masih lebih mantap kapsul...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by asudarsono »

Ya ya betul, kalau model Rover dkk, joknya kegedean, jadi sempit. NCH tuh, joknya pas dan paling mudah dilipat di antara MPV yang pernah dijual di Indonesia.

Cocok buat angkut barang sampai satu ton. Maaf, saya berapa kali pindahan selalu sewa kijang super. Barang kebawa semua, kita naik di depan dibuai AC. Kalau pakai truk, udah panas trus pasti kena polisi lagi.

Pernah bawa mayat berdarah2 bekas kecelakaan, habis antar ke RSCM, mampir ke tukang cuci mobil. Interior disemprot air pakai kompresor, bersih lagi. Gak ada bekas darah maupun bau anyir.
Ready to Race
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by ak4ng »

sempet punya kijang jantan merah tapi udah dijual
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by poeticmind »

VanzMatic wrote:ane vote banged buat Kisup ini.. Yang bikin males, bukan masalah masih pake platina, atau semua masih manual, tapi Karburatornya! Oom ku yg punya Kisup 5speed, n kijang 4 speed, mertua punya Kijang Rover, semua pada tereak di KARBU nya yang jarum bensinnya pasti aus untuk pemakaian >5thn. Harus ganti baru tiap 4-5 tahun, satu glondong karbu ORISINIL Kijang.

CMIIW..
karbu? selama ane pake kijang dari taun 1980 (kotak sabun 3k), 1987 (4K), 1991 (super special edition), 1992 (3pintu), 1995 (grand extra). belum pernah sekalipun ganti karbu... servis2 daleman doang yg diganti.


ooooooh iya pernah... sori2... yg taun 1991 special edition... yaaa, ganti 4barrel... :mrgreen:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by maskopat »

ane juga... gak pernah ganti karbu... di SL juga gitu.. paling ganti nozle nya aja yang lebih kecil biar lebih kalem dikit tenaganya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by VanzMatic »

gealanya, suka susah start, bau bensin, n pastinya borooos bensin
ga taunya arum skepnya udah aus...
Ganti jarumnya doank,.engga sembuh...
ya udah., ganti karbu.... :frm_bang_head:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by asudarsono »

Karbu Kijang cuma 500 ribu bukannya? Daripada capek benerin.
Ready to Race
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya soal kijang jadul

Post by poeticmind »

jaman dulu ga dapet 500rb, oom... kalo pun ada bukan barang baru. dan itupun kalo mau tuker tambah sama yg rusak. sebenernya ga usah ganti karburator, wong repair kit nya murah kok... cuma 15rb jaman dulu (1991-1994), sekarang 75rban..kalo ga salah.

kalo sekarang ya 500rb, mungkin... wong mobil jadul.. tapi tetep pasti itu rebuild, baru ga mungkin 500rb. cmiiw lhaaaar...
Image