mesin skrg memang tidak se-friendly mesin lawas yg sangat akrab dng sentuhan kreatif mekanik2 lokal disini, tapi kan teknologi semakin berkembang chiong.., mesin skrg outputnya bisa lbh besar....sebagai contoh, kalo mesin lawas sering dipapas cyl head nya untuk menambah rasio kompresi, nah mesin skrg dr bawaan pabriknya aja udah pada punya rasio kompresi yg tinggi....yg ada pemiliknya kelimpungan ngasi minum bbm non subsidi....
atau contoh lain, mesin lawas sering dilakukan dial cam untuk mendapatkan rentang powerband yg sesuai dng aplikasinya, sedangkan untuk mesin skrg malah sudah dilengkapi dng teknologi katup variabel yg lbh adaptif terhadap beban dan kondisi berkendara.
tapi asumsi saya yg cuma penggembira, sepertinya potensi mesin skrg ini agak "disunat" oleh pabrikan untuk mengejar efisiensi pada versi produksi massalnya (ECU disetup untuk efisiensi), buktinya....setelah dilakukan chip tuning/pasang piggy....ternyata outputnya masih bisa dioptimalkan lagi....makanya wajar lah kalo ada beberapa orang yg berpendapat mesin lawas lebih "jujur" dalam hal output mesin untuk produksi massalnya, terasa dr aliran tenaganya yg lbh yahud (untuk 2 mesin yg ber-output sama).....tapi jgn lupa, pada umumnya mesin lawas juga lbh "jujur" dalam hal konsumsi BBM nya (lbh boros)....heheheheh....
nah..bener mas....ruang mesin mobil skrg dibikin lebih rapi dan padat...estetika lbh baik...jadinya "ruang bermain" di area mesin lbh sempit, hehehe....
kalo ada salah2 kata, CMIIW yah....
