Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by kapsul 97 »

kemarin itu ngobrol-ngobrol sama temen, kebetulan yang bersangkutan pernah kerja di TAM, dan sering training dalam dan luar negeri, yang dalam hal ini mungkin sudah bisa dibilang fasih dalam hal mesin kendaraan bermotor ....

kemarin ane coba nyeletuk tentang kalu misal kita lakukan dial cam mesin mobil (kebetulan yang dibahas mesin kijang kapsul).

beliau bilang basically Toyota itu buat mesin sudah ada perhitungan dan peruntukkan nya masing-masing, modifkasi yang dilakukan terhadap mesin sah-sah saja, tapi korelasi nya pasti ke lifetime mesin itu sendiri ...

menurut agan-agan gmana ya ?

:big_peace:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by andy1800 »

itu kebetulan dia adalah penganut konsep "kekekalan energi"...atau "keseimbangan kosmos"... :big_peace:

di byk sisi, mmg iya siih...
masalahnya, perhitungan dan peruntukan pd saat perancangan itu engine, kita kan gak tau...jd umumnya, modifikasi yg dilakukan, biasanya berpola try n error....sebenarnya kalau sekali modif dan didapatkan "sekali coba dan ngepas", ya gpp...cuma celakanya, "hole in one" spt itu bagaimanapun adlah lucky shot...kejadian yg langka.

nah kalau umumnya, ya try n fail, ngepas, try again, fail, fail, fail, ngepas...hehee. ya tentu saja kalau yg gini jd memperpendek lifetime.

dan masalahnya, gimana kita tau kalau modif kita itu yg ngepas dan memperpanjang lifetime, atau mlh 'mleset' shg memperpendek lifetime ? kalau gak dilaksanakan, trus sekian puluh taun kemudian kita cek dan perbandingkan lagi...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by andy1800 »

jd maksdunya gini loh
meskpiun udah dihitung2 pd saat perancangan...jgn lupa bahwa engine tu dibikin sbg produk massal...termasuk jg keseimbangan dg cost yg nantinya mempengaruhi harga jual yg hrs kompertitif.

misalnya: terutama utk produk2 jaman dulu...tingkat kehalusan manipol produksi massal kan gak bisa halus2 amat...nah, lalu kita lakukan modifikasi, porting n polish...ini kan justru memperbaiki efisiensi...dus, justru memperpanjang lifetime.

ya mmg siih, kalau engine produk2 massal skrg ini, udah bisa dibuat jauh lbh halus...mgkin kalau diporting n polishing, peningkatan efisiensinya mgkin dah gak terlalu signifikan...mgkin loh ya.

tp intinya: modif2 yg tepat, yaitu modif2 yg nggak mengorbankan apa2, justru bisa memperpanjang lifetime kan?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by kapsul 97 »

kalu misal kita bicara mengenai cial cam tadi, gmana tuh bro Andy ?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by andy1800 »

o ane gak tau deh deatailnya kalau ttg itu... :big_peace:
mari kita duduk manis, tunggu para pakar dan rombongan penggembira lainnya.. :mrgreen:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by jalu »

kalo gitu saya absen dulu jadi penggembira...... :e-dance: :e-dance:

AFAIK..dial cam...menggeser waktu bukaan katup dng tujuan menggeser power band, bisa ke arah rpm lbh rendah atau lebih tinggi, sesuai dng peruntukannya...(mesin skrg rata2 sdh dilengkapi dng tekno katup variabel sehingga kegiatan dial cam ini lbh umum untuk mesin tekno lawas).

dengan bergesernya power band, objektifnya adalah karakter mesin bisa lbh sesuai dng peruntukannya...contoh untuk mobil harian, dial cam dilakukan agar power band bergeser ke rpm lbh rendah,sehingga mesin sudah bertenaga tanpa harus digeber lbh tinggi. Atau untuk aplikasi balapan sirkuit, dial cam dilakukan agar power band bergeser ke rpm lbh tinggi krn dominan mesin balap bekerja di rpm tinggi.

berhubung saya blm pernah coba dial cam, jadi saya no comment ttg perubahan daya tahan mesinnya...namanya jg penggembira..... :e-dance: :e-dance:

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by asudarsono »

IMHO, yg lebih penting bagaimana kita pakai mesinnya. Misalnya telat ganti oli, radiator overheat, overrev. Itu akan buat usia mesin berkurang.

Kalau habis dimodif, terus misalnya oli panas, ya tambahin oil cooler .... dst.

Kecuali mesin NA dikasih turbo kali.
Ready to Race
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by kapsul 97 »

setuju Oom asudarsono ... :big_peace:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by Abu2 »

yap setuju.... :frm_salut:


:ngacir:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by aldy »

Pernah baca di majalah AB dijelaskan kalo mesin GL (HR15DE) kalo di port n polished bukan malah meningkatkan tenaga dan efisiensi tapi justru sebaliknya..Didasari oleh mesin2 jaman sekarang dibuat dengan sangat2 presisi dan sangat halus (sangat sedikit/halus lapisan "kulit jeruk" di saluran intake) sehingga kalo dilakukan porting n polished pun penambahan tenaganya ga signifikan..Alias ga worthed buat dilakukan :big_peace: CMIIW
Kalo mau tambah tenaga secara signifikan mau ga mau ganti header+muffler+copot CC, manipulasi ECU + throttle controller atau ekstrimnya forced induction (turbo)..dijamin kerasa penambahan tenaganya :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by doq »

absen jg d sini ahhh :mrgreen: :mrgreen:
sbg angota tim penggembira, sy sangat setuju dengan pendapat pak andy...................
yg mungkin klo terjemahan bebas nya itu: modifikasi spt apa yg d lakukan ke mesin dan bagaimana perilaku berkendara kita setelah modifikasi itu lah, yg sebenernya berpengaruh besar ke lifetime mesin............
jd lebih bersifat flexibel, ga melulu modifikasi akan memperpendek lifetime mesin........imho yah :big_peace:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by KIOS3R »

doq wrote:absen jg d sini ahhh :mrgreen: :mrgreen:
sbg angota tim penggembira, sy sangat setuju dengan pendapat pak andy...................
yg mungkin klo terjemahan bebas nya itu: modifikasi spt apa yg d lakukan ke mesin dan bagaimana perilaku berkendara kita setelah modifikasi itu lah, yg sebenernya berpengaruh besar ke lifetime mesin............
jd lebih bersifat flexibel, ga melulu modifikasi akan memperpendek lifetime mesin........imho yah :big_peace:

ya, ane setuju sama pak andy, jaldut juga,,,
contoh kasarnya kita melakukan papas headseher, kalo kompresi naik kan butuh bensin oktan makin tinggi, kalo tetep dihajar oktan rendah ya bisa jebol itu piston, tp kalo tetep dibuat "senatural" mungkin, mungkin malah lifetime mesin akan sama, atau mungkin bisa meningkat.

kalo masalah mesin sekarang udah gak perlu di PnP mungkin ane masi kurang setuju, mass production pasti nggak smua perfect.
contoh nyata nya marmut gw, standar gw bisa lari 120an aja udah sujud syukur alhamdulillah, temen gw bisa lari 140kpj jauh lebih cepet akselerasinya dari gw, akhirnya gw melakukan PnP,,, hasilnya beda jauh bgt.
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by maskopat »

sedikit atau banyak modifikasi pada mesin atau bagian yang mendekatinya akan mempengaruhi life time suatu mesin. baik itu memperpanjang umur, atau memperpendek umur.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by jalu »

headseher itu apa kres ...?? :roll: :roll:

AFAIK secara umum ada 2 tipe modifikasi mesin yg bs mengurangi daya tahan mesin :

1. more pressure/more heat
contoh : pemasangan perangkat forced induction (turbo/supercharger) atau memapas cyl head/ganti gasket lbh tipis untuk menambah kompresi..modifikasi ini menyebabkan stress yg dialami komponen mesin semakin tinggi krn tekanan makin kuat, kalori yg dihasilnya semakin besar

2. less metal
contoh : bore up silinder (apalagi melebihi batas toleransinya), mengurangi ukuran counterweight crankshaft, pembesaran lubang cylhead untuk ganti valve yg lbh besar, bubut flywheel supaya lebih ringan dll...berkurangnya fisik material komponen mesin akan berpengaruh kepada kekuatannya..

berhubung saya cuma penggembira...jadi CMIIW lagi... :e-dance: :e-dance:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by KIOS3R »

maap bahasanya kaco,, kepala piston maksudna bos.

untuk machine balancing berarti masuk ke kategori less metal ya om?
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by jalu »

machine balancing...?? itu maksudnya di blueprint ya ?? :e-think: :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by esh »

Ikutan absen sebagai penggembira. :D

@jalu: apakah PnP termasuk less metal juga? :e-think:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by jalu »

nah2....sebagai penggembira yg dangkal elmunya...saya barusan baca2 lagi buku primbon lama..... :off_sleep:

penjelasan disitu, modif less metal/pengikisan logam yang dimaksud beresiko tinggi adalah yg melebihi batas toleransinya (ekstrim)....sementara pengikisan logam yg bertujuan untuk penghalusan finishing atau final balance (selama dalam batas toleransi) masih dikategorikan aman untuk lifetime mesin...kesimpulan disitu : semakin banyak material komponen yg dikikis, lifetime semakin menurun... :e-think:

eniwey..karena saya cuma penggembira, monggo pakar mengkoreksi.....bisa saja ada argumentasi yg lbh baik dibanding primbon yang saya miliki.... :frm_salut:

CMIIW.... :e-dance:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by kapsul 97 »

wahh,, makin seru aja nich ... ^_^

jadi binun mau ngomong apa .. :big_peace:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by kapsul 97 »

mungkin aga OOT, lalu kalu kita bicara torsi, caranya gmana untuk memperbesar torsi mobil/kendaraan kita ?


:ungg:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by Abu2 »

kalo ganti pelek yang lebih besar dan berat yang "bobotnya" jauh melebihi bobot pelek standar, mempengaruhi lifetime mesin ndak ya? :e-think:
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by KIOS3R »

@ wan abu : mungkin ngaruh jg ya wan (atau ke lifetime part kaki kaki dan flywheel?) karena seolah2 dikasi beban berat terus, udah maju susah kenceng, udah kenceng susah pelan :p

nah, kalo pengikisan sedikit cat supaya jadi kinclong termasuk apa jaldut? :ngacir:
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by Abu2 »

KIOS3R wrote: nah, kalo pengikisan sedikit cat supaya jadi kinclong termasuk apa jaldut? :ngacir:

itu termasuk step Preparation Kres...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by jalu »

Abu2 wrote:kalo ganti pelek yang lebih besar dan berat yang "bobotnya" jauh melebihi bobot pelek standar, mempengaruhi lifetime mesin ndak ya? :e-think:
duilee.....mentang2 udah pake Lightweight wheel nih yee..... :big_weee:
KIOS3R wrote:nah, kalo pengikisan sedikit cat supaya jadi kinclong termasuk apa jaldut? :ngacir:
duh...saya kan cuma penggembira tapi kok diintrogasi terus...... :frm_bang_head:

pengikisan permukaan cat untuk detailing akan menurunkan lifetime dr clear coat (makin tipis).......menurunkan lifetime dari persediaan obat poles...dan menurunkan lifetime uang tabungan....krn jadi sering belanja obat poles..... :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Modifikasi Mesin Vs Lifetime Machine

Post by Turboman »

IMHO:
Tergantung peningkatan Power & BHP-nya juga.

Kalau peningkatan hanya sedikit sih gak masalah, asal yg penting perawatan baik & mesin gak sering di-abuse.

Kalau peningkatan Power & BHP cukup extreem, pertimbangkan juga beban kerja Powertrain (Trans / kopling / Torque converter / gardan) yg juga bertambah berat.

CMIIW

mesin dalam kondisi standard-pun jika sering di-abuse / perawatan kurang diperhatikan ya akan cepat rusak juga.

Demikian pendapat nuwbie
* Bukan ajakan Beli *