Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by frank »

bukannya beberapa model indo share dengan thai juga, indo jadi basis produksi utk beberapa model, or indo ambil toyota-daihatsu, thai ambil toyota.
btw, pemerintah indo udah ada diskriminasi pajak buat melindungi sebagian model cuma aja buat minibus, makanya jadi lebih murah daripada lainnya.
FortunerMan

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:point 3. keep dreaming.. :sleeping: :sleeping:
wong bus transjakarta aja belum mampu menampung lonjakan penumpang.. lebih cepat pake bus biasa daripada bus TJ.
Sooner or later bro. Tidak ada/jarang kota sebesar dan sepadat Jakarta yg belum ada transportasi masal yg baik. Memang kita ketinggalan jauh, tapi sooner or later (kalo kita ya later he he)...transportasi masal kita akan membaik, cuman masalah waktu saja.
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by bodapa »

GTR wrote:pemerintah perlu urus mobil2 tua seperti di luar negeri. jangan cuma kenakan pajaknya progresif ke bertambahnya usia kendaraan.
Iya yah pak, bagaimana dengan nasib mobil-mobil tua? Rasanya pernah dibahas di majalah AutoBild ttg. mobil tua terkait dengan pajak, nilai jual kembali dan lain sebagainya. Intinya (kalau saya tidak salah) pajak untuk mobil tua sifatnya progresif (semakin tua justru semakin mahal) dan pada saat yang sama setelah waktu tertentu (misalnya 5 tahun) harga mobil bekas itu dinyatakan hancur lebur (tidak lagi bernilai). Jadi ini menjadi stimulasi bagi orang untuk terus beli mobil baru dan tidak akan berlama-lama pegang mobil. Tentu juga harus diimbangi dengan paket perpajakan yang lebih masuk akal dan murah, dan tentu juga harus dibedakan antara pajak mobil CBU dan CKD. Nggak tau tapi kalau misalnya diimplementasikan di Indonesia, apa bisa?

Kalau begitu bagaimana dengan skema "Cash for Clunkers?" Seperti yang diterapkan di Jerman (yang kemudian diikuti oleh beberapa negara Eropa lainnya) setiap jual mobkas si penjual dapat insentif berupa uang. Saya tidak paham bagaimana skema ini dijalankan tapi kalau misalnya iya diterapkan di Indonesia bisa nggak ya?
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by mpvlover »

singkat aja. ga bisa.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Risol1 »

Ngomongin masalah pajak, apakah pajak mobil CKD dengan CBU beda? Juga apakah CBU ASEAN beda itungan pajaknya dengan CBU Non ASEAN? Sebenernya itungan pajaknya gimana sih? ada yg tau ngga? :e-think:

Kalo engga salah dulu mobil2 kaya accord, corona, galant sampe BMW aja masih di-CKD disini deh. Koq sekarang semuanya malah CBU ya? Apa karena salesnya makin lama makin dikit sehingga rugi kalo dibikin CKD?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Risol1 »

bodapa wrote:
GTR wrote:pemerintah perlu urus mobil2 tua seperti di luar negeri. jangan cuma kenakan pajaknya progresif ke bertambahnya usia kendaraan.
Iya yah pak, bagaimana dengan nasib mobil-mobil tua? Rasanya pernah dibahas di majalah AutoBild ttg. mobil tua terkait dengan pajak, nilai jual kembali dan lain sebagainya. Intinya (kalau saya tidak salah) pajak untuk mobil tua sifatnya progresif (semakin tua justru semakin mahal) dan pada saat yang sama setelah waktu tertentu (misalnya 5 tahun) harga mobil bekas itu dinyatakan hancur lebur (tidak lagi bernilai). Jadi ini menjadi stimulasi bagi orang untuk terus beli mobil baru dan tidak akan berlama-lama pegang mobil. Tentu juga harus diimbangi dengan paket perpajakan yang lebih masuk akal dan murah, dan tentu juga harus dibedakan antara pajak mobil CBU dan CKD. Nggak tau tapi kalau misalnya diimplementasikan di Indonesia, apa bisa?

Kalau begitu bagaimana dengan skema "Cash for Clunkers?" Seperti yang diterapkan di Jerman (yang kemudian diikuti oleh beberapa negara Eropa lainnya) setiap jual mobkas si penjual dapat insentif berupa uang. Saya tidak paham bagaimana skema ini dijalankan tapi kalau misalnya iya diterapkan di Indonesia bisa nggak ya?
kayaknya masyarakat kita belom kuat bro kalo disuruh beli mobil tiap 5 tahun sekali dengan harga full price (karena resale value mobil sebelumnya = 0). Bisa2 malah menhancurkan indutri otomotif sendiri hehehe.....

Cash for clunkers itu kan cuma stimulus pada saat krisis gini (buat boost perekonomian jerman yg sebagian besar berasal dari industri otomotif), kalo krisis udah lewat belum tentu kebijakan tsb masih ada :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by GTR »

makanya bro, "pemerintah perlu urus mobil2 tua" itu yah salahsatunya bisa dengan "membeli" mobil2 tua itu maksudnya; bukan cuma dilarang aja.
golongan mobil tua di indo berapa yah yg maybe bisa start dgn berusia diatas 15 tahun...
saat ini kan sedan2 yg berusia 20 tahun aja masih beredar mulus2.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by boilers »

Risol1 wrote:Ngomongin masalah pajak, apakah pajak mobil CKD dengan CBU beda? Juga apakah CBU ASEAN beda itungan pajaknya dengan CBU Non ASEAN? Sebenernya itungan pajaknya gimana sih? ada yg tau ngga? :e-think:

Kalo engga salah dulu mobil2 kaya accord, corona, galant sampe BMW aja masih di-CKD disini deh. Koq sekarang semuanya malah CBU ya? Apa karena salesnya makin lama makin dikit sehingga rugi kalo dibikin CKD?
Setau saya sih CBU ASEAN dengan CBU non ASEAN sepertinya taraf pajaknya beda, kan sesama negara ASEAN ada AFTA, jadi bea masuknya lebih murah.

Kalau mobil2 mahal sih di CKD mungkin tidak nutup cost karena volume yang sedikit. Apalagi kalau di sesama negara ASEAN juga ada pabrikkan yg bisa buat dengan bea masuk yg rendah (i.e. Toyota & Honda di Thailand). Kecuali mungkin kalau volume masih agak lumayan, dan tidak ada pabrikan lain di ASEAN, mungkin ATPM masih bisa CKD, misal: BMW 3&5 series & Mercedes C,E,S Class.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by GTR »

nah honda ngapain CKD, kan sama2 ada pabrik di thai kaya toyota (model global)..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Risol1 »

GTR wrote:nah honda ngapain CKD, kan sama2 ada pabrik di thai kaya toyota (model global)..
Nah kalo gitu berarti pajaknya nya CKD dengan CBU Asean ampir sama dong atau kalo bedapun gak significant sehingga pabrikan mendingan ambil dari CBU Thai daripada rakit sendiri di sini.
Jadi pertanyaannya sekarang adalah: Apakah pajak bea masuk mobil beserta embel2nya: ppnbm, ppn, dll (gak termasuk PKB tahunan ya) yg dibilang "kegedean" itu cuma berlaku untuk CBU non Asean? Atau istilah "pajak mobil indo yg kegedean" tsb berlaku juga buat semua mobil (baik yg CKD, CBU asean, dan CBU non asean)? :e-think:

Kalo berlaku cuma untuk CBU non asean, berarti pajak diturunin juga gak akan pengaruh banyak ke harga jual mobil nasional, malah cuma harga mobil yg "mewah" aja yg turun. Tapi kalo saat ini "pajak yg kegedean" tsb berlaku untuk semua mobil, maka turunin pajak bisa membantu menurunkan harga mobil secara keseluruhan.
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by cowcool »

soal macet mah banyak faktor di samping jumlah mobil

- System traffic light yang handal dan bisa diprogram
- Disiplin dan tertib berkendara
- Kendaraan terawat baik tidak?. Kalau ada 1 truk mogok saja di jalan bisa buat macet (biasanya truk. mobil dan bus tua)
- Teknologi informasi , di jepang ada system untuk melihat jalanan yg macet jalan apa saja dan jalan yg tidak macet jalan apa ... jadi bisa ambil rute lain berdasarkan informasi ini
- Sarana kendaraan umum yg baik dan berlimpah, kalau busway kan menyita jalan publik
- Tata kota yg baik, penyebaran pusat2 kemacetan (mall,komersil harus terdistribusi)
- Lokasi pusat pemerintahan harus terpisaha dari pusat2 komersil

Dsb ....

Soal mobil banyak cuma salah satu faktor saja.
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by asudarsono »

GTR wrote:makanya bro, "pemerintah perlu urus mobil2 tua" itu yah salahsatunya bisa dengan "membeli" mobil2 tua itu maksudnya; bukan cuma dilarang aja.
golongan mobil tua di indo berapa yah yg maybe bisa start dgn berusia diatas 15 tahun...
saat ini kan sedan2 yg berusia 20 tahun aja masih beredar mulus2.
Yang pendapat aku, bus, kereta, kapal dst angkutan umum yg tua2 kudu diremajakan. Masa PPD pakai bus nggak ada yg lebih muda dari anak SD. Orang lain udah pakai F-27, kita masih ngurusin Fokker 27
Ready to Race
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by GTR »

asudarsono wrote:
GTR wrote:makanya bro, "pemerintah perlu urus mobil2 tua" itu yah salahsatunya bisa dengan "membeli" mobil2 tua itu maksudnya; bukan cuma dilarang aja.
golongan mobil tua di indo berapa yah yg maybe bisa start dgn berusia diatas 15 tahun...
saat ini kan sedan2 yg berusia 20 tahun aja masih beredar mulus2.
Yang pendapat aku, bus, kereta, kapal dst angkutan umum yg tua2 kudu diremajakan. Masa PPD pakai bus nggak ada yg lebih muda dari anak SD. Orang lain udah pakai F-27, kita masih ngurusin Fokker 27
OOT kondisi angkutan di indo....
Kebetulan share pengalaman pas baru semalem, pulang kantor melintas di depan golden gunung sahari kemudian stop menjelang lampu merah, ada busway model gandeng berhenti lampu merah persis di jalur sebelah kanan gw dengan kap mesin belakang terbuka, yg gw kirian cuma "kegerahan" doang mesinnya....
Mendadak ada sepeda motor menyelip & berhenti sambil menunduk di depan mobil gw mendekati genangan yg mengenang dari bawah busway sampe juga ke kolong mobil gw & depan gw, eh.. mendadak dia mundurin motor hampir kena mobil sebelah kiri, kirain mau ngapain.
Ga tau nya seems insting dia menduga ada yg ga beres dgn busway tsb, & langsung "mencolek" genangan itu yg kayanya dia pikir bahan bakar bocor dari busway itu!
Langsung dia teriak2 panggil polisi yg kebetulan lagi ada di lampu merah, sambil gw klakson2 aja biar semua buru2 jalan menjauh biarpun lampu merah, ASAP...
Untung kayanya ga kebakaran maupun jatuh korban, mana penumpang busway nya yg lagi penuh2 berdesakan...or....
Bisa2nya si sopir yg kalo gw bilang dia sedikit banyak udah tau ada yg ga beres mesinnya keliatan dijalankan dgn kap mesin belakang terbuka (sering gw liat juga di bus2 lain), tapi masih dipake beroperasi juga.
Be careful !
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by yunan »

bodapa wrote:
GTR wrote:pemerintah perlu urus mobil2 tua seperti di luar negeri. jangan cuma kenakan pajaknya progresif ke bertambahnya usia kendaraan.
Iya yah pak, bagaimana dengan nasib mobil-mobil tua? Rasanya pernah dibahas di majalah AutoBild ttg. mobil tua terkait dengan pajak, nilai jual kembali dan lain sebagainya. Intinya (kalau saya tidak salah) pajak untuk mobil tua sifatnya progresif (semakin tua justru semakin mahal) dan pada saat yang sama setelah waktu tertentu (misalnya 5 tahun) harga mobil bekas itu dinyatakan hancur lebur (tidak lagi bernilai). Jadi ini menjadi stimulasi bagi orang untuk terus beli mobil baru dan tidak akan berlama-lama pegang mobil. Tentu juga harus diimbangi dengan paket perpajakan yang lebih masuk akal dan murah, dan tentu juga harus dibedakan antara pajak mobil CBU dan CKD. Nggak tau tapi kalau misalnya diimplementasikan di Indonesia, apa bisa?

Kalau begitu bagaimana dengan skema "Cash for Clunkers?" Seperti yang diterapkan di Jerman (yang kemudian diikuti oleh beberapa negara Eropa lainnya) setiap jual mobkas si penjual dapat insentif berupa uang. Saya tidak paham bagaimana skema ini dijalankan tapi kalau misalnya iya diterapkan di Indonesia bisa nggak ya?
klu diterapkan secara sama persis rasanya belum bisa bro. tapi klu diterapkan secara lebih longgar seh justru bisa, seperti waktunya jangan 5 tahun tapi 10 tahun untuk mobil pribadi dan 8 tahun untuk umum.
pajak diturunkan ke tingkat minimum tapi diimbangi harus bayar asuransi kendaraan.
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by yunan »

Risol1 wrote:
GTR wrote:nah honda ngapain CKD, kan sama2 ada pabrik di thai kaya toyota (model global)..
Nah kalo gitu berarti pajaknya nya CKD dengan CBU Asean ampir sama dong atau kalo bedapun gak significant sehingga pabrikan mendingan ambil dari CBU Thai daripada rakit sendiri di sini.
Jadi pertanyaannya sekarang adalah: Apakah pajak bea masuk mobil beserta embel2nya: ppnbm, ppn, dll (gak termasuk PKB tahunan ya) yg dibilang "kegedean" itu cuma berlaku untuk CBU non Asean? Atau istilah "pajak mobil indo yg kegedean" tsb berlaku juga buat semua mobil (baik yg CKD, CBU asean, dan CBU non asean)? :e-think:

Kalo berlaku cuma untuk CBU non asean, berarti pajak diturunin juga gak akan pengaruh banyak ke harga jual mobil nasional, malah cuma harga mobil yg "mewah" aja yg turun. Tapi kalo saat ini "pajak yg kegedean" tsb berlaku untuk semua mobil, maka turunin pajak bisa membantu menurunkan harga mobil secara keseluruhan.
setau g klu pajak AFTA adalah 5% sedang klu di luar ASEAN lebih dari itu. setau g pajak mobil itu terdiri dari bbrp komponen yg salah satunya lokasi perakitan, untuk mobil asean sih murah hanya 1 segi tapi untuk komponen2 lain kan tidak berubah. spt pajak sedan lebih gede dibanding hatchback.
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by yunan »

frank wrote: btw, pemerintah indo udah ada diskriminasi pajak buat melindungi sebagian model cuma aja buat minibus, makanya jadi lebih murah daripada lainnya.
betul bro, emang tujuan nya spy mobil2 yg beredar itu mayoritas minibus karoseri, CKD, teknologi simple, cukup bbrp merk tertentu saja.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Risol1 »

yunan wrote:
Risol1 wrote:
GTR wrote:nah honda ngapain CKD, kan sama2 ada pabrik di thai kaya toyota (model global)..
Nah kalo gitu berarti pajaknya nya CKD dengan CBU Asean ampir sama dong atau kalo bedapun gak significant sehingga pabrikan mendingan ambil dari CBU Thai daripada rakit sendiri di sini.
Jadi pertanyaannya sekarang adalah: Apakah pajak bea masuk mobil beserta embel2nya: ppnbm, ppn, dll (gak termasuk PKB tahunan ya) yg dibilang "kegedean" itu cuma berlaku untuk CBU non Asean? Atau istilah "pajak mobil indo yg kegedean" tsb berlaku juga buat semua mobil (baik yg CKD, CBU asean, dan CBU non asean)? :e-think:

Kalo berlaku cuma untuk CBU non asean, berarti pajak diturunin juga gak akan pengaruh banyak ke harga jual mobil nasional, malah cuma harga mobil yg "mewah" aja yg turun. Tapi kalo saat ini "pajak yg kegedean" tsb berlaku untuk semua mobil, maka turunin pajak bisa membantu menurunkan harga mobil secara keseluruhan.
setau g klu pajak AFTA adalah 5% sedang klu di luar ASEAN lebih dari itu. setau g pajak mobil itu terdiri dari bbrp komponen yg salah satunya lokasi perakitan, untuk mobil asean sih murah hanya 1 segi tapi untuk komponen2 lain kan tidak berubah. spt pajak sedan lebih gede dibanding hatchback.
Maksudnya 5% itu pajak keseluruhan atau cuma 1 macam pajak aja? Ada ngga sih yg tau total pajak untuk mobil CKD, CBU Asean dan CBU Non Asean itu berapa sih (berapa persen dari harga mobil)? Atau formula itung2annya gimana sih? :e-think:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by poeticmind »

hmmm, ga pernah merhatiin besar pajak sih... jadi saya ga apal. tapi rasanya (misal...contoh) honda jazz dan fit (cbu) disini sama2 saja besar pajaknya.
5% yg dimaksud harusnya sudah pajak keseluruhan... kalo hanya 1macam, pajak yg lain berlipat juga? bisa2 25%, wah terlalu mahal...

@GTR : kondisi angkutan yg tidak layak pakai banyak terjadi di bdg juga, beberapa tahun lalu ada setumpuk kejadian angkot meledak dan terbakar... so, setelah dilakukan peremajaan masih saja ada kejadian serupa.
jika gue liat, bukan hanya kondisi angkutan... tapi perawatan juga sangat parah disini... mungkin dari pengelola angkot maupun sopirnya, ntahlah..

dan, kondisi otomotif ini termasuk angkutan udara ga? ini lebih gawat lagi... kemaren baru saja ada pesawat latihan jatoh kan, belum keitung yg komersial dan pesawat sewaan.
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by asudarsono »

He he he you don't want to know kalau masalah angkutan udara apalagi laut
Ready to Race
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by poeticmind »

udara or laut... sama2 ngeri... wong darat saja sudah deg2an! :)
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by ZombiEE »

jgn dipikirkan..ntar malah gak berani travelling...hhmmm..btw..sini sih bukan macet..tapi macet + semrawut..uhuk