Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Omnibus »

Halo halo para SMers,

Saya tertarik bahas topik tentang penjualan mobil saat ini terkait dengan seringnya dan dengan jumlah rupiah yang tidak sedikit per sekali naiknya harga2 mobil dari hampir seluruh merk mobil yang laris di negri kita ini, umumnya sekali naik antara 3 s/d 10 jutaan untuk kategori harga menengah ke bawah dan bahkan bisa sampai 50 jutaan untuk kategori harga mobil yang mahalan. Dalam triwulan pertama tahun ini ditambah bulan April ini saja sudah tercatat kenaikan harga sebanyak 4 - 5 kali dengan rata2 kenaikan hampir setiap bulan.

Yang saya tertarik buat temen2 sharing disini, apa tetep bisa jualan ya dengan harga segitu mahal? Ok lah mahal relatif tapi kenaikan harga yang sering dan lumayan tinggi loncatnya sepertinya harga mobil yang awalnya ditargetkan untuk kelas bawah juga akhirnya jadi terasa mahal. Terlebih dengan beban bunga kredit yang tidak murah juga, rasanya beli mobil dengan opsi cicilan menjadi berat banget nih. Saya berbicara melalui kacamata saya yang saya pikir I'm just an average Joe with average salary, kok rasanya berat ya mau beli mobil baru.

Bukan hanya itu saja, juga saya ngga bisa bayangin kalau penjualan lesu lalu bagaimana nasib perindustrian otomotif di indonesia dalam beberapa bulan kedepan saja deh, tidak usah mikir tahunan, saya rasa overhead ATPM cukup berat untuk ditanggung hanya oleh penjualan yang minim itu. Memang saya bicara tanpa fakta data, hanya bayangan saya saja bahwa semakin sedikit orang yang sanggup untuk membeli mobil baru saat ini disamping alasan2 lain selain dari tidak adanya dana, misalnya ada yg memiliki dana tapi belum ada kebutuhan beli mobil baru atau dananya lebih baik disimpan dulu untuk jaga2.

Mari tanggapannya dari bapak ibu sekalian. Bagi yang bekerja di industri otomotif saya harap topik ini tidak membuat anda was2 di kantor, mohon disikapi dengan bijak saja siapa tahu jadi masukan. Hehehe.. :big_peace:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by asudarsono »

Saya kemarin dengar2 radio, kalau saya tidak salah dengar jumlah caleg DPD, DPR, DPRD ada satu juta orang lebih. Kalau saja misalnya satu orang memiliki dana kampanye 10 juta rupiah, berarti total dana yg dikeluarkan ada 10 trilyun rupiah lebih. Saya rasa ekonomi Indonesia masih bisa terapung dikit2 dengan jumlah uang segitu.

Ntar kita lihat sesudah pemilu. Kalau aku sih, cara lihat kondisi ekonomi kelas menengah jakarta bagus atau tidak, lihat aja taxi yang berjalan. Kita ajak ngobrol aja pengemudinya. Saat ini jumlah penumpang dan pendapatan sih masih cukup untuk taxi argo. Untuk taxi carter (Silver Bird bandara misalnya), emang ada penurunan.
Ready to Race
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by eresiie »

Tenang, pemerintah kita sedang bekerja keras menahan penurunan kurs rupiah spy tdk makin terpuruk, spy harga mobil nggak naik terus caranya dg memperbanyak utang ha...ha...ha...
Baik utang US $ maupun Yen

Jadi bingung nih, jadi tenang atau malah makin khawatir ini?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by asudarsono »

Emas udah Rp 320.000 dari tadinya Rp 360.000. Biasanya bagaimana, seingat saya emas turun rupiah naik.
Ready to Race
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Fairoes »

perasaan enggak ada hubungan deh antara harga emas dengan kurs rupiah... lagian harga emas Indonesia mah kadang-kadang kagak matching ama harga emas dunia...
Emang nilai mata uang biasa di pengaruhi oleh cadangan devisa kita yang bisa berupa dolar atau emas.... tapi kayaknya sekarang harga emas dan kurs rupiah kagak nyambung...

Kalau balik ke topik penjualan sih... ya mau gimana lagi... lha wong beli pakai dolar... kalau kurs rupiah melemah, ya harga jadi naik... masak ATPM mau jual rugi...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Omnibus »

Memang betul harga mobil tergantung banget sama harga dollar secara komponen nya kebanyakan juga masih buatan luar negri, kandungan lokal juga masih sedikit dan meskipun dibilang lokal tetep bahan baku nya import juga jd tergantung dollar banget.

ATPM ga akan jual rugi sih, lebih beruntung lah ATPM yg jualan mobil CBU karena ngitungnya gampang pokoknya ga rugi. Lah kalau yg punya pabrik disini kan dia musti mikir tujuh keliling tuh..mau dinaikin harganya supaya ga rugi tapi production ceased dan dihadapkan dengan pembayaran utang, sewa warehouse, belum bunga2 pinjaman, dan PHK. Bener2 dilema banget nih. :off_sleep:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by imsus2c »

^^^
yg jadi paradox, saat krisis gini, justru diluar negeri, banyak produsen menurunkan harga mobilnya (diskon) gila-gilaan supaya bisa terserap pasar

beberapa temen sy di luar (eropa) cerita, beberapa vendor sampe harus menyewa gudang extra, karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualan seret....

dengan diskon gila2an (sampe kadang 30%-40%), penyerapan pasar tetap seret

di negara kita, harga naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak :e-think:

brarti, kalo gampangnya ngomong, nasib otomotif di negara kita masih bisa sedikit bernafas....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by TUFF Stough »

Yang di luar negeri suruh dilempar jualannya ke sini aja. Khan lumayan tuh harganya didiskon, otomatis pajaknya lebih murah.

Dapet barang murah kualitas import. :off_good_job:

*paling ATMP lokal mencak2*
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by jokosuryo1254 »

menurut g harga emas ada kaitannya juga bro ...
kalo o jaman dolo, lebih bertahan dengan maen diemas, harga tetap... n stabil
kalo beli boil bagus sih jaman november 2008, baru beruntung kalo itungan murah....

tapi mengingat taon sekarang jadi serem beli boil, mendingan yang ada dijaga baik2... harga nya glek2 abiz dah ...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Omnibus »

iya ya.. :e-snooty:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by asudarsono »

imsus2c wrote:^^^
yg jadi paradox, saat krisis gini, justru diluar negeri, banyak produsen menurunkan harga mobilnya (diskon) gila-gilaan supaya bisa terserap pasar

beberapa temen sy di luar (eropa) cerita, beberapa vendor sampe harus menyewa gudang extra, karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualan seret....

dengan diskon gila2an (sampe kadang 30%-40%), penyerapan pasar tetap seret

di negara kita, harga naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak :e-think:

brarti, kalo gampangnya ngomong, nasib otomotif di negara kita masih bisa sedikit bernafas....
Persis sebetulnya ini yang saya rasa juga. Nasib otomotif di Indonesia ini masih bagus. Tapi pertanyaan saya apakah ini akan terus berlangsung setelah Pemilu?

Berdasar argumen di atas juga, pasar di Indonesia ini lain dari trend di Eropa sana, baik emas dan mobil, begitu ya? OK kalau gitu, saya lihat di Muangthai juga pasar mobil bertahan. Why? Apakah karena memang secara riil, ekonomi Indonesia kuat, dengan kekayaan alam yang berlimpah? Tapi harusnya industri baja lebih kuat. Apalagi dengan puasanya manufakturing karena harga baja yang pernah naik 2 kali lipat di tahun 5 tahun yang lalu.

Aniwai, walau apa pun, harapan saya sih penjualan mobil di Indonesia tetap baik. Tapi jangan sampai overheating aja.
Ready to Race
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by maxx »

imsus2c wrote:^^^
yg jadi paradox, saat krisis gini, justru diluar negeri, banyak produsen menurunkan harga mobilnya (diskon) gila-gilaan supaya bisa terserap pasar

beberapa temen sy di luar (eropa) cerita, beberapa vendor sampe harus menyewa gudang extra, karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualan seret....

dengan diskon gila2an (sampe kadang 30%-40%), penyerapan pasar tetap seret

di negara kita, harga naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak :e-think:

brarti, kalo gampangnya ngomong, nasib otomotif di negara kita masih bisa sedikit bernafas....
Aneh ya?!! ... orang Indo yg blum nyadar akan krisis atau orang Indo pada kaya2?

Kalo semua pada menahan untuk beli mobil baru, krn banyak kebutuhan primer lain yg lebih penting untuk dibeli ... maka penjualan mobil pasti merosot, ... disitulah mulai terfikir u/ turunin harga maupun menciptakan produk lebih murah ... krn akah dihadapi sikon bankrupt krn penjualan amblas.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by asudarsono »

Nanti mungkin juga kurangi pegawai dan diler. Cost cutting atau profit cutting, mana yg duluan?

IMHO, konsumen bukannya mau nahan uang krn harga kebutuhan naik tapi karena income menurun.

Maka dari itu, income jangan menurunlah. Kalau harga barang udah ada yg nahan kenaikannya.
Ready to Race
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by ZombiEE »

maxx wrote:
imsus2c wrote:^^^
yg jadi paradox, saat krisis gini, justru diluar negeri, banyak produsen menurunkan harga mobilnya (diskon) gila-gilaan supaya bisa terserap pasar

beberapa temen sy di luar (eropa) cerita, beberapa vendor sampe harus menyewa gudang extra, karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualan seret....

dengan diskon gila2an (sampe kadang 30%-40%), penyerapan pasar tetap seret

di negara kita, harga naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak :e-think:

brarti, kalo gampangnya ngomong, nasib otomotif di negara kita masih bisa sedikit bernafas....
Aneh ya?!! ... orang Indo yg blum nyadar akan krisis atau orang Indo pada kaya2?

Kalo semua pada menahan untuk beli mobil baru, krn banyak kebutuhan primer lain yg lebih penting untuk dibeli ... maka penjualan mobil pasti merosot, ... disitulah mulai terfikir u/ turunin harga maupun menciptakan produk lebih murah ... krn akah dihadapi sikon bankrupt krn penjualan amblas.

kaya bos...hehehehe
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by €lj€p€ »

Begitu hasil perhitungan selesai.... para legislatif... langsung berbondong-bondong ke showroom CBU.... coba saja setiap showroom CBU di monitor... lalu buat quick count nya.. heheheheee merk apa yang paling laku heee + yang mau indent Lambo, Lotus, Ferrari..Bentley
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by edward »

Kalo menurut hemat saya:

Yg punya penghasilan dari 'gaji rupiah' saja di dalam negeri pastilah terpukul bgt dg kenaikan harga mobil yg sangat ruarbiasa ini.Kemampuan utk membeli mobil baru semakin menurun sementara pendapatan tidak bertambah alias jalan di tempat.

Tetapi jangan lupakan juga unsur 'psikologis' dari sebagian besar orang kita:unsur kepepetisme dari orang kita.Coba pikir,seberapa byk dari orang kita yg melihat kenaikan mobil yg berturut2 setiap bulan ini lalu berfikir:wah kalo gak ambil sekarang mungkin selamanya saya gak akan bisa punya mobil!
Ayo ambil aja,toh nanti bulan depan mgk harganya akan naik lagi?
Mgk kondisi ini yg ikut menjelaskan kenapa mobil2 best seller yg berada di rentang harga psikologis 150jutaan masih laris manis!
Krn unsur kepepetisme orang kita....

Saya juga melihat,meskipun harga mobil meningkat tajam,jangan lupakan juga kalo byk orang kita yg punya bisnis(maaf saya gak punya datanya),hanya pengamatan average saja:yg punya bisnis berorientasi ekspor,yg juga mempunyai pendapatan dalam mata uang asing,masih bisa menikmati profitnya.
Ingat juga sebuah pepatah:krisis juga menghasilkan opportunity(kesempatan emas).

Lalu byk juga dr kita yg sudah belajar dari krisis tahun 98 dulu:menyimpan dolar!
Sekarang saatnya panen.Beli dolar ketika harganya 9000 dulu dan jualah kemaren pas di rentang 11.500-12.000 ....ha profitnya berapa persen tuh?
Harga mobil bagi kalangan ini jadi begitu murah....kenaikan harganya gak sebanyak kenaikan dolar....

Saya tidak bermaksud menjustifikasi kenaikan harga,tetapi sebagai pengamat,saya hanya menyampaikan pandangan dari berbagai sudut. :big_peace:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by ZombiEE »

diterima bos...:)
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by yunan »

imsus2c wrote:^^^
yg jadi paradox, saat krisis gini, justru diluar negeri, banyak produsen menurunkan harga mobilnya (diskon) gila-gilaan supaya bisa terserap pasar

beberapa temen sy di luar (eropa) cerita, beberapa vendor sampe harus menyewa gudang extra, karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualan seret....

dengan diskon gila2an (sampe kadang 30%-40%), penyerapan pasar tetap seret

di negara kita, harga naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak :e-think:

brarti, kalo gampangnya ngomong, nasib otomotif di negara kita masih bisa sedikit bernafas....
di sini emang beda dgn negara maju bro, sarana angkutan umum tidak kondusif dan tidak aman. so begitu punya penghasilan lgs di simpan buat beli kendaraan; pilihan nya cuman 2 yaitu mobil or motor krn bersepeda jg tidak mungkin
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by ZombiEE »

emg di luar lagi diskon sih..bunga super murah...di US di daerah suburb yang notabene angkutan umum nya hampir gak ada juga harga mobil juga diskon besar2an...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Risol1 »

yunan wrote:
imsus2c wrote:^^^
yg jadi paradox, saat krisis gini, justru diluar negeri, banyak produsen menurunkan harga mobilnya (diskon) gila-gilaan supaya bisa terserap pasar

beberapa temen sy di luar (eropa) cerita, beberapa vendor sampe harus menyewa gudang extra, karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualan seret....

dengan diskon gila2an (sampe kadang 30%-40%), penyerapan pasar tetap seret

di negara kita, harga naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak :e-think:

brarti, kalo gampangnya ngomong, nasib otomotif di negara kita masih bisa sedikit bernafas....
di sini emang beda dgn negara maju bro, sarana angkutan umum tidak kondusif dan tidak aman. so begitu punya penghasilan lgs di simpan buat beli kendaraan; pilihan nya cuman 2 yaitu mobil or motor krn bersepeda jg tidak mungkin
IMO:
Kenapa di saat krisis gini pedagang mobil luar negeri bisa kasi diskon gila2an, tapi disini malah harga mobil pada naik?
Karena kalo pada saat krisis gini, para penjual mobil di LN hanya memikirkan gimana supaya sales gak "macet" pada saat pendapatan konsumen menurun drastis? Ya yg paling gampang adalah cut harga/rebate (selama penjual masih untung walau sedikit, yg penting supply gak numpuk di gudang).

Kalo pedagang mobil disini lebih kompleks karena ada 1 faktor utama lagi yg harus dipikirkan yaitu faktor Nilai Tukar. Sebenernya mungkin pedagang sini jg mau kasi diskon tapi apa daya faktor nilai tukar membuat mereka harus menaikkan harga jualnya.
Misalnya ambil contoh bbrp bulan lalu nilai tukar Rp melemah dari 9000 ke 12000 (melemah 33%) thd USD, maka artinya sebelum jualan mobil aja, modal pedagang2 mobil udah naik sebesar 33% kalo masih mao jual mobil di sini.

Faktor ini (nilai tukar) tidak begitu menjadi masalah di negara2 maju yg mata uangnya cenderung stabil (apalagi yg mata uangnya dipake sebagai mata uang utama perdagangan dunia spt USD/EUR). Karena apapun yg terjadi 1USD = 1USD atau 1EUR=1EUR, sedangkan kalo Rupiah karena bukan "Vehicle Curr" alias gak laku sebagai mata uang dalam berdagang internasional (karena negara2 yg berdagang tsb ogah pegang rupiah), nilainya harus di patok ke USD/EUR kalo mao dipake berdagang dan jeleknya "patokan" tsb berubah2 sesuai dengan kondisi perekonomian saat itu.

Kalo kita liat history, maka kebanyakan harga2 mobil disini melambung tinggi karena faktor nilai tukar, bukan karena naikknya harga cost mobil oleh produsennya. Artinya, walaupun kita bayar mobil jauh lebih mahal (karena harga naik), tapi keuntungan produsen mobil sebenernya sama aja dengan sebelum harga dinaikkan karena hasil keuntungan pasti diconvert ke USD/EUR. Jadi kalo kita mao fair, sebenernya orang yg paling bertanggung jawab thd naikknya harga mobil adalah pemerintah kita yg gak bisa menstabilkan rupiah, bukan produsen/pedagang mobil.

Contoh:
1. Harga Honda Accord LX 4 Door di USA di tahun 1994 (15 thn yl): $17,400
Harga Honda Accord LX 4 Door di USA di tahun 2009: $20,905
Price appreciation: 20.14% selama 15 tahun.

2. Harga Honda Accord 4 door di Indonesia di tahun 1994 (15 thn yl): Tarolah 90 jt
Harga Honda Accord 4 door (VTI-MT) di Indonesia di tahun 2009: Tarolah 418 jt
Price appreciation: 364.44% selama 15 tahun.

Nah kalo diliat perbedaan diatas, maka ketauan bahwa "kesalahan" produsen mobil dalam naikkin harga sebenernya cuma 20.14%, sedangkan "kesalahan" pemerintah karena gak bisa menstabilkan Rp adalah sebesar (364.44-20.14) = 344.3%.
Juga kalo mao dibandingkan dengan depresiasi Rp thd USD dari tahun 1994 sampai sekarang (2009). Tarolah di tahun 2004 nilai tukar rupiah = 2500/USD dan sekarang di tahun 2009, nilai tukar Rupiah sekitar 11500/USD, maka depresiasi Rp thd USD over 15 tahun adalah (9000/2500) x 100% = "360%"....angka yg hampir sama yg direfleksikan oleh naikknya harga barang (accord)

Hal kedua yg dipertanyakan oleh postingan bro Imsus adalah kenapa di LN, udah diobral masih seret penjualan, sedangkan disini harga naik aja, pembeli masih inden?
1. Mungkin karena saat ini Indonesia gak gitu terimbas krisis separah negara2 di eropa, orang2/perusahaan2 indo gak terlalu banyak investasi di Wall Street seperti perush2 eropa/amerika. Disini masih orientasi industri2 barang jadi
2. Orang2 mungkin masih merasa secure dengan pekerjaannya jadi rencana beli mobil jalan terus, beda dengan orang2 di US/Eropa yg selalu was2 atau gak tau apakah masih bisa kerja minggu depan jika performa perush turun terus.
3. Orang2 LN menggantungkan hampir seluruh pembelian mobilnya dengan cara kredit. Pas lagi kredit crunch gini, susah dapet kredit buat beli mobil, kebalikan dengan di sini yg masih banyak bayar cash
4. Orang2 sono banyakan suka gonta ganti mobil sebelum mobilnya bener2 rusak, nah pada saat krisis, mungkin mereka pikir mobilnya yg sekarang masih kuat dipake bbrp tahun lagi, jadi usia kepemilikan mobil agak lebih dipanjangin sekarang.
5. Faktor psikologis di Indo.....orang2 pada beli mobil karena harga terus menerus naik.
6. dll....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Omnibus »

Wah argumennya pada bagus2 nih didukung dengan analisa yg mumpuni pula. Tapi bagaimana dengan pertanyaan saya nih, masih bisa ngga para produsen itu menjual produknya dengan harga yang selangit itu?

Apa memang iya daya beli org indo tinggi banget sampai barang yg menurut analisa Bung Risol naik 360% sejak 15 tahun yg lalu msh bisa dibeli? Berapa sih kenaikan pendapatan org indo pada umumnya dalam 15 tahun terakhir? Padahal negara Amerika yg merupakan negara sangat maju yang seharusnya daya beli dan kesejahteraannya jauh diatas kita hanya naik 20%, lebih make sense kalau di US sana penjualan mobil lebih tinggi dari di indo tapi kenyataannya disana jualan juga lesu dan harus didorong dengan program diskon/rebate. Dengan reasoning itu kan seharusnya di indo penjualan lebih lesu lagi di banding disana.

Org kita jago cari uang ya.. :mrgreen:
FortunerMan

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by FortunerMan »

Dari observasi iseng2 saya aja...

1. Korupsinya makin banyak bro :) Indonesia itu negara kaya natural resources - tp hasilnya gak maksimal untuk rakyat. Maap aja...gaji pejabat di Indonesia berapa sih? Gaji presiden aja cuman 60 an juta. Tapi lihat aja banyak pejabat yg kayanya at least 3 turunan. Knp org berebut mau jadi gubernur, bupati...padahal gaji gubernur/bupati + tunjangan2 resmi palingan berapa? Kok pada jadi multi-mega-milyarder. Jangankan Menteri, level dirjen aja banyak yg kaya 4 turunan. Ada berapa lapisan pejabat di Indonesia?

2. Underground economy Indonesia cukup besar - penduduk besar, kebutuhan pasti akan besar. Dgn sistem pajak yg gampang di kongkalikong...banyak sekali usaha2 yg tidak membayar pajak sama sekali, atau tidak membayar jumlah yg seharusnya. Coba aja ke pusat2 belanja yg sering kita datangi...pedagang2 itu mana ada yg bayar pajak :P Gak salahin juga sih...pajaknya dimakan juga (see no.1) hehehe...

3. Budaya nampang. Banyak sekali org Indonesia memilih mobil mentereng dulu drpada rumah mentereng. Jadi banyak yg suka 'maksa'...rumah mirip bedeng tapi mobil CR-V terbaru, harga rumah sama mobil hampir sama :P
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by Risol1 »

Omnibus wrote:Tapi bagaimana dengan pertanyaan saya nih, masih bisa ngga para produsen itu menjual produknya dengan harga yang selangit itu? :
Ya sesuai dengan hukum pasar aja bahwa kalo kenaikkan harga barang lebih tinggi dari kenaikkan pendapatan, maka demand thd barang tsb akan turun dari waktu ke waktu karena semakin lama orang semakin gak kuat beli barang tsb.

Kenapa Honda Accord/Toyota Camry bisa dimaintain sebagai "mobil rakyat" di US, sedangkan kalo di sini Honda Accord/Toyota Camry rasanya semakin jauh aja dari jangkauan dompet kita?
IMO, mungkin jawabannya karena di USA, laju/kenaikkan harga honda accord sebanding dengan laju kenaikkan pendapatan konsumennya (kalo istilah ekonomi makro nya mungkin laju inflasi sebanding dengan laju pedapatan per kapita/GDP), sedangkan kalo disini gak begitu kejadiannya. Disini laju inflasi jauh lebih tinggi daripada laju pendapatan per kapita/GDP.

Contoh: Sekarang kalo kita liat laju inflasi di AS dengan bercermin dari harga 1 produk saja (harga honda accord spt contoh diatas), maka bisa disimpulkan bahwa:
- Selama 15 tahun dengan kenaikan harga sebesar 20.14%, artinya setahun rata2 harga naik sebesar (20.14/15 tahun) = 1.34% pertahun atau kenaikkan harga sekitar $233.16 per tahun. Sedangkan kalo dari pengalaman pribadi, gaji rata2 pertahun naik sekitar 4-5% (bergantung pada performace individu dan performance perush). Jadi keliatan disini bahwa masyarakat USA bisa tetep terus beli mobil accordnya walaupun harga naik sekitar $233 per tahun.
- Di Indonesia, selama 15 tahun dengan kenaikkan harga sebesar 364.44%, artinya setahun rata2 harga naik sebesar (364.44/15 tahun) = 24.3% pertahun atau kenaikkan harga sekitar Rp 21.87 jt per tahun. Nah pertanyaannya, untuk memaintain honda accord sebagai mobil yg cukup terjangkau spt pada 15 tahun yl, masyarakat Indonesia at least harus naik gaji sebesar 24.3% pertahun supaya bisa "ngejar" kenaikkan harga accord tsb. Saat ini honda accord cuma terjual sekitar 60an unit per bulan....mungkin jumlah tsb turun dari 15 tahun yg lalu dan mungkin akan turun terus kedepannya kalo harga terus naik.

Tapi disatu sisi, kebutuhan mobil disini tetep tinggi karena orang tetep butuh mobilisasi, akibatnya orang TETEP bakalan beli mobil tapi disesuaikan dengan kenaikkan pendapatannya tsb alias beli mobil yg lebih murah dari Honda Accord. Mungkin Orang yg beli Accord di thn 94, sekarang gak bisa lagi beli mobil sekelas, melainkan harus turun kelas.
Produsen juga melihat gejala ini, makanya mereka mulai membuat dan menjual mobil2 yg lebih murah (biasanya dgn size lebih kecil), maka muncullah sedan yg namanya Honda City disini (dulu wkt thn 94 Honda City gak ada disini dan Civic adalah sedan Honda paling kecil).
Untuk produsen2 yg modalnya kenceng dan punya komitmen kuat di suatu region tertentu, mereka juga mulai membuat mobil2 regional sehingga harga bisa ditekan, contohnya kaya Innova/Fortuner/Livina.....karena mereka (produsen) tau bahwa masy region kita gak akan kuat kalo disuruh beli "kembarannya" yg model global kaya previa/prado/wish......

Jadi menjawab bro Omnibus, YA, produsen otomotif kita akan tetep bisa jualan mobil tapi mereka senantiasa harus tetap berpikir keras untuk membuat mobil yg "terjangkau" oleh daya beli masy kita. Bukan gak mungkin 15 tahun lagi mobil "murah" city akan sama nasibnya seperti accord sekarang yg semakin gak terjangkau harganya. :mrgreen:
Omnibus wrote:Apa memang iya daya beli org indo tinggi banget sampai barang yg menurut analisa Bung Risol naik 360% sejak 15 tahun yg lalu msh bisa dibeli? Berapa sih kenaikan pendapatan org indo pada umumnya dalam 15 tahun terakhir? Padahal negara Amerika yg merupakan negara sangat maju yang seharusnya daya beli dan kesejahteraannya jauh diatas kita hanya naik 20%, lebih make sense kalau di US sana penjualan mobil lebih tinggi dari di indo tapi kenyataannya disana jualan juga lesu dan harus didorong dengan program diskon/rebate. Dengan reasoning itu kan seharusnya di indo penjualan lebih lesu lagi di banding disana.
Negara Amerika teteplah lebih maju. Mereka lagi krisis sedalam ini aja masih bisa jualan lebih dari 9 juta unit mobil tahun lalu. Memang mobil2 sekelas accord/camry masih bisa dibeli, TAPI orang2 yg bisa beli accord/camry disini hanya orang2 "pilihan" saja, bukan orang2 "kebanyakan" seperti di US. Bayangin aja di negara yg jumlah penduduknya hampir sama (USA sekitar 300 jt jiwa, Indonesia sekitar 240 jt jiwa, artinya USA "cuma" 20% lebih banyak penduduknya), accord bisa terjual ribuan unit setiap bulannya, sedangkan disini cuma 60an unit setiap bulannya (data dari kompas.com untuk sales bulan Maret 09).

Mereka penjualan lesu (inget lho tetep lebih dari 9 jt unit pertahun) mungkin karena analisa2 saya di postingan sebelumnya. Dan juga penjualan lesu bukan selalu berarti konsumennya udah gak punya duit lagi, tapi bisa juga karena, di tengah2 krisis spt ini, orang2 lebih memilih berjaga2 untuk emergency dan juga lebih berhati2 dalam membelanjakan uangnya. Buktinya sekarang Saving ratio nya orang US naik drastis semenjak krisis ini.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by maxx »

Gw ga usah comment apa2 deh.... komplit tuh semua diatas diborong bos Risol1 :off_good_job:

OOT dikit,
Cuma 1 kata u/ hadapi krisis dg daya beli yg menurun drastis >> carilah "bahagia" .... bahagia itu tidak harus memiliki segalanya yg baru, ... bila kita bisa nikmati yg dimiliki maka kita akan "bahagia".... kalo dari sisi berhubungan dg kendaraan (mobil), kalo memang belum mumpuni/memungkinkan/butuh beli yg baru ... nikmati aja dulu yg ada ... banyak cara u/ re-fresh mobil.. baik dg modif maupun re-condition :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Nasib Otomotif Indonesia Di Masa Krisis Ini

Post by €lj€p€ »

Waktu New CR-V masih lumayan...
New Altis.. mulai sepi
New Lancer sepi banget.
New X-trail ada beberapa
sekarang New GV.. wah mabok deh...
New JAZZ masih langgeng...
New City rasanya garing juga...
gak tahu mobil-2 Korea... / Malaysia

Orang sibuk protes.. jalanan macet...
yang disalahkan pembuat jalan yang gak nambah-2.. memang betul sih... jalan tol depan kampus gue udah berhenti lagi...gak diterusin...
tapi di protes pun.. tetap anteng-2 aja..
solusi busway.. babak belur... jalan dibelah-2 akhirnya malah bikin macet....
ditambah lagi jalanan rusak
eh sekarang malah mau ada mobil 6o jutaan...
Dari Solo ke Oslo
Image