memang, urusan cooling system ini, biasanya cukup besar menyita energi kita... susah2 gampang.
dan bbrp kemungkinan & solusinya tlh dikemukakan bro asudarsono, esh, dll itu dg baik...
yg perlu digaribawahi adalah perkataan bro sudarsono tsb:
"tetes air yg keluar dari knalpot, berarti malah itu mesin masih tok cer). Itu air bukan dari radiator tapi embun pagi di knalpot yg kesemprot asap sampai keluar."
problem terpenting yg gw notice disini adalah:
berkurangnya air di reservoir.
jadi, bukan cuma temperatur yg meningkat.
nah, ini berarti (lbh besar kemungkinannya) ada
terjadi kebocoran. (disamping kemungkinan air bubbles tsb)
hal yg bisa dilakukan adalah: overhaul sistem pendinginan.
dan skrg, urutan yg plg standar dulu, yaitu overhaul saluran2 dan komponen pendingin yg berada di bagian luar (tanpa bongkar mesin utama, yaitu dr radiator s/d batas depan mesin yaitu waterpump).
"fortunately", kasus yg cukup srg gw alami ternyata adalh cukup sederhana, yaitu:
bocor (yg tidak terdeteksi oleh mata) di water pump... dan setelah diganti waterpump nya, bereslah problemnya.
plus, kebocoran di radiotator...terutama mengingat usia (mesin) mobilnya, itu adalah wajar.
bocor yg sedemikian halus, sehingga gak kasat mata juga....kalau kebocorannya sudah cukup lama, biasanya akan terdeteksi dg timbulnya semacam "jamur", baik di kisi2 maupun di edges of the radiator.
overhaul lah radiatornya ke tukang reparasi spesialis radiator.
demikian juga di sambungan2 pipa, yg krn usia, biasanya sudah tidak mulus lagi.. terjadi oksidasi. putih2 itu.
diamplas sampai sehalus mungkin...
tp kalau mmg mudah menggantinya, ganti saja...termasuk klem-nya, dg kualitas yg oke, shg bisa mengklem pipa tsb dg rapat.
nah,
baru, setelah overhaul sistem-luar ini tidak membuahkan apa2....dg terpaksa perlu dilakukan overhaul (dan dicermati dengan teliti) bagian dalamnya. terutama pengukuran kerataan silinder-head dan sesuaian-nya di pelataran atas dari si blok mesin (cylinder liner).
tp, ini nanti saja...insting gw msh mengatakan bhw kemungkinannya cukup kecil, krn dikemukakan bhw knalpotnya berair, yg bisa diartikan mesinnya very good (terutama berarir di pagi hari/awal dinyalakan).
jd, skrg kita konsentrasi di sistem bagian luar dulu aja bro...
