Automatic Transmision

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo beli matic jangan sekali kali ngerem pake kaki kiri hehehe.biasanya orang yang ngak pernah pake matic,ngak biasa lalu ngerem nya pake kaki kiri kebiasaan pake kopling.bisa bisa benjol hehehe.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

mpoezz wrote:kalo beli matic jangan sekali kali ngerem pake kaki kiri hehehe.biasanya orang yang ngak pernah pake matic,ngak biasa lalu ngerem nya pake kaki kiri kebiasaan pake kopling.bisa bisa benjol hehehe.
Lah kl pake kiri ngeremnya ya sama aja boong, yg satu ngerem, kaki yg lain masih nancep gas hehehe... ingat2 kejadian temen gue yg pertama kali nyetir matic, katanya mobil matic gak enak, suka ngepat ngepot kl direm, kga taunya ke 2 kakinya sama2 main dasar dodols tuh anak hehehe.. :lol:
Yg jelas pake matic cukup pake kaki kanan doank.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

oh ngak kadang kadang ada yang kayak gitu lo pak.

soalnya pernah kejadian papa gua yang ngak pernah nyetir matic lalu pas ngak ada supir dia mau keluar ama mama gua nekat nyetir sendiri.
eh belum keluar rumah baru jalan dikit ngerem pake kiri sampe kepala mama gua kena kaca untung ngak napa2 hehehehe
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Setahu saya, biarpun tongkat transmisi A/T ditaruh di L/2/3, tapi begitu RPM sampai kena garis merah pasti pindah juga ke gigi yang lebih tinggi, agar gear box ngak rontok. CMIIW
Sptnya ngga pindah bung, walopun udah kena garis merah. Dan yang pasti gw langsung balikin lagi ke D, karena L, 2, dan 3 itu bikin boil susah lari. Peugeot 206 baru temen gw yang udah Tiptronik juga kaga mau pindah2 walopun udah kena garis merah. Jadi nahan terus ... Dulu pernah juga kejadian yang bikin gw kaget, saat lari kenceng di tol tuas ada di D dan tanpa sengaja gw pindahin tuasnya ke L (gwnya lagi mikirin yang laen sih) ... kemudian tuh mesin langsung tersendat2 dan meraung2 ! Jarum juga ada di garis merah naik turun naik turun ... dan suara mesin juga meraung2 lumayan keras. Jadi terbukti ngga akan pindah, waktu itu gw pake E320 New Eyes.

Kalo boil2 baru sih gw kurang tau ya ... karena temen gw pake New City matic, dan saat dia pake sistem +/- di steer, ternyata tuh speed pindah terus walopun udah di set 3.
Btw, bung digital berasa ngak sih kalo Kick Down MB A/T ada 2 step ?
Kemarin saya dapat penjelasan dari teknisi MB seperti ini, step-1 (semi kick down), gas di injak full sampai mentok ke suatu switch.
step-2 (full kick down), gas di injak sedikit lagi untuk menekan switch itu.
MB A/T ngga gw rasain ada 2 step, dan biasanya gw bejek langsung sampe dalem saat mau nyiap / nyalip.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

iya tapi saya masih mau nimbang2..
beli mobil M/T atau A/T
M/T udah bosan, tapi A/T belum pernah nyobain..
Udah A/T aja deh. Tapi gw saranin beli boil A/T sebaiknya yang kapasitas cc nya besar 1.800cc keatas baru enak tarikannya. Atau 1.500cc juga udah lumayan, cuma enakan 1800cc. Coba deh TestDrive ALTIS VVTi ... jamin tarikannya mirip2 di M/T.

Dan kalo pake A/T, pertama kali usahain kaki kiri dilipat, jadi ngga akan mengira pedal rem adalah pedal kopling. Gimana tuh kalo lagi lari kenceng, terus anda tidak sadar mengira tuh pedal rem jadi pedal kopling dan anda langsung injak dalam2 pedal rem layaknya anda mau menginjak pedal kopling. Bisa gawat tuh ! Smua penumpang dan pengemudi sekalipun bisa terlempar kedepan semua !
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

hehee.. bener juga tuh..
jadi inget waktu gw pertama kali nyobain matic
jadi malu ah.. hehhe...
.
Aksesoris Mobil Online
http://aksesorismobil.stop.to
YM contact: Honda_Jazz
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Terima kasih bung digital atas koreksinya, saya pernah baca artikel yang menyatakan seperti itu, tapi saya sendiri ngak pernah berani coba sampai RPM merah takut jebol gear box nya, soalnya mahal banget risikonya.
Biasanya saya taruh ajah di D, males pindah2in nya.

Memang kalau gas langsung diinjak full, mungkin ngak terasa kalau itu switch langsung ke tekan.
Last edited by hdrw on Mon Nov 01, 2004 15:27, edited 1 time in total.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ngapain pak sampe rpm merah sayang tuh mesin nya kasihan kan hehehe.

yang pasti sih kalo pake matic tarikan awalnya ngak sekuat manual.
emang diciptakan untuk santai aja hehehe bukan buat ngebut hehehe.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Yang penting kaki ngak pegel.
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

yup bener..
kalo ake matic di kota2 rasanya enjoy banget..
kalo emang suka ngebut pilih yg manual aja..
.
Aksesoris Mobil Online
http://aksesorismobil.stop.to
YM contact: Honda_Jazz
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

hehee.. bener juga tuh..
jadi inget waktu gw pertama kali nyobain matic
jadi malu ah.. hehhe...
Ngga usah malu, karena banyak koq yang salah injek (temen2 gw juga begitu koq). Maunya injek kopling eh taunya injek rem. Hehehe =)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Terima kasih bung digital atas koreksinya, saya pernah baca artikel yang menyatakan seperti itu, tapi saya sendiri ngak pernah berani coba sampai RPM merah takut jebol gear box nya, soalnya mahal banget risikonya.
Biasanya saya taruh ajah di D, males pindah2in nya.

Memang kalau gas langsung diinjak full, mungkin ngak terasa kalau itu switch langsung ke tekan.
Sama2 bung. Ya lebih baik jangan dicoba deh. Dulu gw juga itu ngga sengaja, tapi untungnya mesin n gear boxnya kaga apa2. Hehehe ... emang sih di D aja biasanya, tapi kalo jalanan turun / mudun tetep harus dipindahin ke L ato 2. Biar ada efek engine brakenya ... Tapi kalo udah lurus balikin lagi ke D, biar ngga nahan terus mesinnya.
Bambi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Oct 31, 2004 23:12

Post by Bambi »

hallo..
mau tanya dikit buat yg udah pengalaman nih..
kalo tongkat transmisi lupa dibalikin di posisi
PARK waktu mesin dimatiin apakah ada
pengaruhnya sama kinerja transmisi tersebut?
cepet rusak ato pengaruh sama keawetannya?
.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Bambi wrote:hallo..
mau tanya dikit buat yg udah pengalaman nih..
kalo tongkat transmisi lupa dibalikin di posisi
PARK waktu mesin dimatiin apakah ada
pengaruhnya sama kinerja transmisi tersebut?
cepet rusak ato pengaruh sama keawetannya?
.
Setao gue transmisi otomatis bisa cepat rusak kalo kita parking tidak dalam posisi P CMIIW. Makanya untuk mencegah itu, mobil auto tidak akan bisa distart kalo stick nya tidak dikembalikan ke posisi P lebih dulu, juga untuk mencegah mobil meloncat/melaju sendiri.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ngak enak nya matic ini kalo NSS nya rusak neutral safety switch nya waduh berabe dah di start ngak bakalan hidup.ntar di start bisa eh pas dimatiin ngak bisa di start lagi.
akira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun Oct 03, 2004 2:19

Post by akira »

bisa lebih di terangin bung tentang NSS? soalnya boil g metik juga....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

heheh tenang aja pak mati nya lama kok.punya saya ciro-q udah mulai rusak sih.tapi umur nya 10 tahun an.

jadi itu semacam pemutus arus biar mobil hanya bisa nyala di P dan N aja.kalo itu rusak (biasanya kotor sih ngak tau kalo ada rusak lain) jadi sulit nyala di P/N jadi biar diputar juga kayak ngak ada kontak.

tapi kadang kadang bisa hidup lagi hehehe.

harganya lumayan kayak nya saya sih kemarin liat di site nya ada yang bilang sekitar US $200-300 punya nya jeep tapi tau bener apa ngak.saya belum tanya di jakarta sih
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

cmmiw mungkin ada yang lebih tau tentang NSS.saya baca di site nya luar sih katanya bisa dibersihkan.dia ngajarin cara bersih in punya nya jeep ceroke.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

ngak enak nya matic ini kalo NSS nya rusak neutral safety switch nya waduh berabe dah di start ngak bakalan hidup.ntar di start bisa eh pas dimatiin ngak bisa di start lagi.
Koq maticnya Cherokee serepot dan serewel itu ya. Gw rasa matic sekarang sudah jauh lebih canggih dan bandel.

Dan sebaiknya saat parkir, tuas berada di posisi P. Selain lebih aman, mobil juga lebih awet.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

bandel ngak juga sih tapi kalo rusak NSS nya ya itu jadi nya sulit dihidupin.

matic nya ceroke ngak begitu pinter maklum masih lama.saya pernah baca tenaga yang hilang sekitar 20% an
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

DigitALL wrote:
Setahu saya, biarpun tongkat transmisi A/T ditaruh di L/2/3, tapi begitu RPM sampai kena garis merah pasti pindah juga ke gigi yang lebih tinggi, agar gear box ngak rontok. CMIIW
Sptnya ngga pindah bung, walopun udah kena garis merah. Dan yang pasti gw langsung balikin lagi ke D, karena L, 2, dan 3 itu bikin boil susah lari. Peugeot 206 baru temen gw yang udah Tiptronik juga kaga mau pindah2 walopun udah kena garis merah. Jadi nahan terus ... Dulu pernah juga kejadian yang bikin gw kaget, saat lari kenceng di tol tuas ada di D dan tanpa sengaja gw pindahin tuasnya ke L (gwnya lagi mikirin yang laen sih) ... kemudian tuh mesin langsung tersendat2 dan meraung2 ! Jarum juga ada di garis merah naik turun naik turun ... dan suara mesin juga meraung2 lumayan keras. Jadi terbukti ngga akan pindah, waktu itu gw pake E320 New Eyes.


Kalo boil2 baru sih gw kurang tau ya ... karena temen gw pake New City matic, dan saat dia pake sistem +/- di steer, ternyata tuh speed pindah terus walopun udah di set 3.
Btw, bung digital berasa ngak sih kalo Kick Down MB A/T ada 2 step ?
Kemarin saya dapat penjelasan dari teknisi MB seperti ini, step-1 (semi kick down), gas di injak full sampai mentok ke suatu switch.
step-2 (full kick down), gas di injak sedikit lagi untuk menekan switch itu.
MB A/T ngga gw rasain ada 2 step, dan biasanya gw bejek langsung sampe dalem saat mau nyiap / nyalip.

Altis juga gak mau pindah giginya kalo udah di D2, walaupun udah redline.......

Kok altis cuma 1 step aja ...perasaan gak 2 step deh...
Last edited by handling on Tue Nov 23, 2004 5:52, edited 1 time in total.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

DigitALL wrote:
iya tapi saya masih mau nimbang2..
beli mobil M/T atau A/T
M/T udah bosan, tapi A/T belum pernah nyobain..
Udah A/T aja deh. Tapi gw saranin beli boil A/T sebaiknya yang kapasitas cc nya besar 1.800cc keatas baru enak tarikannya. Atau 1.500cc juga udah lumayan, cuma enakan 1800cc. Coba deh TestDrive ALTIS VVTi ... jamin tarikannya mirip2 di M/T.
Kalo pake accord yang baru lebih enak lagi, karena A/T nya udah 5gear, dan perbandingan giginya antara A/T dan M/T hampir sama. Jadi tarikannya benar2 mirip. Cuma sayangnya blm tiptronik, jadi blm bisa sesuai keinginan kita kalao mau pindah gigi.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo triptonik sih menurut pengalaman saya (saya yang pake) jarang banget dipake enak an taroh tuasnya di S sama aja tenaganya malah lebih enak lagi lebih cepet kickdown nya ngak usah pake turun naik tuas ini menurut saya lo.
tapi yaitu tiptronik bisa jadi nilai lebih hehehehe
akira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun Oct 03, 2004 2:19

Post by akira »

dulu g punya pajero thn 2000 CBU punya, tp ud lbh 4 tahun, kadang sering gak hidup, mungkin NSS nya kena yah? trus kadang pas lagi jalan, tiba2 tenaganya ngedrop, kyk hanya gigi satu & 2 aja, trus check engine yg warna kuning nyala, kira2 tuh boil knp yah?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo NSS rusak biasanya semua instrument normal seperti cek engine tape nyala lampu bagus dll,tapi pas di start kayak ngak ada kontak.
ntar pas didiemin ato dirubah rubah start di p ato n ntar bisa nyala lagi.

kalo aki soak kan ada bunyi nya crek crek tapi ngak ngangkat.