Automatic Transmision
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Lah kl pake kiri ngeremnya ya sama aja boong, yg satu ngerem, kaki yg lain masih nancep gas hehehe... ingat2 kejadian temen gue yg pertama kali nyetir matic, katanya mobil matic gak enak, suka ngepat ngepot kl direm, kga taunya ke 2 kakinya sama2 main dasar dodols tuh anak hehehe..mpoezz wrote:kalo beli matic jangan sekali kali ngerem pake kaki kiri hehehe.biasanya orang yang ngak pernah pake matic,ngak biasa lalu ngerem nya pake kaki kiri kebiasaan pake kopling.bisa bisa benjol hehehe.

Yg jelas pake matic cukup pake kaki kanan doank.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
oh ngak kadang kadang ada yang kayak gitu lo pak.
soalnya pernah kejadian papa gua yang ngak pernah nyetir matic lalu pas ngak ada supir dia mau keluar ama mama gua nekat nyetir sendiri.
eh belum keluar rumah baru jalan dikit ngerem pake kiri sampe kepala mama gua kena kaca untung ngak napa2 hehehehe
soalnya pernah kejadian papa gua yang ngak pernah nyetir matic lalu pas ngak ada supir dia mau keluar ama mama gua nekat nyetir sendiri.
eh belum keluar rumah baru jalan dikit ngerem pake kiri sampe kepala mama gua kena kaca untung ngak napa2 hehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Sptnya ngga pindah bung, walopun udah kena garis merah. Dan yang pasti gw langsung balikin lagi ke D, karena L, 2, dan 3 itu bikin boil susah lari. Peugeot 206 baru temen gw yang udah Tiptronik juga kaga mau pindah2 walopun udah kena garis merah. Jadi nahan terus ... Dulu pernah juga kejadian yang bikin gw kaget, saat lari kenceng di tol tuas ada di D dan tanpa sengaja gw pindahin tuasnya ke L (gwnya lagi mikirin yang laen sih) ... kemudian tuh mesin langsung tersendat2 dan meraung2 ! Jarum juga ada di garis merah naik turun naik turun ... dan suara mesin juga meraung2 lumayan keras. Jadi terbukti ngga akan pindah, waktu itu gw pake E320 New Eyes.Setahu saya, biarpun tongkat transmisi A/T ditaruh di L/2/3, tapi begitu RPM sampai kena garis merah pasti pindah juga ke gigi yang lebih tinggi, agar gear box ngak rontok. CMIIW
Kalo boil2 baru sih gw kurang tau ya ... karena temen gw pake New City matic, dan saat dia pake sistem +/- di steer, ternyata tuh speed pindah terus walopun udah di set 3.
MB A/T ngga gw rasain ada 2 step, dan biasanya gw bejek langsung sampe dalem saat mau nyiap / nyalip.Btw, bung digital berasa ngak sih kalo Kick Down MB A/T ada 2 step ?
Kemarin saya dapat penjelasan dari teknisi MB seperti ini, step-1 (semi kick down), gas di injak full sampai mentok ke suatu switch.
step-2 (full kick down), gas di injak sedikit lagi untuk menekan switch itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Udah A/T aja deh. Tapi gw saranin beli boil A/T sebaiknya yang kapasitas cc nya besar 1.800cc keatas baru enak tarikannya. Atau 1.500cc juga udah lumayan, cuma enakan 1800cc. Coba deh TestDrive ALTIS VVTi ... jamin tarikannya mirip2 di M/T.iya tapi saya masih mau nimbang2..
beli mobil M/T atau A/T
M/T udah bosan, tapi A/T belum pernah nyobain..
Dan kalo pake A/T, pertama kali usahain kaki kiri dilipat, jadi ngga akan mengira pedal rem adalah pedal kopling. Gimana tuh kalo lagi lari kenceng, terus anda tidak sadar mengira tuh pedal rem jadi pedal kopling dan anda langsung injak dalam2 pedal rem layaknya anda mau menginjak pedal kopling. Bisa gawat tuh ! Smua penumpang dan pengemudi sekalipun bisa terlempar kedepan semua !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Terima kasih bung digital atas koreksinya, saya pernah baca artikel yang menyatakan seperti itu, tapi saya sendiri ngak pernah berani coba sampai RPM merah takut jebol gear box nya, soalnya mahal banget risikonya.
Biasanya saya taruh ajah di D, males pindah2in nya.
Memang kalau gas langsung diinjak full, mungkin ngak terasa kalau itu switch langsung ke tekan.
Biasanya saya taruh ajah di D, males pindah2in nya.
Memang kalau gas langsung diinjak full, mungkin ngak terasa kalau itu switch langsung ke tekan.
Last edited by hdrw on Mon Nov 01, 2004 15:27, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Sama2 bung. Ya lebih baik jangan dicoba deh. Dulu gw juga itu ngga sengaja, tapi untungnya mesin n gear boxnya kaga apa2. Hehehe ... emang sih di D aja biasanya, tapi kalo jalanan turun / mudun tetep harus dipindahin ke L ato 2. Biar ada efek engine brakenya ... Tapi kalo udah lurus balikin lagi ke D, biar ngga nahan terus mesinnya.Terima kasih bung digital atas koreksinya, saya pernah baca artikel yang menyatakan seperti itu, tapi saya sendiri ngak pernah berani coba sampai RPM merah takut jebol gear box nya, soalnya mahal banget risikonya.
Biasanya saya taruh ajah di D, males pindah2in nya.
Memang kalau gas langsung diinjak full, mungkin ngak terasa kalau itu switch langsung ke tekan.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Oct 31, 2004 23:12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Setao gue transmisi otomatis bisa cepat rusak kalo kita parking tidak dalam posisi P CMIIW. Makanya untuk mencegah itu, mobil auto tidak akan bisa distart kalo stick nya tidak dikembalikan ke posisi P lebih dulu, juga untuk mencegah mobil meloncat/melaju sendiri.Bambi wrote:hallo..
mau tanya dikit buat yg udah pengalaman nih..
kalo tongkat transmisi lupa dibalikin di posisi
PARK waktu mesin dimatiin apakah ada
pengaruhnya sama kinerja transmisi tersebut?
cepet rusak ato pengaruh sama keawetannya?
.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Sun Oct 03, 2004 2:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
heheh tenang aja pak mati nya lama kok.punya saya ciro-q udah mulai rusak sih.tapi umur nya 10 tahun an.
jadi itu semacam pemutus arus biar mobil hanya bisa nyala di P dan N aja.kalo itu rusak (biasanya kotor sih ngak tau kalo ada rusak lain) jadi sulit nyala di P/N jadi biar diputar juga kayak ngak ada kontak.
tapi kadang kadang bisa hidup lagi hehehe.
harganya lumayan kayak nya saya sih kemarin liat di site nya ada yang bilang sekitar US $200-300 punya nya jeep tapi tau bener apa ngak.saya belum tanya di jakarta sih
jadi itu semacam pemutus arus biar mobil hanya bisa nyala di P dan N aja.kalo itu rusak (biasanya kotor sih ngak tau kalo ada rusak lain) jadi sulit nyala di P/N jadi biar diputar juga kayak ngak ada kontak.
tapi kadang kadang bisa hidup lagi hehehe.
harganya lumayan kayak nya saya sih kemarin liat di site nya ada yang bilang sekitar US $200-300 punya nya jeep tapi tau bener apa ngak.saya belum tanya di jakarta sih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Koq maticnya Cherokee serepot dan serewel itu ya. Gw rasa matic sekarang sudah jauh lebih canggih dan bandel.ngak enak nya matic ini kalo NSS nya rusak neutral safety switch nya waduh berabe dah di start ngak bakalan hidup.ntar di start bisa eh pas dimatiin ngak bisa di start lagi.
Dan sebaiknya saat parkir, tuas berada di posisi P. Selain lebih aman, mobil juga lebih awet.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
DigitALL wrote:Sptnya ngga pindah bung, walopun udah kena garis merah. Dan yang pasti gw langsung balikin lagi ke D, karena L, 2, dan 3 itu bikin boil susah lari. Peugeot 206 baru temen gw yang udah Tiptronik juga kaga mau pindah2 walopun udah kena garis merah. Jadi nahan terus ... Dulu pernah juga kejadian yang bikin gw kaget, saat lari kenceng di tol tuas ada di D dan tanpa sengaja gw pindahin tuasnya ke L (gwnya lagi mikirin yang laen sih) ... kemudian tuh mesin langsung tersendat2 dan meraung2 ! Jarum juga ada di garis merah naik turun naik turun ... dan suara mesin juga meraung2 lumayan keras. Jadi terbukti ngga akan pindah, waktu itu gw pake E320 New Eyes.Setahu saya, biarpun tongkat transmisi A/T ditaruh di L/2/3, tapi begitu RPM sampai kena garis merah pasti pindah juga ke gigi yang lebih tinggi, agar gear box ngak rontok. CMIIW
Kalo boil2 baru sih gw kurang tau ya ... karena temen gw pake New City matic, dan saat dia pake sistem +/- di steer, ternyata tuh speed pindah terus walopun udah di set 3.
MB A/T ngga gw rasain ada 2 step, dan biasanya gw bejek langsung sampe dalem saat mau nyiap / nyalip.Btw, bung digital berasa ngak sih kalo Kick Down MB A/T ada 2 step ?
Kemarin saya dapat penjelasan dari teknisi MB seperti ini, step-1 (semi kick down), gas di injak full sampai mentok ke suatu switch.
step-2 (full kick down), gas di injak sedikit lagi untuk menekan switch itu.
Altis juga gak mau pindah giginya kalo udah di D2, walaupun udah redline.......
Kok altis cuma 1 step aja ...perasaan gak 2 step deh...
Last edited by handling on Tue Nov 23, 2004 5:52, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalo pake accord yang baru lebih enak lagi, karena A/T nya udah 5gear, dan perbandingan giginya antara A/T dan M/T hampir sama. Jadi tarikannya benar2 mirip. Cuma sayangnya blm tiptronik, jadi blm bisa sesuai keinginan kita kalao mau pindah gigi.DigitALL wrote:Udah A/T aja deh. Tapi gw saranin beli boil A/T sebaiknya yang kapasitas cc nya besar 1.800cc keatas baru enak tarikannya. Atau 1.500cc juga udah lumayan, cuma enakan 1800cc. Coba deh TestDrive ALTIS VVTi ... jamin tarikannya mirip2 di M/T.iya tapi saya masih mau nimbang2..
beli mobil M/T atau A/T
M/T udah bosan, tapi A/T belum pernah nyobain..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Sun Oct 03, 2004 2:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven