gua mempunyai kebiasaan mengetest mobil 0-100km/h dgn kondisi start minimalis/gelinding, rpm rendah, kecepatan awal 2-3km/h ,tanpa main kopling, tdk seperti orang lain pada umumnya yang melakukan start dgn high rpm, spin start, trik lepas kopling... etc
alasan gua dgn memilih cara start ini krn :
1.
cara start seperti ini tdk memerlukan keahlian apapun, tanpa perlu main gas/kopling saat start, cukup perlu kecepatan shifting dari 1 ke 2, dari 2 ke 3 (tergantung spec mobilnya) , dengan demikian
siapapun orang awam tersebut bisa melakukannya, tanpa keahlian apapun.
dgn cara start seperti ini, waktu yang diperoleh ibarat waktu terjelek dari mobil tersebut, krn murni tanpa trik start, dan dikemudikan oleh orang amatir/awam.
setidaknya siapapun bisa dengan bangga berkata ,
"nih , mobil gua 0-100km/h paling jelek bisa sekian detik loh
, mungkin di tangan expert/professional/pembalap masih bisa lebih cepat daripada ini:) (feel proud)
seandainya dgn melampirkan video sebagai bukti akan lebih bagus, jadi semua orang bisa ikut menghitung, apakah hitungan kita jujur atau di cepetin waktunya.
2.
krn gua tdk memiliki vericom, dan berusaha utk jujur, tdk memanfaatkan spin.
krn gua tdk memiliki vericom, jadi yang kita bisa lihat cuma jarum speedometer, tanpa melihat jarak yang harus ditempuh.
kalau yang bisa dilihat cuma jarum speedometer, sebenarnya gua bisa colong/curi waktunya dari start awal dgn memanfaatkan efek spin sehebat mungkin dari 0 sampai + - 50km/h (sesuai kemampuan mobil masing2), lumayan bisa pangkas waktu 1-2 sec dari waktu normalnya 0-100km/h.
tapi yang gua cari disini adalah kepuasan batin/pesimis, bukan utk show off. Utk curi waktu dari sekian banyak pembaca di internet
yang cuma bisa melihat gerakan jarum speedometer, bukan seperti di race track yang ada jarak tertentu yg harus ditempuh , rasanya bukan suatu hal yang bisa dibanggakan.
jadi gua lebih memilih teknik paling mendasar, yaitu seminim mungkin tdk spin , seperti yang gua lihat di acara drag race, setidaknya waktu yang diperoleh bisa mendekati murni atau mendekati hasil dari mesin vericom.
tapi tentu test ini tdk bisa dipertanggung-jawabkan, dan semata2 hanya utk memberi gambaran kepada pembaca lain ttg kemampuan mobil kita yang standart, semi/full modif.
jgn lupa : gua disini mengabaikan tingkat keakuratan speedometer.
--------------------------------
utk mengawali hitungan stopwatch, gua berusaha mempergunakan beberapa parameter yang ada , seperti gerakan jarum rpm, gerakan jarum speedometer, suara mesin, suara spin.
kalau diantara beberapa parameter diatas ada yang bergerak atau berubah lebih dulu, saat itu tombol 'start' counting dimulai.
tentu
tombol 'START' tidak boleh terlambat di tekan,dan tombol 'STOP' tdk boleh terlalu cepat ditekan, kecuali kita ingin menyenangkan diri sendiri, dan utk memperoleh waktu yang lebih singkat dengan cara menipu diatas.
karena yang lain juga bisa ikut counting, bukan kita saja.
-----------------------------------------
sorry gua bukan expert, masih perlu banyak belajar dari yang lain, sorry kalau ada salah penjelasan, mohon yang dikoreksi kalau memang gua salah.