Khusus TOP SPEED - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

Risol1 wrote: hahaha....saya juga maaf bos kalo salah2 kata......ya sama2 lah kita saling belajar. banyak juga ilmu yg saya dapetin nih dari bro LowSpeed....thanks :big_peace:
ah... ilmu gua banyakan ilmu sesat, jangan dimasukin otak , nanti bisa tambah pusing :) :Peace:
gua yang mesti belajar dari om :)
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

paddock wrote:@ Risol
Masalah Jaguar 3000 cc kok kalah ma Innova 2.7
Padahal 240 HP vs 160an HP

Benernya ga kalah sih karna jaguar dapet 9,4 detik innovanya dapet 9,7 detik
Gini ye,Hp tinggi ga selalu kenceng,.Pengalaman di sentul 130 Hp bisa menang lawan 180 atau 200 hp,.Ga percaya? membernya orang sini juga kok yang punya 130 hp,.

Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

2.Bobot jaguar lebih besar.Paling berat justru waktu dari diem ke gerak.Karena harus melawan 2 gaya berturut2 yaitu gesekan saat koefisien gesekan statis dan dilanjutkan kinetis waktu gerak.Nah bobot disini yang sangat mempengaruhi
Dengan mobil macam Celica 2ZZGE 0-100 kph bisa nyamain Ford Mustang (bukan yang GT 500 loh)

3.Gearboks dan karakter mesin..Banyak mobil dengan cc besar dan daya besar terhambat oleh transmisi.Misal Aston martin vanquish 6000 cc V12 yang bisa ditempel 360 Modena (3600 cc V8) tuk 0-100 km/h
Mungkin di jaguar ngejar halus jadi hasil akselerasi sedikit lambat
Ingat power mesin dalam kenyataan ga linear dengan kecepatan atau waktu yang dihasilkan karna masih banyak aspek lain..
jangankan Innova yang 2.7,gue juga heran Jaguar bisa kalah ma Civic 2.0 matik klo sama2 liat test autobild

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.

Ingat sekali lagi ini hanya pendapat gue dan gue juga ga berusaha maksain pendapat gue

Untuk point 3 dan 4 gue awali dengan kata mungkin,.Yang berarti kebenarannya belum 100%

Yang point 1,.Tidak semua skill tester sama..Yang jelas tester innova 2.7 itu fitra eri,.Yang tester jaguar gue ga tahu bisa jadi bukan fitra bisa jadi dia,.
Klo masalah skill gue percaya ma fitra,karna gue tau sendiri skill orangnya

Yang dipermasalahkan Risol 1

"Tapi pas giliran gw bilang jag stype koq bisa sama dengan innova, elu juga mati2an ngasi bukti yg menurut gw kurang masuk akal atau mengcopy dari kesimpulan gw sendiri, misalnya:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100."

1.Driver yang skillnya hampir sama menurut Risol 1,.Gue pribadi tidak menyalahkan
Cuman gue sama sekali ga nulis driver yang gak pengalaman seperti yang elo tulis<.Capee deh sol,.Itu pernyataan pribadi Risol 1,.

Dan menurut gue jelas skill orang beda2,.Bahkan meski 1 majalah,.
Analogi sederhana,.Klo ada 100 lulusan MIT atau ITB,.Apa setiap kepintaran mereka sama?

4.Oke gue copy pernyataan lu,.sekarang gue mesti ngapain? klo lu ngerasa dirugikan gue copy pernyataan elu,fine gue minta maaf,.Clear?

Sedangkan point 2 dan 3 gue rasa cukup jelas,.Klo kurang jelas bisa dibuktikan sendiri,.

Dan sama sekali ga ada unsur gue maksa lu percaya atau gue ngotot,.Gue cuma berbicara masalah possibly,.Diawal juga gue tulis Bisa Jadi,.kenapa risol 1 bisa berpendapat gue ngotot maksain komen ini? Tanya aja Risol 1,.

So ada baiknya Risol 1 juga memperhatikan sadurannya saran quote aja,.Apa susahnya sih quote?
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

paddock wrote:@Low Speed

Low Speed itu judul lagu yang diputer waktu nicholas cage mau nyuri mobil yah di gone in 60 second?

Lapor
Kemaren ngetest 0-100 km/h NO SPIN soluna ane cuma dapet 9,8 detik,.Hiks3x jauh bgt ma ente yang 8 detikan,.Stopwatch seh,hehe,.Apalagi tangan kanan megang Hape,jadi sempet terhambat shift 1 ke 2,.

gua gak perhatiin tuh judul lagunya apa :D, filmnya sih pernah nonton , tapi sudah lupa jalan ceritanya :D.

gua dpt nya asal2an aja, hyperrev, top speed, sigma speed, rpm , garden speed , F Protecknik (maaf salah tulis) ...etc.. semua yang berbau2 sangar sudah ada.

rasa2nya belum ada yang berbau kalem :D, jadilah username diatas :D



itu soluna sudah diapain aja , sadis amat bisa dapat dibawah 10 sec ? corolla mah tewas klepek2 :)

1. saat sudah jalan di gear 1, tangan kanan pegang hp sambil nekan stir (gak perlu kuat2 nekannya) . tgn kiri bisa bantu pegang stir.
2. saat shifting, tangan kanan harus tekan kuat ke stir , sambil megang HP.
tangan kiri tinggal shifting. setelah shifting tgn kiri selesai, tgn kiri bisa balik pegang stir. tangan kanan sudah tdk perlu tekan stir kuat2.
lama2 terbiasa kok :)
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

pada ributin spin dan no spin sampai melebar sana sini :( ? anggaplah tidak ada yang salah , semua mempunyai pendapat yang ada alasan tersendiri.

sebelumnya maaf gua bukan expert dan tidak berpengalaman, mohon dimaafkan kalau gua ada salah tulis. gua sendiri masih perlu belajar banyak dari suhu2 disini :)


--------------------------------


sebenarnya masalahnya kalau ada alat vericom, semua beres teratasi, mau mobilnya spin banyak ditempat sampai kecepatan berapapun , spin sedikit atau no spin at all, alat vericom tidak mau tahu, yang tercatat sama alat tersebut adalah kecepatan perpindahan obyek terhadap track , dgn demikian waktu yang tercatat adalah real. bukan sesuai jarum speedometer lagi.

driver dari majalah manapun tdk mgkn sekali saja melakukan test 0-100km/h , driver bisa trial error berulang-ulang utk mencari best time utk mobil baru tersebut, mau start di rpm berapa, mau combine throttle dan kopling tinggal mereka atur sendiri. tujuan mereka cuma 1, yaitu untuk mendapatkan waktu terbaik/tercepat saat mencapai 100km/h di vericom , bukan dari speedometer


efek spin sesaat (super singkat nyaris mendekati 0 sec) memang kadang tdk bisa dihindarkan, selama masih bisa membantu momentum mobil itu utk maju bergerak dgn cepat, tapi efek spin berlebihan (diatas 0,x sec, lupa pastinya) sudah dianggap merugikan diri sendiri, wasting time.

1 . apabila dalam hal jarak ikut dinilai, tentu kita harus trial-error terus dgn bantuan vericom utk mengetahui start di rpm berapa yang paling aman utk meminimkan spin,
karena spin berlebihan malah membuang waktu, sementara lawan sudah bergerak jalan, kita masih sibuk spin di tempat.
that's why test di majalah sekarang (tdk seperti dulu) sudah mencantum best time nya 0-402meter.
contoh bukti yang pernah dikasih bro takumi, bos takumi finish duluan dgn kecepatan lebih rendah daripada lawannya, krn lawannya melakukan start spin yang jelek..


2 . tapi kalau tanpa melihat aspek jarak, cuma mementingkan waktu, Silahkan tempel ke tembok aja, atau ikat pakai tali :) super car tinggal pakai gigi 1 sdh bisa masuk 100km/h, tapi jalan di tempat. burn out sepuasnya.
mobil gua juga bisa di buat spin sampai 50km/h , ban masih tebel, potenza GIII, lumayan bisa curi waktu 1 sec utk jarak segitu:) , tapi apa yang mau dibanggain dgn pakai cara begitu?, sama juga membohongi diri sendiri :)
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

gua mempunyai kebiasaan mengetest mobil 0-100km/h dgn kondisi start minimalis/gelinding, rpm rendah, kecepatan awal 2-3km/h ,tanpa main kopling, tdk seperti orang lain pada umumnya yang melakukan start dgn high rpm, spin start, trik lepas kopling... etc


alasan gua dgn memilih cara start ini krn :
1. cara start seperti ini tdk memerlukan keahlian apapun, tanpa perlu main gas/kopling saat start, cukup perlu kecepatan shifting dari 1 ke 2, dari 2 ke 3 (tergantung spec mobilnya) , dengan demikian siapapun orang awam tersebut bisa melakukannya, tanpa keahlian apapun.

dgn cara start seperti ini, waktu yang diperoleh ibarat waktu terjelek dari mobil tersebut, krn murni tanpa trik start, dan dikemudikan oleh orang amatir/awam.
setidaknya siapapun bisa dengan bangga berkata , "nih , mobil gua 0-100km/h paling jelek bisa sekian detik loh :) , mungkin di tangan expert/professional/pembalap masih bisa lebih cepat daripada ini:) (feel proud) :)

seandainya dgn melampirkan video sebagai bukti akan lebih bagus, jadi semua orang bisa ikut menghitung, apakah hitungan kita jujur atau di cepetin waktunya.


2. krn gua tdk memiliki vericom, dan berusaha utk jujur, tdk memanfaatkan spin.

krn gua tdk memiliki vericom, jadi yang kita bisa lihat cuma jarum speedometer, tanpa melihat jarak yang harus ditempuh.
kalau yang bisa dilihat cuma jarum speedometer, sebenarnya gua bisa colong/curi waktunya dari start awal dgn memanfaatkan efek spin sehebat mungkin dari 0 sampai + - 50km/h (sesuai kemampuan mobil masing2), lumayan bisa pangkas waktu 1-2 sec dari waktu normalnya 0-100km/h.

tapi yang gua cari disini adalah kepuasan batin/pesimis, bukan utk show off. Utk curi waktu dari sekian banyak pembaca di internet yang cuma bisa melihat gerakan jarum speedometer, bukan seperti di race track yang ada jarak tertentu yg harus ditempuh , rasanya bukan suatu hal yang bisa dibanggakan.
jadi gua lebih memilih teknik paling mendasar, yaitu seminim mungkin tdk spin , seperti yang gua lihat di acara drag race, setidaknya waktu yang diperoleh bisa mendekati murni atau mendekati hasil dari mesin vericom.

tapi tentu test ini tdk bisa dipertanggung-jawabkan, dan semata2 hanya utk memberi gambaran kepada pembaca lain ttg kemampuan mobil kita yang standart, semi/full modif.

jgn lupa : gua disini mengabaikan tingkat keakuratan speedometer.




--------------------------------



utk mengawali hitungan stopwatch, gua berusaha mempergunakan beberapa parameter yang ada , seperti gerakan jarum rpm, gerakan jarum speedometer, suara mesin, suara spin.
kalau diantara beberapa parameter diatas ada yang bergerak atau berubah lebih dulu, saat itu tombol 'start' counting dimulai.
tentu tombol 'START' tidak boleh terlambat di tekan,dan tombol 'STOP' tdk boleh terlalu cepat ditekan, kecuali kita ingin menyenangkan diri sendiri, dan utk memperoleh waktu yang lebih singkat dengan cara menipu diatas.
karena yang lain juga bisa ikut counting, bukan kita saja.


-----------------------------------------

sorry gua bukan expert, masih perlu banyak belajar dari yang lain, sorry kalau ada salah penjelasan, mohon yang dikoreksi kalau memang gua salah.
Last edited by LowSpeed on Thu Oct 30, 2008 17:57, edited 1 time in total.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

LowSpeed wrote:
paddock wrote:@Low Speed

Low Speed itu judul lagu yang diputer waktu nicholas cage mau nyuri mobil yah di gone in 60 second?

Lapor
Kemaren ngetest 0-100 km/h NO SPIN soluna ane cuma dapet 9,8 detik,.Hiks3x jauh bgt ma ente yang 8 detikan,.Stopwatch seh,hehe,.Apalagi tangan kanan megang Hape,jadi sempet terhambat shift 1 ke 2,.

gua gak perhatiin tuh judul lagunya apa :D, filmnya sih pernah nonton , tapi sudah lupa jalan ceritanya :D.

gua dpt nya asal2an aja, hyperrev, top speed, sigma speed, rpm , garden speed , F Protecknik (maaf salah tulis) ...etc.. semua yang berbau2 sangar sudah ada.

rasa2nya belum ada yang berbau kalem :D, jadilah username diatas :D



itu soluna sudah diapain aja , sadis amat bisa dapat dibawah 10 sec ? corolla mah tewas klepek2 :)

1. saat sudah jalan di gear 1, tangan kanan pegang hp sambil nekan stir (gak perlu kuat2 nekannya) . tgn kiri bisa bantu pegang stir.
2. saat shifting, tangan kanan harus tekan kuat ke stir , sambil megang HP.
tangan kiri tinggal shifting. setelah shifting tgn kiri selesai, tgn kiri bisa balik pegang stir. tangan kanan sudah tdk perlu tekan stir kuat2.
lama2 terbiasa kok :)
jangan dibilang sadis,.Soluna terkencang indonesia dapet 7 detikan, hiks3x,.

Ubahannya?
Ga banyak,.
Cuma header 4-1 standart yang pendek saya halusin mulutnya dan pipa kolektornya,.(belum nemu setingan yg pas sih dengan header yang ditawarin ma temen ane,so balik ke standar,.
2.bersih2 throttle ma ruang bakar (sampe habis 2 botol)
3.Pake busi Autolite XP 3910
4.pertamax plus 5 liter+premium 8 liter
5.Pelek alloy LSA 13 inch ban techno 370 165 (pelek standartnya(yg ada logo toyota) berat bos,tapi sama2 13 inch juga)
6.Potong per depan..

Saya startnya dari diem,buka di rpm 2500-3000,.(perkiraan juga sih karna ga ada tacho (XLi gtu loh)

gigi 1 sampe 40an
Gigi 2 seterusnya,.

Klo Corolla kan berat bos,.Nah ini XLi,.Bobot kosong cuma 880 kg,.So startnya bisa lebih loncat daripada corolla,.

Cuma kayaknya kopling dah mulai minta ganti,hiks3x,.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Untuk start baik sperti drag race emang butuh latihan,.
Kopling habis,ban aus,parah2nya cam bisa bejat,.

Alhamdulillah setidaknya gue cukup menguasai mobil gue,tapi blum tentu di mobil gue trik ini berhasil karena karakter setiap mobil berbeda2,.

resep gue cari posisi torque maksimal di berapa RPM,terus kita coba turunin sedikit di bawahnya,.Coba terus sampe nemu cara start yang anda rasa pas,.

karena mobil gue ga ada tacho RPM (soluna XLi),so gue perhatikan dari suaranya,.Susah juga sih awal2nya hapalin suaranya,klo ga spin ya kelambatan,.Tapi coba setiap minggu test 1-2 kali,.Lama2 anda tau karakter mobil anda,.

Untuk Great Corolla dengan pelek 14 inch Potenza G3 185 coba start sedikit diatas 3000 rpm(antara 3250 Rpm),.Klo gue sih ga spin,.Tapi di 3500 spin juga sih,hehe

sedikit saran di beberapa mobil terkadang Jarum RPM standart tidak akurat,.jarum nunjuk 1500 kenyataanya 1200,ato sebaliknya,.Klo mau sih pake merk Pivot,.Itu akurat banget
tuh,.Klo merk laen macam Autometer dll parah,.Masa RPM 6 ribu jarumnya nunjuk 7000?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:launch control ga bisa dikalahkan?
Bisa! Coba ente lawan launch controlnya Audi A3 turbo,.
Nah jadi melenceng lagi ngomongnya, jadi gw merasa gini neh:
pas gw tanya topik A, elu jawab sedikit ttg topik A dan melebar ke topik B, pas gw kejar ke topik B, elu lebarin lagi ke topic C, dst gimana neh?

Spt yg gw bilang kemarin dgn memakai asumsi merek ferrari, Kadang2 mungkin aja driver professional (biasanya orang yg udah terbiasa sama mbl tsb misalnya offcial tester) bisa ngalahin LC. Tapi pastinya lebih jarang. Lebih seringnya LC yg menang. Kalo misalnya dari 100x start, keakuratan driver saat start pasti jauh lebih sedikit dibanding keakuratan LC karena kepresisian system susah dilawan dengan feelingnya manusia. ITU FAKTA.

Pertanyaannya:
1. Mana kita tau dengan PASTI bahwa pada start saat ini hasil akan lebih baik dibanding kalo pake LC? (misal apakah si sriver berani bet kalo pas lagi bener2 dragnya dia bisa ngalahin launch control walaupun pada saat latihan bbrp kali start manualnya lebih cepat dari LC?)
2. Untuk orang2 awam, bisa ngga dijamin PASTI bahwa kalo pake Audi A3, start normal lebih baik dari pake LC?

Kalo lu jawab bisa, gw minta bukti (artikelnya)
paddock wrote: OOT Dikit
Launch controlnya F1 kan dulu diciptakan supaya semua pembalap bisa start bareng jadi ga ada kecelakaan gara2 nabrak mobil didepannya yang belum jalan/telat jalan
Mungkin itu termasuk salah satu tujuan pake LC di F1, tapi tujuan utamanya bukan start bareng supaya engga nabrak, tapi lebih kepada yg gw selalu ngomongin yaitu: didapatnya traksi terbaik pada tenaga terbesar......supaya start gak buang waktu.
Kalo soal tabrakan mah, sering banget gw liat semua start normal, tapi pas di tikungan pertama langsung 2-3-4 mobil senggolan/tabrakan....itu udah emang kerjaannya mereka, dulu2an supaya jadi yg tercepat. Gw yakin kalo start biasa lebih cepat, gak pake LC tuh di mobil F1.

Soalnya kalo gak pake LC, pembalap2 yg jago pun pasti spin, gak bisa feelingnya nyamain ke-presisian LC walaupun jam terbang udah tinggi.....gimana kita2???
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

paddock wrote:
paddock wrote:@ Risol
Masalah Jaguar 3000 cc kok kalah ma Innova 2.7
Padahal 240 HP vs 160an HP

Benernya ga kalah sih karna jaguar dapet 9,4 detik innovanya dapet 9,7 detik
Gini ye,Hp tinggi ga selalu kenceng,.Pengalaman di sentul 130 Hp bisa menang lawan 180 atau 200 hp,.Ga percaya? membernya orang sini juga kok yang punya 130 hp,.

Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

2.Bobot jaguar lebih besar.Paling berat justru waktu dari diem ke gerak.Karena harus melawan 2 gaya berturut2 yaitu gesekan saat koefisien gesekan statis dan dilanjutkan kinetis waktu gerak.Nah bobot disini yang sangat mempengaruhi
Dengan mobil macam Celica 2ZZGE 0-100 kph bisa nyamain Ford Mustang (bukan yang GT 500 loh)

3.Gearboks dan karakter mesin..Banyak mobil dengan cc besar dan daya besar terhambat oleh transmisi.Misal Aston martin vanquish 6000 cc V12 yang bisa ditempel 360 Modena (3600 cc V8) tuk 0-100 km/h
Mungkin di jaguar ngejar halus jadi hasil akselerasi sedikit lambat
Ingat power mesin dalam kenyataan ga linear dengan kecepatan atau waktu yang dihasilkan karna masih banyak aspek lain..
jangankan Innova yang 2.7,gue juga heran Jaguar bisa kalah ma Civic 2.0 matik klo sama2 liat test autobild

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.

Ingat sekali lagi ini hanya pendapat gue dan gue juga ga berusaha maksain pendapat gue

Untuk point 3 dan 4 gue awali dengan kata mungkin,.Yang berarti kebenarannya belum 100%

Yang point 1,.Tidak semua skill tester sama..Yang jelas tester innova 2.7 itu fitra eri,.Yang tester jaguar gue ga tahu bisa jadi bukan fitra bisa jadi dia,.
Klo masalah skill gue percaya ma fitra,karna gue tau sendiri skill orangnya

Yang dipermasalahkan Risol 1

"Tapi pas giliran gw bilang jag stype koq bisa sama dengan innova, elu juga mati2an ngasi bukti yg menurut gw kurang masuk akal atau mengcopy dari kesimpulan gw sendiri, misalnya:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100."

1.Driver yang skillnya hampir sama menurut Risol 1,.Gue pribadi tidak menyalahkan
Cuman gue sama sekali ga nulis driver yang gak pengalaman seperti yang elo tulis<.Capee deh sol,.Itu pernyataan pribadi Risol 1,.

Dan menurut gue jelas skill orang beda2,.Bahkan meski 1 majalah,.
Analogi sederhana,.Klo ada 100 lulusan MIT atau ITB,.Apa setiap kepintaran mereka sama?

4.Oke gue copy pernyataan lu,.sekarang gue mesti ngapain? klo lu ngerasa dirugikan gue copy pernyataan elu,fine gue minta maaf,.Clear?

Sedangkan point 2 dan 3 gue rasa cukup jelas,.Klo kurang jelas bisa dibuktikan sendiri,.

Dan sama sekali ga ada unsur gue maksa lu percaya atau gue ngotot,.Gue cuma berbicara masalah possibly,.Diawal juga gue tulis Bisa Jadi,.kenapa risol 1 bisa berpendapat gue ngotot maksain komen ini? Tanya aja Risol 1,.

So ada baiknya Risol 1 juga memperhatikan sadurannya saran quote aja,.Apa susahnya sih quote?
sebelum saya menjawab pertanyaan tentang LC,saya butuh jawaban risol 1 tentang ini,.

baru entar ane jawab yang lain,.
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

om bersiin throttle bodi pakai apaan? DCS / geezox ? atau yang lain?
kalau cairan yang masukin ke tangki bensin ada saran merk apa gak?

autolite efektif gak ? busi standart soluna type apa?

13", pantesan larinya setan, jarang 1500cc skrg pasang 13, paling tidak 14/15",
kayak hiu cuma 15", padahal mobil 2400 sudah 16/17", gua jadi geli liat punya gua cuma 15" :D

kenapa gak pasang tachometer ? supaya lebih gampang.
yang pivot berapaan ?
sebenarnya gua bisa cek keakuratan rpm gua pakai scan MUT, tapi selama ini blm terpikirkan sampai bos bilang barusan. lainkali akan gua coba cek akurat gak dgn tampilan di MUT.

boro2 mau 3000 3500, 2500 gua lepas lgsg ciciicciciicciiiiit pada noleh, yang lagi main bola jadi pada kaget liatin :( , takut gua bolak balik lagi di timpukin batu :D.,
gua harus angkat gas baru bisa brenti, padahal tuh ban potenza GIII masih tebel :(

thx.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Gue gak maksa lu Percaya,.

gue coba menjawab kemungkinan kenapa akselerasi jaguar s type bisa tidak jauh berbeda menurut Autobild,.

Di awal post itu kan gue tulis BISA JADI
Gue cuma mengutarakan pendapat,ga percaya ya udeh,.

Justru di post itu gue berusaha calm down,dengan tulisan bisa jadi itu gue secara tersirat minta pendapat yang laen,.
Klo lu bilang gue maksain lu percaya,ngapaen juga gue maksa lu,.Ga ada kepentingan/manfaat sama sekali,.Toh kita juga ga kenal secara langsung,.
Gtu aja kok repot,.
Gw pernah bilang elu maksa gw supaya percaya (silakan dicari tulisan gw yg mana?)......dan juga menurut gw seberapa bagus pun postingan/teori seseorang, gak bisa memaksakan seseorang untuk percaya.
Dalam hal itu gw setuju. Berarti prinsip lu sama sama prinsip gw.

Yg gua bilang "sebenernya gw belom puas sama jawaban lu ttg tes Innova vs Jag itu" lebih kepada kepuasan pribadi, dan memang lu engga ada kewajiban ke siapapun untuk kasi jawaban yg memuaskan.
Dan gw cuma mao supaya elu tau aja bahwa ada bbrp jawaban lu yg kontradiktif dengan keyakinan elu ttg hasil tes media dalam negeri......
itu aja.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote: Gini aja deh,gue berpendapat bahwa secara perpindahan belum tentu 0-100 km/h yang startnya spin,entah mau spin sampe 100km/h atau cuma sampe 45 km/h tidak sama dengan start yang no spin alias nggelinding dll,.

ketika lu permasalahkan bahwa jawaban gue ga valid dll,.Itu terserah anda,.

Dan ketika gue ga setuju bahwa data akselerasi spin itu tidak valid,itu juga terserah gue,.

Klo anda mengklaim bahwa mungkin gue asbun dll,gue sama sekali ga permasalahkan itu,.

gini aja,.

@all semua SMERS jangan percaya dengan tulisan gue tentang akselerasi 0-100 km/h yang diawali spin diawal karena gue hanya berpendapat karena sesuai teori gue dengan pengalaman gue sendiri yang mungkin kredibilitasnya dipertanyakan,.
Sekali lagi gw gak pernah bilang start spin lebih valid daripada yg non spin. Yg gw bilang itu start spin lebih valid dari cara gelinding, walaupun setelah gw baca postingan bro LowSpeed, gw dapet pencerahan yg cukup banyak kalo diliat dari dari sudut pandang dia.
Kalo non spin yg pake launch control/ yg menurut lu bisa pake kombinasi traksi terbaik di power terbesar (walaupun susah banget buat manusia biasa mendapatkan hasil spt ini secara konstan), ya gw setuju cara ini sama validnya (mungkin bisa dibilang lebih valid karena bisa mendapatkan hasil yg lebih akurat/lebih cepat 0-100nya)

Betul.....setuju atau gak setuju itu hak semua orang koq.....gak ada yg maksain kehendak sendiri.

Dan gw engga pernah bilang anda asbun, malahan gw ngaku bahwa anda itu orang yg cukup mahir di bidang mesin, mahir dibidang performance enhancement....mungkin juga karena background pendidikan anda, tapi kadang2 saya juga liat bahwa anda pake segala alesan2 (walaupun anda tau itu kurang relevan) untuk menyampaikan pendapat anda.

Dan kalo saya berani mengkritik orang, silahkan kritik saya
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100."

1.Driver yang skillnya hampir sama menurut Risol 1,.Gue pribadi tidak menyalahkan
Cuman gue sama sekali ga nulis driver yang gak pengalaman seperti yang elo tulis<.Capee deh sol,.Itu pernyataan pribadi Risol 1,.

Dan menurut gue jelas skill orang beda2,.Bahkan meski 1 majalah,.
Analogi sederhana,.Klo ada 100 lulusan MIT atau ITB,.Apa setiap kepintaran mereka sama?
Oke deh kalo lu mao bahas area ini. Gw cuma punya 2 kata: "common sense":
ini tulisan lu :
paddock wrote:Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter
Elu tulis "YG bawa innova lebih pinter", berarti secara logika umumnya/dangkalnya, elu menggangap tester yg bawa yg bawa Jag "lebih bodoh" dong? atau "tidak sepintar" tetser yg bawa innova. Gitu kan?
Abis itu lu tulis juga bahwa testernya jag: "berbuat salah pada waktu start"........jadi ada 2 kata kunci disini: "salah" dan "lebih bodoh/tidak sepintar yg satunya"

Nah KAlo saya re-phrase kedua kata "berbuat salah" di pekerjaannya dan "lebih bodoh" dari teman sejawatnya DENGAN kata "gak pengalaman", apakah salah?
malahan menurut saya itu lebih halus dibandingkan dengan "lebih bodoh"

Tapi kalo menurut anda saya salah re-phrase, jadi yg tepat apa dong? mungkin "kurang pengalaman"? gitu

OK, saya ralat tulisan saya ya:

Tulisan yg baru:
risol1 wrote:1. driver yg kurang pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100."
Kalo soal bawa2 MIT, saya kira kurang tepat analoginya. Memang bener dari 100 orang lulusan MIT gak ada yg sama persis, semua pasti beda2. TAPI kalo udah bisa masuk ke MIT dan lulus dari MIT, biasanya ke 100 org tsb bisa ngerti hitung2an/teori2/hukum2 dasarnya fakultas engineering. (dalam hal ini tester majalah besar spt autobild, semestinya udah rata2 mahir bawa mobil AT 0-100 yg kalo untuk jaguar, tinggal dipencet doang tu tombol "S" dan langsung bejek gas)
paddock wrote:
4.Oke gue copy pernyataan lu,.sekarang gue mesti ngapain? klo lu ngerasa dirugikan gue copy pernyataan elu,fine gue minta maaf,.Clear?
ga papa bro Paddock, gak usah minta maaf segala.....itu juga cuma teori gw, belom tentu benar. Tapi udah membuka mata kita kan, bahwa test autobild pun belum tentu akurat walaupun dilakukan di Indonesia, dengan aspal dan mutu bensin sini.
paddock wrote: Sedangkan point 2 dan 3 gue rasa cukup jelas,.Klo kurang jelas bisa dibuktikan sendiri,.

Dan sama sekali ga ada unsur gue maksa lu percaya atau gue ngotot,.Gue cuma berbicara masalah possibly,.Diawal juga gue tulis Bisa Jadi,.kenapa risol 1 bisa berpendapat gue ngotot maksain komen ini? Tanya aja Risol 1,.

So ada baiknya Risol 1 juga memperhatikan sadurannya saran quote aja,.Apa susahnya sih quote?
Kalo point 2 dan 3 masuk akal koq, makanya gw gak pernah inquire2 lagi.

quote kdang diperlukan kalo kita mao reply sesuatu yg specific, bukan keseluruhan post. dan IMO, itu juga kan salah satu kegunaan tombol "Quote"?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:
paddock wrote:
paddock wrote:@ Risol
Masalah Jaguar 3000 cc kok kalah ma Innova 2.7
Padahal 240 HP vs 160an HP

Benernya ga kalah sih karna jaguar dapet 9,4 detik innovanya dapet 9,7 detik
Gini ye,Hp tinggi ga selalu kenceng,.Pengalaman di sentul 130 Hp bisa menang lawan 180 atau 200 hp,.Ga percaya? membernya orang sini juga kok yang punya 130 hp,.

Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

2.Bobot jaguar lebih besar.Paling berat justru waktu dari diem ke gerak.Karena harus melawan 2 gaya berturut2 yaitu gesekan saat koefisien gesekan statis dan dilanjutkan kinetis waktu gerak.Nah bobot disini yang sangat mempengaruhi
Dengan mobil macam Celica 2ZZGE 0-100 kph bisa nyamain Ford Mustang (bukan yang GT 500 loh)

3.Gearboks dan karakter mesin..Banyak mobil dengan cc besar dan daya besar terhambat oleh transmisi.Misal Aston martin vanquish 6000 cc V12 yang bisa ditempel 360 Modena (3600 cc V8) tuk 0-100 km/h
Mungkin di jaguar ngejar halus jadi hasil akselerasi sedikit lambat
Ingat power mesin dalam kenyataan ga linear dengan kecepatan atau waktu yang dihasilkan karna masih banyak aspek lain..
jangankan Innova yang 2.7,gue juga heran Jaguar bisa kalah ma Civic 2.0 matik klo sama2 liat test autobild

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.

Ingat sekali lagi ini hanya pendapat gue dan gue juga ga berusaha maksain pendapat gue

Untuk point 3 dan 4 gue awali dengan kata mungkin,.Yang berarti kebenarannya belum 100%

Yang point 1,.Tidak semua skill tester sama..Yang jelas tester innova 2.7 itu fitra eri,.Yang tester jaguar gue ga tahu bisa jadi bukan fitra bisa jadi dia,.
Klo masalah skill gue percaya ma fitra,karna gue tau sendiri skill orangnya

Yang dipermasalahkan Risol 1

"Tapi pas giliran gw bilang jag stype koq bisa sama dengan innova, elu juga mati2an ngasi bukti yg menurut gw kurang masuk akal atau mengcopy dari kesimpulan gw sendiri, misalnya:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100."

1.Driver yang skillnya hampir sama menurut Risol 1,.Gue pribadi tidak menyalahkan
Cuman gue sama sekali ga nulis driver yang gak pengalaman seperti yang elo tulis<.Capee deh sol,.Itu pernyataan pribadi Risol 1,.

Dan menurut gue jelas skill orang beda2,.Bahkan meski 1 majalah,.
Analogi sederhana,.Klo ada 100 lulusan MIT atau ITB,.Apa setiap kepintaran mereka sama?

4.Oke gue copy pernyataan lu,.sekarang gue mesti ngapain? klo lu ngerasa dirugikan gue copy pernyataan elu,fine gue minta maaf,.Clear?

Sedangkan point 2 dan 3 gue rasa cukup jelas,.Klo kurang jelas bisa dibuktikan sendiri,.

Dan sama sekali ga ada unsur gue maksa lu percaya atau gue ngotot,.Gue cuma berbicara masalah possibly,.Diawal juga gue tulis Bisa Jadi,.kenapa risol 1 bisa berpendapat gue ngotot maksain komen ini? Tanya aja Risol 1,.

So ada baiknya Risol 1 juga memperhatikan sadurannya saran quote aja,.Apa susahnya sih quote?
sebelum saya menjawab pertanyaan tentang LC,saya butuh jawaban risol 1 tentang ini,.

baru entar ane jawab yang lain,.
Ok, anda berhak koq u/ mengajukan pertanyaan. Kalo saya bisa jawab ya saya jawab, kalo engga ya saya akan ngaku gak bisa.

Oh ya, mana pertanyaannya?, apa jangan2 udah dijawab semua di postingan atas?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

deleted
Last edited by Risol1 on Thu Oct 30, 2008 20:20, edited 1 time in total.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Gue gak maksa lu Percaya,.

gue coba menjawab kemungkinan kenapa akselerasi jaguar s type bisa tidak jauh berbeda menurut Autobild,.

Di awal post itu kan gue tulis BISA JADI
Gue cuma mengutarakan pendapat,ga percaya ya udeh,.

Justru di post itu gue berusaha calm down,dengan tulisan bisa jadi itu gue secara tersirat minta pendapat yang laen,.
Klo lu bilang gue maksain lu percaya,ngapaen juga gue maksa lu,.Ga ada kepentingan/manfaat sama sekali,.Toh kita juga ga kenal secara langsung,.
Gtu aja kok repot,.
Gw gak pernah bilang elu maksa gw supaya percaya (silakan dicari tulisan gw yg mana?)......dan juga menurut gw seberapa bagus pun postingan/teori seseorang, gak bisa memaksakan seseorang untuk percaya.
Dalam hal itu gw setuju. Berarti prinsip lu sama sama prinsip gw.

Yg gua bilang "sebenernya gw belom puas sama jawaban lu ttg tes Innova vs Jag itu" lebih kepada kepuasan pribadi, dan memang lu engga ada kewajiban ke siapapun untuk kasi jawaban yg memuaskan.
Dan gw cuma mao supaya elu tau aja bahwa ada bbrp jawaban lu yg kontradiktif dengan keyakinan elu ttg hasil tes media dalam negeri......
itu aja.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:Gue gak maksa lu Percaya,.

gue coba menjawab kemungkinan kenapa akselerasi jaguar s type bisa tidak jauh berbeda menurut Autobild,.

Di awal post itu kan gue tulis BISA JADI
Gue cuma mengutarakan pendapat,ga percaya ya udeh,.

Justru di post itu gue berusaha calm down,dengan tulisan bisa jadi itu gue secara tersirat minta pendapat yang laen,.
Klo lu bilang gue maksain lu percaya,ngapaen juga gue maksa lu,.Ga ada kepentingan/manfaat sama sekali,.Toh kita juga ga kenal secara langsung,.
Gtu aja kok repot,.
Gw gak pernah bilang elu maksa gw supaya percaya (silakan dicari tulisan gw yg mana?)......dan juga menurut gw seberapa bagus pun postingan/teori seseorang, gak bisa memaksakan seseorang untuk percaya.
Dalam hal itu gw setuju. Berarti prinsip lu sama sama prinsip gw.

Yg gua bilang "sebenernya gw belom puas sama jawaban lu ttg tes Innova vs Jag itu" lebih kepada kepuasan pribadi, dan memang lu engga ada kewajiban ke siapapun untuk kasi jawaban yg memuaskan.
Dan gw cuma mao supaya elu tau aja bahwa ada bbrp jawaban lu yg kontradiktif dengan keyakinan elu ttg hasil tes media dalam negeri......
itu aja.
Sekarang gini aja yah,.Masalah Innova 2.7 ada di komparasi Innova 2.7 vs Serena
Disitu ditulis 0-100 km/h dalam 9.7 detik

sedangkan jaguar ada di komparasi BMW 530i vs mercedez benz E260 vs Audi 3.0 Quattro vs jaguar 3.0 S type

Semuanya ada di agenda komparasi Auto Bild 2005 terbitan akhir 2005 Klo ga percaya baca sendiri majalahnya,.

Ingat Risol 1 bukan kewajiban saya tuk memuaskan anda dengan jawaban saya,toh saya tidak bekerja untuk anda,.Saya menjawab dengan apa yang menurut saya logic dan pengalaman pribadi.

Bila anda merasa tidak puas dengan jawaban saya,silahkan anda cari jawaban sendiri atau puaskan diri anda sendiri dengan cara lain..
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by abenk80 »

To all:
Kl sy blg semua tidak ada yg benar atau salah, karena ada pendapat pribadi disini. tapi sebagai pengamat n pemerhati Otomotif, seharusnya ada beberapa hal berikut yg kita yakini (setujui) bersama (sy rasa ini tdk bs disangkal. Kl disangkal, rasanya malah menipu diri sendiri). Antara lain:

1. Hasil tes media luar (car&driver, motortrend, road&track, dsb) lebih akurat dibanding media lokal. Ini udah fakta n kenyataan. Terlepas dari kualitas BBM dan aspal, tp setidaknya bisa dijadikan patokan. Dan ingat, jgn meng-compare hasil tes antara media luar tsb dgn media lokal.
Knp media luar lebih akurat, karena pembaca disana sangat kritis, sekali salah atau ada posting yg tdk benar, pasti langsung di-komplain...dan malah bisa dituntut...ini yg membuat mereka lebih berhati2 dalam memaparkan hasil. Apalagi mereka tidak segan2 bilang kalau suatu mobil A jelek (krn memang jelek) walaupun dari brand ternama. Setuju kan?

2. Hasil tes Jag vs Innova, secara pengetahuan teknis kita yg jago2 otomotif (jika lihat diatas kertas), logikanya dan sudah selayaknya menang Jag. Setuju donk? Yah jgn mempermasalahkan pemakaian BBM pas test, pake pertamax atau premium...ato ber-teori2 mesin Jag didesain untuk kehalusan...ga bakal ketemu.

3. Dan kalau mau ber-argumen, lebih baik turut menyertakan fakta dari web (linknya) yg menguatkan seperti yg sering dilakukan GTR.

rgds,
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

LowSpeed wrote:om bersiin throttle bodi pakai apaan? DCS / geezox ? atau yang lain?
kalau cairan yang masukin ke tangki bensin ada saran merk apa gak?

autolite efektif gak ? busi standart soluna type apa?

13", pantesan larinya setan, jarang 1500cc skrg pasang 13, paling tidak 14/15",
kayak hiu cuma 15", padahal mobil 2400 sudah 16/17", gua jadi geli liat punya gua cuma 15" :D

kenapa gak pasang tachometer ? supaya lebih gampang.
yang pivot berapaan ?
sebenarnya gua bisa cek keakuratan rpm gua pakai scan MUT, tapi selama ini blm terpikirkan sampai bos bilang barusan. lainkali akan gua coba cek akurat gak dgn tampilan di MUT.

boro2 mau 3000 3500, 2500 gua lepas lgsg ciciicciciicciiiiit pada noleh, yang lagi main bola jadi pada kaget liatin :( , takut gua bolak balik lagi di timpukin batu :D.,
gua harus angkat gas baru bisa brenti, padahal tuh ban potenza GIII masih tebel :(

thx.
Saya bersihkan pakai Gzox bos..Denger2 dari pengalaman orang lain ini yang terbaik jadi saya ikutan,.
So far sih hasilnya cukup memuaskan.Pernah tersirat tuk pakai Carbon spirit.tapi ga jadi karena saran sahabat saya tuner mobil turbo di bandung tidak menyarankan karena bisa mengikis permukaan liner dan permukaan piston bagian atas,.saya jadi takut,tapi klo mau nyoba monggo.

busi soluna standart type denso and NGK serie apa gtu,.10 ribuan perbiji,.Pake Autolite XP menurut saya memang kerasanya ga jauh beda,tapi lebih stabil tuk kondisi extrem mengingat ini termasuk busi racing type dingin,.Mobil estilo group N Garden speed (widianto Nugroho) pake busi ini,.

Dicoba aja di Galantnya,btw tanya om herman aja,.Dia master Galant di forum sebelah./

13 inch cuma enak start awalnya doang atasnya kalah langkah/jangkauan ma pelek gede,.Cuma yang ga biasa pake biasanya spin2,.Toh drag 201 meter biasanya maen speed ga tinggi2 so 13 inchi is the best for my ride

Klo Galant bisa pake ban Advan neova AD 07,.Atau Falken Azenis (serie lupa)

Tachometer Pivot mahal bos,.Maen hampir 2 jutaan,.gile,.hehe,.toh gue akhirnya bisa denger suara mesin gue yang pas waktu start..Bagi sebagian orang emang aneh cara gue,tapi toh selama ini start gue selalu ninggalin lawan2 gue,hihi,.

Klo spinnya dikit ato mendecit aj ga papa lah,.Ga bgtu banyak waste timenya,.Klo mau pake Ban yang threadwearnya kecil dan profil rendah,.tentu dengan konsekuensi ban cepet habis dan bantingan jadi keras..

Semuanya butuh pengorbanan kan? hehe
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

abenk80 wrote:To all:
Kl sy blg semua tidak ada yg benar atau salah, karena ada pendapat pribadi disini. tapi sebagai pengamat n pemerhati Otomotif, seharusnya ada beberapa hal berikut yg kita yakini (setujui) bersama (sy rasa ini tdk bs disangkal. Kl disangkal, rasanya malah menipu diri sendiri). Antara lain:

1. Hasil tes media luar (car&driver, motortrend, road&track, dsb) lebih akurat dibanding media lokal. Ini udah fakta n kenyataan. Terlepas dari kualitas BBM dan aspal, tp setidaknya bisa dijadikan patokan. Dan ingat, jgn meng-compare hasil tes antara media luar tsb dgn media lokal.
Knp media luar lebih akurat, karena pembaca disana sangat kritis, sekali salah atau ada posting yg tdk benar, pasti langsung di-komplain...dan malah bisa dituntut...ini yg membuat mereka lebih berhati2 dalam memaparkan hasil. Apalagi mereka tidak segan2 bilang kalau suatu mobil A jelek (krn memang jelek) walaupun dari brand ternama. Setuju kan?

2. Hasil tes Jag vs Innova, secara pengetahuan teknis kita yg jago2 otomotif (jika lihat diatas kertas), logikanya dan sudah selayaknya menang Jag. Setuju donk? Yah jgn mempermasalahkan pemakaian BBM pas test, pake pertamax atau premium...ato ber-teori2 mesin Jag didesain untuk kehalusan...ga bakal ketemu.

3. Dan kalau mau ber-argumen, lebih baik turut menyertakan fakta dari web (linknya) yg menguatkan seperti yg sering dilakukan GTR.

rgds,
Yang bilang JAguar kalah sapa? jaguar tetep menang wong 0-100 km/h masih mencetak 9.6 detik,.terpaut 0,1 detik ma Innova 2.7 yang 9.7 detik,.Ngerti ora son?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Ingat Risol 1 bukan kewajiban saya tuk memuaskan anda dengan jawaban saya,toh saya tidak bekerja untuk anda,.Saya menjawab dengan apa yang menurut saya logic dan pengalaman pribadi.

Bila anda merasa tidak puas dengan jawaban saya,silahkan anda cari jawaban sendiri atau puaskan diri anda sendiri dengan cara lain..
Gak usah diulang2 melulu, liat diatas tulisan saya, koq saya merasa harus ngomong 2-3 kali baru anda bisa ngerti

nih saya quote tulisan saya sendiri lagi....tolong dibaca supaya gak ngulang2 pernyataan anda diatas terus. Intinya gw sangat setuju dengan anda dalam hal ini. Engga usah merasa seolah2 jadi pihak yg tertindas. Nih tulisan gw diatas:
Risol1 wrote:menurut gw seberapa bagus pun postingan/teori seseorang, gak bisa memaksakan seseorang untuk percaya.
Dalam hal itu gw setuju. Berarti prinsip lu sama sama prinsip gw.

Yg gua bilang "sebenernya gw belom puas sama jawaban lu ttg tes Innova vs Jag itu" lebih kepada kepuasan pribadi, dan memang lu engga ada kewajiban ke siapapun untuk kasi jawaban yg memuaskan.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote: Tapi pas giliran gw bilang jag stype koq bisa sama dengan innova, elu juga mati2an ngasi bukti yg menurut gw kurang masuk akal atau mengcopy dari kesimpulan gw sendiri, misalnya:
1. driver yg gak pengalaman: lah kan ditest sama majalah yg sama??, gw sih berasumsi majalah tsb punya driver2 yg kualitasnya ampir sama pula DAN dengan metode pengukuran yg sama pula. Lagian juga mobil AT tuh tinggal dibejek doang koq kalo untuk 0-100.
2. Elu bilang ATPM jag gak kasi kalo di test dgn berat, lah itu kan cuma mengkopi jawaban gw kemaren. Itu asumsi gw kenapa hasil test majalah indo bisa beda sama majalah luar, berarti elu setuju dong?
berarti elu setuju dong bahwa kemampuan realnya jag gak ditest oleh majalah indo, yg mengakibatkan hasil testnya gak akurat?
Nih ente punya omongan:
paddock wrote: Bisa jadi
1.Kesalahan driver waktu start ato bawa jaguar,sedangkan yg bawa innova lebih pinter

4.Mungkin juga ATPMnya ga rela mobilnya digeber2..
Maklum penjualan mereka di Indo berapa sih? Ga banding ma mobilnya klo rusak karna sering digeber2 ma media.
Tapi harusnya ga sih,justru mereka untung klo digeber2 karna hasil akselerasinya jadi bagus.
Nah Capenya gw disitu, karena ngomong sama lu entar kebalik2 lagi.....jadi gw pikir entar aja deh tunggu punya bukti, gak cuap2 asal2an.
Anda sediri ambil dari mana kesimpulan bahwa gue mati2an sperti yang elo tulis?
Nah Capenya gw disitu, karena ngomong sama lu entar kebalik2 lagi.....jadi gw pikir entar aja deh tunggu punya bukti, gak cuap2 asal2an.

Kampreet,Lu jangan berusaha nilai gue yah dengan nilai komen gue berusaha mati2 an bela hasil test innova 2.7 tuh 9,7 detik ato cuap2 dll? ,Lu bukan saudara gue,bukan ortu gue.Kenal aja kagak,.

Lu nilai2 gue,emang pantes lu nilai gue? Nilai aja diri lu sendiri..

Klo lu ga puas ma hasik test Kompalain ma Autobild sana,.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

Nih test Innova 2.7 menurut majalah mobil motor edisi Senin, 7 Maret 2005
http://www.mobilmotor.co.id/news_detail ... 1303&cid=3

0 -100 kpj: 11.2 detik

Nah bingung kan? dua2nya majalah gede, ngetes sama2 di Indo, tapi hasil terpaut cukup jauh.....yg gw bingung, kita sebagai pembaca awam (apalagi yg gak punya Innova 2.7) musti percaya yg mana?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:[Kampreet,Lu jangan berusaha nilai gue yah dengan nilai komen gue berusaha mati2 an bela hasil test innova 2.7 tuh 9,7 detik ato cuap2 dll? ,Lu bukan saudara gue,bukan ortu gue.Kenal aja kagak,.

Lu nilai2 gue,emang pantes lu nilai gue? Nilai aja diri lu sendiri..
,.
huehuehue....jadi geli sendiri gw..... :lol:

sebenernya yg gw maksud cuap2 asal2an itu ditujukan ke diri gw sendiri.......maksudnya mo tunggu bukti dulu supaya gw gak asal cuap2.......hehehe....tapi kalo lu berasa sih sih gw juga gapapa :frm_tumbleft: :frm_tumbright:

makanya tulisan gw dibaca dulu yg bener, jangan langsung kaya kebakaran jenggot :oops:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

:mrgreen:
Risol1 wrote:
paddock wrote:[Kampreet,Lu jangan berusaha nilai gue yah dengan nilai komen gue berusaha mati2 an bela hasil test innova 2.7 tuh 9,7 detik ato cuap2 dll? ,Lu bukan saudara gue,bukan ortu gue.Kenal aja kagak,.

Lu nilai2 gue,emang pantes lu nilai gue? Nilai aja diri lu sendiri..
,.
huehuehue....jadi geli sendiri gw..... :lol:

sebenernya yg gw maksud cuap2 asal2an itu ditujukan ke diri gw sendiri.......maksudnya mo tunggu bukti dulu supaya gw gak asal cuap2.......hehehe....tapi kalo lu berasa sih sih gw juga gapapa :frm_tumbleft: :frm_tumbright:

makanya tulisan gw dibaca dulu yg bener, jangan langsung kaya kebakaran jenggot :oops: