paddock wrote:Makanya itu klo bandingin komparasi majalah juga harus apple to apple,.Misal komparasi indo vs thailand or malay karena secara geografis mirip2 juga mobilnya rata2 speknya sama,.
Ok deh, sekarang coba jelasin dulu dengan logika yg masuk akal......jangan dibelokkin lagi nih bos....
Kenapa autobild Indonesia bilang bahwa:
akselerasi innova 2.7 4AT sama dengan Jag V6 6AT?
Ini sama2 di test oleh autobild Indo lho......juga kondisi kedua mobil sama2 baru lho....
Logikanya kan mustinya jag yg sedan, tenaga dan torsi yg jauh lebih besar bisa menang dong lawan innova? Inikan artinya either Autobild salah tulis hasilnya innova atau salah tulis hasilnya jag?
Soalnya saya yakin kalo innova di test sama media luar, pasti hasilnya beda dengan hasil jag 3000cc.
Bukannya semata2 kita harus percaya media luar lho (mereka juga pernah salah cetak dan biasanya di edisi berikutnya langsung dibombardir sama pembacanya), tapi kadang2 kita juga harus mengakui bahwa kadang2 media dalam negeri either salah cetak atau ngetes mobilnya dengan tidak maksimal......
Maksudnya tidak maksimal adalah bukan karena aspal kurang bagus, udara kurang dingin, dsb.....kalo cuma itu bedanya hasilnya gak mungkin jauh beda, tapi menurut saya kepada kesungguhan media2 tsb untuk menyajikan yg terbaik bagi pembacanya. Karena takutnya media sini udah diintervensi oleh pabrikan/ATPM/IU supaya
ngetes mobilnya jangan keras2 karena mobilnya mao dijual lagi ke konsumen, atau
tolong dong nulisnya jangan terlalu jelek2 kalo engga entar gak dipinjemin mobil lagi lho, dsb.....
Nah, balik ke contoh diatas, mungkin waktu mereka ngetes jag, PT grandauto dinamika (ATPM JAg di INdo) bisikin kali "Bung ni mobil testnya jangan keras2, karena mungkin udah dibeli orang, dsb", jadi hasil bisa pelan
Cara atau metode2 pengujian juga gak jelas, sering saya baca pas mereka mao ngetes akselerasi atau top speed, tiba2 mereka bilang "mobil baru berlari sampe 180kpj di tol, tapi harus direm karena keadaan tol yg ramai", dll......dan apakah kita juga yakin mereka menggunakan alat2 yg memadai....jangan2 kaya kita juga lagi pake stopwatch hehehe.....
Kalo media luar, dia orang mao keluar modal, bayangin aja bugatti veyron aja (mobil limited production yg harganya lebih dari 1 juta USD) aja di top speed-in sampe 407kpj........disini, mungkin mazda RX8 aja gak dikasi kali sama IUnya untuk ditopspeed-in.
Sekali lagi, bukan membela tabloid luar, hanya saja kadang2 kita harus juga mengakui bahwa tabloid sini gak selalu bener terus......