Khusus TOP SPEED - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

kebetulan gigi 1dan 2 ck4 sama, final beda tipis dgn hiu, jadi yg gua kasih contoh ya hiu.
paling tidak ck4 gigi 1 nya juga bisa nempel deket 60 , dan gigi 2 masuk 105, memang panjang, tapi butuh waktu lbh lama.
kalau bandingkan dgn yang lain jadi tambah susah, nanti kesannya malah asal ngomong tanpa bukti.

kalau 325 e46 menurut gua gak responsif mgkn krn cuma ada varian matic cmiiw.
tapi kalau 323 e36 manual, ini baru kenceng, cmiiw :Peace:

hiu ? gak juga kok, gak semua yg bawa hiu pasti gila, di tol banyakan gua ngejer irit, jadi pakai econo driving akhir2 ini gigi 5 manteng di 2000rpm gelinding.
minyak 120 , bensin naik jadi 6000, sekarang minyak jadi 60an, premium tetap aja gak diturunin :( .
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Masalah mobil diluar indo
Woi mereka tuh aspalnya bagus,hot mix,.Kualitas BBMnya juga bagus,.
Klo lo coba tes disini jelas asilnya beda wong oksigennya sana lebih padat krena udara suhunya ga tinggi2 amat and BBMnya selain iktannya tinggi juga energi yang terkandung didalamnya lebih tinggi ketimbang disini,.
Kalo masalah beda kondisi keadaan luar negeri vs dalam negeri, saya rasa memang ada perbedaan, tapi semestinya gak signifikan kalo memang majalah otomotif sini memperlakukan mobil sesuai speknya dan metode testnya sesuai dengan standard yg baku.

Maksudnya metode test sesuai standard (u/ 0-100) adalah:
- ngetes mobil jangan di jalan yg berlubang2, berpasir, tanjakan, turunan, belokan, dll......cari trek yg lurus datar, bagusnya sih di sirkuit.
- ngetes mobil jangan di jalan umum (walaupun sepi) karena bagaimana pun konsentrasi tester akan terpecah karena ketakutan nabrak pengguna jalan yg gak bersalah (gw bisa ngomong gini karena sering liat orang2 ngetes mobil di daerah kemayoran.....ya mana bisa maksimal hasilnya kalo konsentrasi terpecah2)
- BBM dikasi ke mobil yg sesuai spek (jaguar s type V6 kompresinya 10.5:1) sebaiknya dikasi pertamax plus supaya power bisa maksimal, kalo dikasi pertamax apalagi premium dan berakibat tenaga kedodoran........lalu dicatet hasil testnya di majalah dan ujung2 nya "membohongi/membodohi" customersnya.
- Test saat jalanan kering, dsb.....

Kalo soal aspal, sebenernya kalo ngomongin trek jalan raya, aspal di Indo juga gak kalah....sama2 hot mix, cuma bedanya gak terawat. Di LN pun (terutama negara 4 musim yg winternya cukup parah, engga semua jalan itu aspal hot mix, banyak juga yg pake konstruksi beton (nama lainnya cakar ayam/bebek yah? lupa.....), jadi kalo dijalanin cukup bising, ini dilakukan karena konstruksi begini lebih kuat apalagi pas digaruk sama snow plower buat minggirin salju.

Dan bukannya kita engga punya kualitas aspal yg bagus lho, kalo aja tester2 majalah itu mao ngetes di misalnya sirkuit sentul, kan itu lumayan bagus......cukup lah untuk ngetes mobil cuma kelas accord/camry/s-type.....kalo sampe mereka ngetes di jalan bolong2 abis itu publish hasilnya kan jadinya engga akurat.

Kalo soal ikatan molekul tinggi di BBM luar negeri saya gak ngerti deh bos....jujur aja, tapi kalo dipakein oktan yg sama, rasanya bedanya gak sampe 3 detik untuk mobil yg sama alias gak signifikan mustinya :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

GTR wrote:atau, ada rule semua tes akselerasi tanpa "Traction control" (traction control = off) adalah tidak valid yah...
menurut saya test dengan spin itu sangat valid bos GTR.

Tapi memang untuk mendapatkan waktu maksimal/waktu terbaik u/ 0-100, sebaiknya saat start itu tanpa spin, karena untuk mobil2 sport (terutama yg manual girboks) pasti waktu terbuang pada saat spin.....mobil belum jalan tapi waktu udah muter.
Nah untuk mobil2 eksotis yg pake automated manual girboks kelasnya ferrari, lambo, maserati, pagani, dll itu udah dilengkapi dengan "launch control", jadi abis start mobil, injek pedal rem, lalu kita tinggal aktif-in launch controlnya, tinggal siap2 start. Nah pada waktu kaki kita lepas dari pedal rem, komputer mobil langsung kalkulasi kombinasi yg paling pas traksi dengan tenaga yg dikeluarkan sehingga spin sangat minimal.....mobilpun langsung melesat sepersekian detik setelah kaki kita angkat dari pedal rem.
Tapi sayangnya corvette/viper/carrera GT aja kayaknya belom dilengkapi ini deh.

Nah idealnya semua mobil dilengkapi launch control jadi waktu terbaik bisa didapat, tapi kan engga semua mobil punya alat beginian apalagi kelasnya accord/camry/civic dll....., maka itu menurut saya mendingan (dan mungkin juga hasil lebih valid) kalo start pake spin dari pada pake "launch control buatan" alias dgn cara digelindingin spt metode Bro LowSpeed....(sekali lagi bukan saya bilang cara itu salah tapi mungkin hasil kurang akurat karena banyaknya variable "yg bergantung feeling" si pengemudi).
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

LowSpeed wrote:@risol,
sama2 om risol, gua juga cupu bgt dan cetek, maaf aja kalau salah tulis :)
ini paste link yang dulu pernah gua tulis,

http://kaskus.us/showpost.php?p=38229987&postcount=223
hahaha....saya juga maaf bos kalo salah2 kata......ya sama2 lah kita saling belajar. banyak juga ilmu yg saya dapetin nih dari bro LowSpeed....thanks :big_peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

LowSpeed wrote: kalau 325 e46 menurut gua gak responsif mgkn krn cuma ada varian matic cmiiw.
tapi kalau 323 e36 manual, ini baru kenceng, cmiiw :Peace:

hiu ? gak juga kok, gak semua yg bawa hiu pasti gila, di tol banyakan gua ngejer irit, jadi pakai econo driving akhir2 ini gigi 5 manteng di 2000rpm gelinding.
minyak 120 , bensin naik jadi 6000, sekarang minyak jadi 60an, premium tetap aja gak diturunin :( .
maksudnya kalo lagi jalan alon2, tiba2 ada galant hiu atau 325i motong dengan kencang, males ngeladeninnya bos..... :mrgreen: lagian juga vios susah ngejarnya hehehe.....
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote:With all due respect kepada semua nya (Bro Jose, LowSpeed, Paddock, GTR, dll) karena gw komentar melulu......karena gw masih dalam tahap belajar jadi tolong dikasi tau kalo teori gw salah:

Terlepas dari mobil mana yg paling kenceng, yg jadi pertanyaan gw adalah "emang kenapa sih kalo start dengan spin itu dibilang hasilnya tidak akurat?". Bukankah test 0-100 ditujukan untuk mengetahui kemampuan maksimal mobil dalam berakselerasi?
Soalnya setau saya, cara media2 dalam/luar negeri dalam mereview akselerasi atau cara pabrikan mobil untuk masukkin data akselerasi di brosurnya juga pakai test 0-100kpj dengan spin dan ini lah yg jamak dilakukan.

Walaupun untuk sebagian orang, start spin itu malah dianggap merugikan mobil2 bertransmisi MT karena pada waktu spin mobil masih diam ditempat walaupun penghitungan waktu sudah berjalan....
klo test 0-100 ada gejala spin, pasti hasil wkt nya ga akurat, krn sepersekian detiknya mungkin sudah terbuang ditempat sebab intinya kan nyari berapa wkt nya utk mobil itu bergerak kencang dari 0-100kmh.
Emang harusnya gitu test mobil bergerak maju kencang tanpa spin. Sebab klo cuma menghitung 0-100 tanpa ada pergerakkan maju, itu bs di test di dyno saja, dan hasilnya tentu beda. Krn test real nya, nyari reaksi mesin itu harus sambil memboyong berat mobilnya sambil melaju ke depan.
Kebetulan gw pernah test di hujan deras, dgn mobil m/t, lepas kopling dadakan, dari nol ke 100 naiknya sgt cepat, tp mobil br bergerak 5meter, malah sampe 120kmh gigi 3 masih spin. Ga akurat kan...cm civic 1.6ltr '96, ga terbayang klo ferrari, jgn2 smp 200kmh msh spin tp cm pindah tempat 3mtr.
Lg pula, 0-100 nyari wkt akselerasi yg berbarengan dgn pergerakkan mobil, liat saja di F1, hrs pinter2 main gas, krn klo asal bejek, yg ada wheelspin parah akhirnya tertinggal oleh mobil2 yg wheelspin nya msh minimal. Wheel spin itu gara2 ban nya hilang grip, sewaktu ban nya menemukan cengkeraman lagi, biasanya tenaga/rpm agak drop dikit dan br naik, wkt nya udah terbuang dulu. Jd yg efektif test dgn spin yg sgt minimal.

cm pendapat aja nih, klo test pk mobil yg ada traction ctrl atau lsd, mesti pinter2 atur gas jgn sampe si sensor gejalan spin nya aktif, klo aktif, otomatis fuel di cut hasilnya tenaga bukan naik tapi turun krn tertahan.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by roadtrain99 »

paddock wrote:Masalah mobil diluar indo
Woi mereka tuh aspalnya bagus,hot mix,.Kualitas BBMnya juga bagus,.
Klo lo coba tes disini jelas asilnya beda wong oksigennya sana lebih padat krena udara suhunya ga tinggi2 amat and BBMnya selain iktannya tinggi juga energi yang terkandung didalamnya lebih tinggi ketimbang disini,...
ni makanya jgn kita terlalu terpaut dgn hasil2 test car&driver, road&track import mags atau majalah lokal lisensi luar yg msh sebagian isi nya ngambil saduran dr luar. Yah kasih toleransi 1 dtk lebih lambat lah utk real nya gitu, secara bbm dan aspal sini ga sebagus sana.

soal suhu blm tentu bro, negara yg mana dulu? spt di malaysia, thailand phillipines negara2 yg berada di daerah equator beriklim humid dan suhu msh = indo
Dan klo negara2 yg punya 4 musim, klo lg musim panas, udara nya panas jg. Makanya gw sempet liat majalah, yg hasil test mobil nya dgn menuliskan suhu & humidity sewkt test. Kyknya klo liat2 sih rata2 majalah2 itu test pas autumn/spring. Padat/ga nya o2, tergantung ketinggian tempat. Semakin tinggi, o2 semakin tipis tp suhu turun.
jd pinter2 cr tempat buat test & ban yang okeh kali ya...
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

untuk negara macam philipines thailand or asean ya rata2 memang sama,.Tapi klo dari eropa atau amerika pasti beda jauh,.Sepanas panasnya musim panas mereka atau selama2 nya matahari menyinari selama summer suhu udara mereka masih belum sepanas negara tropis.Sampai Michael Schumacher ngasih joke klo balapan di sepang and kebelet pipis keluarin aja di celana toh gampang nguap.

Makanya itu klo bandingin komparasi majalah juga harus apple to apple,.Misal komparasi indo vs thailand or malay karena secara geografis mirip2 juga mobilnya rata2 speknya sama,.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Lagian spin2 itu hanya hasil yang fake,.Benar yang dikatakan road 99,.
Klo spin2 0-100 km/jam cuma menghasilkan 3 meter jalan berarti secara perpindahan dia minim sedangkan lawannya yang no spin mungkin sudah jauh meninggalkan,.

Ya kan sensor speedometer kan hanya menhitung putaran roda x diameter roda (velg+ban),.Dia ga ngurus mau spin ato ga,.Klo diukur ma GPS yang pake vektor perpindahan seharusnya hasil 0-100 kpj hasilnya beda,.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
GTR wrote:atau, ada rule semua tes akselerasi tanpa "Traction control" (traction control = off) adalah tidak valid yah...
menurut saya test dengan spin itu sangat valid bos GTR.

Tapi memang untuk mendapatkan waktu maksimal/waktu terbaik u/ 0-100, sebaiknya saat start itu tanpa spin, karena untuk mobil2 sport (terutama yg manual girboks) pasti waktu terbuang pada saat spin.....mobil belum jalan tapi waktu udah muter.
Nah untuk mobil2 eksotis yg pake automated manual girboks kelasnya ferrari, lambo, maserati, pagani, dll itu udah dilengkapi dengan "launch control", jadi abis start mobil, injek pedal rem, lalu kita tinggal aktif-in launch controlnya, tinggal siap2 start. Nah pada waktu kaki kita lepas dari pedal rem, komputer mobil langsung kalkulasi kombinasi yg paling pas traksi dengan tenaga yg dikeluarkan sehingga spin sangat minimal.....mobilpun langsung melesat sepersekian detik setelah kaki kita angkat dari pedal rem.
Tapi sayangnya corvette/viper/carrera GT aja kayaknya belom dilengkapi ini deh.

Nah idealnya semua mobil dilengkapi launch control jadi waktu terbaik bisa didapat, tapi kan engga semua mobil punya alat beginian apalagi kelasnya accord/camry/civic dll....., maka itu menurut saya mendingan (dan mungkin juga hasil lebih valid) kalo start pake spin dari pada pake "launch control buatan" alias dgn cara digelindingin spt metode Bro LowSpeed....(sekali lagi bukan saya bilang cara itu salah tapi mungkin hasil kurang akurat karena banyaknya variable "yg bergantung feeling" si pengemudi).
Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

@Low Speed

Low Speed itu judul lagu yang diputer waktu nicholas cage mau nyuri mobil yah di gone in 60 second?

Lapor
Kemaren ngetest 0-100 km/h NO SPIN soluna ane cuma dapet 9,8 detik,.Hiks3x jauh bgt ma ente yang 8 detikan,.Stopwatch seh,hehe,.Apalagi tangan kanan megang Hape,jadi sempet terhambat shift 1 ke 2,.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

masih belum mengerti ya;
saat mobil masih diam, kecepatannya berapa ? = 0kmh kan.
kemudian berakselerasi dgn spin (loosing traksi berkurang bbrp saat awal);
saat sudah bergerak mencapai 100kmh, kecepatannya berapa? = 100kmh

waktu tempuh terbaik meraih bergerak @ kecepatan ini (100kmh) yg diukur.

sekali lagi ini meraih percepatan, bukan jarak; kalo meraih jarak itu = drag race.

atau dibalik;
mobil tanpa ABS deselerasi(hardbraking) dari 100kmh to 0kmh, anggap saja baru sebagian (sekitar 50%) dari waktu tempuh nya sebagian roda2nya sudah "locking" speedo @0kmh (tanpa traksi), namun tetap bergerak sampai perlahan akhirnya berhenti.
tetap prinsip yg dihitung itu :
dari bergerak @100kmh sampai berhenti total @0kmh, walaupun sebagian roda locking (sebagian waktu tempuh tanpa traksi).

paddock wrote: Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
Last edited by GTR on Wed Oct 29, 2008 13:44, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

sensor speedo bukan di flywheel bro, tapi setelah "lewat" gear; kalo di flywheel nanti naik turun speedonya ikut naik turun rpm mesin/pedal gas atuh.

great corolla mencata error segitu juga bukan karena spin kan; tapi memang simpangan spt juga hampir semua speedometer, tapi kita bukan membicarakan simpangan disini.
walaupun speedo great corolla kalo sampai menyimpang lebih dari 12% agak aneh juga secara avanza aja tidak sampai segitu.
OK asumsi menyimpang segitu persen, maka yg dites (real 0-100) pada speedo memang harusnya adalah 0 s/d ~113kmh.
paddock wrote: Waktu finish speedo nunjuk 110 kpj gigi 2 dengan great corolla gue,.Tapi di sensor lintasan cuma 98 kpj,.

berarti sensor speedo cuma baca dari putaran flywheel tanpa perduli panjang lintasan yang telah dilalui dan hasilnya ga akurat,.
Sedangkan sensor kecepatan di lintasan hitung waktu mirip speed gun,.,
Last edited by GTR on Wed Oct 29, 2008 13:53, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

mari lihat video acceleration test, mayan bagus juga buat dilihat:

by Insideline, lihat tes regular acceleration “SPIN” diukur instrumented via “speedgun” mereka mulai time 2:40- :
http://www.youtube.com/watch?v=CuIAbvj0Te0

by Insideline, tes akselerasi GTR R35 mulai time 0:46- & slowmotion mulai time 1:41-:
Setting "wajib" : VDC-R = set ke off (traction control= off); damper = set ke "R"; DSG = set ke manual mode; hold brake; Full throttle - mesin otomatis ditahan di 4500rpm walaupun full throttle; setelah tinggal release Brake, & BAM.. selanjutnya tinggal lihat video ini.....
http://www.youtube.com/watch?v=yDoJdQXmwu8

by Insideline; M3 (spin s/d 3rd gear):
http://www.youtube.com/watch?v=Cu7uy6m4 ... re=channel

by insideline; ZR1 :
http://www.youtube.com/watch?v=7mEz2kJP ... re=channel

by Insideline; C63 AMG:
http://www.youtube.com/watch?v=AippEE6vI7Y

by Insideline; Ariel Atom (time 0:35-)
http://www.youtube.com/watch?v=I2a6ypw4Z_U

by Insideline; Z06 vs GT 500KR:
http://www.youtube.com/watch?v=WIPBP-9TUnQ

by Insideline; Dodge Charger SRT8 (time 1:13-):
http://www.youtube.com/watch?v=V9EMsiojNQ8

spin "ideal" (bukan "burn-out") dalam akselerasi untuk mencapai waktu tempuh terbaik bergerak @ kecepatan tertentu adalah untuk maintain momentum penyaluran tenaga yg ideal utk launch start.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

Anda pernah tes akselerasi spin dgn GPS kah?
asumsi simpangan 2-3% saja, which is hanya memberikan beda 0,1-0,2sec relatif.

kalo anda lihat;
saat berhenti : speedo = 0kmh juga di GPS = 0kmh.
saat spin awal puluhan meter pertama:
speedo ........... = 20kmh 30kmh 40kmh (atau bisa terjadi kembali turun lagi sedikit menjelang spin selesai & grip);
GPS (speed real) = 1,3,5,8,10,....40kmh.

yap persis saat spin selesai tidak ada friksi (asumsi @40kmh); speedo dan real speed (GPS) sudah kurang lebih sama (persis seperti kita melakukan pantau simpangan speedometer dan GPS ussual aselerasi deselerasi driving); s/d bergerak diindikasikan 100kmh oleh kedua instrument.

paddock wrote: Ya kan sensor speedometer kan hanya menhitung putaran roda x diameter roda (velg+ban),.Dia ga ngurus mau spin ato ga,.Klo diukur ma GPS yang pake vektor perpindahan seharusnya hasil 0-100 kpj hasilnya beda,.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
makanya bro Paddock liat lagi tulisan saya diatas.....
saya gak bilang sangat akurat, tapi sangat valid sbg metode pengetesan (apalagi dibanding metode gelinding)

karena begini:
Kalo mao bener2 mendapat hasil terbaik/tercepat untuk 0-100kpj, semua mobil terutama yg MT harusnya pake launch control kaya yg dipake sama mobil2 sekelas ferrari. karena launch control itu bisa mengkalkulasi scr elektronik kombinasi antara traksi dan tenaga terbaik pada saat start, jadi start gak pake spin dan mobil start sendiri....kita gak perlu lakukan apa2.....)

Kontrol traksi saja sebenernya tidak cukup untuk mendapat hasil waktu terbaik karena:
kalo kontrol traksi ON, spt kata bro roadtrain99, mobil akan berasa ngeden pada waktu kita bejek gas pada saat akselerasi karena kontrol traksi akan interfere......, Kalo kita OFF kan, maka mobil akan spin.
Jadi memang yg paling ideal itu kalo kita pake Launch Control........

TAPI.....gimana kalo kita ngetes mobil2 yg gak punya kedua fitur itu?? (launch control dan kontrol traksi)....macam sekelas accord/galant/soluna, dll??
Kalo kedua fitur gak ada, berarti kita cuma punya satu cara yg paling valid yaitu start dengan spin.....

Kalo ngetes mobil yg punya kontrol traksi, bisa dibikin 2 kategori sebenernya:
kontrol traksi OFF dan kontrol traksi ON.........nah menurut saya keduanya cukup valid karena gak ada interfensi dari "faktor feeling" si tester.
Tapi majalah2 (termasuk juga majalah2 dalam negeri yg ente lebih percayai), gw bilang juga memakai cara kontrol traksi OFF (cara spin) karena biasanya hasil lebih cepat.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Lagian spin2 itu hanya hasil yang fake,.Benar yang dikatakan road 99,.
Klo spin2 0-100 km/jam cuma menghasilkan 3 meter jalan berarti secara perpindahan dia minim sedangkan lawannya yang no spin mungkin sudah jauh meninggalkan.
Kalo mao berdiskusi secara intelek, ya jangan mencari-cari keadaan yg terlalu dibuat2 lah bro.....
Kita kan lagi ngomongin start mobil2 biasa.....yg drivernya juga udah ngerti gimana cara start yg normal.....masa start sampe 100kpj spinnya?? itu ngukur 0-100 atau mao burnout?

Kalaupun nih....driver accord/galant nge-spin sampe 100kpj pada saat start (walaupun saya ragu bisa) dan mobil baru berjalan 3 meter, sebagai orang normal....masa sih tu driver langsung matiin mesin dan bilang "waktu saya u/ 0-100 cuma 2 detik???" hehehe.....kan engga?

Balik ke pertanyaan awal yaitu pas speedo menunjukkan 100kpj walaupun ban udah engga spin lagi semenjak 45kpj, kenapa tetep dibilang mobil BUKAN berjalan pada 100kpj??? atau kenapa tetep dibilang mobil bukan berjalan di kecepatan realnya walaupun ban udah gak spin semenjak 45kpj???, padahal kita udah sama2 setuju bahwa simpangan terjadi pada 0-45kpj saja.

Jangan dibelok2in sampe ke ferrari start spin 150kpj lah? ferrari start spin ditahan tembok lah? atau honda civic ferio thn 96 yg dari start sampe ke 120kpj masih spin lah.......hehehe.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:untuk negara macam philipines thailand or asean ya rata2 memang sama,.Tapi klo dari eropa atau amerika pasti beda jauh,.Sepanas panasnya musim panas mereka atau selama2 nya matahari menyinari selama summer suhu udara mereka masih belum sepanas negara tropis.
Musim panas amerika tetep lebih adem dari tropis?
Jawabannya tergantung......
Kalo di negara2 bagian yg ada di selatan kaya Texas, Arizona, New Mexico, bahkan Nevada (Arizona dan Nevada malahan banyak dijadikan track untuk ngetes mobil karena sebagian besar adalah gurun dan letaknya yg dekat dengan california/LA-state dgn penjualan mobil terbesar di seluruh US) itu kalo lagi musim panas jauh lebih panas dari Indonesia. DI negara2 bagian tsb, kalo lagi panas2 nya bisa diatas 110F (lebih dari 43.3 derajat celcius).

Tapi kenapa rasanya lebih panas di indo?
Karena di indo lebih humid (lebih lembab), itu juga yg bikin michael schumacher kegerahan.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

paddock wrote:Makanya itu klo bandingin komparasi majalah juga harus apple to apple,.Misal komparasi indo vs thailand or malay karena secara geografis mirip2 juga mobilnya rata2 speknya sama,.
Ok deh, sekarang coba jelasin dulu dengan logika yg masuk akal......jangan dibelokkin lagi nih bos....

Kenapa autobild Indonesia bilang bahwa:
akselerasi innova 2.7 4AT sama dengan Jag V6 6AT?
Ini sama2 di test oleh autobild Indo lho......juga kondisi kedua mobil sama2 baru lho....
Logikanya kan mustinya jag yg sedan, tenaga dan torsi yg jauh lebih besar bisa menang dong lawan innova? Inikan artinya either Autobild salah tulis hasilnya innova atau salah tulis hasilnya jag?
Soalnya saya yakin kalo innova di test sama media luar, pasti hasilnya beda dengan hasil jag 3000cc.

Bukannya semata2 kita harus percaya media luar lho (mereka juga pernah salah cetak dan biasanya di edisi berikutnya langsung dibombardir sama pembacanya), tapi kadang2 kita juga harus mengakui bahwa kadang2 media dalam negeri either salah cetak atau ngetes mobilnya dengan tidak maksimal......

Maksudnya tidak maksimal adalah bukan karena aspal kurang bagus, udara kurang dingin, dsb.....kalo cuma itu bedanya hasilnya gak mungkin jauh beda, tapi menurut saya kepada kesungguhan media2 tsb untuk menyajikan yg terbaik bagi pembacanya. Karena takutnya media sini udah diintervensi oleh pabrikan/ATPM/IU supaya ngetes mobilnya jangan keras2 karena mobilnya mao dijual lagi ke konsumen, atau tolong dong nulisnya jangan terlalu jelek2 kalo engga entar gak dipinjemin mobil lagi lho, dsb.....
Nah, balik ke contoh diatas, mungkin waktu mereka ngetes jag, PT grandauto dinamika (ATPM JAg di INdo) bisikin kali "Bung ni mobil testnya jangan keras2, karena mungkin udah dibeli orang, dsb", jadi hasil bisa pelan

Cara atau metode2 pengujian juga gak jelas, sering saya baca pas mereka mao ngetes akselerasi atau top speed, tiba2 mereka bilang "mobil baru berlari sampe 180kpj di tol, tapi harus direm karena keadaan tol yg ramai", dll......dan apakah kita juga yakin mereka menggunakan alat2 yg memadai....jangan2 kaya kita juga lagi pake stopwatch hehehe.....

Kalo media luar, dia orang mao keluar modal, bayangin aja bugatti veyron aja (mobil limited production yg harganya lebih dari 1 juta USD) aja di top speed-in sampe 407kpj........disini, mungkin mazda RX8 aja gak dikasi kali sama IUnya untuk ditopspeed-in.

Sekali lagi, bukan membela tabloid luar, hanya saja kadang2 kita harus juga mengakui bahwa tabloid sini gak selalu bener terus......
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Supaya Ga rancu gini gue coba mengklarifikasi beberapa komen gue yang salah
Speedometer sensornya dari flywheel

Ini yang bener dari wikipedia
Cara kerja speedometer

Ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan

* Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian dirubah untuk menggerakkan jaruk kecepatan.

* Elektronic, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang medeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.

* GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.


Jadi ga mungkin GPS atau speedo bergerak berbarengan,.Klo ada yang bilang klo spin GPS tetep bertambah sama kayak speedo

Coba aja test di dyno apakah GPS juga menunjukkan perubahan kecepatan
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
m

TAPI.....gimana kalo kita ngetes mobil2 yg gak punya kedua fitur itu?? (launch control dan kontrol traksi)....macam sekelas accord/galant/soluna, dll??
Kalo kedua fitur gak ada, berarti kita cuma punya satu cara yg paling valid yaitu start dengan spin.....

Kalo ngetes mobil yg punya kontrol traksi, bisa dibikin 2 kategori sebenernya:
kontrol traksi OFF dan kontrol traksi ON.........nah menurut saya keduanya cukup valid karena gak ada interfensi dari "faktor feeling" si tester.
Tapi majalah2 (termasuk juga majalah2 dalam negeri yg ente lebih percayai), gw bilang juga memakai cara kontrol traksi OFF (cara spin) karena biasanya hasil lebih cepat.
Ngapain juga start mobil selalu spin,justru merugikan waktu.Coba buka rpm di 2500,klo kondisi ban baik juga kaga spin.
Mobil gue buka di 3000 rpm juga ga spin.Mungkin ferrari buka di 5000 ga spin who knows?

Bisa buyar deh klo semua media otomotif ikutin cara loe klo 0-100 km/h musti pake spin..

Ga semua tester majalah otomotif di sini geblek sampe spin2 panjang ato ga perlu
Klo sekelas Fitra Eri pembalap sentul masak spin seh?
Klo sekelas kita masih wajarlah spin..
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Risol1 wrote:
paddock wrote:Lagian spin2 itu hanya hasil yang fake,.Benar yang dikatakan road 99,.
Klo spin2 0-100 km/jam cuma menghasilkan 3 meter jalan berarti secara perpindahan dia minim sedangkan lawannya yang no spin mungkin sudah jauh meninggalkan.
Kalo mao berdiskusi secara intelek, ya jangan mencari-cari keadaan yg terlalu dibuat2 lah bro.....
Kita kan lagi ngomongin start mobil2 biasa.....yg drivernya juga udah ngerti gimana cara start yg normal.....masa start sampe 100kpj spinnya?? itu ngukur 0-100 atau mao burnout?

Kalaupun nih....driver accord/galant nge-spin sampe 100kpj pada saat start (walaupun saya ragu bisa) dan mobil baru berjalan 3 meter, sebagai orang normal....masa sih tu driver langsung matiin mesin dan bilang "waktu saya u/ 0-100 cuma 2 detik???" hehehe.....kan engga?

Balik ke pertanyaan awal yaitu pas speedo menunjukkan 100kpj walaupun ban udah engga spin lagi semenjak 45kpj, kenapa tetep dibilang mobil BUKAN berjalan pada 100kpj??? atau kenapa tetep dibilang mobil bukan berjalan di kecepatan realnya walaupun ban udah gak spin semenjak 45kpj???, padahal kita udah sama2 setuju bahwa simpangan terjadi pada 0-45kpj saja.

Jangan dibelok2in sampe ke ferrari start spin 150kpj lah? ferrari start spin ditahan tembok lah? atau honda civic ferio thn 96 yg dari start sampe ke 120kpj masih spin lah.......hehehe.....
Makanya bro definisikan spin Loe.,

Lu sendiri bilang hasil spin sangat valid,tapi spin kaya gimana? menurut gue spin sampe 40 km/h tuh sudah worse,.

Makanya itu karena lu ga berikan penjelasan mengenai spin yang valid,ya gue bilang klo spin sampe 100 km/h (mungkin spin diatas es,bisa dihitung valid dunk)

Jangan anda menyalahkan orang lain tapi berkaca dan koreksi dulu pernyataan anda..Bisa jadi yang salah bukan saya saja tapi anda juga salah.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

GTR wrote:masih belum mengerti ya;
saat mobil masih diam, kecepatannya berapa ? = 0kmh kan.
kemudian berakselerasi dgn spin (loosing traksi berkurang bbrp saat awal);
saat sudah bergerak mencapai 100kmh, kecepatannya berapa? = 100kmh

waktu tempuh terbaik meraih bergerak @ kecepatan ini (100kmh) yg diukur.

sekali lagi ini meraih percepatan, bukan jarak; kalo meraih jarak itu = drag race.

atau dibalik;
mobil tanpa ABS deselerasi(hardbraking) dari 100kmh to 0kmh, anggap saja baru sebagian (sekitar 50%) dari waktu tempuh nya sebagian roda2nya sudah "locking" speedo @0kmh (tanpa traksi), namun tetap bergerak sampai perlahan akhirnya berhenti.
tetap prinsip yg dihitung itu :
dari bergerak @100kmh sampai berhenti total @0kmh, walaupun sebagian roda locking (sebagian waktu tempuh tanpa traksi).

paddock wrote: Klo start dengan spin sangat akurat start aja di atas mesin dyno,.wakakaka
Gue belum pernah sampe mengunci..Klo dari komen anda bahwa
sensor speedo bukan di flywheel bro, tapi setelah "lewat" gear; kalo di flywheel nanti naik turun speedonya ikut naik turun rpm mesin/pedal gas atuh.

Berarti klo ban mengunci,berarti gear juga berhenti berputar=speedometer 0 juga kan?
Klo dari 100 kpj direm sampe mengunci dan berhenti,berarti seharusnya speedo=0 km/h
Padahal masih ada perpindahan.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

GTR wrote:sensor speedo bukan di flywheel bro, tapi setelah "lewat" gear; kalo di flywheel nanti naik turun speedonya ikut naik turun rpm mesin/pedal gas atuh.

great corolla mencata error segitu juga bukan karena spin kan; tapi memang simpangan spt juga hampir semua speedometer, tapi kita bukan membicarakan simpangan disini.
walaupun speedo great corolla kalo sampai menyimpang lebih dari 12% agak aneh juga secara avanza aja tidak sampai segitu.
OK asumsi menyimpang segitu persen, maka yg dites (real 0-100) pada speedo memang harusnya adalah 0 s/d ~113kmh.
paddock wrote: Waktu finish speedo nunjuk 110 kpj gigi 2 dengan great corolla gue,.Tapi di sensor lintasan cuma 98 kpj,.

berarti sensor speedo cuma baca dari putaran flywheel tanpa perduli panjang lintasan yang telah dilalui dan hasilnya ga akurat,.
Sedangkan sensor kecepatan di lintasan hitung waktu mirip speed gun,.,
Oh berarti mobil normalnya ga sampe 12 persen kesalahannya yah? Dan greco gue error yah? klo ini gimana? makanya jangan sok tahu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

GTR wrote:Anda pernah tes akselerasi spin dgn GPS kah?
asumsi simpangan 2-3% saja, which is hanya memberikan beda 0,1-0,2sec relatif.

kalo anda lihat;
saat berhenti : speedo = 0kmh juga di GPS = 0kmh.
saat spin awal puluhan meter pertama:
speedo ........... = 20kmh 30kmh 40kmh (atau bisa terjadi kembali turun lagi sedikit menjelang spin selesai & grip);
GPS (speed real) = 1,3,5,8,10,....40kmh.

yap persis saat spin selesai tidak ada friksi (asumsi @40kmh); speedo dan real speed (GPS) sudah kurang lebih sama (persis seperti kita melakukan pantau simpangan speedometer dan GPS ussual aselerasi deselerasi driving); s/d bergerak diindikasikan 100kmh oleh kedua instrument.

paddock wrote: Ya kan sensor speedometer kan hanya menhitung putaran roda x diameter roda (velg+ban),.Dia ga ngurus mau spin ato ga,.Klo diukur ma GPS yang pake vektor perpindahan seharusnya hasil 0-100 kpj hasilnya beda,.

Penyimpangan hanya 2-3 persen saja? Wuakakakakakakakka
Lihat neh,.Malah ada yang sampe beda 24%..
http://saft7.com/?p=270

bro GTR,saya beritahu sekali lagi prinsip kerja GPS adalah menghitung perubahan koordinat posisi dari semula..

Klo anda maksain bahwa speedometer mobil dan GPS hanya beda 2-3% (walaupun bisa lbih dari itu) berarti klo saya diatas mesin dyno dan melaju sampe 180 kpj,berarti di GPS harusnya 180 Kpj juga yah? Kan kata ente perbedaan speedo ma GPS hanya 2-3 persen

Selamat bro GTR anda mendapatkan gelar professor dari MIT atas dasar teori anda,hahaha

terserah deh mau gelar professor GPS and speedometer atau gelar professor car and driver,accord is 6,6 detik