Subaru Impreza WRX vs Honda S2000 vs Lancer Evolution

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

:wink:
to : Bung DigitALL

Wah, saya ga percaya bung ga tau generasi Lancer EVO SAMPE DETIL, soalnya kan bung fans berat Mitsubishi...

Well, ada beberapa Lancer Evolution yg pernah dibuat:
1. Mitsubishi Lancer RS (Evo I) (1993) buat gantiin Galant VR4 di ajang rally. Tapi masih pake komponen VR4

2. Mitsubishi Lancer Evo II (1994)

3. Mitsubishi Lancer Evo III debut (1995) di rally Australia, 266hp

4. Mitsubishi Lancer Evo IV (1997) dilengkapi new twin-scroll turbocharger dan diferensial yg lebih compact, 276hp

5. Mitsubishi Lancer Evo V (1998). Generasi ini membuat Tommi Makinen merebut juara dunia WRC 1998 dan merupakan gelar ketiganya. Juga membuat Mitsubishi meraih juara constructor 1998.

6. Mitsubishi Lancer Evo VI (1999) uuhh, inilah mobil terakhir Makinen menjadi juara dunia di 1999.

7. Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition (2001), Lancer paling eksklusif (limited edition) mesin sama dgn Evo VI lain tapi tampilan seperti versi rally dgn strip hitam-silver juga termasuk velgnya sama dgn versi rally. Lancer ini dilengkapi sertifikat pemilik soalnya dibuat terbatas, Lancer ini juga ada beberapa di Indonesia lho, salah satunya kalo ga salah milik Ricardo Gelael. (Salah satu favorit saya & Lancer paling keren).

8. Mitsubishi RS450 (2001) berbasis Evo VI tapi twin turbo (450hp). Inilah Lancer yg paling bertenaga yg pernah dibuat (spec Inggris).

9. Mitsubishi Lancer Evo VI Rally Model (2001), model ini serupa tapi tak sama dgn Evo VI Rally sebelumnya krn memakai sebagian part Evo VII tapi body Evo VI makanya disebut Evo 6,5.

10. Mitsubishi Lancer Evo VII (2001), dengan mobil ini Mitsubishi terpuruk di ajang WRC. TENAGA 280hp.

11. Mitsubishi Lancer Evo VIII (2003), pengembangan Evo VII dengan beberapa perubahan tampilan. Pada musim 2003 Mitsubishi absen dari ajang WRC.

12. Mitsubishi Lancer Evo VIII FQ300 (2003) 300hp hasil racikan Ralliart (spec Inggris).

13. Mitsubishi Lancer WRC (2004), hasil racikan Mitsubishi Motor Sports, 300hp, ini merupakan versi buat WRC.

14. Mitsubihi Lancer Evo VIII FQ330 (2004) hasil pengembangan FQ300, bertenaga 330hp.

15. Mitsubishi Lancer Evo VIII MR (2004), 280hp (spec Jepang) seperti yg dipakai Sultan Djorgie.

Well, mesin 4G63 yg dipakai sama buat semua generasi tapi ada beberapa pengembangan dari generasi ke generasi.

OK, cuma itu yg saya tahu. Thanks atas perhatiannya. :D [/img][/list]
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Lengkap sekali sejarah perjalanannya Lancer Evo ... Thanks banget ya bung WP.
Wah, saya ga percaya bung ga tau generasi Lancer EVO SAMPE DETIL, soalnya kan bung fans berat Mitsubishi...
Iya nih maklum soalnya gw kan masuk ke dunia otomotif masih terbilang baru. Jadi sejarah detil Lancer hanya tau yang akhir2 ini aja.

Gw jadi penasaran dengan bentuk mobil Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition (2001) itu. Apakah bung WP punya gambarnya ?

Berarti dulu Galant VR4 itu masih menggunakan bodi Mitsubishi ETERNA ya ? (sebelum beralih ke Lancer RS / Evo I).

Berarti paling hebat performanya adalah Mitsubishi RS450 (2001) berbasis Evo VI dan twin turbo (450hp).
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

:)

[/quote]


Gw jadi penasaran dengan bentuk mobil Mitsubishi Lancer Evo VI Tommi Makinen Edition (2001) itu. Apakah bung WP punya gambarnya ?

Berarti dulu Galant VR4 itu masih menggunakan bodi Mitsubishi ETERNA ya ? (sebelum beralih ke Lancer RS / Evo I).

Berarti paling hebat performanya adalah Mitsubishi RS450 (2001) berbasis Evo VI dan twin turbo (450hp).[/quote]

Kalau Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition (2001) pernah muncul di beberapa majalah/tabloid (OTOMOTIF, OTOSPORT, AUTOCAR) di Indonesia pada tahun 2001-2002 juga ada di brosur Mitsubishi pada Jakarta Motor Show 2000 kalo ga salah..

Ya persis seperti Eterna di sini tapi 4WD. Anyway di sini dikasih nama Eterna soalnya dulu Galant kurang laku, baru pada tahun 1993 balik ke nama Galant lagi. Di Jepang Eterna 1991 adalah versi hatchback Galant, bentuknya mirip Toyota Corolla Liftback atau Ford Telstar Challenge di Indonesia.

Di Eropa Mitsubishi Lancer Evolution bernama Mitsubishi Carisma GT. Makanya di WRC zaman Makinen Mitsubishi pakai 2 mobil buat 2 perelinya, Mitsubishi Lancer Evolution buat pereli pertama (dulu Makinen) dan Mitsubishi Carisma GT buat pereli kedua. Tapi 2 mobil tersebut sama saja cuma beda nama. Oh ya di Eropa dulu ada Carisma tapi ga ada Lancer (kecuali Evolution di Inggris tapi ga ada Lancer biasa kaya di sini).

Setahu saya Mitsubishi RS450 adalah Lancer terkuat (450hp) keluaran pabrikan (karerna Ralliart adalah part racing resmi pabrikan).
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Asik. lengkap n detil ... Thanks bung WP. Oke nanti gw coba search dulu gambar Evo VI Makinen.
Eterna 4WD nya pernah masuk Indo ?

Sekali lagi thanks !
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

:)
Kalau yg dimaksud Galant VR4, pernah masuk sini & dipakai beberapa pereli nasional grup A. Tapi sekarang udah jarang berhubung kejurnas grup A sempat vakum.
Oh ya, tempo hari kayaknya ada VR4 bekas yg dijual. Tahun 1993 Specnya: 4WD, 4WS, 3000cc turbo buat reli, harganya sekitar 50jt . Kali aja bung DigitALL mau beli buat koleksi...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Wah3x..... Thanks ya bung WP atas infonya...

Ngomong2 Klipingnya mas WP banyak amat ya....
Sepertinya udah kayak Ensiklopedi aja.....he...he...he...

Kalo Galant VR4 memang dulu terkenal banget dengan rally2 nya.....
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WP wrote::)
harganya sekitar 50jt . Kali aja bung DigitALL mau beli buat koleksi...
Wah boleh tuh sarannya buat bung digitall, ambil aja buat One Night Race tahun depan.... kan masih ada waktu setahun untuk permak sana-sini..... :lol:
Daripada pake E Class buat drag race, mendingan pake Galant VR4 yang udah ketahuan namanya....... :e-dance:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Kalo E-Class kan berat, buat versi paling top aja, E55 AMG pasti masih bisa kalah kalo treknya cuma 201m, apalagi mobil seperti itu tarikan awalnya agak lambat...(setidaknya menurut saya) :)
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

evo 8 mah sekarang kaya kacang goreng banyak banget pa lagi versi MR nya... wehh
kemaren pas gue ikut onr1 temen gue pake Evo 8 mr spec standar cuman ganti downpipe , plat kopling sama ecu ... nembush 8,3...
pas ke 3 gak ikut
, Kalo evo yang pake Sultan bukan punya dia itu punya Pak Deddy pemilik subaru wrx juga ikutan warna biru.. , evo kuning itu udah full spec di ganti semua nya jeroan.. subarunya juga.. si sultan cuman di suruh bawa ajah...

kalo evo sama subaru di adu pas masih menang evo dikit... cuman subaru Sti spec C gahar tuh bener2 saingan ya evo MR..
gue punya semua videonya pengetesan balap nya spec standar nya masing2.. kalo S2000 lain kelas soalnya dia bukan mobil Gurp a.. yang standarnya 280 hp.. dia masuk 250 hp.. lawanya yah nissan silvia, integra..,
lain kalo udah di tune.. tergantung tune nya..
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

wah.....evo8 kapan turun jadi 200jt an ya.....he....he...he.....
Mimpi boleh dong........he.....he......he......
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Takumi wrote:evo 8 mah sekarang kaya kacang goreng banyak banget pa lagi versi MR nya... wehh
kemaren pas gue ikut onr1 temen gue pake Evo 8 mr spec standar cuman ganti downpipe , plat kopling sama ecu ... nembush 8,3...
pas ke 3 gak ikut
, Kalo evo yang pake Sultan bukan punya dia itu punya Pak Deddy pemilik subaru wrx juga ikutan warna biru.. , evo kuning itu udah full spec di ganti semua nya jeroan.. subarunya juga.. si sultan cuman di suruh bawa ajah...

kalo evo sama subaru di adu pas masih menang evo dikit... cuman subaru Sti spec C gahar tuh bener2 saingan ya evo MR..
gue punya semua videonya pengetesan balap nya spec standar nya masing2.. kalo S2000 lain kelas soalnya dia bukan mobil Gurp a.. yang standarnya 280 hp.. dia masuk 250 hp.. lawanya yah nissan silvia, integra..,
lain kalo udah di tune.. tergantung tune nya..
Oh punya dia, Ya dia juga punya Impreza Spec C dan dia pernah pinjamin tuh mobil2 (Evo VIII & Spec C) sama majalah Autobild Indonesia buat dites mana yg lebih unggul....
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Oh ya, tempo hari kayaknya ada VR4 bekas yg dijual. Tahun 1993 Specnya: 4WD, 4WS, 3000cc turbo buat reli, harganya sekitar 50jt . Kali aja bung DigitALL mau beli buat koleksi...
Makasih bung WP atas penawarannya. Tapi gw sih lagi ngincer Lancer Evo VIII MR nih. Kalo VR4 modelnya udah usang, jadi kurang pas untuk dimodif2 lagi.

Emang sih dengan harga 50 jt udah dapet segudang performa, tapi modelnya itu gw udah bosen. Heheehe =)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo E-Class kan berat, buat versi paling top aja, E55 AMG pasti masih bisa kalah kalo treknya cuma 201m, apalagi mobil seperti itu tarikan awalnya agak lambat...(setidaknya menurut saya)
Ya E55 unggul di trek panjang aja. Kalo drag race sih bukan dia jagonya.
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

DigitALL wrote: Makasih bung WP atas penawarannya. Tapi gw sih lagi ngincer Lancer Evo VIII MR nih. Kalo VR4 modelnya udah usang, jadi kurang pas untuk dimodif2 lagi.

Emang sih dengan harga 50 jt udah dapet segudang performa, tapi modelnya itu gw udah bosen. Heheehe =)
VR4 emang 50 jt dengan segudang peforma .. tapi juga segudang Masalah dan prob yang bikin repot .. , bukan dr mobil nya tapi dari umur nya.. gue ajah punya mobil taun 95 udah cape ngurusnya , perbaikan di sana sini , benerin , ganti dst..
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Takumi wrote: bukan dr mobil nya tapi dari umur nya.. gue ajah punya mobil taun 95 udah cape ngurusnya , perbaikan di sana sini , benerin , ganti dst..
Diganti karena rusak atau karena ingin performa yang lebih tinggi?
Kalo ingin performa yang lebih bagus sih wajar lah....kalo ganti karena sebentar2 rusak itu yang bikin pusing...... :lol:
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

handling wrote:
Diganti karena rusak atau karena ingin performa yang lebih tinggi?
Kalo ingin performa yang lebih bagus sih wajar lah....kalo ganti karena sebentar2 rusak itu yang bikin pusing...... :lol:
dibilangin karena umur.. , udah tua , karet nya udah getes, rusak.. , karat dimana2.. baut dah kendor2,aus.. dll.. cape deh.. enakan mobil baru..
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

VR4 emang 50 jt dengan segudang peforma .. tapi juga segudang Masalah dan prob yang bikin repot .. , bukan dr mobil nya tapi dari umur nya.. gue ajah punya mobil taun 95 udah cape ngurusnya , perbaikan di sana sini , benerin , ganti dst..
Iya sih loe bener juga Takumi. Lebih cape urusnya ... Jadi bung udah plan untuk ganti boil baru yang grez ?
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

ah belon lah..
masih pake ini dulu , udah terlanjur sayang soalnya udah banyak pengeluaran buat benerin mobil ini soalnya.. kalo di jual sia2 dunk perbaikan nya semua .. hehehe..
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Takumi wrote:ah belon lah..
masih pake ini dulu , udah terlanjur sayang soalnya udah banyak pengeluaran buat benerin mobil ini soalnya.. kalo di jual sia2 dunk perbaikan nya semua .. hehehe..

Bener juga bung Takumi, sayang juga ya.....udah modif nya susah.....

Saya rasa Bung Digitall nanya ini ada maksudnya nih? Mau beli mobil nya Bung takumi ya...... :shock: :shock: :lol: :lol: :lol:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

ah belon lah..
masih pake ini dulu , udah terlanjur sayang soalnya udah banyak pengeluaran buat benerin mobil ini soalnya.. kalo di jual sia2 dunk perbaikan nya semua .. hehehe..
Hehehe ... iya sih bener juga. Sayang kalo udah dibenerin ini itu tapi dijual lagi. Lebih baik pake dulu hingga 2 - 3 taon baru tuker ke brand new. Gw juga maunya sih begitu, tapi budget masih belum ada dan dana tambahan juga tidak ngalir2 nih, jadi masih tetep bertahan dengan Mitsubishi ETERNA 2.0 GTi DOHC. Hehehe ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Saya rasa Bung Digitall nanya ini ada maksudnya nih? Mau beli mobil nya Bung takumi ya......
Bukan lah bung handling. Gw sih sebetulnya lagi ngincer X-TRAIL. Tapi budget n dananya belum ada, jadi tunda dulu lagh. Apalagi boil Mitsubishi gw masih mulus n masih lumayan nyaman. N biar taonnya tua tapi performancenya ngga bikin malu...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

waw, nemu nih thread dari google... boleh nih boleh, heheheh
sekalian dong kalo ada yg punya detil harganya WRX EVO ama S2K dong bagi2
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D