sebenarnya, pemahaman ttg overall systemnya, mgkin sudah tepat...
cuma sekedar mengingatkan,
bahwa pengertian dasar ttg crumpe-zone, adalah = zona-keriput....
maksdunya, zona2 (titik2) tertentu pada struktur-kerangka, yg akan me-ngeriput, ketika terjadi benturan.
dan ini dimaksdukan untuk menyerap rambatan-energi-besar-akibat-benturan itu, ...sehingga energi-yg-mematikan itu nggak nyampai ke passenger.
silakan mengambil pipet/straw/sedotan,.... yg bagian atasnya bisa dibengkokkan itu... nah, bagian yg bisa dibengkokkan itu kan = zona keriput.
lalu, coba bikin lurus sedotan itu.... selurus mungkin, sehingga keriputnya nggak terlihat...
lalu, tabrakkan ke tembok...
pasti bagian yg itu itu akan mengeriput duluan kaan ?
dengan demikian, benturan atau getarannya nggak akan terlalu berasa nyampe ke tangan kita.
coba bandingkan dg batang besi yg kokoh... tabrakin ke tembok, dg kekuatan yg sama... maka getarannya akan terasa sekali di tangan kita
Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
sedangkan utk sistem pedestrian-safe,... pada dasarnya itu sistem yg berbeda dg sistem crumpe zone di atas.
sistem pedestrian-safe tersebut,
-adalah struktur & fairing pd titik2 (di body mobil) yg diperkirakan: kemungkinan besar, titik itulah yg akan membentur kalau terjadi nabrak-pejalankaki.
-struktur dan fairing itu akan dibuat dari bahan yg cukup lembek.....
-lalu dipasang secara menggantung, cuma pada sedikit titik.
-maksdunya, tidak kokoh2 amat terpasangnya, ....meskipun, cukup kokoh utk menembus angin ketika mobil kita cruising....
-sehingga ketika menabrak pedestrian, fairing itu akan "kalah keras" dibanding orang yg ditabrak...
-dg kata lain: fairing dan struktur itu akan "ambyar" duluan...atau "kalah keras" dibanding orang yg ditabrak...
-sehingga diharapkan, orang yg ditabrak itu tidak terlalu menederai.
sistem pedestrian-safe tersebut,
-adalah struktur & fairing pd titik2 (di body mobil) yg diperkirakan: kemungkinan besar, titik itulah yg akan membentur kalau terjadi nabrak-pejalankaki.
-struktur dan fairing itu akan dibuat dari bahan yg cukup lembek.....
-lalu dipasang secara menggantung, cuma pada sedikit titik.
-maksdunya, tidak kokoh2 amat terpasangnya, ....meskipun, cukup kokoh utk menembus angin ketika mobil kita cruising....
-sehingga ketika menabrak pedestrian, fairing itu akan "kalah keras" dibanding orang yg ditabrak...
-dg kata lain: fairing dan struktur itu akan "ambyar" duluan...atau "kalah keras" dibanding orang yg ditabrak...
-sehingga diharapkan, orang yg ditabrak itu tidak terlalu menederai.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
Halah ngeliat sehalaman di belakang langsung pingin komentar:
Saya jg pernah liat sebuah sedan(lupa merknya)bagasinya remuk krn kecium ama Cherokee yg nyeruduk dr belakang?
Cherokeenya,halah sehat walafiat!Cuma lecet2 di bumper besi depannya.
Utk posisi 'crash' sepertinya si kebo SUV lbh di atas angin di bandingkan dg sedan.
Saya jg pernah liat sebuah sedan(lupa merknya)bagasinya remuk krn kecium ama Cherokee yg nyeruduk dr belakang?
Cherokeenya,halah sehat walafiat!Cuma lecet2 di bumper besi depannya.
Utk posisi 'crash' sepertinya si kebo SUV lbh di atas angin di bandingkan dg sedan.
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
SUV emang menang kuat,tapi bisa mengakibatkan lebih banyak korban dari pedestrian bo..
Kan safety star pertimbangannya passenger ma pedestrian
Kalo kita mikir lebih dalam tentunya kita nggak akan egois dengan keselamatan kita sendiri ya.. Orang lain juga manusia.. (ya iyalah..)
Kan safety star pertimbangannya passenger ma pedestrian
Kalo kita mikir lebih dalam tentunya kita nggak akan egois dengan keselamatan kita sendiri ya.. Orang lain juga manusia.. (ya iyalah..)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
kalau SUV lawas, spt Cherokee yg itu, mgkin memang blm menerapkan pedestrian-safe.
tp kalau CRV.... gw pernah men-sandwich-nya dg kijang super dan twincam
kecepatan sangat pelan... dibawah 20 kmj
hasilnya,... bumper depan dan belakang CRV anjlok...knalpotnya juga...
kijang kotak dan twincam ?.... ah, lecet doang
jadi, bisa dipahami, mirip begitu juga lah yg terjadi dg CRV nya bro esh..... pd kecepatan yg lbh tinggi.
kesimpulannya: CRV sudah menerapkan pedestrian-safe dg baik
tp kalau CRV.... gw pernah men-sandwich-nya dg kijang super dan twincam
kecepatan sangat pelan... dibawah 20 kmj
hasilnya,... bumper depan dan belakang CRV anjlok...knalpotnya juga...
kijang kotak dan twincam ?.... ah, lecet doang
jadi, bisa dipahami, mirip begitu juga lah yg terjadi dg CRV nya bro esh..... pd kecepatan yg lbh tinggi.
kesimpulannya: CRV sudah menerapkan pedestrian-safe dg baik
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China
kang andy kok pinter banget seeh?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...