Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Post by andy1800 »

sebenarnya, pemahaman ttg overall systemnya, mgkin sudah tepat...

cuma sekedar mengingatkan,
bahwa pengertian dasar ttg crumpe-zone, adalah = zona-keriput....
maksdunya, zona2 (titik2) tertentu pada struktur-kerangka, yg akan me-ngeriput, ketika terjadi benturan.
dan ini dimaksdukan untuk menyerap rambatan-energi-besar-akibat-benturan itu, ...sehingga energi-yg-mematikan itu nggak nyampai ke passenger.

silakan mengambil pipet/straw/sedotan,.... yg bagian atasnya bisa dibengkokkan itu... nah, bagian yg bisa dibengkokkan itu kan = zona keriput.
lalu, coba bikin lurus sedotan itu.... selurus mungkin, sehingga keriputnya nggak terlihat...
lalu, tabrakkan ke tembok...
pasti bagian yg itu itu akan mengeriput duluan kaan ?
dengan demikian, benturan atau getarannya nggak akan terlalu berasa nyampe ke tangan kita.

coba bandingkan dg batang besi yg kokoh... tabrakin ke tembok, dg kekuatan yg sama... maka getarannya akan terasa sekali di tangan kita
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Post by andy1800 »

sedangkan utk sistem pedestrian-safe,... pada dasarnya itu sistem yg berbeda dg sistem crumpe zone di atas.
sistem pedestrian-safe tersebut,
-adalah struktur & fairing pd titik2 (di body mobil) yg diperkirakan: kemungkinan besar, titik itulah yg akan membentur kalau terjadi nabrak-pejalankaki.
-struktur dan fairing itu akan dibuat dari bahan yg cukup lembek.....
-lalu dipasang secara menggantung, cuma pada sedikit titik.
-maksdunya, tidak kokoh2 amat terpasangnya, ....meskipun, cukup kokoh utk menembus angin ketika mobil kita cruising....
-sehingga ketika menabrak pedestrian, fairing itu akan "kalah keras" dibanding orang yg ditabrak...
-dg kata lain: fairing dan struktur itu akan "ambyar" duluan...atau "kalah keras" dibanding orang yg ditabrak...
-sehingga diharapkan, orang yg ditabrak itu tidak terlalu menederai.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Post by edward »

Halah ngeliat sehalaman di belakang langsung pingin komentar:

Saya jg pernah liat sebuah sedan(lupa merknya)bagasinya remuk krn kecium ama Cherokee yg nyeruduk dr belakang?
Cherokeenya,halah sehat walafiat!Cuma lecet2 di bumper besi depannya.

Utk posisi 'crash' sepertinya si kebo SUV lbh di atas angin di bandingkan dg sedan.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Post by AD74YA »

SUV emang menang kuat,tapi bisa mengakibatkan lebih banyak korban dari pedestrian bo..

Kan safety star pertimbangannya passenger ma pedestrian

Kalo kita mikir lebih dalam tentunya kita nggak akan egois dengan keselamatan kita sendiri ya.. Orang lain juga manusia.. (ya iyalah..)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Post by andy1800 »

kalau SUV lawas, spt Cherokee yg itu, mgkin memang blm menerapkan pedestrian-safe.
tp kalau CRV.... gw pernah men-sandwich-nya dg kijang super dan twincam
kecepatan sangat pelan... dibawah 20 kmj
hasilnya,... bumper depan dan belakang CRV anjlok...knalpotnya juga...
kijang kotak dan twincam ?.... ah, lecet doang

jadi, bisa dipahami, mirip begitu juga lah yg terjadi dg CRV nya bro esh..... pd kecepatan yg lbh tinggi.
kesimpulannya: CRV sudah menerapkan pedestrian-safe dg baik
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Hasil (mengerikan) crash test sedan China

Post by AD74YA »

kang andy kok pinter banget seeh?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...