Electronic Power Steering
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50
Electronic Power Steering
Hi guys, need advises nih. Sejak beli 2 bln lalu dalam kondisi baru, Jazz IDSI M/T gw steer-nya kadang-kadang bunyi "ngueng" kecil kalo belok (baik belok kanan maupun belok kiri). Waktu service 1000km gw minta montir di Honda Pluit periksa. Katanya baik-baik aja, ngga ada masalah, kadang2 memang begitu karena Electronic Power Steering katanya. Berhub bunyinya kecil dan ngga selalu muncul, dan gw nyetir juga rasanya oke-oke aja, gw cuekin. Eh, belakangan bunyinya makin sering dan steer rasanya agak berat.
Pertanyaan gw.
1. Kalo ada pengguna Jazz IDSI M/T di sini, ada yg pernah ngalamin hal yg sama?
2. Buat para pemobil (baik yg mobilnya Jazz maupun non Jazz), minta sharing pendapatnya donk. Misalnya EPS mobil kita rusak atau tidak berfungsi dgn baik, gimana cara kita tahu/deteksinya? Dan apa yg harus kita lakukan utk memperbaikinya?
3. Ada kemungkinan penyebabnya bukan EPS ngga ya?
Thanks sebelumnya.
Pertanyaan gw.
1. Kalo ada pengguna Jazz IDSI M/T di sini, ada yg pernah ngalamin hal yg sama?
2. Buat para pemobil (baik yg mobilnya Jazz maupun non Jazz), minta sharing pendapatnya donk. Misalnya EPS mobil kita rusak atau tidak berfungsi dgn baik, gimana cara kita tahu/deteksinya? Dan apa yg harus kita lakukan utk memperbaikinya?
3. Ada kemungkinan penyebabnya bukan EPS ngga ya?
Thanks sebelumnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
1. gue pake new city. gak ada bunyi2 tuh.
2. kalo ada perasaan gak normal ya berarti gak beres
seperti berat dan bunyi, dsb.
3. gak tau juga deh.
sekalian nambah pertanyaan ya :
4. perawatan/perlakuan EPS sama gak seperti power steering konvensional, seperti parkir gak boleh ban dalam keadaan belok? awktu belok gak boleh mentok? dsb?
2. kalo ada perasaan gak normal ya berarti gak beres

3. gak tau juga deh.
sekalian nambah pertanyaan ya :
4. perawatan/perlakuan EPS sama gak seperti power steering konvensional, seperti parkir gak boleh ban dalam keadaan belok? awktu belok gak boleh mentok? dsb?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
wah, gw gak pernah sih ya... setau gw sih yg begituan baru kejadian kalo kebiasaan waktu mesin mati setir gak lurus alias ban posisi belok... beberapa mobil yg dibiasain kek ginian yg pernah gw liat emang bermasalah Power Steeringnya.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 358
- Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24
Re: Electronic Power Steering
Apakah ban dan velg anda ndak ori lagi? Biasanya kalo terlalu lebar dan berat menambah beban EPS nya. cmiiwlala wrote:Hi guys, need advises nih. Sejak beli 2 bln lalu dalam kondisi baru, Jazz IDSI M/T gw steer-nya kadang-kadang bunyi "ngueng" kecil kalo belok (baik belok kanan maupun belok kiri). Waktu service 1000km gw minta montir di Honda Pluit periksa. Katanya baik-baik aja, ngga ada masalah, kadang2 memang begitu karena Electronic Power Steering katanya. Berhub bunyinya kecil dan ngga selalu muncul, dan gw nyetir juga rasanya oke-oke aja, gw cuekin. Eh, belakangan bunyinya makin sering dan steer rasanya agak berat.
Pertanyaan gw.
1. Kalo ada pengguna Jazz IDSI M/T di sini, ada yg pernah ngalamin hal yg sama?
2. Buat para pemobil (baik yg mobilnya Jazz maupun non Jazz), minta sharing pendapatnya donk. Misalnya EPS mobil kita rusak atau tidak berfungsi dgn baik, gimana cara kita tahu/deteksinya? Dan apa yg harus kita lakukan utk memperbaikinya?
3. Ada kemungkinan penyebabnya bukan EPS ngga ya?
Thanks sebelumnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Kalau mobilnya masih baru komplenin ke bengkel... Pokoknya jangan Honda Jakarta Center. Coba datengin ke Inti Karya Megah atau Honda Mugen, atau Honda Pondok Indah. Kalau udah ada efek berat itu tandanya ada masalah. Kalau di Jazz gw sih gak pernah kayak begitu, 3 years and going strong. Tapi di City cewe gw ada bunyi dari setir kalau diputer, jadi kayaknya emang masalah umum EPS di Honda, cek aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Electronic Power Steering
Jawaban standard dari mekanik yg sudah "terlatih". Terutama u/ mobil2 baru yg masih garansi. Udah jelas ada masalah, masih dibilang baik2.lala wrote:Hi guys, need advises nih. Sejak beli 2 bln lalu dalam kondisi baru, Jazz IDSI M/T gw steer-nya kadang-kadang bunyi "ngueng" kecil kalo belok (baik belok kanan maupun belok kiri). Waktu service 1000km gw minta montir di Honda Pluit periksa. Katanya baik-baik aja, ngga ada masalah, kadang2 memang begitu karena Electronic Power Steering katanya. Berhub bunyinya kecil dan ngga selalu muncul, dan gw nyetir juga rasanya oke-oke aja, gw cuekin. Eh, belakangan bunyinya makin sering dan steer rasanya agak berat.
Thanks sebelumnya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Tue Sep 19, 2006 4:59
- Location: Jakarta/tangerang
EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.
kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..
Jazz adik gw baru 3 bulan karena biasa jarang pakai EPS , jadi parkirnya stirnya nggak diperhatikan ,posisi off masih digerak gerakkan hasilnya 3 bulan EPSnya sudah jebol ..harganya nggak tanggung-tanggung 1 set ,8 Juta , kalo rusak harus diganti 1 set. untung masih garansi jadi digantiin.
EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,
kalo rusak harganya mahal , EPS karimun kalo rusak aja sekitar 7 jutaan
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.
kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..
Jazz adik gw baru 3 bulan karena biasa jarang pakai EPS , jadi parkirnya stirnya nggak diperhatikan ,posisi off masih digerak gerakkan hasilnya 3 bulan EPSnya sudah jebol ..harganya nggak tanggung-tanggung 1 set ,8 Juta , kalo rusak harus diganti 1 set. untung masih garansi jadi digantiin.
EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,
kalo rusak harganya mahal , EPS karimun kalo rusak aja sekitar 7 jutaan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50
Alamak, mahal amat tuh EPS. Jgn sampe EPS gw rusak deh. Nanti kalo ke bengkel Honda lagi, mau tak judesin montirnya biar cek yang bener. Dan dilarang jawab UDS (uda dari sononya). Hehehe.Robert89 wrote:EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.
kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..
Jazz adik gw baru 3 bulan karena biasa jarang pakai EPS , jadi parkirnya stirnya nggak diperhatikan ,posisi off masih digerak gerakkan hasilnya 3 bulan EPSnya sudah jebol ..harganya nggak tanggung-tanggung 1 set ,8 Juta , kalo rusak harus diganti 1 set. untung masih garansi jadi digantiin.
EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,
kalo rusak harganya mahal , EPS karimun kalo rusak aja sekitar 7 jutaan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
grand livina katanya juga pakai EPS....!Robert89 wrote:EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.
kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri....
......................
EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,
.............
SMers yang udah terima gl, ada nemuin masalah gak ama eps...nya?
sharing dunk....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
nach... om Robert89 dan om-om SMers lainnya, mo tanya neh perihal mobil pakai EPS.Robert89 wrote:EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.
kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..
......................
gimana ketahanan eps dan steering systemnya bila mobilnya sering melalui jalan yang berkelok-kelok..?
gak sampai 100 ato 200 meter udah belok... baik ke kiri mopun ke kanan dan bahkan turun naik...! jalan lurusnya paling jauh gak sampai 1 km, panjang jalan lebih kurang 122 an km, kondisi jalannya banyak rusaknya gitu deh...lubang sana sini...makanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dan mobil itu tarikan roda depan...istilahnya front wheel dirve ya...?
tulung sharing pengalamannya dunk...!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
- Location: Jakarta
Re: Electronic Power Steering
Mumpung bicara masalah EPS nih, mau numpang nanya. Aku pernah baca bahwa untuk mobil2 tertentu yang menggunakan EPS, pada kecepatan tertentu (misalnya 100 kpj), maka EPS otomatis mati sehingga setir tidak menjadi lebih ringan, untuk alasan stabilitas pengendalian. Pertanyaanku adalah apakah karimun estilo memiliki fungsi seperti itu (mematikan EPS pada kecepatan tertentu), mengingat karimun estilo menggunakan EPS? Ada yang tahu????
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re:
Betul bro, GL mmg pake EPS, sejak gw terima GL gw dari bln July s/d skrg sih EPSnya ga ada masalah tuh, fine fine aja, demikian jg dgn overall pemakaian, belum ada keluhan apa-apa.sidalausa wrote:
grand livina katanya juga pakai EPS....!
SMers yang udah terima gl, ada nemuin masalah gak ama eps...nya?
sharing dunk....
Tunggu setahun lagi, baru gw bs komentar, krn biasanya mobil kalo udah umur setahun lbh, br bs keliatan parts mananya yg udah mulai ketauan ga last long.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Electronic Power Steering
karimun yg pertama juga udah EPS deh.
bbrp tipe mobil walaupun hidrolis, pada kecepatan tinggi sudah disetting berbeda tidak se-ringan spt pada saat stop/kecepatan rendah.
bbrp tipe mobil walaupun hidrolis, pada kecepatan tinggi sudah disetting berbeda tidak se-ringan spt pada saat stop/kecepatan rendah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Electronic Power Steering
angkat lagi,bener ga sih kalo EPS katanya kalo kecepatan rendah stir jadi enteng n kecepatan tinggi jadi stiff?
jazz gd3 gw kok kalo kecepatan tinggi ga terlalu stiff y?msi agak enteng gitu...
jazz gd3 gw kok kalo kecepatan tinggi ga terlalu stiff y?msi agak enteng gitu...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Electronic Power Steering
naekin lagi nih,stir jazz GD3 gw klo pas dibelokin mentok ke kanan trus bales ke kiri pas puteran pertama kok bunyi "ngiiik" y?tapi kalo belok kiri kanan mah normal cuman bunyi pas mentok ke kanan trus bales ke kiri aj,kira2 napa y?