Electronic Power Steering

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Electronic Power Steering

Post by lala »

Hi guys, need advises nih. Sejak beli 2 bln lalu dalam kondisi baru, Jazz IDSI M/T gw steer-nya kadang-kadang bunyi "ngueng" kecil kalo belok (baik belok kanan maupun belok kiri). Waktu service 1000km gw minta montir di Honda Pluit periksa. Katanya baik-baik aja, ngga ada masalah, kadang2 memang begitu karena Electronic Power Steering katanya. Berhub bunyinya kecil dan ngga selalu muncul, dan gw nyetir juga rasanya oke-oke aja, gw cuekin. Eh, belakangan bunyinya makin sering dan steer rasanya agak berat.

Pertanyaan gw.
1. Kalo ada pengguna Jazz IDSI M/T di sini, ada yg pernah ngalamin hal yg sama?
2. Buat para pemobil (baik yg mobilnya Jazz maupun non Jazz), minta sharing pendapatnya donk. Misalnya EPS mobil kita rusak atau tidak berfungsi dgn baik, gimana cara kita tahu/deteksinya? Dan apa yg harus kita lakukan utk memperbaikinya?
3. Ada kemungkinan penyebabnya bukan EPS ngga ya?

Thanks sebelumnya.
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

1. gue pake new city. gak ada bunyi2 tuh.
2. kalo ada perasaan gak normal ya berarti gak beres :D seperti berat dan bunyi, dsb.
3. gak tau juga deh.

sekalian nambah pertanyaan ya :
4. perawatan/perlakuan EPS sama gak seperti power steering konvensional, seperti parkir gak boleh ban dalam keadaan belok? awktu belok gak boleh mentok? dsb?
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

wah, gw gak pernah sih ya... setau gw sih yg begituan baru kejadian kalo kebiasaan waktu mesin mati setir gak lurus alias ban posisi belok... beberapa mobil yg dibiasain kek ginian yg pernah gw liat emang bermasalah Power Steeringnya.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Tambah juga donk... Ini odysey 03 temen gw...

5. Ini dah EPS juga kan ya? Koq kalo diem, mesin nyala, trus dibelokin geter ya? Bukan setirnya, tapi ada suara getaran... Itu apa ya?
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Re: Electronic Power Steering

Post by tigor »

lala wrote:Hi guys, need advises nih. Sejak beli 2 bln lalu dalam kondisi baru, Jazz IDSI M/T gw steer-nya kadang-kadang bunyi "ngueng" kecil kalo belok (baik belok kanan maupun belok kiri). Waktu service 1000km gw minta montir di Honda Pluit periksa. Katanya baik-baik aja, ngga ada masalah, kadang2 memang begitu karena Electronic Power Steering katanya. Berhub bunyinya kecil dan ngga selalu muncul, dan gw nyetir juga rasanya oke-oke aja, gw cuekin. Eh, belakangan bunyinya makin sering dan steer rasanya agak berat.

Pertanyaan gw.
1. Kalo ada pengguna Jazz IDSI M/T di sini, ada yg pernah ngalamin hal yg sama?
2. Buat para pemobil (baik yg mobilnya Jazz maupun non Jazz), minta sharing pendapatnya donk. Misalnya EPS mobil kita rusak atau tidak berfungsi dgn baik, gimana cara kita tahu/deteksinya? Dan apa yg harus kita lakukan utk memperbaikinya?
3. Ada kemungkinan penyebabnya bukan EPS ngga ya?

Thanks sebelumnya.
Apakah ban dan velg anda ndak ori lagi? Biasanya kalo terlalu lebar dan berat menambah beban EPS nya. cmiiw
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Post by lala »

Ban dan velg-nya ori. Blm pernah gw apa-apain.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

pake minyak power steering nggak ya kalo yang PS elektrik, kalo yang konvensional bisa jadi minyak PS-nya kurang, jadi tekanannya juga kurang...
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Kalau mobilnya masih baru komplenin ke bengkel... Pokoknya jangan Honda Jakarta Center. Coba datengin ke Inti Karya Megah atau Honda Mugen, atau Honda Pondok Indah. Kalau udah ada efek berat itu tandanya ada masalah. Kalau di Jazz gw sih gak pernah kayak begitu, 3 years and going strong. Tapi di City cewe gw ada bunyi dari setir kalau diputer, jadi kayaknya emang masalah umum EPS di Honda, cek aja.
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

namanya juga EPS ya gak pake oli lah :)
ada juga sih yg semi elektrik, pake oli. tp yg jazz itu EPS gak pake oli.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

o begitu.... jadi sistemnya pake gir / seperti gigi suri begitu yah.... kayaknya tetep pake oli pelumas juga nggak...eh bagaimana persisnya...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Electronic Power Steering

Post by uch »

lala wrote:Hi guys, need advises nih. Sejak beli 2 bln lalu dalam kondisi baru, Jazz IDSI M/T gw steer-nya kadang-kadang bunyi "ngueng" kecil kalo belok (baik belok kanan maupun belok kiri). Waktu service 1000km gw minta montir di Honda Pluit periksa. Katanya baik-baik aja, ngga ada masalah, kadang2 memang begitu karena Electronic Power Steering katanya. Berhub bunyinya kecil dan ngga selalu muncul, dan gw nyetir juga rasanya oke-oke aja, gw cuekin. Eh, belakangan bunyinya makin sering dan steer rasanya agak berat.
Thanks sebelumnya.
Jawaban standard dari mekanik yg sudah "terlatih". Terutama u/ mobil2 baru yg masih garansi. Udah jelas ada masalah, masih dibilang baik2.
User avatar
Robert89
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Tue Sep 19, 2006 4:59
Location: Jakarta/tangerang

Post by Robert89 »

EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.

kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..

Jazz adik gw baru 3 bulan karena biasa jarang pakai EPS , jadi parkirnya stirnya nggak diperhatikan ,posisi off masih digerak gerakkan hasilnya 3 bulan EPSnya sudah jebol ..harganya nggak tanggung-tanggung 1 set ,8 Juta , kalo rusak harus diganti 1 set. untung masih garansi jadi digantiin.

EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,

kalo rusak harganya mahal , EPS karimun kalo rusak aja sekitar 7 jutaan
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

jadi sistem EPS itu, pengerak (daya) dari Aki, itu mengerakkan sistem EPS mungkin ada motornya donk, dan juga dari motor ke Roda ada penghubung lagi juga donk, penghubungnya itu apakah berupa rantai atau gigi / gir atau ...apalah... bisa dijelaskan....
lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Post by lala »

Robert89 wrote:EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.

kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..

Jazz adik gw baru 3 bulan karena biasa jarang pakai EPS , jadi parkirnya stirnya nggak diperhatikan ,posisi off masih digerak gerakkan hasilnya 3 bulan EPSnya sudah jebol ..harganya nggak tanggung-tanggung 1 set ,8 Juta , kalo rusak harus diganti 1 set. untung masih garansi jadi digantiin.

EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,

kalo rusak harganya mahal , EPS karimun kalo rusak aja sekitar 7 jutaan
Alamak, mahal amat tuh EPS. Jgn sampe EPS gw rusak deh. Nanti kalo ke bengkel Honda lagi, mau tak judesin montirnya biar cek yang bener. Dan dilarang jawab UDS (uda dari sononya). Hehehe.
sidalausa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu May 17, 2007 13:32

Post by sidalausa »

Robert89 wrote:EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.

kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri....
......................

EPS dipakai pada mobil Jazz , Karimun /Estilo , Mazda vantrend , Suzuki Swift ,

.............
grand livina katanya juga pakai EPS....!

SMers yang udah terima gl, ada nemuin masalah gak ama eps...nya?

sharing dunk....
sidalausa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu May 17, 2007 13:32

Post by sidalausa »

Robert89 wrote:EPS ( Elektronic Power Steering) jadi power steering di sini memakai aki,
jadi kalo dalam posisi Off mobilnya stir jangan digerakkan ke kiri kanan ,karena pasti EPSnya nggak lama Jebol ,karena digerakkan secara elektronik memakai sensor jadi jika ngga ada pasokan listrik digerakkan otomatis akan rusak.

kalau parkir roda dan stir diusahakan ke posisi lurus jangan belok kanan ato kiri..
......................
nach... om Robert89 dan om-om SMers lainnya, mo tanya neh perihal mobil pakai EPS.
gimana ketahanan eps dan steering systemnya bila mobilnya sering melalui jalan yang berkelok-kelok..?
gak sampai 100 ato 200 meter udah belok... baik ke kiri mopun ke kanan dan bahkan turun naik...! jalan lurusnya paling jauh gak sampai 1 km, panjang jalan lebih kurang 122 an km, kondisi jalannya banyak rusaknya gitu deh...lubang sana sini...makanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dan mobil itu tarikan roda depan...istilahnya front wheel dirve ya...?
tulung sharing pengalamannya dunk...!
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Cek aki sama alternatornya tuh.. jangan2 alternatornya yang rusak dan gak ngisi... jadi EPSnya kurang suplai listrik.. :D
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
mungkin_estilo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
Location: Jakarta

Re: Electronic Power Steering

Post by mungkin_estilo »

Mumpung bicara masalah EPS nih, mau numpang nanya. Aku pernah baca bahwa untuk mobil2 tertentu yang menggunakan EPS, pada kecepatan tertentu (misalnya 100 kpj), maka EPS otomatis mati sehingga setir tidak menjadi lebih ringan, untuk alasan stabilitas pengendalian. Pertanyaanku adalah apakah karimun estilo memiliki fungsi seperti itu (mematikan EPS pada kecepatan tertentu), mengingat karimun estilo menggunakan EPS? Ada yang tahu????
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Re:

Post by TiongBahru_Ahbeng »

sidalausa wrote:
grand livina katanya juga pakai EPS....!

SMers yang udah terima gl, ada nemuin masalah gak ama eps...nya?

sharing dunk....
Betul bro, GL mmg pake EPS, sejak gw terima GL gw dari bln July s/d skrg sih EPSnya ga ada masalah tuh, fine fine aja, demikian jg dgn overall pemakaian, belum ada keluhan apa-apa.
Tunggu setahun lagi, baru gw bs komentar, krn biasanya mobil kalo udah umur setahun lbh, br bs keliatan parts mananya yg udah mulai ketauan ga last long.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Electronic Power Steering

Post by GTR »

karimun yg pertama juga udah EPS deh.
bbrp tipe mobil walaupun hidrolis, pada kecepatan tinggi sudah disetting berbeda tidak se-ringan spt pada saat stop/kecepatan rendah.
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Electronic Power Steering

Post by ALTIMIT »

angkat lagi,bener ga sih kalo EPS katanya kalo kecepatan rendah stir jadi enteng n kecepatan tinggi jadi stiff?

jazz gd3 gw kok kalo kecepatan tinggi ga terlalu stiff y?msi agak enteng gitu...
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Electronic Power Steering

Post by ALTIMIT »

naekin lagi nih,stir jazz GD3 gw klo pas dibelokin mentok ke kanan trus bales ke kiri pas puteran pertama kok bunyi "ngiiik" y?tapi kalo belok kiri kanan mah normal cuman bunyi pas mentok ke kanan trus bales ke kiri aj,kira2 napa y?