Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: Sat Jun 14, 2025 3:57
farizfsa wrote: Fri Jun 13, 2025 7:04 terus jakarta itu panas lembab campur aduk, jgn la di bandingin sama tokyo itu wkwk, ane jalan kaki di SG aja males kalo lg panas padahal mah lebih aman.
Wah om fariz musti nyoba ke jepang musim panas :mky_03:
Lebih panas, lebih lembab drpd jkt om :big_biglaugh:
Wakaka udah om, ga enak. Ke asia timur mah awal tahun aja adem, ga super dingin. ks contoh yg deket aja. Di KL yg ga separah jakarta jg ttp kebutuhan mbl pribadi tinggi padahal trans umum nya ya lumayan (ga jauh2 amat dr jakarta sih).

Bulan2 segini juni akhir - agustus awal enaknya ke bali. Ga hujan tp anginnya dingiiin, angin dr aussie.

Wkwk sorry oot
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3302
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Salvanost »

Gua oktober 2024 ada bikin trid
Kira2 Honda masih jadi merk fav di Indonesia?
Banyak yg belain brio :upss:
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by henbob »

Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 6:51
henbob wrote: Wed Jun 11, 2025 6:13 Yg terbaru taunya dealer dijemursari jg tutup, pantesan awal tahun kemaren lewat situ kirain renov mau jadi gede. :big_dunno: infonya jadi GWM yak. Kalo udah tutup2 satu2 gt tinggal nyari org buat disalahin wkwkwk. :big_peace:

Gile ya bukunya Clayton Christensen emang terjadi beneran, kyk yg gw bahas di trit mana ya gw ampe lupa :big_smile]
Iya keren bukunya emang.. tiap perusahaan mapan dan apalagi sudah mature, suka gak suka harus bentuk 2 tim inovasi

- Tim disruptif inovasi: ngorbanin margin, harus lbh bebas experimen, klo perlu didukung pemerintah, krn hrs analisa pelanggan baru, yg lbh banyak dan kepoers, trial and error dgn cost RnD besarr

- Tim yg maintain inovasi: tetap dengerin pelanggan lama, dan inovasi ke pengembangan fitur dan produk yang sudah ada, menjadi lebih baik dan makin dicintai loyal customer

Intinya emg hrs please everyone, krn gaktau mana yg akan diadopt dan bisa jadi cash cow jangka panjang.

Tp ini sukses dijalani oleh steve jobs, sampai ngabisin budget besar tim disruptif nya, sampai bikin steve jobs (pernah) ditendang dalam rups :upss:
Emang kalo rnd2 gt emang ga pasti jg ya, kliatan bgt bakar duitnya n ga smuanya seneng kalo duitnya dibakar diawal.

Diceritain tmn ( disalah satu merk jpn) ga percaya bgt utk ngeluarin duit di sosmed, influenser dll, ga tau deh skrng masih gt ga ya mikirnya. :big_think:
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 602
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Jenson »

henbob wrote: Mon Jun 16, 2025 5:57
Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 6:51
henbob wrote: Wed Jun 11, 2025 6:13 Yg terbaru taunya dealer dijemursari jg tutup, pantesan awal tahun kemaren lewat situ kirain renov mau jadi gede. :big_dunno: infonya jadi GWM yak. Kalo udah tutup2 satu2 gt tinggal nyari org buat disalahin wkwkwk. :big_peace:

Gile ya bukunya Clayton Christensen emang terjadi beneran, kyk yg gw bahas di trit mana ya gw ampe lupa :big_smile]
Iya keren bukunya emang.. tiap perusahaan mapan dan apalagi sudah mature, suka gak suka harus bentuk 2 tim inovasi

- Tim disruptif inovasi: ngorbanin margin, harus lbh bebas experimen, klo perlu didukung pemerintah, krn hrs analisa pelanggan baru, yg lbh banyak dan kepoers, trial and error dgn cost RnD besarr

- Tim yg maintain inovasi: tetap dengerin pelanggan lama, dan inovasi ke pengembangan fitur dan produk yang sudah ada, menjadi lebih baik dan makin dicintai loyal customer

Intinya emg hrs please everyone, krn gaktau mana yg akan diadopt dan bisa jadi cash cow jangka panjang.

Tp ini sukses dijalani oleh steve jobs, sampai ngabisin budget besar tim disruptif nya, sampai bikin steve jobs (pernah) ditendang dalam rups :upss:
Emang kalo rnd2 gt emang ga pasti jg ya, kliatan bgt bakar duitnya n ga smuanya seneng kalo duitnya dibakar diawal.

Diceritain tmn ( disalah satu merk jpn) ga percaya bgt utk ngeluarin duit di sosmed, influenser dll, ga tau deh skrng masih gt ga ya mikirnya. :big_think:
merek japan mobil om? Kalo iya penasaran jga brand apa, mgkin daihatsu? yg paling jarang bayar influencer keknya (if not gaperna) wkwkwk
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12717
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Suryaputra »

henbob wrote: Mon Jun 16, 2025 5:57
Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 6:51
henbob wrote: Wed Jun 11, 2025 6:13 Yg terbaru taunya dealer dijemursari jg tutup, pantesan awal tahun kemaren lewat situ kirain renov mau jadi gede. :big_dunno: infonya jadi GWM yak. Kalo udah tutup2 satu2 gt tinggal nyari org buat disalahin wkwkwk. :big_peace:

Gile ya bukunya Clayton Christensen emang terjadi beneran, kyk yg gw bahas di trit mana ya gw ampe lupa :big_smile]
Iya keren bukunya emang.. tiap perusahaan mapan dan apalagi sudah mature, suka gak suka harus bentuk 2 tim inovasi

- Tim disruptif inovasi: ngorbanin margin, harus lbh bebas experimen, klo perlu didukung pemerintah, krn hrs analisa pelanggan baru, yg lbh banyak dan kepoers, trial and error dgn cost RnD besarr

- Tim yg maintain inovasi: tetap dengerin pelanggan lama, dan inovasi ke pengembangan fitur dan produk yang sudah ada, menjadi lebih baik dan makin dicintai loyal customer

Intinya emg hrs please everyone, krn gaktau mana yg akan diadopt dan bisa jadi cash cow jangka panjang.

Tp ini sukses dijalani oleh steve jobs, sampai ngabisin budget besar tim disruptif nya, sampai bikin steve jobs (pernah) ditendang dalam rups :upss:
Emang kalo rnd2 gt emang ga pasti jg ya, kliatan bgt bakar duitnya n ga smuanya seneng kalo duitnya dibakar diawal.

Diceritain tmn ( disalah satu merk jpn) ga percaya bgt utk ngeluarin duit di sosmed, influenser dll, ga tau deh skrng masih gt ga ya mikirnya. :big_think:
iya RnD muahal.
makanya ngutek2 yg udh ada, nambahin fitur, dsb.

blm tentu BEP sesuai forecast, apalagi kondisi ekonomi dan geopolitik lg spt ini + perang harga :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1783
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by AbdulHakim »

Jenson wrote: Mon Jun 16, 2025 6:39
henbob wrote: Mon Jun 16, 2025 5:57
Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 6:51

Iya keren bukunya emang.. tiap perusahaan mapan dan apalagi sudah mature, suka gak suka harus bentuk 2 tim inovasi

- Tim disruptif inovasi: ngorbanin margin, harus lbh bebas experimen, klo perlu didukung pemerintah, krn hrs analisa pelanggan baru, yg lbh banyak dan kepoers, trial and error dgn cost RnD besarr

- Tim yg maintain inovasi: tetap dengerin pelanggan lama, dan inovasi ke pengembangan fitur dan produk yang sudah ada, menjadi lebih baik dan makin dicintai loyal customer

Intinya emg hrs please everyone, krn gaktau mana yg akan diadopt dan bisa jadi cash cow jangka panjang.

Tp ini sukses dijalani oleh steve jobs, sampai ngabisin budget besar tim disruptif nya, sampai bikin steve jobs (pernah) ditendang dalam rups :upss:
Emang kalo rnd2 gt emang ga pasti jg ya, kliatan bgt bakar duitnya n ga smuanya seneng kalo duitnya dibakar diawal.

Diceritain tmn ( disalah satu merk jpn) ga percaya bgt utk ngeluarin duit di sosmed, influenser dll, ga tau deh skrng masih gt ga ya mikirnya. :big_think:
merek japan mobil om? Kalo iya penasaran jga brand apa, mgkin daihatsu? yg paling jarang bayar influencer keknya (if not gaperna) wkwkwk
pdhl produk-produk daihatsu ini yang jadi tulang punggungnya ASII di Konoha :big_grin:
akui sajalah kalo produk daihatsu adalah representasi selera warga konoha pada umumnya
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 878
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

AbdulHakim wrote: Mon Jun 16, 2025 7:53
Jenson wrote: Mon Jun 16, 2025 6:39
henbob wrote: Mon Jun 16, 2025 5:57

Emang kalo rnd2 gt emang ga pasti jg ya, kliatan bgt bakar duitnya n ga smuanya seneng kalo duitnya dibakar diawal.

Diceritain tmn ( disalah satu merk jpn) ga percaya bgt utk ngeluarin duit di sosmed, influenser dll, ga tau deh skrng masih gt ga ya mikirnya. :big_think:
merek japan mobil om? Kalo iya penasaran jga brand apa, mgkin daihatsu? yg paling jarang bayar influencer keknya (if not gaperna) wkwkwk
pdhl produk-produk daihatsu ini yang jadi tulang punggungnya ASII di Konoha :big_grin:
akui sajalah kalo produk daihatsu adalah representasi selera warga konoha pada umumnya
betollll, pleng banyak kan duo2an itu yang laku hehe :mky_01:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2625
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Sun Jun 15, 2025 3:03
Cx60 pro awd
800 jt an (blm diskon)

Awd pula udh pasti aman nanjak, minim selip biar nanjak jalan licin jg
cx60 elite 3.3 nik 23, diskon tuh mbah

850 sahaja

yg pro 2.5 paling disc nya 15an
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2625
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by darrelund »

Salvanost wrote: Sun Jun 15, 2025 19:55 Gua oktober 2024 ada bikin trid
Kira2 Honda masih jadi merk fav di Indonesia?
Banyak yg belain brio :upss:
ada yg bilang di threads

klo bli honda jangan tanggung, murah sekalian/ mahal sekalian

brio / FL5 :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12717
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Mon Jun 16, 2025 14:04
Suryaputra wrote: Sun Jun 15, 2025 3:03
Cx60 pro awd
800 jt an (blm diskon)

Awd pula udh pasti aman nanjak, minim selip biar nanjak jalan licin jg
cx60 elite 3.3 nik 23, diskon tuh mbah

850 sahaja

yg pro 2.5 paling disc nya 15an
Wow
Jarang2 emang hr gini bs dpt inline 6 di kelas harga tsb :big_love:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12717
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Mon Jun 16, 2025 14:07
Salvanost wrote: Sun Jun 15, 2025 19:55 Gua oktober 2024 ada bikin trid
Kira2 Honda masih jadi merk fav di Indonesia?
Banyak yg belain brio :upss:
ada yg bilang di threads

klo bli honda jangan tanggung, murah sekalian/ mahal sekalian

brio / FL5 :big_biglaugh:
Dgn lahirnya hrv hybrid, jd lbh hidup lah

Bisa ngisi celah mid market terutama mahmud mid-hi class.
Tetap keliatan gaya klo mau arisan. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by bejosupangat »

Dealer mobil itu khan franchise.

Ya kalau franchisor nya masih guyur franchisee dengan financial support / fixed-variable margins / incentives / credit line yang besar untuk wholesale banyak ya mereka akan stay, wong tinggal dagang saja.

Permasalahannya selama ini Honda PM as franchisor masih bisa "guyur" franchisee karena margin yang masih signifikan dari profit-generating models (baca: C-segment & above). Lha post C-19 mana mereka jualan C-segment & above? Jualannya cuma A & B-segment yang margin nya setipis kulit bawang, bahkan at most cases must sell at a loss. Automobile distributorship (like HPM, TAM, Eurok...) itu khan KPI nya dari zaman bahola selalu (1) profit (2) volume (3) market share, diikuti dengan KPI penggembira lain macam brand lah, cust. satisfaction lah, employee engagement lah.

KPI 2 & 3 itu sangat tergantung pada domestic economy growth, sedangkan ke KPI 1 solely because of guts/judi/daredevil/gacoan nya internal franchisor untuk banyak2an jualan profit-generating models.

Them executives at franchisor (read jepang) mana mungkin berani ke kampung bawa laporan ke boss gede dengan rapot merah di semua main KPIs, gena gampar yang ada. Minimal kalau 2 pelajaran nilainya kebakaran, 1 nilainya hitam. Itulah yang terjadi di HPM, KPI profit modar, tapi dibungkus dengan KPI volume & KPI market share yang (masih) hitam thanks to A & B-segments. Atau dengan kata lain, jualan banyak tapi bo cuan.

Ya karena bo cuan ya gimana mau "guyur" (baca: memanjakan) franchisee nya. Market (udah) gak (sanggup) beli C-segment above ya franchisee ogah wholesale C-segment above, maunya wholesale Brio doang. Ya gak ada duitnya lah wong HPM and any other distributorship / franchisor hidupnya dari wholesales.
Masih bisa gajian saja masih untung. Apalagi Honda ini khan revenue stream nya memang mainly dari jualan mobil domestic Indonesia saja (tidak export, kalaupun ada on a very insignificant volume).

Lha franchisee khan (technically) orang kaya, lebih kaya dari executives HPM, punya tanah, punya toko, punya (akses ngutang) dana di bank, dll. Lha ya mereka bisa sesuka hati dong pilih franchise apa yang nguntungin mereka. Saat ini yang lagi getol guyur2 ya Zhonghuans – yang ini memang lagi “agak-royal-banget” because of gov’t chipping into the pot also. Also, them zhonghuans kadang tidak nuntut banyak hal aneh2 (re: branding standards, corp. identity, dll barang mahal yang urusannya branding) – lu yang penting ada toko hayuk boleh jualan langsung, dapet instant credit limit buat wholesale stock 3 bulan (kadang malah zero upfront – khas dagang nya orang Cina yang punya toko distributor, kalo udah kenal sama pedagang ecerannya – read: reputable, lu boleh ambil barang dulu aja bayar nanti). Makanya lagi rame soal zhonghuans slashing their MSRP, ya franchisee nya gak rugi wong gue gak keluar duit (banyak) buat belanja stock – yang nanggung loss khan si franchisor (baca: pemerintah negaranya), paling banter gue digampar sama customer yang udah beli full-price, ini mah pasang muka tebal saja sudah beres.

Berapa banyak sih franchisee yang punya pola pikir "pejah gesang nderek honda (or any other legacy brands)" apalagi kebanyakan sudah turun ke 2nd gen / 3rd gen owners, lha mana ada yang peduli wong kebanyakan nyetir manual aja gak bisa boro2 bongkar / utak atik mobil. Romansa masa lalu ya hanya yang 1st gen owners dan semuanya sudah jadi "chair-man" alias duduk saja di kursi itung2 disambi nulis wasiat biar minimal gak pada ribut begitu nanti saatnya tiba untuk berubah wujud.

Jangan kira ini cuma terjadi di Honda saja, ada banyak juga kok dealer Toyota tutup, Daihatsu tutup, Mitsubishi tutup, Nissan tutup, Hyundai tutup, Mercs tutup, BMW tutup, VW tutup, Stellantis tutup, ganti sama Zhonghuans I cannot event pronounce the name correctly. Dan ini juga terjadi di hampir semua market di dunia (except maybe US & Canada, for now at least).

Profit-generating models itu tidak serta-merta yang mahal2 doang. Most profit came from models which are: (a) expensive / premium (b) very-very old platform still being used a.k.a zombie (c) cheap-locally R&D / cheap-3rd party R&D,
Toyota (masih) hidup karena ada A dan C (baca daihatsu).
Daihatsu (masih) hidup karena jadi C nya Toyota.
Mitsubishi (masih) hidup karena B (baca elsapek & umplung)
Mazda distributorship (masih) hidup karena A.
Dan sebagainya.

Honda? Ya sekarang ini Cuma hidup dari C.
Untuk bisa kembali ke kejayaan Honda dengan Cuma ngandelin C, ya kue A segment harus jadi punya honda semua, gak boleh ada aiyaaa sigra yalla yalla nya hasil karya si modiste nya Toyota masih jualan. Mana mungkin?

Honestly, kalau honda masih berpikir their current & future customers care about cars, driving dynamics, kebut-kebutan, ya semoga selamat di kehidupan berikutnya.
Sad truth but face it we’re dinosaurs; we’re about to extinct. Our children, grandchildren, next gens they don’t (won’t) give a sheet about cars. ☹
R3nR4yH4n
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Feb 14, 2023 1:04
Location: esbeyengalam
Daily Vehicle: 4ST-MH34 _ 54PCW-AT _ 1NZ-NCP61

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by R3nR4yH4n »

bejosupangat wrote: Tue Jun 17, 2025 4:27 Dealer mobil itu khan franchise.

Ya kalau franchisor nya masih guyur franchisee dengan financial support / fixed-variable margins / incentives / credit line yang besar untuk wholesale banyak ya mereka akan stay, wong tinggal dagang saja.

Permasalahannya selama ini Honda PM as franchisor masih bisa "guyur" franchisee karena margin yang masih signifikan dari profit-generating models (baca: C-segment & above). Lha post C-19 mana mereka jualan C-segment & above? Jualannya cuma A & B-segment yang margin nya setipis kulit bawang, bahkan at most cases must sell at a loss. Automobile distributorship (like HPM, TAM, Eurok...) itu khan KPI nya dari zaman bahola selalu (1) profit (2) volume (3) market share, diikuti dengan KPI penggembira lain macam brand lah, cust. satisfaction lah, employee engagement lah.

KPI 2 & 3 itu sangat tergantung pada domestic economy growth, sedangkan ke KPI 1 solely because of guts/judi/daredevil/gacoan nya internal franchisor untuk banyak2an jualan profit-generating models.

Them executives at franchisor (read jepang) mana mungkin berani ke kampung bawa laporan ke boss gede dengan rapot merah di semua main KPIs, gena gampar yang ada. Minimal kalau 2 pelajaran nilainya kebakaran, 1 nilainya hitam. Itulah yang terjadi di HPM, KPI profit modar, tapi dibungkus dengan KPI volume & KPI market share yang (masih) hitam thanks to A & B-segments. Atau dengan kata lain, jualan banyak tapi bo cuan.

Ya karena bo cuan ya gimana mau "guyur" (baca: memanjakan) franchisee nya. Market (udah) gak (sanggup) beli C-segment above ya franchisee ogah wholesale C-segment above, maunya wholesale Brio doang. Ya gak ada duitnya lah wong HPM and any other distributorship / franchisor hidupnya dari wholesales.
Masih bisa gajian saja masih untung. Apalagi Honda ini khan revenue stream nya memang mainly dari jualan mobil domestic Indonesia saja (tidak export, kalaupun ada on a very insignificant volume).

Lha franchisee khan (technically) orang kaya, lebih kaya dari executives HPM, punya tanah, punya toko, punya (akses ngutang) dana di bank, dll. Lha ya mereka bisa sesuka hati dong pilih franchise apa yang nguntungin mereka. Saat ini yang lagi getol guyur2 ya Zhonghuans – yang ini memang lagi “agak-royal-banget” because of gov’t chipping into the pot also. Also, them zhonghuans kadang tidak nuntut banyak hal aneh2 (re: branding standards, corp. identity, dll barang mahal yang urusannya branding) – lu yang penting ada toko hayuk boleh jualan langsung, dapet instant credit limit buat wholesale stock 3 bulan (kadang malah zero upfront – khas dagang nya orang Cina yang punya toko distributor, kalo udah kenal sama pedagang ecerannya – read: reputable, lu boleh ambil barang dulu aja bayar nanti). Makanya lagi rame soal zhonghuans slashing their MSRP, ya franchisee nya gak rugi wong gue gak keluar duit (banyak) buat belanja stock – yang nanggung loss khan si franchisor (baca: pemerintah negaranya), paling banter gue digampar sama customer yang udah beli full-price, ini mah pasang muka tebal saja sudah beres.

Berapa banyak sih franchisee yang punya pola pikir "pejah gesang nderek honda (or any other legacy brands)" apalagi kebanyakan sudah turun ke 2nd gen / 3rd gen owners, lha mana ada yang peduli wong kebanyakan nyetir manual aja gak bisa boro2 bongkar / utak atik mobil. Romansa masa lalu ya hanya yang 1st gen owners dan semuanya sudah jadi "chair-man" alias duduk saja di kursi itung2 disambi nulis wasiat biar minimal gak pada ribut begitu nanti saatnya tiba untuk berubah wujud.

Jangan kira ini cuma terjadi di Honda saja, ada banyak juga kok dealer Toyota tutup, Daihatsu tutup, Mitsubishi tutup, Nissan tutup, Hyundai tutup, Mercs tutup, BMW tutup, VW tutup, Stellantis tutup, ganti sama Zhonghuans I cannot event pronounce the name correctly. Dan ini juga terjadi di hampir semua market di dunia (except maybe US & Canada, for now at least).

Profit-generating models itu tidak serta-merta yang mahal2 doang. Most profit came from models which are: (a) expensive / premium (b) very-very old platform still being used a.k.a zombie (c) cheap-locally R&D / cheap-3rd party R&D,
Toyota (masih) hidup karena ada A dan C (baca daihatsu).
Daihatsu (masih) hidup karena jadi C nya Toyota.
Mitsubishi (masih) hidup karena B (baca elsapek & umplung)
Mazda distributorship (masih) hidup karena A.
Dan sebagainya.

Honda? Ya sekarang ini Cuma hidup dari C.
Untuk bisa kembali ke kejayaan Honda dengan Cuma ngandelin C, ya kue A segment harus jadi punya honda semua, gak boleh ada aiyaaa sigra yalla yalla nya hasil karya si modiste nya Toyota masih jualan. Mana mungkin?

Honestly, kalau honda masih berpikir their current & future customers care about cars, driving dynamics, kebut-kebutan, ya semoga selamat di kehidupan berikutnya.
Sad truth but face it we’re dinosaurs; we’re about to extinct. Our children, grandchildren, next gens they don’t (won’t) give a sheet about cars. ☹
sangat sangat setujuh mbah.. :big_exellent:
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by bejosupangat »

lagipula sekarang B-segment, in particular B-SUV berapa besar sih market nya? dari TIV 800rb unit estimated 2025 ini.

dari TIV, 30% isinya aiyaa sigra yalla yalla + kijang + zhonghuan appliances.
20% isinya LCV (angkot, pickup, opelet, hearse, travel terang + gelap)
sisa 50% dirubung semut, gimana mau survive?

Kalau cuma ngandelin new HRV terus berharap dealer nya bisa rejuvinate lagi ya terlalu naif.

ini berlaku buat semua brand kok gak cuma Honda.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1783
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by AbdulHakim »

bejosupangat wrote: Tue Jun 17, 2025 4:52 lagipula sekarang B-segment, in particular B-SUV berapa besar sih market nya? dari TIV 800rb unit estimated 2025 ini.

dari TIV, 30% isinya aiyaa sigra yalla yalla + kijang + zhonghuan appliances.
20% isinya LCV (angkot, pickup, opelet, hearse, travel terang + gelap)
sisa 50% dirubung semut, gimana mau survive?

Kalau cuma ngandelin new HRV terus berharap dealer nya bisa rejuvinate lagi ya terlalu naif.

ini berlaku buat semua brand kok gak cuma Honda.
saya pribadi siy tidak terlalu khawatir, biarlah kompetisi berlangsung, fittest for survival.
either saya pilih dari mobil-mobil yang tersedia berdasarkan budget saya, atau budget saya yang menyesuaikan dengan ego saya (baca: nabung lebih lama kalo pengen nebus mobil C/D segment).
yang saya khawtirkan justru, membanjiri pasar Konoha dengan mobil segment A- sedangkan kapasitas jalan segitu-segitu saja, alamak nambah stress kemacetan aja di jalan.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Ibet »

bejosupangat wrote: Tue Jun 17, 2025 4:27 Dealer mobil itu khan franchise.

Ya kalau franchisor nya masih guyur franchisee dengan financial support / fixed-variable margins / incentives / credit line yang besar untuk wholesale banyak ya mereka akan stay, wong tinggal dagang saja.

Permasalahannya selama ini Honda PM as franchisor masih bisa "guyur" franchisee karena margin yang masih signifikan dari profit-generating models (baca: C-segment & above). Lha post C-19 mana mereka jualan C-segment & above? Jualannya cuma A & B-segment yang margin nya setipis kulit bawang, bahkan at most cases must sell at a loss. Automobile distributorship (like HPM, TAM, Eurok...) itu khan KPI nya dari zaman bahola selalu (1) profit (2) volume (3) market share, diikuti dengan KPI penggembira lain macam brand lah, cust. satisfaction lah, employee engagement lah.

KPI 2 & 3 itu sangat tergantung pada domestic economy growth, sedangkan ke KPI 1 solely because of guts/judi/daredevil/gacoan nya internal franchisor untuk banyak2an jualan profit-generating models.

Them executives at franchisor (read jepang) mana mungkin berani ke kampung bawa laporan ke boss gede dengan rapot merah di semua main KPIs, gena gampar yang ada. Minimal kalau 2 pelajaran nilainya kebakaran, 1 nilainya hitam. Itulah yang terjadi di HPM, KPI profit modar, tapi dibungkus dengan KPI volume & KPI market share yang (masih) hitam thanks to A & B-segments. Atau dengan kata lain, jualan banyak tapi bo cuan.

Ya karena bo cuan ya gimana mau "guyur" (baca: memanjakan) franchisee nya. Market (udah) gak (sanggup) beli C-segment above ya franchisee ogah wholesale C-segment above, maunya wholesale Brio doang. Ya gak ada duitnya lah wong HPM and any other distributorship / franchisor hidupnya dari wholesales.
Masih bisa gajian saja masih untung. Apalagi Honda ini khan revenue stream nya memang mainly dari jualan mobil domestic Indonesia saja (tidak export, kalaupun ada on a very insignificant volume).

Lha franchisee khan (technically) orang kaya, lebih kaya dari executives HPM, punya tanah, punya toko, punya (akses ngutang) dana di bank, dll. Lha ya mereka bisa sesuka hati dong pilih franchise apa yang nguntungin mereka. Saat ini yang lagi getol guyur2 ya Zhonghuans – yang ini memang lagi “agak-royal-banget” because of gov’t chipping into the pot also. Also, them zhonghuans kadang tidak nuntut banyak hal aneh2 (re: branding standards, corp. identity, dll barang mahal yang urusannya branding) – lu yang penting ada toko hayuk boleh jualan langsung, dapet instant credit limit buat wholesale stock 3 bulan (kadang malah zero upfront – khas dagang nya orang Cina yang punya toko distributor, kalo udah kenal sama pedagang ecerannya – read: reputable, lu boleh ambil barang dulu aja bayar nanti). Makanya lagi rame soal zhonghuans slashing their MSRP, ya franchisee nya gak rugi wong gue gak keluar duit (banyak) buat belanja stock – yang nanggung loss khan si franchisor (baca: pemerintah negaranya), paling banter gue digampar sama customer yang udah beli full-price, ini mah pasang muka tebal saja sudah beres.

Berapa banyak sih franchisee yang punya pola pikir "pejah gesang nderek honda (or any other legacy brands)" apalagi kebanyakan sudah turun ke 2nd gen / 3rd gen owners, lha mana ada yang peduli wong kebanyakan nyetir manual aja gak bisa boro2 bongkar / utak atik mobil. Romansa masa lalu ya hanya yang 1st gen owners dan semuanya sudah jadi "chair-man" alias duduk saja di kursi itung2 disambi nulis wasiat biar minimal gak pada ribut begitu nanti saatnya tiba untuk berubah wujud.

Jangan kira ini cuma terjadi di Honda saja, ada banyak juga kok dealer Toyota tutup, Daihatsu tutup, Mitsubishi tutup, Nissan tutup, Hyundai tutup, Mercs tutup, BMW tutup, VW tutup, Stellantis tutup, ganti sama Zhonghuans I cannot event pronounce the name correctly. Dan ini juga terjadi di hampir semua market di dunia (except maybe US & Canada, for now at least).

Profit-generating models itu tidak serta-merta yang mahal2 doang. Most profit came from models which are: (a) expensive / premium (b) very-very old platform still being used a.k.a zombie (c) cheap-locally R&D / cheap-3rd party R&D,
Toyota (masih) hidup karena ada A dan C (baca daihatsu).
Daihatsu (masih) hidup karena jadi C nya Toyota.
Mitsubishi (masih) hidup karena B (baca elsapek & umplung)
Mazda distributorship (masih) hidup karena A.
Dan sebagainya.

Honda? Ya sekarang ini Cuma hidup dari C.
Untuk bisa kembali ke kejayaan Honda dengan Cuma ngandelin C, ya kue A segment harus jadi punya honda semua, gak boleh ada aiyaaa sigra yalla yalla nya hasil karya si modiste nya Toyota masih jualan. Mana mungkin?

Honestly, kalau honda masih berpikir their current & future customers care about cars, driving dynamics, kebut-kebutan, ya semoga selamat di kehidupan berikutnya.
Sad truth but face it we’re dinosaurs; we’re about to extinct. Our children, grandchildren, next gens they don’t (won’t) give a sheet about cars. ☹
seru sekali baca ini
sedikit yg inhouse nya prospect group, sisanya betul franchisee
ga aneh kalo memang ga setia dengan 1 merk, di kota saya ada dealer

awalnya ford
ga lama wuling
terakhir ini byd

gedung dan alamat yg sama haha

dan next gen customers yaitu gen y akhir / gen z awal akhir / gen alpha awal ini yg belom kebaca
termasuk yg dibilang bocil brosur itu, one day mereka akan beli mobil, dan ga setia sama merk

dan om bener jg, belom tentu bisa nyetir mobil manual, let alone ganti ban, or troubleshoot car problems at sideroad jalan tol transjawa on 01 AM in the morning wkwkwwk