Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 619
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Seumur-umur jadi ambtenaar, ngga pernah ada pengadaan hondi. Selalu atoyot. Itupun kijang (apapun sampai zenix), camry. Udah. Pernah pengadaan benz lima belas tahun yg lalu tapi komandannya masuk. Sejak itu ya atoyot aja.
Padahl ingin juga ada pengadaan model lain. Odishei mirip2 lah sama kijang. Ngaccord juga harusnya bisa.
Tapi paling kalah di lelang wkwkwkw
Padahl ingin juga ada pengadaan model lain. Odishei mirip2 lah sama kijang. Ngaccord juga harusnya bisa.
Tapi paling kalah di lelang wkwkwkw
Ron Asheton Forever
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1773
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Nah khan, ketebak emang, 599 itu harga launching, selang 3 bulan jadi 609, 2026 udah 615jt.timbermaniac123 wrote: Fri Jun 06, 2025 7:22 Kemarin iseng2 nanya spv dealer tempat saya beli hrv untuk harga hrv hybrid. Estimasi sekitar 600...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 624
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
5 juta lagi mbah, tapi zonder : sunroof, airbag cuma satu, ADAS ndak adab0ku wrote: Fri Jun 06, 2025 2:59nah masalahnya bukan adas itumah malah dijauhin karena kalo kaca pecah mahal gantinya![]()
premium sound, GPS, LED BI LED super terang sampe di sumpahin satu jalanan, perdam super tebal sampe bikin mobil bobotnya naek![]()
electric seat, smart key, power tail gate door, auto leveling headlamp, auto dimmer rear view miror, electrick retract miror, memory seat, electric tilt and teleskopic, climate control, remote start
tapi drivetrainnya sama instrumentnya tetep kayak sekarang suspensi coba aja tahan sama kek sekarang
jgn lupa panoramic yang bisa kebuka.......![]()
sigra lsg harganya 270jt trim paling mahal
bodo amat 0-100 5thn yang penting gaya gampang di benerin bisa angkut satu RT.....................![]()



Nun dahulu kala sebelum negeri naga datang, model dagangan gini buat nambal profit sepanjang value chain dapet, nah sekarang saya pingin ngerti orang yg kena kibul Agya GR Sport itu profilnya kayak gimana

Itu kalo beneran mau sport2an, sama2 3 pot, mending mana si NA 1200cc Agya apa turbo 1000cc Rocky ?, sekalian, sama 4 pot 1200cc-nya Brio... Kalo transmisi kan sami mawon, Jatco CVT mau ngarep apa...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 688
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
bukan hal aneh, kalau hrv ntar akan dianggap sebagai mobil mewah.timbermaniac123 wrote: Fri Jun 06, 2025 7:22 Kemarin iseng2 nanya spv dealer tempat saya beli hrv untuk harga hrv hybrid. Estimasi sekitar 600...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
toyota juga gitu om hehe. cman enaknya bisa liat2 ini spec2 mobil lain langsung ahahaPugman wrote: Fri Jun 06, 2025 2:48Makanya agak nyebelin, kemarin MG saya buku manualnya pake PDF di HU mobil, terus saya minta file pdf nya saya print sendirikayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 22:43gwa gasuka produk mainland, spek tinggi harga oke tapi......sedikit gatcakendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:18
Masalah durabilitas kadang ga melulu jd yg utama om apalagi kalo urusan harga. Ane beli tv samsung ampir 20 jt taon 2016 skrng jg dah mulai cacad itu beberapa spot ada putih2 macem panuan. Emang sih uda mo 10 thn tp kalo misalkan dlu ane beli tv china 10 jtan (yg mungkin specnya lebih tinggi dr samsung), pake 5 tahun jebol ya 5 thn kemudian beli tv 10 jt lg pasti specnya dah jauh lebih tinggi drpd tv tahun 2016. Kalo ni tv jebol si kayaknya ane beli tv china aja dah. Tp ini ane liat dr kantong ane ya, orang lain yg berlebih mungkin beda pendapat sih.
ya gimana susah sih padahal di negara asal kurikulum "freedom" pada balik pake buku cetak lagi. mainland aja AI cman boleh di senior high school elementary ama junior harus pake buku paketPugman wrote: Thu Jun 05, 2025 14:47
Makanya rakyatnya dibikin bodoh terus, yang melek pada kabur aja dulu.. gimana ga kabur, suruh nasionalisme tapi sambil nahan lapar dan dahaga..
Anak SMP aja banyak yang belum bisa baca, perasaan pas saya kecil anak kelas 2 SD belum bisa baca kayaknya udah malu banget.![]()
![]()
Dikira enak, apa² pakai gadget.. dalam beberapa hal saya lebih suka print out kertas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
yup as long as work. just go ahead and moving on aja ihkendibocor wrote: Fri Jun 06, 2025 0:52Yah balik lg ke preferensi masing2 si ya omkayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 22:43
gwa gasuka produk mainland, spek tinggi harga oke tapi......sedikit gatca![]()
![]()
Ane jg sampe sekarang barang2 elektronik yg masi ada di rumah macem tv, kulkas, mesin cuci, ac masi merk jepun n S. Korea. Tp belakangan mulai beli merk cungkuo atau merk lokal (yg branding doang padahal mah barang cungkuo) macem robot vacuum cleaner, air purifier, dehumifier, cctv, powerbank, dll. Yah pengalaman pasti beda2 sih om, tp balik lg ke produknya sih emang murah and it works. Masalah kuat brp tahun ya liat aja. Yg pasti belinya dr baru lebih murah sih.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 16755
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
opini oom ini dibuat dan relevan pembatasan begini, dgn asumsi bahwa masyarakat +62 tidak over-reliant dengan kendaraan pribadi dan taraf ekonominya seperti singapore jadi beli mobil itu beneran "option" bukan "necessity kalo punya duit sehingga belinya LCGC", ok saya setuju. tapi kan kondisinya jauh banget singapore sama kita. ingat beli mobil dan motor itu bukan pilihan buat sebagian orang, itu keharusan karena transum dan pedestrian sangat tidak bersahabat. at least di luar jakarta.zonepublic wrote: Thu Jun 05, 2025 7:52
Kalau kemarin bro ChZ menyarankan ppnbm dihapus aja,itu orang2 yang mampu beli mercy,bmw ga ada yang pusing mikir ppnbm,bensin kok,karena mereka mampu secara finansial dan sudah terseleksi bener,biar orang yang usaha angkutan juga dapat uang,kalau semua bawa kendaraan pribadi usaha angkutan juga berkurang,uang tidak berputar
Bila perlu subsidi bbm dihapus sekalian jadi yang memang mampu punya kendaraan aja yang bener2 punya dananya buat bangun angkutan umum,pajak kendaraan tetap ga apa2 nanti buat nambah angkutan umum
kalau semua ngikutin saran oom, pabrikan otomotif bangkrut gak ada yang mau jualan. pembeli BMW mercy itu berapa % ? halah gak usah gitu, yang pake BMW dan masih mikir isi pertalite buanyak. pajak mati? bejibun.
poin saya itu hapusin PPnBM, tujuannya kan biar survive dulu. mau industri survive gak? mau astra bangkrut? itu jangan lupa semua yang terlibat dalam supply chain astra juga bakalan cabut.
nggak bisa naif om, india juga drivernya segila kita, tapi penjualan mobil di sana lebih gede per jumlah penduduknya. makanya lebih seksi buat investasi. market growth itu buat industri ya yang penting laku. sabodo teing mau penduduknya simpanse, kalo bisa jadi duit ya so be it.
makanya belakangan kita gak terlalu dianggep pabrikan otomotif. kalo bisa buat dumping ya sukur, gak bisa ya gakpapa.
lah wong gak sampe 1% jumlah penduduk yang beli, pajaknya gila gilaan, kepastian hukum ya begitu, ngapain repot. ini POV industri ya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16755
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
dari era mbah harto, emang udah salah kelola.kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:05
Skrng mo bikin transum dengan segala sarana pendukungnya kayak halte gitu2an jg sulit. Lahan terbatas, pembangunan bikin macet parah, Busway aja kebanyakan makan jalanan yg eksisting. Blm lg kalo ngomongin akses ke transumnya kayak trotoar segala yg kadang malah dipake jualan apa lewat motor2 trus kalo ditegur galakan mereka![]()
Dah lah failed country nunggu ambruk aja. Pemerintah bisanya majakin doang, rakyatnya jd kepepet ya dengan segala cara berusaha bwat menghasilkan duit biar survive
Gw inget jamannya awal 2000an masih suka bacod2an ma orng malay senggaknya masih bisa berimbang, sekarang pelan2 dah makin ketinggalan lah wakanda kalo dibandingin ma malay aja jg.
car-centric, kiblatnya amrik bukan pedestrian-centric macem europe. ya maklum belio kan anteknya amrik.
kebetulan tinggal di kota yang tempat wisatanya pedestrian-centric, ke yurop liat mirip-mirip, jadi paham. oh gini toh beda pendekatan yurop dan amrik.
masalahnya gini loh mau car centric tapi ketimpangan antar-daerahnya parah. jadinya mobil baru ngumpul di jakarta semua. akhirnya logikanya loh orang indonesia susah apanya semua beli mobil. padahal logikanya gak gitu.
inget tenor kredit makin kesini makin panjang, tanda kalo orang susahpun pada beli mobil buat bertahan hidup ntah disambi jadi taksol atau gimana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6376
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
makannya gak laku kalah sama brio RSBibieight wrote: Fri Jun 06, 2025 9:37 Screenshot_20250606_131534_Chrome.jpg 5 juta lagi mbah, tapi zonder : sunroof, airbag cuma satu, ADAS ndak ada![]()
![]()
![]()
Nun dahulu kala sebelum negeri naga datang, model dagangan gini buat nambal profit sepanjang value chain dapet, nah sekarang saya pingin ngerti orang yg kena kibul Agya GR Sport itu profilnya kayak gimana![]()
Itu kalo beneran mau sport2an, sama2 3 pot, mending mana si NA 1200cc Agya apa turbo 1000cc Rocky ?, sekalian, sama 4 pot 1200cc-nya Brio... Kalo transmisi kan sami mawon, Jatco CVT mau ngarep apa...

salah mesin itu kalo mau harusnya pake mesin raize 1.0 turbo biar sport sekalian bante2x cumi darat

brio pun lsg sujud

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3931
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Harga diatas mepet 600 sih bagi ane dah mewah. Gila harganya ngedeketin CX5 biarpun CX5 ga hibrid2an tp beda kelas harga mepet. Gimana gamau asma yg disuruh ngejual barangnyalamatlancah wrote: Fri Jun 06, 2025 10:27bukan hal aneh, kalau hrv ntar akan dianggap sebagai mobil mewah.timbermaniac123 wrote: Fri Jun 06, 2025 7:22 Kemarin iseng2 nanya spv dealer tempat saya beli hrv untuk harga hrv hybrid. Estimasi sekitar 600...
![]()

Kayaknya yg set harga ngondah disini 11 12 ma pemerintah dah, gatau kondisi real ekonomi rakyat konoha

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3931
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Car centric tp jalanannya mengenaskan ya mbah, sempit2 benerChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 4:44dari era mbah harto, emang udah salah kelola.kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:05
Skrng mo bikin transum dengan segala sarana pendukungnya kayak halte gitu2an jg sulit. Lahan terbatas, pembangunan bikin macet parah, Busway aja kebanyakan makan jalanan yg eksisting. Blm lg kalo ngomongin akses ke transumnya kayak trotoar segala yg kadang malah dipake jualan apa lewat motor2 trus kalo ditegur galakan mereka![]()
Dah lah failed country nunggu ambruk aja. Pemerintah bisanya majakin doang, rakyatnya jd kepepet ya dengan segala cara berusaha bwat menghasilkan duit biar survive
Gw inget jamannya awal 2000an masih suka bacod2an ma orng malay senggaknya masih bisa berimbang, sekarang pelan2 dah makin ketinggalan lah wakanda kalo dibandingin ma malay aja jg.
car-centric, kiblatnya amrik bukan pedestrian-centric macem europe. ya maklum belio kan anteknya amrik.
kebetulan tinggal di kota yang tempat wisatanya pedestrian-centric, ke yurop liat mirip-mirip, jadi paham. oh gini toh beda pendekatan yurop dan amrik.
masalahnya gini loh mau car centric tapi ketimpangan antar-daerahnya parah. jadinya mobil baru ngumpul di jakarta semua. akhirnya logikanya loh orang indonesia susah apanya semua beli mobil. padahal logikanya gak gitu.
inget tenor kredit makin kesini makin panjang, tanda kalo orang susahpun pada beli mobil buat bertahan hidup ntah disambi jadi taksol atau gimana.

Kadang gw kalo lewat jalanan yg ga konsisten lebar kecilnya suka mikir, ni yg awal bikin jalanan insinyur bukan yak, ngerti tata kota ga ya. Bisa2nya bikin jalanan kadang lebar kadang kecil yg malah bikin bottleneck. Banyak bener jalanan di ibukota yg tambal sulam ga karuan. Makanya bikin mrt 1 line aja ga kelar2, MRT jkt bisa kayak HK, tokyo kayanya butuh >50 thn lg. jalur MRTnya jadi ga lama jktnya tenggelam

kalo transum macem busway ditambah ya sebates jalan yg dah ada aja dijadiin jalur busway, hampir ga mungkin nambah jalan baru di jkt.
Sebenernya memang ibukota dah seharusnya pindah sih. IKN ide bagus tp sekarang malah jd beban. Kalo negara duitnya banyak sih hajar aja, nah ini duit cekak mau bangun kota dari nol. Nasib negara yg ga capable nyari duit selain dr pajak rakyatnya dan budaya korupnya makin menggila

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 815
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Kalau udah 600 si merem ambil corcross. Atau tucson hev nik 24 lagi abisin stock 610. Cuma tucson taun depan udah ganti generasi, pake bahasa hyundai baru yang serba mengotak. Pasti harga jual dan sparepart ke depannya nyusahin. Apalagi aftersales hyundai yang kurang, disuruh ganti oli aja per 15rb km.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:29
Harga diatas mepet 600 sih bagi ane dah mewah. Gila harganya ngedeketin CX5 biarpun CX5 ga hibrid2an tp beda kelas harga mepet. Gimana gamau asma yg disuruh ngejual barangnya![]()
Kayaknya yg set harga ngondah disini 11 12 ma pemerintah dah, gatau kondisi real ekonomi rakyat konoha![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3931
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Makanya om yg ngeset harga ngondah dah bener2 mirip pejabat wakanda. Ga sensitif ma kondisi rakyattimbermaniac123 wrote: Sat Jun 07, 2025 5:43Kalau udah 600 si merem ambil corcross. Atau tucson hev nik 24 lagi abisin stock 610. Cuma tucson taun depan udah ganti generasi, pake bahasa hyundai baru yang serba mengotak. Pasti harga jual dan sparepart ke depannya nyusahin. Apalagi aftersales hyundai yang kurang, disuruh ganti oli aja per 15rb km.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:29
Harga diatas mepet 600 sih bagi ane dah mewah. Gila harganya ngedeketin CX5 biarpun CX5 ga hibrid2an tp beda kelas harga mepet. Gimana gamau asma yg disuruh ngejual barangnya![]()
Kayaknya yg set harga ngondah disini 11 12 ma pemerintah dah, gatau kondisi real ekonomi rakyat konoha![]()

Kayaknya ngondah pricing policynya ngeliat barangnya sendiri. “Oh hrv bensin harganya dah segini, yg turbo segini, yg hybrid harus lebih mahal lg dong” ga nyadar itu yg lawannya yg di range harga segitu lebih mumpuni dan bahkan dah di level kakaknya si ciarpih, ya tp kakaknya aja harganya ga kira2 sih

600jt itu saingannya dah CX5, fortie, pajero jg loh

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 688
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
tata kota keblenger.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:39 Car centric tp jalanannya mengenaskan ya mbah, sempit2 bener![]()
Kadang gw kalo lewat jalanan yg ga konsisten lebar kecilnya suka mikir, ni yg awal bikin jalanan insinyur bukan yak, ngerti tata kota ga ya. Bisa2nya bikin jalanan kadang lebar kadang kecil yg malah bikin bottleneck. Banyak bener jalanan di ibukota yg tambal sulam ga karuan. Makanya bikin mrt 1 line aja ga kelar2, MRT jkt bisa kayak HK, tokyo kayanya butuh >50 thn lg. jalur MRTnya jadi ga lama jktnya tenggelam![]()
kalo transum macem busway ditambah ya sebates jalan yg dah ada aja dijadiin jalur busway, hampir ga mungkin nambah jalan baru di jkt.
Sebenernya memang ibukota dah seharusnya pindah sih. IKN ide bagus tp sekarang malah jd beban. Kalo negara duitnya banyak sih hajar aja, nah ini duit cekak mau bangun kota dari nol. Nasib negara yg ga capable nyari duit selain dr pajak rakyatnya dan budaya korupnya makin menggila![]()
yg design kota2 di indo dari dulu kan belanda.
setelah belanda out, mengurus yg sudah ada pun tak sanggup, apalagi bikin baru - ah sudah lah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 206
- Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
- Daily Vehicle: VW Tiguan 2014
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Contoh orang nggak napak tanah. Jangan didengerin yah kawan2.zonepublic wrote: Thu Jun 05, 2025 7:52Lcgc itu menurut saya salah 1 konspirasi hasil kamuflase atpm dan pemerintah jaman itu untuk memunculkan segmen baru yang kualitasnya tidak layak jalan tapi di"legalkan" via aturan lcgcAbdulHakim wrote: Wed Jun 04, 2025 10:54 kalau udah tau LCGC itu merugi, kenapa terus diproduksi siy?
bikin angkot, bajaj dan bus kota punah, menambah kemacetan, belum lagi kelakuan di jalan yang seenak jidatnya aja
sejak LCGC menjamur ini jalan-jalan kampung makin sempit karena parkir di pinggir jalan umum, karena rumahnya ga punya lahan buar parkir mobil
Karena secara aturan keselamatan mobil lcgc ga akan mungkin lulus uji keselamatan negara manapun baik asiancap,ncap bisa kena sorot negara luar segala kalo ga disupport
Padahal pabrik butuh omzet,dan kemampuan ekonomi masyarakat jaman itu ga mampu beli mobil yg harganya sudah naik krn inflasi
Jaman dulu mana ada corolla banyak sampai 5 opsi varian,paling cuma 2 varian aja liftback sama sedan atau honda civic wonder paling cuma 4 door sama 3 door aja,sekarang kan dibikin banyak varian buat ngakalin dan bikin orang mikir
Makannya kalau saya jujur prefer kepemilikan mobil dipersulit dan dibatasi aja lah seperti singapore biar terfilter seperti jaman taun 70-80an,yang memang bener2 mampu aja yang punya mobil jadi pemilik mobil ya orang yang mampu secara finansial,mampu secara mental dan dewasa secara pemikiran
Biar indo ga punya pabrikan mobil ICE ga apa2 sih menurut saya
Kalau kemarin bro ChZ menyarankan ppnbm dihapus aja,itu orang2 yang mampu beli mercy,bmw ga ada yang pusing mikir ppnbm,bensin kok,karena mereka mampu secara finansial dan sudah terseleksi bener,biar orang yang usaha angkutan juga dapat uang,kalau semua bawa kendaraan pribadi usaha angkutan juga berkurang,uang tidak berputar
Bila perlu subsidi bbm dihapus sekalian jadi yang memang mampu punya kendaraan aja yang bener2 punya dananya buat bangun angkutan umum,pajak kendaraan tetap ga apa2 nanti buat nambah angkutan umum
Kalo dipikir2 jaman dulu mobil ga banyak tapi pemiliknya pada bisa nyetir,tahu menempatkan mobilnya di marka jalan yang benar,ga kaya sekarang marka dilanggar,posisi nyetir aja ngaco smua di tengah2 mau nyalip ga bisa,badan jalan aja sampai disikat smua,nanti serempetan ujung2nya ribut sampe polisi aja sekarang udah males jaga makannya dibikin etle,tapi etle juga ga bikin orang taat aturan karena sanksinya ujung2nya duit,pada copotin plat nomer

VW Tiguan TSI Highline 2014
Honda HR-V SE 2024
Honda HR-V SE 2024
-
- SM Specialist
- Posts: 16755
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
saya aja bingung... hahahaha.
mobil kg dibatasi aja atpm teriak, apalagi dibatasi. lagi bicara penyelamatan industri otomotif malah katanya harus dibatasi. lah mengenai attitude nyetir mah itu isu lain nanti dulu, mau selamat dulu gak industrinya.
udah saya bilang makanya kondisi kita sama singapore jauh beda kok mau pake regulasi sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16755
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
city planningnya gak jelas mbah. tambal-sulam aja infrastrukturnya. flow lalu lintas gak diperhatikan, dishub kerjanya jadi kayak tukang parkir padahal banyak yang bisa diurusin.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:39
Car centric tp jalanannya mengenaskan ya mbah, sempit2 bener![]()
Kadang gw kalo lewat jalanan yg ga konsisten lebar kecilnya suka mikir, ni yg awal bikin jalanan insinyur bukan yak, ngerti tata kota ga ya. Bisa2nya bikin jalanan kadang lebar kadang kecil yg malah bikin bottleneck. Banyak bener jalanan di ibukota yg tambal sulam ga karuan. Makanya bikin mrt 1 line aja ga kelar2, MRT jkt bisa kayak HK, tokyo kayanya butuh >50 thn lg. jalur MRTnya jadi ga lama jktnya tenggelam![]()
kalo transum macem busway ditambah ya sebates jalan yg dah ada aja dijadiin jalur busway, hampir ga mungkin nambah jalan baru di jkt.
Sebenernya memang ibukota dah seharusnya pindah sih. IKN ide bagus tp sekarang malah jd beban. Kalo negara duitnya banyak sih hajar aja, nah ini duit cekak mau bangun kota dari nol. Nasib negara yg ga capable nyari duit selain dr pajak rakyatnya dan budaya korupnya makin menggila![]()
IKN secara ide bagus tapi eksekusinya sih ngapain babat hutan bangun kota lagi. padahal solusi jauh lebih simplenya ya tunjuk aja salah satu kota di kalimantan, bangun pusat pemerintahan udah kelar. proyek half-baked, eksekusinya bahkan not even baked. kacau.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
ganiat jualan jir kalo bener rumor 599.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:29Harga diatas mepet 600 sih bagi ane dah mewah. Gila harganya ngedeketin CX5 biarpun CX5 ga hibrid2an tp beda kelas harga mepet. Gimana gamau asma yg disuruh ngejual barangnyalamatlancah wrote: Fri Jun 06, 2025 10:27bukan hal aneh, kalau hrv ntar akan dianggap sebagai mobil mewah.timbermaniac123 wrote: Fri Jun 06, 2025 7:22 Kemarin iseng2 nanya spv dealer tempat saya beli hrv untuk harga hrv hybrid. Estimasi sekitar 600...
![]()
![]()
Kayaknya yg set harga ngondah disini 11 12 ma pemerintah dah, gatau kondisi real ekonomi rakyat konoha![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
IMHO, IKN kalo liat desain bocor juga itu garamah2 amat pejalan kaki sih. memang district business central cman kalo liat2 info sih kaianya jarak antar penghunian ama worksite masih jauh. itupun katanya musti all-in electric ala EU ( aside info : civic type r akhirnya sampe berteguk lutut ke dua kalinya discontinue di EU, salah sendiri gamau engineered pake GPF sesuai regs sono)ChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 8:07city planningnya gak jelas mbah. tambal-sulam aja infrastrukturnya. flow lalu lintas gak diperhatikan, dishub kerjanya jadi kayak tukang parkir padahal banyak yang bisa diurusin.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:39
Car centric tp jalanannya mengenaskan ya mbah, sempit2 bener![]()
Kadang gw kalo lewat jalanan yg ga konsisten lebar kecilnya suka mikir, ni yg awal bikin jalanan insinyur bukan yak, ngerti tata kota ga ya. Bisa2nya bikin jalanan kadang lebar kadang kecil yg malah bikin bottleneck. Banyak bener jalanan di ibukota yg tambal sulam ga karuan. Makanya bikin mrt 1 line aja ga kelar2, MRT jkt bisa kayak HK, tokyo kayanya butuh >50 thn lg. jalur MRTnya jadi ga lama jktnya tenggelam![]()
kalo transum macem busway ditambah ya sebates jalan yg dah ada aja dijadiin jalur busway, hampir ga mungkin nambah jalan baru di jkt.
Sebenernya memang ibukota dah seharusnya pindah sih. IKN ide bagus tp sekarang malah jd beban. Kalo negara duitnya banyak sih hajar aja, nah ini duit cekak mau bangun kota dari nol. Nasib negara yg ga capable nyari duit selain dr pajak rakyatnya dan budaya korupnya makin menggila![]()
IKN secara ide bagus tapi eksekusinya sih ngapain babat hutan bangun kota lagi. padahal solusi jauh lebih simplenya ya tunjuk aja salah satu kota di kalimantan, bangun pusat pemerintahan udah kelar. proyek half-baked, eksekusinya bahkan not even baked. kacau.

bagus sih niat ma idenya (ala2 NEOM, new-alexandria, samsung city, ato bahkan woven city yang udah ke step 2) cman yaitu mbah kalo pendanaan dari aseng ujungnya kita yang disandera

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
sepakat mbah. tata kota ancur2an negara +62 inilamatlancah wrote: Sat Jun 07, 2025 6:12tata kota keblenger.kendibocor wrote: Sat Jun 07, 2025 5:39 Car centric tp jalanannya mengenaskan ya mbah, sempit2 bener![]()
Kadang gw kalo lewat jalanan yg ga konsisten lebar kecilnya suka mikir, ni yg awal bikin jalanan insinyur bukan yak, ngerti tata kota ga ya. Bisa2nya bikin jalanan kadang lebar kadang kecil yg malah bikin bottleneck. Banyak bener jalanan di ibukota yg tambal sulam ga karuan. Makanya bikin mrt 1 line aja ga kelar2, MRT jkt bisa kayak HK, tokyo kayanya butuh >50 thn lg. jalur MRTnya jadi ga lama jktnya tenggelam![]()
kalo transum macem busway ditambah ya sebates jalan yg dah ada aja dijadiin jalur busway, hampir ga mungkin nambah jalan baru di jkt.
Sebenernya memang ibukota dah seharusnya pindah sih. IKN ide bagus tp sekarang malah jd beban. Kalo negara duitnya banyak sih hajar aja, nah ini duit cekak mau bangun kota dari nol. Nasib negara yg ga capable nyari duit selain dr pajak rakyatnya dan budaya korupnya makin menggila![]()
yg design kota2 di indo dari dulu kan belanda.
setelah belanda out, mengurus yg sudah ada pun tak sanggup, apalagi bikin baru - ah sudah lah.

-
- SM Specialist
- Posts: 16755
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
nah itulah salah kaprah eco-city nya kita. udahlah babat hutan, desainnya nggak kayak kota-kota di europe yang memang mengutamakan jalan kaki. padahal mah gampang loh kita bekas kolonial kota - kota tua yang jadi cagar budaya itu rata-rata pedestrian friendly.kayukayuthe5th wrote: Sat Jun 07, 2025 8:15
IMHO, IKN kalo liat desain bocor juga itu garamah2 amat pejalan kaki sih. memang district business central cman kalo liat2 info sih kaianya jarak antar penghunian ama worksite masih jauh. itupun katanya musti all-in electric ala EU ( aside info : civic type r akhirnya sampe berteguk lutut ke dua kalinya discontinue di EU, salah sendiri gamau engineered pake GPF sesuai regs sono)![]()
bagus sih niat ma idenya (ala2 NEOM, new-alexandria, samsung city, ato bahkan woven city yang udah ke step 2) cman yaitu mbah kalo pendanaan dari aseng ujungnya kita yang disandera![]()
dipikir kalo semua penggerak listrik auto hijau apa

iya tuh CTR sampe discontinue lagi. gile emang sih calon-calon gak dilanjut lagi atau jadinya CTR hybrid nanti. mo jadi apa

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
atleast kaia mainland lah. EU itu kaianya susah deh kalo kiblat kesana. maslahnya kotabarunya dah terlanjur acak kadut n pada bermukim disitu mbah. kota tuanya jadi heritage kaia di malang (itupun aja sering banjir, karena resaapn air malah dipavingChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 8:31nah itulah salah kaprah eco-city nya kita. udahlah babat hutan, desainnya nggak kayak kota-kota di europe yang memang mengutamakan jalan kaki. padahal mah gampang loh kita bekas kolonial kota - kota tua yang jadi cagar budaya itu rata-rata pedestrian friendly.kayukayuthe5th wrote: Sat Jun 07, 2025 8:15
IMHO, IKN kalo liat desain bocor juga itu garamah2 amat pejalan kaki sih. memang district business central cman kalo liat2 info sih kaianya jarak antar penghunian ama worksite masih jauh. itupun katanya musti all-in electric ala EU ( aside info : civic type r akhirnya sampe berteguk lutut ke dua kalinya discontinue di EU, salah sendiri gamau engineered pake GPF sesuai regs sono)![]()
bagus sih niat ma idenya (ala2 NEOM, new-alexandria, samsung city, ato bahkan woven city yang udah ke step 2) cman yaitu mbah kalo pendanaan dari aseng ujungnya kita yang disandera![]()
dipikir kalo semua penggerak listrik auto hijau apa![]()
iya tuh CTR sampe discontinue lagi. gile emang sih calon-calon gak dilanjut lagi atau jadinya CTR hybrid nanti. mo jadi apa![]()

yah itulah mbah , pejabat FOMO. one of solution but not the overall solution sebernya tuh BEV. akhirnya eksploitasi besar2an kan juga yang rugi nambahin emisi CO2 kita dong

dalam waktu dekat mau masukin preludes mbah soalnya. plus EU ma US pledged all in hybrid (toyota , subaru, mazda ) juga ikut trends yah soalnya CAFE 40mpg ternyata ga bisa dicabut atleast di US EV mandatory ga sah (sampe elon ngambek , gancem DOGE dibubarin)

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 984
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Kalau anda mau industri otomotif survive,ppnbm dihapus saya setuju tapi pembatasan umur kendaraan max 10 tahun juga harus ada, biar maksa yang mampu dan butuh mobil buat beli mobil baru yang layak jalan ,jadi win2 solution semuaChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 4:30
opini oom ini dibuat dan relevan pembatasan begini, dgn asumsi bahwa masyarakat +62 tidak over-reliant dengan kendaraan pribadi dan taraf ekonominya seperti singapore jadi beli mobil itu beneran "option" bukan "necessity kalo punya duit sehingga belinya LCGC", ok saya setuju. tapi kan kondisinya jauh banget singapore sama kita. ingat beli mobil dan motor itu bukan pilihan buat sebagian orang, itu keharusan karena transum dan pedestrian sangat tidak bersahabat. at least di luar jakarta.
kalau semua ngikutin saran oom, pabrikan otomotif bangkrut gak ada yang mau jualan. pembeli BMW mercy itu berapa % ? halah gak usah gitu, yang pake BMW dan masih mikir isi pertalite buanyak. pajak mati? bejibun.
poin saya itu hapusin PPnBM, tujuannya kan biar survive dulu. mau industri survive gak? mau astra bangkrut? itu jangan lupa semua yang terlibat dalam supply chain astra juga bakalan cabut.
nggak bisa naif om, india juga drivernya segila kita, tapi penjualan mobil di sana lebih gede per jumlah penduduknya. makanya lebih seksi buat investasi. market growth itu buat industri ya yang penting laku. sabodo teing mau penduduknya simpanse, kalo bisa jadi duit ya so be it.
makanya belakangan kita gak terlalu dianggep pabrikan otomotif. kalo bisa buat dumping ya sukur, gak bisa ya gakpapa.
lah wong gak sampe 1% jumlah penduduk yang beli, pajaknya gila gilaan, kepastian hukum ya begitu, ngapain repot. ini POV industri ya.
Yang punya duit layak beli mobil,pabrikan mobil juga bisa jualan mobilnya
Lha kalau mobil tua masih dibiarin beredar ya orang yang sudah memiliki kendaraan tidak akan beli mobil baru,industri mobil omzetnya juga ga akan naik karena kue omzetnya kemakan mobil bekas
Masuk akal kan?
Ini strategi mobil2 listrik negara naga sebenernya,makannya mobil negara naga menurut saya memang sengaja ga sediain sparepart supaya maksa pemiliknya beli mobil baru tiap sikusnya habis
Kalau anda bilang astra menuju bangkrut sekarang karena penjualan mobilnya turun ya maaf masih jauh sekali Nyatanya pendapatan ASII hanya stagnan beberapa tahun kebelakang tidak turun,karena mau model apapun mainnya dia tetap cuan
Kalau anda lihat incomenya ASII tuh naik 2x lipat lho sama dengan harga gold
ATPM yang teriak,tapi toko sparepart dan bengkel2 malah pada senyum2 semua,kemarin saya urus overhaul kendaraan,mau beli sparepart tidak pernah tidak antri di toko sparepartnyaChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 7:59
saya aja bingung... hahahaha.
mobil kg dibatasi aja atpm teriak, apalagi dibatasi. lagi bicara penyelamatan industri otomotif malah katanya harus dibatasi. lah mengenai attitude nyetir mah itu isu lain nanti dulu, mau selamat dulu gak industrinya.
udah saya bilang makanya kondisi kita sama singapore jauh beda kok mau pake regulasi sama.
,anda tahu ga 3 tahun belakangan AUTO salesnya naik gila2an,ya itu dia salah 1 faktor yang menghambat penjualan mobil baru,karena opsi pembatasan umur belom diberlakukan,kalau mobil lama masih bisa dipakai kenapa harus ganti? Kalau aturan pembatasan umur kendaraan diberlakukan saya yakin AUTO bakal anjlok incomenya karena orang2 jarang mau rawat kendaraannya lagi
Yang lain lagi kalau anda mau industri otomotif naik lagi ya kredit kepemilikan kendaraan bermotor baru dipermudah lagi syaratnya,DP dibuat 0%,bunganya dikecilin bukan malah dinaikin mau NPL hancur ya biar aja
Masalahnya itu lembaga2 keuangan pemberi kreditnya berani ga?
Kalau anda ingat tahun 2004 ketika penjualan mobil melesat stimulusnya apa? Ya kredit kendaraan dipermudah sekali
Coba deh anda tanya pedagang mobil bekas juga jangan cuma mobil baru,apakah omzet mereka meningkat?
Kalau yang saya tahu pedagang mobil bekas juga sekarang lesu,kenapa?
Karena orang2 sekarang memilih mengurangi beban,mereka lebih memilih mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan sehari2,dan bayar cicilan kpr daripada mobil
So? Faktanya Buat mayoritas masyarakat memang mobil masih termasuk kebutuhan tersier/barang mewah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6376
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
alah pembatasaan 10thn itu aturan sampah juga atpm kalo mau survive bikin barang yang bagus lah yang konsumen mau pemerintah juga jgn kebanyakan ngatur mobil musti kayak gimanazonepublic wrote: Sat Jun 07, 2025 10:57Kalau anda mau industri otomotif survive,ppnbm dihapus saya setuju tapi pembatasan umur kendaraan max 10 tahun juga harus ada, biar maksa yang mampu dan butuh mobil buat beli mobil baru yang layak jalan ,jadi win2 solution semuaChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 4:30
opini oom ini dibuat dan relevan pembatasan begini, dgn asumsi bahwa masyarakat +62 tidak over-reliant dengan kendaraan pribadi dan taraf ekonominya seperti singapore jadi beli mobil itu beneran "option" bukan "necessity kalo punya duit sehingga belinya LCGC", ok saya setuju. tapi kan kondisinya jauh banget singapore sama kita. ingat beli mobil dan motor itu bukan pilihan buat sebagian orang, itu keharusan karena transum dan pedestrian sangat tidak bersahabat. at least di luar jakarta.
kalau semua ngikutin saran oom, pabrikan otomotif bangkrut gak ada yang mau jualan. pembeli BMW mercy itu berapa % ? halah gak usah gitu, yang pake BMW dan masih mikir isi pertalite buanyak. pajak mati? bejibun.
poin saya itu hapusin PPnBM, tujuannya kan biar survive dulu. mau industri survive gak? mau astra bangkrut? itu jangan lupa semua yang terlibat dalam supply chain astra juga bakalan cabut.
nggak bisa naif om, india juga drivernya segila kita, tapi penjualan mobil di sana lebih gede per jumlah penduduknya. makanya lebih seksi buat investasi. market growth itu buat industri ya yang penting laku. sabodo teing mau penduduknya simpanse, kalo bisa jadi duit ya so be it.
makanya belakangan kita gak terlalu dianggep pabrikan otomotif. kalo bisa buat dumping ya sukur, gak bisa ya gakpapa.
lah wong gak sampe 1% jumlah penduduk yang beli, pajaknya gila gilaan, kepastian hukum ya begitu, ngapain repot. ini POV industri ya.
Yang punya duit layak beli mobil,pabrikan mobil juga bisa jualan mobilnya
Lha kalau mobil tua masih dibiarin beredar ya orang yang sudah memiliki kendaraan tidak akan beli mobil baru,industri mobil omzetnya juga ga akan naik karena kue omzetnya kemakan mobil bekas
Masuk akal kan?
Ini strategi mobil2 listrik negara naga sebenernya,makannya mobil negara naga menurut saya memang sengaja ga sediain sparepart supaya maksa pemiliknya beli mobil baru tiap sikusnya habis
Kalau anda bilang astra menuju bangkrut sekarang karena penjualan mobilnya turun ya maaf masih jauh sekali
Screenshot_20250607_181421.jpg
Nyatanya pendapatan ASII hanya stagnan beberapa tahun kebelakang tidak turun,karena mau model apapun mainnya dia tetap cuan
Kalau anda lihat incomenya ASII tuh naik 2x lipat lho sama dengan harga gold
ATPM yang teriak,tapi toko sparepart dan bengkel2 malah pada senyum2 semua,kemarin saya urus overhaul kendaraan,mau beli sparepart tidak pernah tidak antri di toko sparepartnyaChZ wrote: Sat Jun 07, 2025 7:59
saya aja bingung... hahahaha.
mobil kg dibatasi aja atpm teriak, apalagi dibatasi. lagi bicara penyelamatan industri otomotif malah katanya harus dibatasi. lah mengenai attitude nyetir mah itu isu lain nanti dulu, mau selamat dulu gak industrinya.
udah saya bilang makanya kondisi kita sama singapore jauh beda kok mau pake regulasi sama.
,anda tahu ga 3 tahun belakangan AUTO salesnya naik gila2an,ya itu dia salah 1 faktor yang menghambat penjualan mobil baru,karena opsi pembatasan umur belom diberlakukan,kalau mobil lama masih bisa dipakai kenapa harus ganti?
Screenshot_20250607_180644 (1).jpg
Kalau aturan pembatasan umur kendaraan diberlakukan saya yakin AUTO bakal anjlok incomenya karena orang2 jarang mau rawat kendaraannya lagi
Yang lain lagi kalau anda mau industri otomotif naik lagi ya kredit kepemilikan kendaraan bermotor baru dipermudah lagi syaratnya,DP dibuat 0%,bunganya dikecilin bukan malah dinaikin mau NPL hancur ya biar aja
Masalahnya itu lembaga2 keuangan pemberi kreditnya berani ga?
Kalau anda ingat tahun 2004 ketika penjualan mobil melesat stimulusnya apa? Ya kredit kendaraan dipermudah sekali
Coba deh anda tanya pedagang mobil bekas juga jangan cuma mobil baru,apakah omzet mereka meningkat?
Kalau yang saya tahu pedagang mobil bekas juga sekarang lesu,kenapa?
Karena orang2 sekarang memilih mengurangi beban,mereka lebih memilih mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan sehari2,dan bayar cicilan kpr daripada mobil
So? Faktanya Buat mayoritas masyarakat memang mobil masih termasuk kebutuhan tersier/barang mewah

kalo pemerintah kebanyakan ngatur ya akhirnya kek sekarang ini di lapangan isinya sampah semua mau mobil yang laku orang suka karena reliable macem rush sigra calya itu juga sampah kaleng di kasih roda orang beli karena nyari aman aja

yang mahal sampah elektronik sama batre

dikira mobil sekarang jelek ngikutin selera pasar nope karena nurutin regulasi pemerintah safety ini itu pasang ini itu buat safety belom EMISI yang ngadi2x

10thn itu cuma cocok di singapore itupun mobil bekas diatas 25 tahun boleh masuk lagi dengan skema khusus karena dianggap barang antik

jazz gw 2013 masih bagus gak rewel gak kek HRV gen2 atau honda cvt2xan kakinya aja ngambles kek sampah rongsok semua suruh gw ganti mobil gw ke mobil baru maksa pula

umumnya orang kalo ud punya mobil tua gak bisa rawat penyakitan dan yang barunya lebih worthed orang akan beralih sendiri kok

lah sekarang semua line up gerobak semua gw aja next pengganti pajero malah ngincer j100 land cruiser ngapain gw beli mobil model baru rewel........

jualan mobil bekas kalo susah kek gini ya mobil2x premium mau harganya tinggal 100jtan juga tetep susah cuma yang namanya mobil rakyat mah ada aja peminatnya paling pasaran turun aja

intinya kalo second kebutuhan ada aja mau orang upgrade atau downgrade tinggal pinter2x liat pasarnya aja

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6376
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
eropa kan belom kapok tungguin aja bentar lagi juga jadi negara gembel semuakayukayuthe5th wrote: Sat Jun 07, 2025 9:51 atleast kaia mainland lah. EU itu kaianya susah deh kalo kiblat kesana. maslahnya kotabarunya dah terlanjur acak kadut n pada bermukim disitu mbah. kota tuanya jadi heritage kaia di malang (itupun aja sering banjir, karena resaapn air malah dipaving)
yah itulah mbah , pejabat FOMO. one of solution but not the overall solution sebernya tuh BEV. akhirnya eksploitasi besar2an kan juga yang rugi nambahin emisi CO2 kita dong![]()
dalam waktu dekat mau masukin preludes mbah soalnya. plus EU ma US pledged all in hybrid (toyota , subaru, mazda ) juga ikut trends yah soalnya CAFE 40mpg ternyata ga bisa dicabut atleast di US EV mandatory ga sah (sampe elon ngambek , gancem DOGE dibubarin)![]()
