Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Jenson »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 3:45
ChZ wrote: Thu Jun 05, 2025 3:26
AbdulHakim wrote: Wed Jun 04, 2025 10:54 kalau udah tau LCGC itu merugi, kenapa terus diproduksi siy?
bikin angkot, bajaj dan bus kota punah, menambah kemacetan, belum lagi kelakuan di jalan yang seenak jidatnya aja
sejak LCGC menjamur ini jalan-jalan kampung makin sempit karena parkir di pinggir jalan umum, karena rumahnya ga punya lahan buar parkir mobil
hanya stakeholdersnya yang tau. ntah ada kontrak sama suppliernya kah, atau gimana. inget ini pencetusnya as*ra, juga kepentingan bekingan pasti.

LCGC itu nggak diperlukan andai lower to middle income bisa aman dan nyaman pake transum.

makanya saya ngomong tanya di belakang : apakah kita udah kayak sinciapo?

pajakin mobil tapi transum digarap supaya semua orang dapet haknya. saya setuju kok kata mantan gub jkt : alat transportasi itu ya kaki. negara maju masyarakat lower to middle income jalan kaki naik subway naik bus tram dll, bukan bawa motor taruhan nyawa.
unpopular opinion. kenapa ga masukin keicar yah?
Jimny 3 doors masuk Kei Car ga ya itungannya :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6376
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

Jenson wrote: Thu Jun 05, 2025 4:56
Hahaha setuju om Boku. Saya jg ada City HB ama Civic FE, kalo naik City pala suka kepentok, naik Civic aman. Emang designer ahond agak2 sih, itu City leg room lega bgt bsa selonjoran, di Civic malah sempit.

Design mobil yg headroomnya ngaco jga Zenix, kalo tinggi >170 cm, keluar masuk bangku depan rawan kejeduk
sejak HRV gen2 makin ngaco om di hrv gen 2 masih di maafin deh soalnya gak mentok2x banget bagasi masih gede eh gen 3 makin ancur :big_dunno:

engine bay ud kayak jurang engin bawahnya gak di kasih cover padahal brv/wrv ada covernya terus bagasi makin kecil makannya kalo mau HRV saya masih lebih prefer gen 2 apalagi facelift non LED cakep projienya :big_bored:

gak tau tim design B segmentnya makin kacau saking kagak pede makannya ada yang namanya elevante semua yang kita mau ada disitu tapi tetep cvt :big_bored:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1712
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by lemonadelovers »

AbdulHakim wrote: Wed Jun 04, 2025 10:54 kalau udah tau LCGC itu merugi, kenapa terus diproduksi siy?
bikin angkot, bajaj dan bus kota punah, menambah kemacetan, belum lagi kelakuan di jalan yang seenak jidatnya aja
sejak LCGC menjamur ini jalan-jalan kampung makin sempit karena parkir di pinggir jalan umum, karena rumahnya ga punya lahan buar parkir mobil
bsa juga dimanfaatkan untuk upping harga mobil diatasnya.. buat layer harga d bottom menaikkan segmen harga diatasnya :big_peace:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 688
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by lamatlancah »

baru balik dari BKK setelah terakhir ke sana 2 tahun yl.
mobilnya bagus2 banyak varian brand nya. kotanya juga berkembang sangat pesat.

balik ke indon, impresi pertama setelah keluar soetta lcgc lagi lcgc lagi bertebaran dimana2.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 984
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by zonepublic »

AbdulHakim wrote: Wed Jun 04, 2025 10:54 kalau udah tau LCGC itu merugi, kenapa terus diproduksi siy?
bikin angkot, bajaj dan bus kota punah, menambah kemacetan, belum lagi kelakuan di jalan yang seenak jidatnya aja
sejak LCGC menjamur ini jalan-jalan kampung makin sempit karena parkir di pinggir jalan umum, karena rumahnya ga punya lahan buar parkir mobil
Lcgc itu menurut saya salah 1 konspirasi hasil kamuflase atpm dan pemerintah jaman itu untuk memunculkan segmen baru yang kualitasnya tidak layak jalan tapi di"legalkan" via aturan lcgc
Karena secara aturan keselamatan mobil lcgc ga akan mungkin lulus uji keselamatan negara manapun baik asiancap,ncap bisa kena sorot negara luar segala kalo ga disupport
Padahal pabrik butuh omzet,dan kemampuan ekonomi masyarakat jaman itu ga mampu beli mobil yg harganya sudah naik krn inflasi
Jaman dulu mana ada corolla banyak sampai 5 opsi varian,paling cuma 2 varian aja liftback sama sedan atau honda civic wonder paling cuma 4 door sama 3 door aja,sekarang kan dibikin banyak varian buat ngakalin dan bikin orang mikir

Makannya kalau saya jujur prefer kepemilikan mobil dipersulit dan dibatasi aja lah seperti singapore biar terfilter seperti jaman taun 70-80an,yang memang bener2 mampu aja yang punya mobil jadi pemilik mobil ya orang yang mampu secara finansial,mampu secara mental dan dewasa secara pemikiran
Biar indo ga punya pabrikan mobil ICE ga apa2 sih menurut saya
Kalau kemarin bro ChZ menyarankan ppnbm dihapus aja,itu orang2 yang mampu beli mercy,bmw ga ada yang pusing mikir ppnbm,bensin kok,karena mereka mampu secara finansial dan sudah terseleksi bener,biar orang yang usaha angkutan juga dapat uang,kalau semua bawa kendaraan pribadi usaha angkutan juga berkurang,uang tidak berputar
Bila perlu subsidi bbm dihapus sekalian jadi yang memang mampu punya kendaraan aja yang bener2 punya dananya buat bangun angkutan umum,pajak kendaraan tetap ga apa2 nanti buat nambah angkutan umum
Kalo dipikir2 jaman dulu mobil ga banyak tapi pemiliknya pada bisa nyetir,tahu menempatkan mobilnya di marka jalan yang benar,ga kaya sekarang marka dilanggar,posisi nyetir aja ngaco smua di tengah2 mau nyalip ga bisa,badan jalan aja sampai disikat smua,nanti serempetan ujung2nya ribut sampe polisi aja sekarang udah males jaga makannya dibikin etle,tapi etle juga ga bikin orang taat aturan karena sanksinya ujung2nya duit,pada copotin plat nomer
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 826
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Jenson wrote: Thu Jun 05, 2025 4:57
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 3:45
ChZ wrote: Thu Jun 05, 2025 3:26

hanya stakeholdersnya yang tau. ntah ada kontrak sama suppliernya kah, atau gimana. inget ini pencetusnya as*ra, juga kepentingan bekingan pasti.

LCGC itu nggak diperlukan andai lower to middle income bisa aman dan nyaman pake transum.

makanya saya ngomong tanya di belakang : apakah kita udah kayak sinciapo?

pajakin mobil tapi transum digarap supaya semua orang dapet haknya. saya setuju kok kata mantan gub jkt : alat transportasi itu ya kaki. negara maju masyarakat lower to middle income jalan kaki naik subway naik bus tram dll, bukan bawa motor taruhan nyawa.
unpopular opinion. kenapa ga masukin keicar yah?
Jimny 3 doors masuk Kei Car ga ya itungannya :big_think:
gamasuk deh. kan harus 660cc :big_cat:
b0ku wrote: Thu Jun 05, 2025 5:08
Jenson wrote: Thu Jun 05, 2025 4:56
Hahaha setuju om Boku. Saya jg ada City HB ama Civic FE, kalo naik City pala suka kepentok, naik Civic aman. Emang designer ahond agak2 sih, itu City leg room lega bgt bsa selonjoran, di Civic malah sempit.

Design mobil yg headroomnya ngaco jga Zenix, kalo tinggi >170 cm, keluar masuk bangku depan rawan kejeduk
sejak HRV gen2 makin ngaco om di hrv gen 2 masih di maafin deh soalnya gak mentok2x banget bagasi masih gede eh gen 3 makin ancur :big_dunno:

engine bay ud kayak jurang engin bawahnya gak di kasih cover padahal brv/wrv ada covernya terus bagasi makin kecil makannya kalo mau HRV saya masih lebih prefer gen 2 apalagi facelift non LED cakep projienya :big_bored:

gak tau tim design B segmentnya makin kacau saking kagak pede makannya ada yang namanya elevante semua yang kita mau ada disitu tapi tetep cvt :big_bored:
atleast hrv gen 2 itu gede banget belakangnya luas masih bisa buat sandaran.

enginebay karena untuk konsekuensi 2 mesin (1.5 ma 1.8)

setidaknya elevates interiornya niat. udah digital speedo. ergonomi lebih bagus, emang salah aja ini PF1 dari thai kasih test drivernya pada kurcaci semua :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 826
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Thu Jun 05, 2025 3:49
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 3:44
maslahnya sih suplai chain pusat apakah kuat or not? kalo kaia toyo sih denso, aisin itu udah gargantuan istilahnya.kita lia aja nanti
supply chain pusat bisa terancam kalo ada pabrikan china juga bisa bikin supply parts dengan harga lebih murah.

bayangin nanti gree atau changhong bikin kompresor ac mobil... :mky_07:
secara durabilitas terutama otomotif masih belum sih gausah jepun , ke SoKor aja belum sih.
TV changong gwa aja dah deadpixel padahal beli awal pandemi dulu nyaris belum 5 tahun, alat masak kirin dah jebol semua ujungnya blek ke jepun ma sokor macam sharp ma LG lagi ahaha
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3084
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by farizfsa »

lamatlancah wrote: Thu Jun 05, 2025 6:12 baru balik dari BKK setelah terakhir ke sana 2 tahun yl.
mobilnya bagus2 banyak varian brand nya. kotanya juga berkembang sangat pesat.

balik ke indon, impresi pertama setelah keluar soetta lcgc lagi lcgc lagi bertebaran dimana2.
beda lah bkk sama jkt.. disana lcgc dikit, hampir ga ada kali.
banyak mbl german dimana2, sejelek2 nya mbl paling juga nissan sylphy, corolla altis lama atau mbl tua itu pun bukan lcgc.
disana banyak MG kl mobil murah.
disana dcab or scab dpt subsidi pemerintah kalo ga salah.
mbl hybrid disana biasa aja, sedan diesel biasa aja.

kalo agak minggir dr BKK, ya standar lah masih bisa liat xpander dkk. kl di central nya malah ga keliatan mbl sejenis itu.

disana mbl bmw x1, mini countryman, pug 3008 gitu ada harganya jg <1.5 jt per hari. lah disini mbl gituan bisa 5 jt++ sehari.

gausah jauh2 ke BKK, ke KL aja udah beda permobilannya. entah apa yang salah :big_biglaugh:. Ke HK alphard vellfire udah kaya sigra calya ya pendapatan tinggi tp disana biaya hidup tinggi bgt, ga bs tu makan cuma 10rb rupiah sekali makan. kayanya emg negri ini ga suka rakyatnya pake mobil bagus :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3931
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

Intinya mah emang emang buying power wakanda ngampas aja ga menguat selama 10-15 thn ini. Global emang melemah jg si pasca covid trus perang trus lanjut muncul si orange clown bikin huru-hara tarif2an ini tp kayaknya wakanda stagnannya dah jauh dari precovid.

Apa yg diharapkan dari negara yg penghasilan utamanya dr pajak rakyat. Dari lahir sampe mati dikenain pajak. Gaji dipajakin, beli barang atau makanan dari gaji tsb kena pajak lg :big_biglaugh:
Trus duit hasil pajaknya dipake bwat nginep di pejabat2 di hotel yg 9jt/malam atau ga buat ngasi duit pensiun seumur hidup ma wakil2an yg kerja 5 tahun doang (belum tentu jg kerja).

Bener yg mbah chz bilang, jumlah masyarakat hampir 300jt tp proyeksi jualan mbl cuman 750rb unit itu mengenaskan sih. Semua ujung2nya ya gara2 pendapatan minim, dihajar pajak kiri kanan lg.

Masalah transum jg ga gampang kalo liat pola tata kota terutama di jkt. Kalo orng jakbar suka lewat samping tol tomang (jln arjuna selatan-utara) pasti ngerti maksud gw. Betapa pintarnya itu yg bikin jalan lurusan doang tp lebarnya bisa gede kecil, pas di titik kecil ya jd stuck lah itu melambat semua. Uda puluhan tahun dibiarinin aja begitu. Yg gini2an banyak di jalanan ibukota. Masalahnya ya dr awal ni kota dikembangin emang ga beres tata kotanya :big_biglaugh:
Skrng mo bikin transum dengan segala sarana pendukungnya kayak halte gitu2an jg sulit. Lahan terbatas, pembangunan bikin macet parah, Busway aja kebanyakan makan jalanan yg eksisting. Blm lg kalo ngomongin akses ke transumnya kayak trotoar segala yg kadang malah dipake jualan apa lewat motor2 trus kalo ditegur galakan mereka :big_biglaugh:

Dah lah failed country nunggu ambruk aja. Pemerintah bisanya majakin doang, rakyatnya jd kepepet ya dengan segala cara berusaha bwat menghasilkan duit biar survive :big_biglaugh:

Gw inget jamannya awal 2000an masih suka bacod2an ma orng malay senggaknya masih bisa berimbang, sekarang pelan2 dah makin ketinggalan lah wakanda kalo dibandingin ma malay aja jg.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3931
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 8:31 secara durabilitas terutama otomotif masih belum sih gausah jepun , ke SoKor aja belum sih.
TV changong gwa aja dah deadpixel padahal beli awal pandemi dulu nyaris belum 5 tahun, alat masak kirin dah jebol semua ujungnya blek ke jepun ma sokor macam sharp ma LG lagi ahaha
Masalah durabilitas kadang ga melulu jd yg utama om apalagi kalo urusan harga. Ane beli tv samsung ampir 20 jt taon 2016 skrng jg dah mulai cacad itu beberapa spot ada putih2 macem panuan. Emang sih uda mo 10 thn tp kalo misalkan dlu ane beli tv china 10 jtan (yg mungkin specnya lebih tinggi dr samsung), pake 5 tahun jebol ya 5 thn kemudian beli tv 10 jt lg pasti specnya dah jauh lebih tinggi drpd tv tahun 2016. Kalo ni tv jebol si kayaknya ane beli tv china aja dah. Tp ini ane liat dr kantong ane ya, orang lain yg berlebih mungkin beda pendapat sih.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 984
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by zonepublic »

kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:05

Dah lah failed country nunggu ambruk aja. Pemerintah bisanya majakin doang, rakyatnya jd kepepet ya dengan segala cara berusaha bwat menghasilkan duit biar survive :big_biglaugh:



Jawabannya disini
,coba bayangin yang sekarang berkuasa berapa kepala yang harus dikasih bagian
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Jenson »

kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:18
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 8:31 secara durabilitas terutama otomotif masih belum sih gausah jepun , ke SoKor aja belum sih.
TV changong gwa aja dah deadpixel padahal beli awal pandemi dulu nyaris belum 5 tahun, alat masak kirin dah jebol semua ujungnya blek ke jepun ma sokor macam sharp ma LG lagi ahaha
Masalah durabilitas kadang ga melulu jd yg utama om apalagi kalo urusan harga. Ane beli tv samsung ampir 20 jt taon 2016 skrng jg dah mulai cacad itu beberapa spot ada putih2 macem panuan. Emang sih uda mo 10 thn tp kalo misalkan dlu ane beli tv china 10 jtan (yg mungkin specnya lebih tinggi dr samsung), pake 5 tahun jebol ya 5 thn kemudian beli tv 10 jt lg pasti specnya dah jauh lebih tinggi drpd tv tahun 2016. Kalo ni tv jebol si kayaknya ane beli tv china aja dah. Tp ini ane liat dr kantong ane ya, orang lain yg berlebih mungkin beda pendapat sih.
Barang elektronik china malah menurt ane untung2an om, ane beli tv cina ud 5 tahun amann masihan. Lalu ada lagi beli tableet cina ud jatoh berkali2 surprisimgly uf 6 tahun masih ok, batere juga ga bocor
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3931
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

Jenson wrote: Thu Jun 05, 2025 13:53 Barang elektronik china malah menurt ane untung2an om, ane beli tv cina ud 5 tahun amann masihan. Lalu ada lagi beli tableet cina ud jatoh berkali2 surprisimgly uf 6 tahun masih ok, batere juga ga bocor
Bener om, dlu ane pake ac changhong lebih dr 10 tahun jg masi awet2 aja di apartemen. Beli dr 2010 sampe apt dijual 2021 tetep dingin2 aja. Cover plastiknya uda sampe kuning2 :big_biglaugh:
Ya memang elektronik hoki2an sih.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1543
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:05 Intinya mah emang emang buying power wakanda ngampas aja ga menguat selama 10-15 thn ini. Global emang melemah jg si pasca covid trus perang trus lanjut muncul si orange clown bikin huru-hara tarif2an ini tp kayaknya wakanda stagnannya dah jauh dari precovid.

Apa yg diharapkan dari negara yg penghasilan utamanya dr pajak rakyat. Dari lahir sampe mati dikenain pajak. Gaji dipajakin, beli barang atau makanan dari gaji tsb kena pajak lg :big_biglaugh:
Trus duit hasil pajaknya dipake bwat nginep di pejabat2 di hotel yg 9jt/malam atau ga buat ngasi duit pensiun seumur hidup ma wakil2an yg kerja 5 tahun doang (belum tentu jg kerja).

Bener yg mbah chz bilang, jumlah masyarakat hampir 300jt tp proyeksi jualan mbl cuman 750rb unit itu mengenaskan sih. Semua ujung2nya ya gara2 pendapatan minim, dihajar pajak kiri kanan lg.

Masalah transum jg ga gampang kalo liat pola tata kota terutama di jkt. Kalo orng jakbar suka lewat samping tol tomang (jln arjuna selatan-utara) pasti ngerti maksud gw. Betapa pintarnya itu yg bikin jalan lurusan doang tp lebarnya bisa gede kecil, pas di titik kecil ya jd stuck lah itu melambat semua. Uda puluhan tahun dibiarinin aja begitu. Yg gini2an banyak di jalanan ibukota. Masalahnya ya dr awal ni kota dikembangin emang ga beres tata kotanya :big_biglaugh:
Skrng mo bikin transum dengan segala sarana pendukungnya kayak halte gitu2an jg sulit. Lahan terbatas, pembangunan bikin macet parah, Busway aja kebanyakan makan jalanan yg eksisting. Blm lg kalo ngomongin akses ke transumnya kayak trotoar segala yg kadang malah dipake jualan apa lewat motor2 trus kalo ditegur galakan mereka :big_biglaugh:

Dah lah failed country nunggu ambruk aja. Pemerintah bisanya majakin doang, rakyatnya jd kepepet ya dengan segala cara berusaha bwat menghasilkan duit biar survive :big_biglaugh:

Gw inget jamannya awal 2000an masih suka bacod2an ma orng malay senggaknya masih bisa berimbang, sekarang pelan2 dah makin ketinggalan lah wakanda kalo dibandingin ma malay aja jg.
Makanya dulu jargon kerja..kerja..kerja.. karena gw (pemerintah) mau narik pajak lebih banyak dari kalian.. tiap tahun yang dipikirin cari objek pajak baru. Konyol lagi, anggaran pendidikan dipangkas tapi DPR ribut minta naik gaji
:big_smoking:
Urusan mobil, saya lihat dari 2010 sampai sekarang 2025, mobil yang laku banyak ya cuma rentang 150-300, kaya Avanza, begitu masuk 250 ke atas ya akhirnya beralih ke kelas bawahnya..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1543
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

farizfsa wrote: Thu Jun 05, 2025 8:37
lamatlancah wrote: Thu Jun 05, 2025 6:12 baru balik dari BKK setelah terakhir ke sana 2 tahun yl.
mobilnya bagus2 banyak varian brand nya. kotanya juga berkembang sangat pesat.

balik ke indon, impresi pertama setelah keluar soetta lcgc lagi lcgc lagi bertebaran dimana2.
beda lah bkk sama jkt.. disana lcgc dikit, hampir ga ada kali.
banyak mbl german dimana2, sejelek2 nya mbl paling juga nissan sylphy, corolla altis lama atau mbl tua itu pun bukan lcgc.
disana banyak MG kl mobil murah.
disana dcab or scab dpt subsidi pemerintah kalo ga salah.
mbl hybrid disana biasa aja, sedan diesel biasa aja.

kalo agak minggir dr BKK, ya standar lah masih bisa liat xpander dkk. kl di central nya malah ga keliatan mbl sejenis itu.

disana mbl bmw x1, mini countryman, pug 3008 gitu ada harganya jg <1.5 jt per hari. lah disini mbl gituan bisa 5 jt++ sehari.

gausah jauh2 ke BKK, ke KL aja udah beda permobilannya. entah apa yang salah :big_biglaugh:. Ke HK alphard vellfire udah kaya sigra calya ya pendapatan tinggi tp disana biaya hidup tinggi bgt, ga bs tu makan cuma 10rb rupiah sekali makan. kayanya emg negri ini ga suka rakyatnya pake mobil bagus :big_biglaugh:
Makanya rakyatnya dibikin bodoh terus, yang melek pada kabur aja dulu.. gimana ga kabur, suruh nasionalisme tapi sambil nahan lapar dan dahaga..
Anak SMP aja banyak yang belum bisa baca, perasaan pas saya kecil anak kelas 2 SD belum bisa baca kayaknya udah malu banget.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3931
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

Pugman wrote: Thu Jun 05, 2025 14:43
Makanya dulu jargon kerja..kerja..kerja.. karena gw (pemerintah) mau narik pajak lebih banyak dari kalian.. tiap tahun yang dipikirin cari objek pajak baru. Konyol lagi, anggaran pendidikan dipangkas tapi DPR ribut minta naik gaji
:big_smoking:
Urusan mobil, saya lihat dari 2010 sampai sekarang 2025, mobil yang laku banyak ya cuma rentang 150-300, kaya Avanza, begitu masuk 250 ke atas ya akhirnya beralih ke kelas bawahnya..
Pengamatan ngasal ane sih up to 400 masih mayan laku om dr 10-15 thn lalu. Model2 ciarpih, duo ladder lumayan lah penjualannya. Sekarang ya sama aja kebelinya yg up to 400 jt aja. Bedanya 10-15 thn lalu 400 jt kebeli ciarpih ma duo ladder sekarang HRV yg top trim aja ga dapet. Ya makanya mobcin2 jd laku karena banyak yg masih masuk ke price range tsb ditambah berbagai subsidi yg didapet (otr nambah2 dikit masih bisa lah, cicilan jg ga gitu jauh beda).
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 826
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:18
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 8:31 secara durabilitas terutama otomotif masih belum sih gausah jepun , ke SoKor aja belum sih.
TV changong gwa aja dah deadpixel padahal beli awal pandemi dulu nyaris belum 5 tahun, alat masak kirin dah jebol semua ujungnya blek ke jepun ma sokor macam sharp ma LG lagi ahaha
Masalah durabilitas kadang ga melulu jd yg utama om apalagi kalo urusan harga. Ane beli tv samsung ampir 20 jt taon 2016 skrng jg dah mulai cacad itu beberapa spot ada putih2 macem panuan. Emang sih uda mo 10 thn tp kalo misalkan dlu ane beli tv china 10 jtan (yg mungkin specnya lebih tinggi dr samsung), pake 5 tahun jebol ya 5 thn kemudian beli tv 10 jt lg pasti specnya dah jauh lebih tinggi drpd tv tahun 2016. Kalo ni tv jebol si kayaknya ane beli tv china aja dah. Tp ini ane liat dr kantong ane ya, orang lain yg berlebih mungkin beda pendapat sih.
gwa gasuka produk mainland, spek tinggi harga oke tapi......sedikit gatca :mky_05:
Pugman wrote: Thu Jun 05, 2025 14:47
farizfsa wrote: Thu Jun 05, 2025 8:37
lamatlancah wrote: Thu Jun 05, 2025 6:12 baru balik dari BKK setelah terakhir ke sana 2 tahun yl.
mobilnya bagus2 banyak varian brand nya. kotanya juga berkembang sangat pesat.

balik ke indon, impresi pertama setelah keluar soetta lcgc lagi lcgc lagi bertebaran dimana2.
beda lah bkk sama jkt.. disana lcgc dikit, hampir ga ada kali.
banyak mbl german dimana2, sejelek2 nya mbl paling juga nissan sylphy, corolla altis lama atau mbl tua itu pun bukan lcgc.
disana banyak MG kl mobil murah.
disana dcab or scab dpt subsidi pemerintah kalo ga salah.
mbl hybrid disana biasa aja, sedan diesel biasa aja.

kalo agak minggir dr BKK, ya standar lah masih bisa liat xpander dkk. kl di central nya malah ga keliatan mbl sejenis itu.

disana mbl bmw x1, mini countryman, pug 3008 gitu ada harganya jg <1.5 jt per hari. lah disini mbl gituan bisa 5 jt++ sehari.

gausah jauh2 ke BKK, ke KL aja udah beda permobilannya. entah apa yang salah :big_biglaugh:. Ke HK alphard vellfire udah kaya sigra calya ya pendapatan tinggi tp disana biaya hidup tinggi bgt, ga bs tu makan cuma 10rb rupiah sekali makan. kayanya emg negri ini ga suka rakyatnya pake mobil bagus :big_biglaugh:
Makanya rakyatnya dibikin bodoh terus, yang melek pada kabur aja dulu.. gimana ga kabur, suruh nasionalisme tapi sambil nahan lapar dan dahaga..
Anak SMP aja banyak yang belum bisa baca, perasaan pas saya kecil anak kelas 2 SD belum bisa baca kayaknya udah malu banget.
ya gimana susah sih padahal di negara asal kurikulum "freedom" pada balik pake buku cetak lagi. mainland aja AI cman boleh di senior high school elementary ama junior harus pake buku paket :mky_01:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3931
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 22:43
gwa gasuka produk mainland, spek tinggi harga oke tapi......sedikit gatca :mky_05:
Yah balik lg ke preferensi masing2 si ya om :big_biglaugh:
Ane jg sampe sekarang barang2 elektronik yg masi ada di rumah macem tv, kulkas, mesin cuci, ac masi merk jepun n S. Korea. Tp belakangan mulai beli merk cungkuo atau merk lokal (yg branding doang padahal mah barang cungkuo) macem robot vacuum cleaner, air purifier, dehumifier, cctv, powerbank, dll. Yah pengalaman pasti beda2 sih om, tp balik lg ke produknya sih emang murah and it works. Masalah kuat brp tahun ya liat aja. Yg pasti belinya dr baru lebih murah sih.
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Bibieight »

AbdulHakim wrote: Wed Jun 04, 2025 10:54 kalau udah tau LCGC itu merugi, kenapa terus diproduksi siy?
bikin angkot, bajaj dan bus kota punah, menambah kemacetan, belum lagi kelakuan di jalan yang seenak jidatnya aja
sejak LCGC menjamur ini jalan-jalan kampung makin sempit karena parkir di pinggir jalan umum, karena rumahnya ga punya lahan buar parkir mobil
Definisi rugi tu sepanjang value chain ya, pabrik-ATPM-Dealer kalo integrated macam ASII sampai ke leasing. Kita urut dari ujungnya yak.

Pabrik tu contribution margin ndak bole minus (harga jual ke ATPM minus harga beli komponen), kalo minus berarti ngidupin supplier, kalo kata Asmuni : hil yg mustahal. Nah kalo CM dah +, nutup gak ama fixed cost ?. Ini minimal harus nutup gaji karyawan, beli stroom, dan semua fixed cost yg harus dibayar. Kalo ini dah +, nutup gak ama depresiasi ?, kalo nutup baru itung2an untung, kalo gak ya kagak ada itu investasi, milking terus model lama sampe kiamat. Nah, LCGC itu CM-nya tipizz, begitu volume turun sering ndak nutup depresiasi. Kalo turun dalem lagi yg nahas tu karyawan kontrak, pada putus tengah jalan. Nah, taruh pabrik dah jalan volume minimum, karyawan kontrak putus, investasi ndak bisa, tapi masih bisa jual pokok+fixed cost yg harus bayar tunai, nah biaya ini yg kirim ke ATPM.

Masuk ATPM, karena pabrik harus nutup fixed cost yg harus dibayar, ATPM harus telen itu quantity. ATPM tu fixed cost nol, tapi butuh modal gede buat ambil mobil dr pabrik, tergantung tempo ke pabrik, tapi kagak ada cerita barang mati di level ATPM. Makanya semua principal pegangnya di ATPM, mau 100% kayak Honda atau 50% kayak Toyodai.

Nah, siklus diatas jalan juga di dealer, dengan tambahan krusial : dealer tu dipaksa ambil barang dr ATPM dengan jumlah dan model fix, mau laris mau kagak dealer harus ambil, udsh gitu tempo ke ATPM sering pendek. Nah dealer tu balapan antara bunga ama lakunya barang, titik tertentu, drpd boncos bunga, terpaksa lepas diskon, rugi gpp. yg penting bunga gak jalan terus, makanya dealer grup lebih tahan daripada dealer independen.

Faktor terakhir tu leasing. Kalo dia bisa lepas bunga tinggi (banget) dan kol rendah (<2% lah), dia bisa bantu dikit2, sebagian diskon ama volume dia mau makan, tapi begitu kol tinggi (>4%), ya cuci tangan lah dia.

Nah LCGC tu spesies yg butuh volume gede, begitu volume anjlok, bubar semua satu value chain, yg. paling apes disini yg model bisnisnya independen sepanjang value chain, soalnya mau bagi2 apes susah.

Kl Toyodai tu selamet soalnya ATPM ama sebagian dealer jadi satu ikut ASII, udah gitu ASII juga financial arm-nya kuat (pake banget). Kombo ASII-Toyodai tu masih bisa bagi apes sepanjang value chain. Kalo kaya kasus Ahond, ATPM mentok modal, dealer independen, financing arm kagak ada, begitu volume nyungsep, bubar jalan dah satu2. Ini menjelaskan juga kenapa dari loncing sampe sekarang Mobilio ya begitu aja rupanya, duit sisa dikit (banget) dipake buat poles2 Brio dikit. Masih untung Ahond, lha batumakam, ATPM ndak mau keluar duit, principal bokek, mana mau dealer tanggung sial ?, kabur-lah mereka :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, udah jalanin value chain syulit, kita user maunya yg. serba wah, selalu up to date, tapi murah, apa gak puyeng tu pabrik-nya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6376
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri Jun 06, 2025 0:59 Definisi rugi tu sepanjang value chain ya, pabrik-ATPM-Dealer kalo integrated macam ASII sampai ke leasing. Kita urut dari ujungnya yak.

Pabrik tu contribution margin ndak bole minus (harga jual ke ATPM minus harga beli komponen), kalo minus berarti ngidupin supplier, kalo kata Asmuni : hil yg mustahal. Nah kalo CM dah +, nutup gak ama fixed cost ?. Ini minimal harus nutup gaji karyawan, beli stroom, dan semua fixed cost yg harus dibayar. Kalo ini dah +, nutup gak ama depresiasi ?, kalo nutup baru itung2an untung, kalo gak ya kagak ada itu investasi, milking terus model lama sampe kiamat. Nah, LCGC itu CM-nya tipizz, begitu volume turun sering ndak nutup depresiasi. Kalo turun dalem lagi yg nahas tu karyawan kontrak, pada putus tengah jalan. Nah, taruh pabrik dah jalan volume minimum, karyawan kontrak putus, investasi ndak bisa, tapi masih bisa jual pokok+fixed cost yg harus bayar tunai, nah biaya ini yg kirim ke ATPM.

Masuk ATPM, karena pabrik harus nutup fixed cost yg harus dibayar, ATPM harus telen itu quantity. ATPM tu fixed cost nol, tapi butuh modal gede buat ambil mobil dr pabrik, tergantung tempo ke pabrik, tapi kagak ada cerita barang mati di level ATPM. Makanya semua principal pegangnya di ATPM, mau 100% kayak Honda atau 50% kayak Toyodai.

Nah, siklus diatas jalan juga di dealer, dengan tambahan krusial : dealer tu dipaksa ambil barang dr ATPM dengan jumlah dan model fix, mau laris mau kagak dealer harus ambil, udsh gitu tempo ke ATPM sering pendek. Nah dealer tu balapan antara bunga ama lakunya barang, titik tertentu, drpd boncos bunga, terpaksa lepas diskon, rugi gpp. yg penting bunga gak jalan terus, makanya dealer grup lebih tahan daripada dealer independen.

Faktor terakhir tu leasing. Kalo dia bisa lepas bunga tinggi (banget) dan kol rendah (<2% lah), dia bisa bantu dikit2, sebagian diskon ama volume dia mau makan, tapi begitu kol tinggi (>4%), ya cuci tangan lah dia.

Nah LCGC tu spesies yg butuh volume gede, begitu volume anjlok, bubar semua satu value chain, yg. paling apes disini yg model bisnisnya independen sepanjang value chain, soalnya mau bagi2 apes susah.

Kl Toyodai tu selamet soalnya ATPM ama sebagian dealer jadi satu ikut ASII, udah gitu ASII juga financial arm-nya kuat (pake banget). Kombo ASII-Toyodai tu masih bisa bagi apes sepanjang value chain. Kalo kaya kasus Ahond, ATPM mentok modal, dealer independen, financing arm kagak ada, begitu volume nyungsep, bubar jalan dah satu2. Ini menjelaskan juga kenapa dari loncing sampe sekarang Mobilio ya begitu aja rupanya, duit sisa dikit (banget) dipake buat poles2 Brio dikit. Masih untung Ahond, lha batumakam, ATPM ndak mau keluar duit, principal bokek, mana mau dealer tanggung sial ?, kabur-lah mereka :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, udah jalanin value chain syulit, kita user maunya yg. serba wah, selalu up to date, tapi murah, apa gak puyeng tu pabrik-nya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
user masunya calya sama rush di jejelin gadget....... :ngacir:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1543
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

b0ku wrote: Fri Jun 06, 2025 1:45
Bibieight wrote: Fri Jun 06, 2025 0:59 Definisi rugi tu sepanjang value chain ya, pabrik-ATPM-Dealer kalo integrated macam ASII sampai ke leasing. Kita urut dari ujungnya yak.

Pabrik tu contribution margin ndak bole minus (harga jual ke ATPM minus harga beli komponen), kalo minus berarti ngidupin supplier, kalo kata Asmuni : hil yg mustahal. Nah kalo CM dah +, nutup gak ama fixed cost ?. Ini minimal harus nutup gaji karyawan, beli stroom, dan semua fixed cost yg harus dibayar. Kalo ini dah +, nutup gak ama depresiasi ?, kalo nutup baru itung2an untung, kalo gak ya kagak ada itu investasi, milking terus model lama sampe kiamat. Nah, LCGC itu CM-nya tipizz, begitu volume turun sering ndak nutup depresiasi. Kalo turun dalem lagi yg nahas tu karyawan kontrak, pada putus tengah jalan. Nah, taruh pabrik dah jalan volume minimum, karyawan kontrak putus, investasi ndak bisa, tapi masih bisa jual pokok+fixed cost yg harus bayar tunai, nah biaya ini yg kirim ke ATPM.

Masuk ATPM, karena pabrik harus nutup fixed cost yg harus dibayar, ATPM harus telen itu quantity. ATPM tu fixed cost nol, tapi butuh modal gede buat ambil mobil dr pabrik, tergantung tempo ke pabrik, tapi kagak ada cerita barang mati di level ATPM. Makanya semua principal pegangnya di ATPM, mau 100% kayak Honda atau 50% kayak Toyodai.

Nah, siklus diatas jalan juga di dealer, dengan tambahan krusial : dealer tu dipaksa ambil barang dr ATPM dengan jumlah dan model fix, mau laris mau kagak dealer harus ambil, udsh gitu tempo ke ATPM sering pendek. Nah dealer tu balapan antara bunga ama lakunya barang, titik tertentu, drpd boncos bunga, terpaksa lepas diskon, rugi gpp. yg penting bunga gak jalan terus, makanya dealer grup lebih tahan daripada dealer independen.

Faktor terakhir tu leasing. Kalo dia bisa lepas bunga tinggi (banget) dan kol rendah (<2% lah), dia bisa bantu dikit2, sebagian diskon ama volume dia mau makan, tapi begitu kol tinggi (>4%), ya cuci tangan lah dia.

Nah LCGC tu spesies yg butuh volume gede, begitu volume anjlok, bubar semua satu value chain, yg. paling apes disini yg model bisnisnya independen sepanjang value chain, soalnya mau bagi2 apes susah.

Kl Toyodai tu selamet soalnya ATPM ama sebagian dealer jadi satu ikut ASII, udah gitu ASII juga financial arm-nya kuat (pake banget). Kombo ASII-Toyodai tu masih bisa bagi apes sepanjang value chain. Kalo kaya kasus Ahond, ATPM mentok modal, dealer independen, financing arm kagak ada, begitu volume nyungsep, bubar jalan dah satu2. Ini menjelaskan juga kenapa dari loncing sampe sekarang Mobilio ya begitu aja rupanya, duit sisa dikit (banget) dipake buat poles2 Brio dikit. Masih untung Ahond, lha batumakam, ATPM ndak mau keluar duit, principal bokek, mana mau dealer tanggung sial ?, kabur-lah mereka :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Nah, udah jalanin value chain syulit, kita user maunya yg. serba wah, selalu up to date, tapi murah, apa gak puyeng tu pabrik-nya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
user masunya calya sama rush di jejelin gadget....... :ngacir:
ADAS to the Max...
:big_smoking:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1543
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 22:43
kendibocor wrote: Thu Jun 05, 2025 10:18
kayukayuthe5th wrote: Thu Jun 05, 2025 8:31 secara durabilitas terutama otomotif masih belum sih gausah jepun , ke SoKor aja belum sih.
TV changong gwa aja dah deadpixel padahal beli awal pandemi dulu nyaris belum 5 tahun, alat masak kirin dah jebol semua ujungnya blek ke jepun ma sokor macam sharp ma LG lagi ahaha
Masalah durabilitas kadang ga melulu jd yg utama om apalagi kalo urusan harga. Ane beli tv samsung ampir 20 jt taon 2016 skrng jg dah mulai cacad itu beberapa spot ada putih2 macem panuan. Emang sih uda mo 10 thn tp kalo misalkan dlu ane beli tv china 10 jtan (yg mungkin specnya lebih tinggi dr samsung), pake 5 tahun jebol ya 5 thn kemudian beli tv 10 jt lg pasti specnya dah jauh lebih tinggi drpd tv tahun 2016. Kalo ni tv jebol si kayaknya ane beli tv china aja dah. Tp ini ane liat dr kantong ane ya, orang lain yg berlebih mungkin beda pendapat sih.
gwa gasuka produk mainland, spek tinggi harga oke tapi......sedikit gatca :mky_05:
Pugman wrote: Thu Jun 05, 2025 14:47
farizfsa wrote: Thu Jun 05, 2025 8:37

beda lah bkk sama jkt.. disana lcgc dikit, hampir ga ada kali.
banyak mbl german dimana2, sejelek2 nya mbl paling juga nissan sylphy, corolla altis lama atau mbl tua itu pun bukan lcgc.
disana banyak MG kl mobil murah.
disana dcab or scab dpt subsidi pemerintah kalo ga salah.
mbl hybrid disana biasa aja, sedan diesel biasa aja.

kalo agak minggir dr BKK, ya standar lah masih bisa liat xpander dkk. kl di central nya malah ga keliatan mbl sejenis itu.

disana mbl bmw x1, mini countryman, pug 3008 gitu ada harganya jg <1.5 jt per hari. lah disini mbl gituan bisa 5 jt++ sehari.

gausah jauh2 ke BKK, ke KL aja udah beda permobilannya. entah apa yang salah :big_biglaugh:. Ke HK alphard vellfire udah kaya sigra calya ya pendapatan tinggi tp disana biaya hidup tinggi bgt, ga bs tu makan cuma 10rb rupiah sekali makan. kayanya emg negri ini ga suka rakyatnya pake mobil bagus :big_biglaugh:
Makanya rakyatnya dibikin bodoh terus, yang melek pada kabur aja dulu.. gimana ga kabur, suruh nasionalisme tapi sambil nahan lapar dan dahaga..
Anak SMP aja banyak yang belum bisa baca, perasaan pas saya kecil anak kelas 2 SD belum bisa baca kayaknya udah malu banget.
ya gimana susah sih padahal di negara asal kurikulum "freedom" pada balik pake buku cetak lagi. mainland aja AI cman boleh di senior high school elementary ama junior harus pake buku paket :mky_01:
Makanya agak nyebelin, kemarin MG saya buku manualnya pake PDF di HU mobil, terus saya minta file pdf nya saya print sendiri
:big_slap:
Dikira enak, apa² pakai gadget.. dalam beberapa hal saya lebih suka print out kertas.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6376
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

Pugman wrote: Fri Jun 06, 2025 2:45 ADAS to the Max...
:big_smoking:
nah masalahnya bukan adas itumah malah dijauhin karena kalo kaca pecah mahal gantinya :mky_01:

premium sound, GPS, LED BI LED super terang sampe di sumpahin satu jalanan, perdam super tebal sampe bikin mobil bobotnya naek :wkkk:

electric seat, smart key, power tail gate door, auto leveling headlamp, auto dimmer rear view miror, electrick retract miror, memory seat, electric tilt and teleskopic, climate control, remote start

tapi drivetrainnya sama instrumentnya tetep kayak sekarang suspensi coba aja tahan sama kek sekarang :wkkk:

jgn lupa panoramic yang bisa kebuka....... :wkkk:

sigra lsg harganya 270jt trim paling mahal :wkkk:

bodo amat 0-100 5thn yang penting gaya gampang di benerin bisa angkut satu RT..................... :ngacir:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1227
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Zaxis »

lamatlancah wrote: Thu Jun 05, 2025 6:12 baru balik dari BKK setelah terakhir ke sana 2 tahun yl.
mobilnya bagus2 banyak varian brand nya. kotanya juga berkembang sangat pesat.

balik ke indon, impresi pertama setelah keluar soetta lcgc lagi lcgc lagi bertebaran dimana2.
Disono yang miskin cuma 7%
Disini yang miskin 60%
Harap maklum
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 815
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by timbermaniac123 »

Kemarin iseng2 nanya spv dealer tempat saya beli hrv untuk harga hrv hybrid. Estimasi sekitar 600...