AbdulHakim wrote: Wed Jun 04, 2025 10:54
kalau udah tau LCGC itu merugi, kenapa terus diproduksi siy?
bikin angkot, bajaj dan bus kota punah, menambah kemacetan, belum lagi kelakuan di jalan yang seenak jidatnya aja
sejak LCGC menjamur ini jalan-jalan kampung makin sempit karena parkir di pinggir jalan umum, karena rumahnya ga punya lahan buar parkir mobil
Definisi rugi tu sepanjang value chain ya, pabrik-ATPM-Dealer kalo integrated macam ASII sampai ke leasing. Kita urut dari ujungnya yak.
Pabrik tu contribution margin ndak bole minus (harga jual ke ATPM minus harga beli komponen), kalo minus berarti ngidupin supplier, kalo kata Asmuni : hil yg mustahal. Nah kalo CM dah +, nutup gak ama fixed cost ?. Ini minimal harus nutup gaji karyawan, beli stroom, dan semua fixed cost yg harus dibayar. Kalo ini dah +, nutup gak ama depresiasi ?, kalo nutup baru itung2an untung, kalo gak ya kagak ada itu investasi, milking terus model lama sampe kiamat. Nah, LCGC itu CM-nya tipizz, begitu volume turun sering ndak nutup depresiasi. Kalo turun dalem lagi yg nahas tu karyawan kontrak, pada putus tengah jalan. Nah, taruh pabrik dah jalan volume minimum, karyawan kontrak putus, investasi ndak bisa, tapi masih bisa jual pokok+fixed cost yg harus bayar tunai, nah biaya ini yg kirim ke ATPM.
Masuk ATPM, karena pabrik harus nutup fixed cost yg harus dibayar, ATPM harus telen itu quantity. ATPM tu fixed cost nol, tapi butuh modal gede buat ambil mobil dr pabrik, tergantung tempo ke pabrik, tapi kagak ada cerita barang mati di level ATPM. Makanya semua principal pegangnya di ATPM, mau 100% kayak Honda atau 50% kayak Toyodai.
Nah, siklus diatas jalan juga di dealer, dengan tambahan krusial : dealer tu dipaksa ambil barang dr ATPM dengan jumlah dan model fix, mau laris mau kagak dealer harus ambil, udsh gitu tempo ke ATPM sering pendek. Nah dealer tu balapan antara bunga ama lakunya barang, titik tertentu, drpd boncos bunga, terpaksa lepas diskon, rugi gpp. yg penting bunga gak jalan terus, makanya dealer grup lebih tahan daripada dealer independen.
Faktor terakhir tu leasing. Kalo dia bisa lepas bunga tinggi (banget) dan kol rendah (<2% lah), dia bisa bantu dikit2, sebagian diskon ama volume dia mau makan, tapi begitu kol tinggi (>4%), ya cuci tangan lah dia.
Nah LCGC tu spesies yg butuh volume gede, begitu volume anjlok, bubar semua satu value chain, yg. paling apes disini yg model bisnisnya independen sepanjang value chain, soalnya mau bagi2 apes susah.
Kl Toyodai tu selamet soalnya ATPM ama sebagian dealer jadi satu ikut ASII, udah gitu ASII juga financial arm-nya kuat (pake banget). Kombo ASII-Toyodai tu masih bisa bagi apes sepanjang value chain. Kalo kaya kasus Ahond, ATPM mentok modal, dealer independen, financing arm kagak ada, begitu volume nyungsep, bubar jalan dah satu2. Ini menjelaskan juga kenapa dari loncing sampe sekarang Mobilio ya begitu aja rupanya, duit sisa dikit (banget) dipake buat poles2 Brio dikit. Masih untung Ahond, lha batumakam, ATPM ndak mau keluar duit, principal bokek, mana mau dealer tanggung sial ?, kabur-lah mereka
Nah, udah jalanin value chain syulit, kita user maunya yg. serba wah, selalu up to date, tapi murah, apa gak puyeng tu pabrik-nya
