harusnya buat ngehindarin viral si lsg tanggung jawab soalnya mereka ud bikin statmen ngawur dengan bilang itu cuma asep mobil aman cuma kalo liat cara pemadaman jelas itu thermal runway tapi masih di dalem battery pack tinggal di bongkar aja tuh battery pack isinya jadi apa kalo mereka mau openorangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27 Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?
Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
MG 4EV atau BYD M6
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
-
orangpelupa
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: MG 4EV atau BYD M6
Bisa jadi memang belum sampai kebakar luar mobil baterai. Jadi baterai venting sesuai desain, sekring meledak juga kalau dari ada yang bilang ada ledakan.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 0:49harusnya buat ngehindarin viral si lsg tanggung jawab soalnya mereka ud bikin statmen ngawur dengan bilang itu cuma asep mobil aman cuma kalo liat cara pemadaman jelas itu thermal runway tapi masih di dalem battery pack tinggal di bongkar aja tuh battery pack isinya jadi apa kalo mereka mau openorangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27 Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?
Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.![]()
Di berita terbaru, pemilik ngga mau komentar. Jadi sepertinya sudah "ditangani" sama byd, mungkin tanda tangan NDA juga kayak modus si tesla kalau di US.
Padahal kalau transparan malahan bagus untuk pembelajaran semua dan image perusahaan.
-
timbermaniac123
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 983
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: MG 4EV atau BYD M6
Seperti perkiraan saya om. Pasti ada lobby2 antara byd dengan owner mobilnya.orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 2:01
Di berita terbaru, pemilik ngga mau komentar. Jadi sepertinya sudah "ditangani" sama byd, mungkin tanda tangan NDA juga kayak modus si tesla kalau di US.
Padahal kalau transparan malahan bagus untuk pembelajaran semua dan image perusahaan.
Atau kemungkinan kedua. Ada aksesoris tambahan seperti mini projie / upgrade lampu / audio. Makanya owner enggan komentar karena tau diposisi yang lemah kalau bener ternyata pasang aksesoris.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
kalo acc gak kena ke batre om lsg meleduk di depan dan kebakaran karena yang meleduk wiring kayak di thailand ud berapa kali kejadian cuma kena wiring mulu karena yang abis depannyatimbermaniac123 wrote: Wed May 14, 2025 2:44
Seperti perkiraan saya om. Pasti ada lobby2 antara byd dengan owner mobilnya.
Atau kemungkinan kedua. Ada aksesoris tambahan seperti mini projie / upgrade lampu / audio. Makanya owner enggan komentar karena tau diposisi yang lemah kalau bener ternyata pasang aksesoris.
lagian itu case batrenya kuat banget jadi kalo external fire macem wiring meleduk belom tentu thermal runway
kalo sampe nyalahin acc kebakaran modelan gini bakalan lebih di pertanyakan kualitas batrenya
kecuali yang abis dan kebakaran bagian depannya doank
-
Pugman
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1560
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Bener, godaan pajak ringan dan insentif harga itu beneran menggiurkan. Kalau gini ya banyakin berdoa..Suryaputra wrote: Tue May 13, 2025 15:02Sy paham mbah, sulit untuk gak kegoda, karena:Pugman wrote: Tue May 13, 2025 12:54Lagi nunggu mobil delivery dan lagi naksir seal, malah dapat berita begini cobaSuryaputra wrote: Tue May 13, 2025 6:21
iya mbah thn depan bisa jadi ada new product, turun lagi bisa.
moblis from china ini lifecyclenya cepet koq,
jadi yg diuntungkan pembeli batch ke sekian, krn diskonnya gak kira2, ditambah ada update software yg relative better.
total market pienya berkurang, dan kebagi-bagi dgn brand lain.
sementara supply plus plus
jd flash sale deh untuk fulfill supply & demand![]()
![]()
https://m.antaranews.com/berita/4830645 ... at-baterai
- pajak tahunan seharga motor
- performa (too far) above average in it's price level
- garansi panjang
- harga wow di kelasnya
Tp memang nothing is perfect aja.![]()
Ya make sense, apalagi sering dikasih demo nerjang genangan air yang cukup dalam. Jadi faktor eksternal beresiko lebih kecil dibanding faktor internal baterai ya..b0ku wrote: Wed May 14, 2025 2:51kalo acc gak kena ke batre om lsg meleduk di depan dan kebakaran karena yang meleduk wiring kayak di thailand ud berapa kali kejadian cuma kena wiring mulu karena yang abis depannyatimbermaniac123 wrote: Wed May 14, 2025 2:44
Seperti perkiraan saya om. Pasti ada lobby2 antara byd dengan owner mobilnya.
Atau kemungkinan kedua. Ada aksesoris tambahan seperti mini projie / upgrade lampu / audio. Makanya owner enggan komentar karena tau diposisi yang lemah kalau bener ternyata pasang aksesoris.![]()
lagian itu case batrenya kuat banget jadi kalo external fire macem wiring meleduk belom tentu thermal runway
kalo sampe nyalahin acc kebakaran modelan gini bakalan lebih di pertanyakan kualitas batrenya![]()
kecuali yang abis dan kebakaran bagian depannya doank![]()
-
Pugman
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1560
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?Pugman wrote: Tue May 13, 2025 12:57Summon Om Boku lagi..b0ku wrote: Fri Apr 18, 2025 21:34 saya sejak liat kolong mg HS saran saya beli hyundei kona atau ioniq 5 aja deh![]()
byd jauh2x lah dari tuh merek![]()
Om.. gimana ga deg-degan neh.. lagi nunggu mobil datang, malah ada berita seal parkir 3 hari baterainya kebakar di Palmerah
![]()
https://m.antaranews.com/berita/4830645 ... at-baterai
Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledakPugman wrote: Wed May 14, 2025 10:00 Ya make sense, apalagi sering dikasih demo nerjang genangan air yang cukup dalam. Jadi faktor eksternal beresiko lebih kecil dibanding faktor internal baterai ya..
atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x
sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua
ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
di seluruh dunia SOPnya sama om karena emang gak di siapin buat ngadepin kek gini cuma disuruh push mulu bahkan gak laku pun suruh di push yang kesian sebenernya sales2x kalo di negara 1st worldPugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07 Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.
Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
kek saya nemu artikel ini aja dan komen yang lucu
orang ini pura2x bodoh maksud dia pemerintah selalu bilang EV itu aman dari kebakaran dan fire ratenya kecil ngapain buang2x duit buat RND sesuatu yang katanya gak ada
-
orangpelupa
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: MG 4EV atau BYD M6
mungkin karena hyundai group pakai baterai NMC?b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:26di seluruh dunia SOPnya sama om karena emang gak di siapin buat ngadepin kek gini cuma disuruh push mulu bahkan gak laku pun suruh di push yang kesian sebenernya sales2x kalo di negara 1st worldPugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07 Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.
Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.![]()
kek saya nemu artikel ini aja dan komen yang lucu
orang ini pura2x bodoh maksud dia pemerintah selalu bilang EV itu aman dari kebakaran dan fire ratenya kecil ngapain buang2x duit buat RND sesuatu yang katanya gak ada![]()
sedangkan yang cina kebanyakan pakai LFP (yang selama elektrolit tidak bersentuhan dengan parts yang membara, tidak akan kebakaran), dan sebagian kecil sudah pakai SIB (yang suhu kerja luas sekali, dan sama sekali tidak pakai lithium).
-
orangpelupa
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: MG 4EV atau BYD M6
MG memberi ke pelanggan dokumen garansi yang lengkap atau ngga? atau hanya buku servis rutin saja?Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?Pugman wrote: Tue May 13, 2025 12:57
Summon Om Boku lagi..
Om.. gimana ga deg-degan neh.. lagi nunggu mobil datang, malah ada berita seal parkir 3 hari baterainya kebakar di Palmerah
![]()
https://m.antaranews.com/berita/4830645 ... at-baterai
Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
justru hyundei fire ratenya kecil di banding EV laen setau sayaorangpelupa wrote: Thu May 15, 2025 8:20
mungkin karena hyundai group pakai baterai NMC?
sedangkan yang cina kebanyakan pakai LFP (yang selama elektrolit tidak bersentuhan dengan parts yang membara, tidak akan kebakaran), dan sebagian kecil sudah pakai SIB (yang suhu kerja luas sekali, dan sama sekali tidak pakai lithium).
-
Pugman
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1560
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Memang menyebalkan karena kita diminta tenang aja karena kasusnya hanya sedikit. Tapi dari kasus yang sedikit itu saja tidak ada pihak yang berani tanggung jawab. Kalau mobil terbakar sama rumah, sepertinya yang diganti hanya mobilnya saja..b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:26di seluruh dunia SOPnya sama om karena emang gak di siapin buat ngadepin kek gini cuma disuruh push mulu bahkan gak laku pun suruh di push yang kesian sebenernya sales2x kalo di negara 1st worldPugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07 Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.
Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.![]()
kek saya nemu artikel ini aja dan komen yang lucu
orang ini pura2x bodoh maksud dia pemerintah selalu bilang EV itu aman dari kebakaran dan fire ratenya kecil ngapain buang2x duit buat RND sesuatu yang katanya gak ada![]()
-
Pugman
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1560
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Belum terima unit Om, nanti kalau sudah terima saya buatin review deh hehe..orangpelupa wrote: Thu May 15, 2025 8:23MG memberi ke pelanggan dokumen garansi yang lengkap atau ngga? atau hanya buku servis rutin saja?Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27
Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?
Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
nah ini yang gak tau om karena beritanya cuma sebatas kasus rumah abis dll cuma endingnya gak tau gimana lawsuitnya karena balik lagi pemerintah kalo bisa nutupin ya di tutupinPugman wrote: Thu May 15, 2025 16:26Memang menyebalkan karena kita diminta tenang aja karena kasusnya hanya sedikit. Tapi dari kasus yang sedikit itu saja tidak ada pihak yang berani tanggung jawab. Kalau mobil terbakar sama rumah, sepertinya yang diganti hanya mobilnya saja..
saran saya satu lagi om kasih anti karat paling mahal karena unit2x MG disini rata2x pada punya titik karat kalo saya cek kolongnya, dan karat musuh batre no1 ini salah satu biang meleduk juga sama kalo ada banjir atau genangan kalo bisa hindarin deh
kalo nyebur buru2x cuci biar lumpurnya ilang dan gak bikin karat
coba tanya aja klausul LIFETIME warrantynya setau saya kalo di cerna baik2x mereka menang banyak tuh
-
Bibieight
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 666
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: MG 4EV atau BYD M6
Kalo ini bener, Seal kan GC rendah (banget). Jangan2 Seal yang ngebul itu pernah kejedug parah tapi user gak kerasa, batere sampe penyok. Nah ini kalo dicharging bolak-balik, setelah beberapa kali charging cycle, lama2 bagian yang penyok tumbuh dendrit, lama2 dendrit-nya tembus separator, berasep deh itu Seal. Kenapa diem 3 hari dendrit tumbuh, lha EV itu diem batere HV tetep nyala-mati buat charge aki 12V.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak![]()
FYI : I5 saya pas kejedug (sampe bocor, cooling plate dibawah), pas masuk bengkel dilarang dibawa pulang, terus sama mereka diparkir di outdoor. Nah, pas dicek pake OBD, ada 4 cell yang voltase-nya konsisten dibawah temennya yang lain, waktu itu yg lain 3.64V ini 3.60V sendirian. Nah pas akhirnya dibongkar (5 bulan nunggu onderdil) diliat batere-nya memang penyok dalem.
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.
Kalo berkarat parah, case kan alumunium ya ?, terus mobil umur masih muda. Nah memang berarti kalo dah umur harus ada tambahan SOP pas major service. Kalo I5 tu major service di km 60k pas ganti battery coolant. Nah disini tambahin : turunin batt pack, leak testing, kagak lulus buka top cover, visual inspection. Kalo cuma turunin battery pack sama leak testing sih gak banyak nambah FRT, jasa doang kan, paling2 nambah 250k-500k. Yang mihul tu kalo batt pack beneran bocor, harus ganti top cover sama ganti seal, bisa 3 juta-anb0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x![]()
Kalo model kerjaan tambahan gini tu banyak bengkel gak mau, kita harus super duper ngeyel. Saya kan ada Daihatsu Rocky, gara2 kagak percaya ama teori oli CVT umurnya panjang saya tiap 20k minta ganti oli CVT. Yang malesin, minta gini tu harus pake ribut sama SA-nya dulu
Kalo ini jackpot, Kona 2019 pada kebakaran ya ternyata gara2 manufacturing defect, battery yang bikinan LG Chem ada manufacturing defect di electrode tab sama separator. Nah, kalo baterenya BYD ama CATL belum pernah kedengeran, antara memang bener2 belum pernah atau pernah tapi ndak pernah dicek menyeluruh proses manufacturnya.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua![]()
Kalo yang ini beneran kejadian di Spanyol-Portugal kemarin, begitu ada gangguan kagak ada yang ngeganjel soalnya disana dah banyak PV sama wind, biasanya yang ganjel jadi baseline kan thermal powerplant (batubara ama nuklir). Kalo ndak ada ganjelnya begitu ngetrip satu ngetrip semua. Kalo di Spanyol-Portugal, apesnya jalur ke Perancis ikut ngetrip, jadi gak bisa impor ganjel dari Perancis. Perancis kan 70% setrum dari nuklir tuh, ganjel listrik Eropa mereka.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll![]()
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6778
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
sebenernya si saya gak ngomongin seal meleduk si om lebih ke general bahas soal karat saya pernah share video orang thailand review BYD M6 dan di videonya itu kesorot bagian bawahnya ada karat ud parah banget padahal mobil baru dan mereka juga gak bahas soal tuh karat pure kesorot ajaBibieight wrote: Fri May 16, 2025 1:33Kalo ini bener, Seal kan GC rendah (banget). Jangan2 Seal yang ngebul itu pernah kejedug parah tapi user gak kerasa, batere sampe penyok. Nah ini kalo dicharging bolak-balik, setelah beberapa kali charging cycle, lama2 bagian yang penyok tumbuh dendrit, lama2 dendrit-nya tembus separator, berasep deh itu Seal. Kenapa diem 3 hari dendrit tumbuh, lha EV itu diem batere HV tetep nyala-mati buat charge aki 12V.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak![]()
FYI : I5 saya pas kejedug (sampe bocor, cooling plate dibawah), pas masuk bengkel dilarang dibawa pulang, terus sama mereka diparkir di outdoor. Nah, pas dicek pake OBD, ada 4 cell yang voltase-nya konsisten dibawah temennya yang lain, waktu itu yg lain 3.64V ini 3.60V sendirian. Nah pas akhirnya dibongkar (5 bulan nunggu onderdil) diliat batere-nya memang penyok dalem.
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.
Kalo berkarat parah, case kan alumunium ya ?, terus mobil umur masih muda. Nah memang berarti kalo dah umur harus ada tambahan SOP pas major service. Kalo I5 tu major service di km 60k pas ganti battery coolant. Nah disini tambahin : turunin batt pack, leak testing, kagak lulus buka top cover, visual inspection. Kalo cuma turunin battery pack sama leak testing sih gak banyak nambah FRT, jasa doang kan, paling2 nambah 250k-500k.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x![]()
Leak Testing 1.jpg
Leak Testing 2.jpg
Yang mihul tu kalo batt pack beneran bocor, harus ganti top cover sama ganti seal, bisa 3 juta-an![]()
Kalo model kerjaan tambahan gini tu banyak bengkel gak mau, kita harus super duper ngeyel. Saya kan ada Daihatsu Rocky, gara2 kagak percaya ama teori oli CVT umurnya panjang saya tiap 20k minta ganti oli CVT. Yang malesin, minta gini tu harus pake ribut sama SA-nya dulu![]()
![]()
![]()
Kalo ini jackpot, Kona 2019 pada kebakaran ya ternyata gara2 manufacturing defect, battery yang bikinan LG Chem ada manufacturing defect di electrode tab sama separator. Nah, kalo baterenya BYD ama CATL belum pernah kedengeran, antara memang bener2 belum pernah atau pernah tapi ndak pernah dicek menyeluruh proses manufacturnya.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua![]()
Kalo yang ini beneran kejadian di Spanyol-Portugal kemarin, begitu ada gangguan kagak ada yang ngeganjel soalnya disana dah banyak PV sama wind, biasanya yang ganjel jadi baseline kan thermal powerplant (batubara ama nuklir). Kalo ndak ada ganjelnya begitu ngetrip satu ngetrip semua. Kalo di Spanyol-Portugal, apesnya jalur ke Perancis ikut ngetrip, jadi gak bisa impor ganjel dari Perancis. Perancis kan 70% setrum dari nuklir tuh, ganjel listrik Eropa mereka.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll![]()
om ngomong karat saya baru kepikiran juga sih om
jadi curiga juga si om saya itu jakbar belakangan banjir mulu loh
sama ya ada satu lagi itu video thailand juga abis bawa J6 off road kolongnya lsg berantakan semua case plastiknya pecah amburadul gak tahan garuk
liat aja om 1:17
-
Pugman
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1560
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Itu bisa tau beda 0.04V check lewat OBD aja Om? Selisih segitu sudah kelainan ya? Hebat juga ya bisa check cell per cell. Berarti voltase'nya presisi ya? Untuk MG ini kalau kemarin pernah lihat yang bongkar baterai, mereka pakai sistem 400V.Bibieight wrote: Fri May 16, 2025 1:33Kalo ini bener, Seal kan GC rendah (banget). Jangan2 Seal yang ngebul itu pernah kejedug parah tapi user gak kerasa, batere sampe penyok. Nah ini kalo dicharging bolak-balik, setelah beberapa kali charging cycle, lama2 bagian yang penyok tumbuh dendrit, lama2 dendrit-nya tembus separator, berasep deh itu Seal. Kenapa diem 3 hari dendrit tumbuh, lha EV itu diem batere HV tetep nyala-mati buat charge aki 12V.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak![]()
FYI : I5 saya pas kejedug (sampe bocor, cooling plate dibawah), pas masuk bengkel dilarang dibawa pulang, terus sama mereka diparkir di outdoor. Nah, pas dicek pake OBD, ada 4 cell yang voltase-nya konsisten dibawah temennya yang lain, waktu itu yg lain 3.64V ini 3.60V sendirian. Nah pas akhirnya dibongkar (5 bulan nunggu onderdil) diliat batere-nya memang penyok dalem.
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.
Kalo berkarat parah, case kan alumunium ya ?, terus mobil umur masih muda. Nah memang berarti kalo dah umur harus ada tambahan SOP pas major service. Kalo I5 tu major service di km 60k pas ganti battery coolant. Nah disini tambahin : turunin batt pack, leak testing, kagak lulus buka top cover, visual inspection. Kalo cuma turunin battery pack sama leak testing sih gak banyak nambah FRT, jasa doang kan, paling2 nambah 250k-500k.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x![]()
Leak Testing 1.jpg
Leak Testing 2.jpg
Yang mihul tu kalo batt pack beneran bocor, harus ganti top cover sama ganti seal, bisa 3 juta-an![]()
Kalo model kerjaan tambahan gini tu banyak bengkel gak mau, kita harus super duper ngeyel. Saya kan ada Daihatsu Rocky, gara2 kagak percaya ama teori oli CVT umurnya panjang saya tiap 20k minta ganti oli CVT. Yang malesin, minta gini tu harus pake ribut sama SA-nya dulu![]()
![]()
![]()
Kalo ini jackpot, Kona 2019 pada kebakaran ya ternyata gara2 manufacturing defect, battery yang bikinan LG Chem ada manufacturing defect di electrode tab sama separator. Nah, kalo baterenya BYD ama CATL belum pernah kedengeran, antara memang bener2 belum pernah atau pernah tapi ndak pernah dicek menyeluruh proses manufacturnya.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua![]()
Kalo yang ini beneran kejadian di Spanyol-Portugal kemarin, begitu ada gangguan kagak ada yang ngeganjel soalnya disana dah banyak PV sama wind, biasanya yang ganjel jadi baseline kan thermal powerplant (batubara ama nuklir). Kalo ndak ada ganjelnya begitu ngetrip satu ngetrip semua. Kalo di Spanyol-Portugal, apesnya jalur ke Perancis ikut ngetrip, jadi gak bisa impor ganjel dari Perancis. Perancis kan 70% setrum dari nuklir tuh, ganjel listrik Eropa mereka.b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll![]()
-
orangpelupa
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 40
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: MG 4EV atau BYD M6
Bibieight wrote: Fri May 16, 2025 1:33
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.
sayangnya ga semua mobil listrik ada profil PID-nya tersebar di internet. Ioniq 5 udah ada, tapi misalnya gac aion y plus, gs ada
kalau mg4ev ada di car scanner app.

