b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20
faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak
Kalo ini bener, Seal kan GC rendah (banget). Jangan2 Seal yang ngebul itu pernah kejedug parah tapi user gak kerasa, batere sampe penyok. Nah ini kalo dicharging bolak-balik, setelah beberapa kali charging cycle, lama2 bagian yang penyok tumbuh dendrit, lama2 dendrit-nya tembus separator, berasep deh itu Seal. Kenapa diem 3 hari dendrit tumbuh, lha EV itu diem batere HV tetep nyala-mati buat charge aki 12V.
FYI : I5 saya pas kejedug (sampe bocor, cooling plate dibawah), pas masuk bengkel dilarang dibawa pulang, terus sama mereka diparkir di outdoor. Nah, pas dicek pake OBD, ada 4 cell yang voltase-nya konsisten dibawah temennya yang lain, waktu itu yg lain 3.64V ini 3.60V sendirian. Nah pas akhirnya dibongkar (5 bulan nunggu onderdil) diliat batere-nya memang penyok dalem.
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20
atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x
Kalo berkarat parah, case kan alumunium ya ?, terus mobil umur masih muda. Nah memang berarti kalo dah umur harus ada tambahan SOP pas major service. Kalo I5 tu major service di km 60k pas ganti battery coolant. Nah disini tambahin : turunin batt pack, leak testing, kagak lulus buka top cover, visual inspection. Kalo cuma turunin battery pack sama leak testing sih gak banyak nambah FRT, jasa doang kan, paling2 nambah 250k-500k.
Leak Testing 1.jpg
Leak Testing 2.jpg
Yang mihul tu kalo batt pack beneran bocor, harus ganti top cover sama ganti seal, bisa 3 juta-an
Kalo model kerjaan tambahan gini tu banyak bengkel gak mau, kita harus super duper ngeyel. Saya kan ada Daihatsu Rocky, gara2 kagak percaya ama teori oli CVT umurnya panjang saya tiap 20k minta ganti oli CVT. Yang malesin, minta gini tu harus pake ribut sama SA-nya dulu
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20
sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua
Kalo ini jackpot, Kona 2019 pada kebakaran ya ternyata gara2 manufacturing defect, battery yang bikinan LG Chem ada manufacturing defect di electrode tab sama separator. Nah, kalo baterenya BYD ama CATL belum pernah kedengeran, antara memang bener2 belum pernah atau pernah tapi ndak pernah dicek menyeluruh proses manufacturnya.
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20
ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll
Kalo yang ini beneran kejadian di Spanyol-Portugal kemarin, begitu ada gangguan kagak ada yang ngeganjel soalnya disana dah banyak PV sama wind, biasanya yang ganjel jadi baseline kan thermal powerplant (batubara ama nuklir). Kalo ndak ada ganjelnya begitu ngetrip satu ngetrip semua. Kalo di Spanyol-Portugal, apesnya jalur ke Perancis ikut ngetrip, jadi gak bisa impor ganjel dari Perancis. Perancis kan 70% setrum dari nuklir tuh, ganjel listrik Eropa mereka.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.