spearghost wrote: Mon May 05, 2025 9:12
suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
CRV saya sudah saya modif "full" peredam untuk kepentingan modif audio.... untuk ngeredam getararan efek ngelewatin jalan konblock, ga akan bisa memuaskan dari penambahan peredam lantai. Yang saya rasakan efek dari penambahan perdam, karakter noise nya jadi lebih halus. Tapi efek "berrr" kalo lewat jalan kasar, tetap aja.
Menurut saya, komponen paling ngaruh tergantung dari karakter ban, suspensi dan sasis kendaraannya. Innova reborn full standard menghasilkan efek yg better ketimbang CRV yang sudah modif saat melewatin jalan konblok. Tebakan saya sasis innova ladder frame punya peredam getaran lebih bagus ketimbang monocoque nya CRV.
Di CR2, chasis monoque, suspensi mcperson strut depan, multilink belakang, jadinya tetap lebih enak dari innova ataupun CRV buat libas jalan kasar macam conblock, padahal ban profil lebih tipis.
Yang paling kentara, W213.... monoque, suspensi multilink depan belakang adaptive, ban tipis rft, tetap aja paling enak dari innova, crv, cr2 soal peredaman getaran dari jalanan jelek.
Jadi emang kudu ganti bpkp buat solusi paling optimal