Seputar peredam mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Seputar peredam mobil

Post by setiabk »

qushay20019 wrote: Wed Jan 31, 2024 1:06 Setuju dgn pasang peredam/ karet balon dulu soalnya efeknya lbh permanen. Klo bam tipe comfort emang nyaman pas baru, tp lama2 ya bakal harus ganti lg kan. Lagian klo pake enasep + peredam/ karet balon aja udah acceptable, berarti ganti ban pas abis TWI aja
Siaaap gan... yutuban dulu deh untuk belajar pasang karet balon :mky_02:
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Seputar peredam mobil

Post by krniawnhdr »

qushay20019 wrote: Wed Jan 31, 2024 1:06
setiabk wrote: Tue Jan 30, 2024 8:56
Mantep sharing nya gan.. berarti lantai dulu ya.. memang ganti ban akan lebih joss, tapi ban bawaan dealer (enasave) masih tebal banget :big_childish:
Setuju dgn pasang peredam/ karet balon dulu soalnya efeknya lbh permanen. Klo bam tipe comfort emang nyaman pas baru, tp lama2 ya bakal harus ganti lg kan. Lagian klo pake enasep + peredam/ karet balon aja udah acceptable, berarti ganti ban pas abis TWI aja
kalau karet balon kan sudah ada bawaan mobil. didobel gitu om berarti?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Seputar peredam mobil

Post by qushay20019 »

krniawnhdr wrote: Wed Jan 31, 2024 6:14 kalau karet balon kan sudah ada bawaan mobil. didobel gitu om berarti?
Ahond jaman now pelit om, apalagi yg buatan HPM, cuman dikasih karet gak ada balonnya (case ane di beerpe ‘16). Klo dulu City nyokap ane CBU thai keluaran ‘07 aja udah dikasih karet balon dobel, di bibir pintu 1 lapis sama di daun pintu jg 1 lapis
spearghost
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Dec 31, 2020 16:35

Re: Seputar peredam mobil

Post by spearghost »

suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Seputar peredam mobil

Post by kunaskun »

spearghost wrote: Mon May 05, 2025 9:12 suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
cek ban dulu, cek karet2 kaki2, segala mounting.
peredam suara itu bikin lebih senyap, tidak ada korelasi langsung dengan getaran body dari kondisi jalanan apalagi sampe dashboard.
tapi mobil senyap memang kasih efek lebih nyaman dan tenang = berasa ga getar.

peredam aspal itu sudah lewat zamannya, memang banyak pro kontra tapi jelas peredam aspal tidak seawet butyl rubber, sekian tahun maka peredam aspal lemnya akan kering (banyak installer kadalin dengan pake lem kuning = acid based = merusak panel kendaraan) jadi lepas, atau bahannya akan retak2 dan pecah sendiri karena "kering", pemasangan juga rumit karena butuh dipanaskan dengan mendetil jadi rekat rata ke panel karena kalau tidak rata maka efek peredaman tidak maksimal.
spearghost
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Dec 31, 2020 16:35

Re: Seputar peredam mobil

Post by spearghost »

kunaskun wrote: Mon May 05, 2025 10:58
spearghost wrote: Mon May 05, 2025 9:12 suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
cek ban dulu, cek karet2 kaki2, segala mounting.
peredam suara itu bikin lebih senyap, tidak ada korelasi langsung dengan getaran body dari kondisi jalanan apalagi sampe dashboard.
tapi mobil senyap memang kasih efek lebih nyaman dan tenang = berasa ga getar.

peredam aspal itu sudah lewat zamannya, memang banyak pro kontra tapi jelas peredam aspal tidak seawet butyl rubber, sekian tahun maka peredam aspal lemnya akan kering (banyak installer kadalin dengan pake lem kuning = acid based = merusak panel kendaraan) jadi lepas, atau bahannya akan retak2 dan pecah sendiri karena "kering", pemasangan juga rumit karena butuh dipanaskan dengan mendetil jadi rekat rata ke panel karena kalau tidak rata maka efek peredaman tidak maksimal.
ban saya masih baru om, michelin primacy 4 tekanan ban juga 30 sama rata, kaki" semua baru ganti juga (lower arm, racksteer, tir rod, link stabil, engine mounting full) peredam mengurangi getaran biarpun mungkin ga 100%, kenapa sy blg bgtu? sy udh pasang peredam pintu depan dan memang benar getaran ke area pintu depan berkurang, saya taro tongtoll di cupholder pintu dmana sblom pasang peredam itu getar tongtollny lumayan brasa dan bkin berisik, stlh pasang peredam getaran tongtoll sangat berkurang bs sy blg hampir 80%, balik lagi pertanyaan saya di awal, saya gmana hasil perbandingan (bagi yang sudah pengalaman pakai peredam) butyl rubber vs peredam aspal (visel)
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Seputar peredam mobil

Post by bimzbim »

spearghost wrote: Mon May 05, 2025 9:12 suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
CRV saya sudah saya modif "full" peredam untuk kepentingan modif audio.... untuk ngeredam getararan efek ngelewatin jalan konblock, ga akan bisa memuaskan dari penambahan peredam lantai. Yang saya rasakan efek dari penambahan perdam, karakter noise nya jadi lebih halus. Tapi efek "berrr" kalo lewat jalan kasar, tetap aja.
Menurut saya, komponen paling ngaruh tergantung dari karakter ban, suspensi dan sasis kendaraannya. Innova reborn full standard menghasilkan efek yg better ketimbang CRV yang sudah modif saat melewatin jalan konblok. Tebakan saya sasis innova ladder frame punya peredam getaran lebih bagus ketimbang monocoque nya CRV.
Di CR2, chasis monoque, suspensi mcperson strut depan, multilink belakang, jadinya tetap lebih enak dari innova ataupun CRV buat libas jalan kasar macam conblock, padahal ban profil lebih tipis.
Yang paling kentara, W213.... monoque, suspensi multilink depan belakang adaptive, ban tipis rft, tetap aja paling enak dari innova, crv, cr2 soal peredaman getaran dari jalanan jelek.
Jadi emang kudu ganti bpkp buat solusi paling optimal
spearghost
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Dec 31, 2020 16:35

Re: Seputar peredam mobil

Post by spearghost »

bimzbim wrote: Tue May 06, 2025 4:38
spearghost wrote: Mon May 05, 2025 9:12 suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
CRV saya sudah saya modif "full" peredam untuk kepentingan modif audio.... untuk ngeredam getararan efek ngelewatin jalan konblock, ga akan bisa memuaskan dari penambahan peredam lantai. Yang saya rasakan efek dari penambahan perdam, karakter noise nya jadi lebih halus. Tapi efek "berrr" kalo lewat jalan kasar, tetap aja.
Menurut saya, komponen paling ngaruh tergantung dari karakter ban, suspensi dan sasis kendaraannya. Innova reborn full standard menghasilkan efek yg better ketimbang CRV yang sudah modif saat melewatin jalan konblok. Tebakan saya sasis innova ladder frame punya peredam getaran lebih bagus ketimbang monocoque nya CRV.
Di CR2, chasis monoque, suspensi mcperson strut depan, multilink belakang, jadinya tetap lebih enak dari innova ataupun CRV buat libas jalan kasar macam conblock, padahal ban profil lebih tipis.
Yang paling kentara, W213.... monoque, suspensi multilink depan belakang adaptive, ban tipis rft, tetap aja paling enak dari innova, crv, cr2 soal peredaman getaran dari jalanan jelek.
Jadi emang kudu ganti bpkp buat solusi paling optimal
ini pakai peredam jenis apa om? dan merk apa?
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Seputar peredam mobil

Post by bimzbim »

spearghost wrote: Tue May 06, 2025 5:14
bimzbim wrote: Tue May 06, 2025 4:38
spearghost wrote: Mon May 05, 2025 9:12 suhu" mau tanya untuk peredam lantai, ada yg pernah coba bedanya peredam butyl rubber sama aspal (visel) di lantai mobil? kalau tujuannya mengurangi getaran body lebih efektif mana ya? mobil saya livinder dan kebetul sering lewatin jalanan konblok yg sering banget bkin geter 1 body bahkan sampai dashboard dah setir, mungkin ada yg sudah pernah punya pengalaman menggunakan keduanya boleh bantu sharing, thank u
CRV saya sudah saya modif "full" peredam untuk kepentingan modif audio.... untuk ngeredam getararan efek ngelewatin jalan konblock, ga akan bisa memuaskan dari penambahan peredam lantai. Yang saya rasakan efek dari penambahan perdam, karakter noise nya jadi lebih halus. Tapi efek "berrr" kalo lewat jalan kasar, tetap aja.
Menurut saya, komponen paling ngaruh tergantung dari karakter ban, suspensi dan sasis kendaraannya. Innova reborn full standard menghasilkan efek yg better ketimbang CRV yang sudah modif saat melewatin jalan konblok. Tebakan saya sasis innova ladder frame punya peredam getaran lebih bagus ketimbang monocoque nya CRV.
Di CR2, chasis monoque, suspensi mcperson strut depan, multilink belakang, jadinya tetap lebih enak dari innova ataupun CRV buat libas jalan kasar macam conblock, padahal ban profil lebih tipis.
Yang paling kentara, W213.... monoque, suspensi multilink depan belakang adaptive, ban tipis rft, tetap aja paling enak dari innova, crv, cr2 soal peredaman getaran dari jalanan jelek.
Jadi emang kudu ganti bpkp buat solusi paling optimal
ini pakai peredam jenis apa om? dan merk apa?
Untuk lantai, kayaknya sejenis busa/foam... sudah langsung ada perekatnya, di tempel langsung ke plat lantai mobil. Sisi luarnya bahannya seperti aluminium foil. Merknya lupa saya. didouble lagi sama karpet dasar