c4b13 wrote: Mon Feb 10, 2025 7:28
kalau dari 5 pilihan yg diberikan, rasa2nya paling fun to drive sih polo yah..
Memang harus perawatan extra aja, terutama DSG dry 7speed nya.. cara akalinnya yah setiap di jalan merayap, transmisi di pindah ke mode manual jadi gigi stay di 1 terus.. udah mulai jalan agak lancar baru naik manual ke 2 lalu geser balik ke D aja nanti auto naik 2 3 dst..
Kalau mau lebih oke lagi harusnya cari2 stok golf mk7, kalo budget blm cukup coba yg 1.2T aja kali bisa masuk..
Saran ini khusus untuk kepentingan TS "cari yang memberikan driving experience terbaik, yang penting tiap nyetir senyum terus

" yah
kalau dengan cara itu, apakah DSG nya bakal awet dan minim trouble?
soalnya saya baca2 kalau DCT nya fiesta walaupun diperlakukan seperti itu, bakal tetep rentan bermasalah, tapi beda merk juga sih ya
wah kalau golf sih saya mending ambil yang GTi nanti sekalian om kalau udah ada duitnya tapi nggak sekarang, di consider untuk jadi mobil ke-2 ato ke-3 nanti
Saya pemakai tiguan selama 7-8thn sih pakai cara itu awet dan sampai dijual nga pernah kena trouble (yang "katanya2 menakutkan"

) mecha/transmisi sama sekali yah, note: tiguan memang dualclutch nya yg wet jadi ngak apple2apple sama dualclutch nya polo yg dry.. saya juga pemakai mobil yg rutin, seminggu at least 4hari tiguan nya dipakai (menurut saya mobil eropa lebih awet kalau dipakai rutin dan bukan jadi garage queen

).
Selama kepemilikan tiguan, saya hanya 1x mengganti oli transmisi nya di bengkel resmi (agak kemahalan sepertinya yah..

) sekitar thn ke-4 or awal ke-5 yg seingat saya km pada waktu itu sekitar 40rban (pas dijual sekitar 70rb-80rban km nya). Dan betul komen dari pemakai polo 1.2tsi di atas, saya lebih sering ke bengkel karena elektronik nya (ie: sensor abs.. sebenernya salah saya juga sih, karena bengkel resmi menganjurkan pas ada error sensor abs sebaiknya langsung ganti ke-4 nya semua.. berhubung saya masih aliran belum "dompet susah nekuk" yah jadi saya ganti nya satu persatu sensor abs yg rusak nya saja, jadi abis rusak yg belakang kanan nanti 6blnan lagi rusak yg depan kiri, lalu berulang2 sampai akhirnya ke-4 nya diganti baru
Jadi urutannya mulai dari polo 1.2tsi, lalu ganti ke golf 1.2 or 1.4tsi, lalu terakhir baru golf gti yah.. di jamin level nyetir fun to drive nya meningkat dan senyum terus dah
tq
