Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by HaykelAdityawarman »

Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 8:31
wah menarik, tapi untuk mobil pertama ini saya belum tertarik untuk upgrade mesin, mungkin ingin lebih fokus di segi handling dulu (shock, ban, rem)
Klo power nomer kesekian dan mentingin handling, menurut saya nomor 1 tetep Jazz GE8. Dibanding GD3 improvementnya jauh, umur lebih muda jadi chasisnya lebih refined, dan parts buat modifnya juga banyak.

Nomor 2 Swift GT, dengan alasan yang kurleb sama kaya GE8, walaupun power mesin memang dibawah Jazz.

Alternatif lain, Yaris. Yaris ini banyak juga aftermarket partsnya di sektor kaki2 maupun mesin, 1NZ sebetulnya punya potensi besar klo dioprek, dan extra durability ala Toyota pastinya added value yang bagus.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by bejosupangat »

Ignis manual juga ok pak. Jarang2 dapat mobil A / B segment yang overbore (K12M bore 73 x stroke 71.5).
Best supermini di beberapa 1st world market pada zamannya. Masih dijual juga di beberapa negara (termasuk Japan).

Cheapest brand new global model yang bisa dibeli, sayang discontinued. Jadi sudah tidak ada affordable (A & B segment) global model sekarang dari asian legacy brands, semua regional / local model. Tinggal sisa Mazda 2.

Honda sudah regional / local model, sisa HRV (affordable?) saja
Suzuki sudah India.
Toyota sudah Daihatsu.
Daihatsu ya mungkin Rocky / Raize masih bisa dibilang (gak) global (amat).
Mitsubishi sudah lupa bikin mobil.
Nissan sudah...lah.
Hyundai regional model.
KIA regional model (Seltos India beda dengan Seltos global).
Mazda ya tinggal Mazda 2 (auto only).

Brave new world yet dark ages for auto enthusiasts - soon to become remnant of the past.
Anak2 muda boro-boro ngebengkel / mbangun mobil, sudah tidak ada yang tertarik dengan automobile. Kalaupun masih ada yang tertarik, very2 opaque & fragmented & (easily) influenced.
Middle-aged kalau cuma pegawai / swadaya kecil2an masih (boleh) hidup saja sudah syukur karena living costs.
Car culture juga sudah insignificant (RIP modcom).
Jalan makin macet & sempit.
Automobile viewed as govt cash cow (tax after tax after tax after tax after tax + GST + tax on GST + tax on tax on GST).
Last edited by bejosupangat on Wed Feb 12, 2025 1:44, edited 3 times in total.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Ibet »

cari yang udah pasti yang suka dipake balap resmi disini mas,
otomatis support aftermarketnya melimpah

yg kedua kalo hobi, cari bengkel spesialis deket rumah yg biasa nanganin
bahkan bangun sampe ready to race spec

pilihan yg jelas cuman 3 dan banyak populasinya

jazz gd/ge
swift
yaris

please do note jazz gd umurnya udah mayan tua, terakhir keluar 2007 kan
sementara jazz ge kan ada sampe 2014 ..

semua pernah balap di isom dll

kalo mobilnya masih dipake harian dan perlu bawa barang, merem jazz ge lah
yg dua lain kurang praktis
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by c4b13 »

c4b13 wrote: Mon Feb 10, 2025 7:28 kalau dari 5 pilihan yg diberikan, rasa2nya paling fun to drive sih polo yah..
Memang harus perawatan extra aja, terutama DSG dry 7speed nya.. cara akalinnya yah setiap di jalan merayap, transmisi di pindah ke mode manual jadi gigi stay di 1 terus.. udah mulai jalan agak lancar baru naik manual ke 2 lalu geser balik ke D aja nanti auto naik 2 3 dst..

Kalau mau lebih oke lagi harusnya cari2 stok golf mk7, kalo budget blm cukup coba yg 1.2T aja kali bisa masuk..
Saran ini khusus untuk kepentingan TS "cari yang memberikan driving experience terbaik, yang penting tiap nyetir senyum terus 😁" yah
kalau dengan cara itu, apakah DSG nya bakal awet dan minim trouble?
soalnya saya baca2 kalau DCT nya fiesta walaupun diperlakukan seperti itu, bakal tetep rentan bermasalah, tapi beda merk juga sih ya

wah kalau golf sih saya mending ambil yang GTi nanti sekalian om kalau udah ada duitnya tapi nggak sekarang, di consider untuk jadi mobil ke-2 ato ke-3 nanti 😉


Saya pemakai tiguan selama 7-8thn sih pakai cara itu awet dan sampai dijual nga pernah kena trouble (yang "katanya2 menakutkan" :big_dunno: ) mecha/transmisi sama sekali yah, note: tiguan memang dualclutch nya yg wet jadi ngak apple2apple sama dualclutch nya polo yg dry.. saya juga pemakai mobil yg rutin, seminggu at least 4hari tiguan nya dipakai (menurut saya mobil eropa lebih awet kalau dipakai rutin dan bukan jadi garage queen :big_okay: ).

Selama kepemilikan tiguan, saya hanya 1x mengganti oli transmisi nya di bengkel resmi (agak kemahalan sepertinya yah.. :big_slap: ) sekitar thn ke-4 or awal ke-5 yg seingat saya km pada waktu itu sekitar 40rban (pas dijual sekitar 70rb-80rban km nya). Dan betul komen dari pemakai polo 1.2tsi di atas, saya lebih sering ke bengkel karena elektronik nya (ie: sensor abs.. sebenernya salah saya juga sih, karena bengkel resmi menganjurkan pas ada error sensor abs sebaiknya langsung ganti ke-4 nya semua.. berhubung saya masih aliran belum "dompet susah nekuk" yah jadi saya ganti nya satu persatu sensor abs yg rusak nya saja, jadi abis rusak yg belakang kanan nanti 6blnan lagi rusak yg depan kiri, lalu berulang2 sampai akhirnya ke-4 nya diganti baru :big_childish: :big_slap:

Jadi urutannya mulai dari polo 1.2tsi, lalu ganti ke golf 1.2 or 1.4tsi, lalu terakhir baru golf gti yah.. di jamin level nyetir fun to drive nya meningkat dan senyum terus dah :big_love: :big_exellent: :big_okay: :big_peace:

tq :big_deal:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by b0ku »

habis hajar ge8 di cipularang sumpah enak banget tapi gara2x setelan gas level 10 dan pas nanjak level 15 gila besinnya abis 1/2 tengki isi dari sensor...... :mky_07:

hajar sana sini pas nyampe tujuan liat meteran kaget tinggal separo padahal biasanya dulu gak sampe 1/4 :big_slap:
User avatar
FordBadak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by FordBadak »

Meskipun saya pengguna Ford, tapi untuk hatchback saya sarankan Jazz GE8.

Temen sama pernah beli M2 sky 2nd, baru 2 minggu pakai HU gak nyala mesti ganti komputer / apanya gitu 20 jutaan

Jazz GE8 kenceng, sparepart banyak, Modelnya timeless lagi. Sama harga jual wkwkwkkw *maklum masih kismin
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
Rauna
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Feb 10, 2025 3:04
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Rauna »

Sebelumnya terima kasih suhu2 disini udah memberi banyak feedback dan ilmu disini
setelah baca2 semua comment, kayaknya saya decide untuk ambil Jazz GE/GD aja yang m/t di pertengahan/akhir tahun ini

Once again, thank you! 🤝
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by kenop »

Rauna wrote: Thu Feb 13, 2025 3:16 Sebelumnya terima kasih suhu2 disini udah memberi banyak feedback dan ilmu disini
setelah baca2 semua comment, kayaknya saya decide untuk ambil Jazz GE/GD aja yang m/t di pertengahan/akhir tahun ini

Once again, thank you! 🤝
Kl budgetnya sampe mah gas GE om, GD ny ga usah dilirik lagi :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by zonepublic »

Rauna wrote: Thu Feb 13, 2025 3:16 Sebelumnya terima kasih suhu2 disini udah memberi banyak feedback dan ilmu disini
setelah baca2 semua comment, kayaknya saya decide untuk ambil Jazz GE/GD aja yang m/t di pertengahan/akhir tahun ini

Once again, thank you! 🤝
Ya semoga dapat unit bagus,soalnya susah cari unit bagusnya spt cari jarum dalam jerami apalagi yang GE,lebih susah lagi carinya daripada GD untuk yang kondisi bagus
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Thu Feb 13, 2025 6:45
Rauna wrote: Thu Feb 13, 2025 3:16 Sebelumnya terima kasih suhu2 disini udah memberi banyak feedback dan ilmu disini
setelah baca2 semua comment, kayaknya saya decide untuk ambil Jazz GE/GD aja yang m/t di pertengahan/akhir tahun ini

Once again, thank you! 🤝
Ya semoga dapat unit bagus,soalnya susah cari unit bagusnya spt cari jarum dalam jerami apalagi yang GE,lebih susah lagi carinya daripada GD untuk yang kondisi bagus
manual keknya gak susah om apalagi tipeS lagi ada keknya di olx mayan gress km low
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Thu Feb 13, 2025 8:06
manual keknya gak susah om apalagi tipeS lagi ada keknya di olx mayan gress km low
Oh iya manual kok ya,bener masih banyak unit bagus untuk manualnya,tapi heran juga ge8 manual kenapa tidak diminati seperti maticnya ya?padahal dulu saya pernah punya ya biasa2 aja cuma mmg berasa borosnya daripada gd3 sama ngelitiknya kalo dikasih ron88
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by EdgarDrake »

Kalo mw jadi mobil hobi, kyknya gw ambil VW Polo. Penyakitan? Niscaya, cuma setelah brp lama dan akan keluar brp dananya, gtw. Tp kyknya bisa puas juga makenya. Gw sempet tertarik dg VW Polo dan VW T-Cross soalnya, jadi gw bias di sini.

Pernah make Honda City (sedan, AT 5-speed), buat gw sih biasa aja. Apakah pengalaman gw di City ini bisa dipukul rata ke Jazz, gw gtw sejujurnya. Terlebih gw org yg ga pernah ngegenjot ampe 4000 RPM (seumur2 blm pernah ngerasain VTEC kick in, penasaran feels-nya gmn sih haha)
Hiroshima 46V
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by b0ku »

EdgarDrake wrote: Thu Feb 13, 2025 8:42 Kalo mw jadi mobil hobi, kyknya gw ambil VW Polo. Penyakitan? Niscaya, cuma setelah brp lama dan akan keluar brp dananya, gtw. Tp kyknya bisa puas juga makenya. Gw sempet tertarik dg VW Polo dan VW T-Cross soalnya, jadi gw bias di sini.

Pernah make Honda City (sedan, AT 5-speed), buat gw sih biasa aja. Apakah pengalaman gw di City ini bisa dipukul rata ke Jazz, gw gtw sejujurnya. Terlebih gw org yg ga pernah ngegenjot ampe 4000 RPM (seumur2 blm pernah ngerasain VTEC kick in, penasaran feels-nya gmn sih haha)
city dashboardnya gak kek GE8 om beda lah biarpun mesin sama GE8 sama FREED dashboardnya mirip2x cuma posisi duduk freed agak aneh cuma felling liatin dashboard freed itu juga enak banget cuma bedanya kalo di ge8 berasa banget gokart sama mobil balapnya kalo city nyaris2x kayak mobil normal karena model tinggi kalo ge8 sama freed itu posisi speedo kayak di bawah bahu makannya enak :big_biglaugh:

sama satu lagi om nilainya cuma dari power ya kalah lah sama polo biar gimana mobil turbo itu torsinya gede banget bahkan di mesin BBM turbo cuma butuh 1.0 buat bantai diesel cumi :big_biglaugh:

kalo honda itu lebih menang ke fell driving fellnya enak banget :mky_03:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by KielConstantine »

Brio RS M/T aje. Gen yg pantat masih bentuk setrika-an

Dibawah 150 dapet pasti .. enak tuh tinggal maen coilover sama ban champiro SX-2 . Upgrade rem big brake.

Ntar pelan2 kumpulin budget buat swap engine pake L15 punya jazz. Masih kurang power ya cangkok turbocharger set

Kalo ketemu cumi begajulan gampang ladeninnya, tinggal di setrika sampe kering :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
nisfi19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue May 24, 2016 7:29

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by nisfi19 »

merem GE8 om dengan budget pilihan om..

pernah 3 gen jg miara jazz dari GD3 MMC cvt, GE8 AT konven sampe gk5 cvt, paling fun to drive no debat GE8 sesuai masukan om bOku...

GK5 budget gak masuk om corettt....

GE8 budget masuk dan opsi unit masih banyak karena sampe skrg masih banyak yang pakai harian karena fungsional, mau dari manual or matic dari standaran ataupun udah modif gampang milihnya tinggal modif sesuai kantong dan selera om...

GD3 udah berada old om jaman skrg, dan cari unit mint itu harga jg kegoreng, pilihan unit udah sedikit...



:mky_01: