Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rauna
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Feb 10, 2025 3:04
Location: Jakarta

Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Rauna »

Halo suhu SM sekalian, izin konsultasi disini πŸ™

Background
Saya berawal dari orang yang hobi motor dan belom pernah sekalipun melihara mobil, saat ini saya ingin punya experience (dan hobi) baru, jadi saya ingin menukar salah satu motor saya dengan sebuah mobil.

Awalnya saya ingin ambil sedan seperti altis atau civic, tapi setelah ngukur2, garasi saya ngepas banget buat mobil seukuran itu (dan spacenya harus dibagi lagi sama motor), jadi lebih ideal buat ambil mobil hatchback kecil aja. Udah sempet browsing2 buat cari tahu pros/cons nya, tapi saya mau make sure lagi di forum ini karena belum ada pengalaman car ownership sama sekali.

Kriteria
1. Hatchback subcompact/kecil
Cari yang di kelas jazz/yaris, hatch compact/yg agak gede kayak focus ato mazda3 skip dulu

2. Budget
nyamannya sebenernya 120 jtan, tapi bisa melar ke maksimal 150 juta kalau perlu

3. Fun to drive
cari yang memberikan driving experience terbaik, yang penting tiap nyetir senyum terus 😁

4. No CVT
Karena buat hobby dan cuma dipake di weekend aja, manual gapapa, metik konvensional ato DCT gapapa, yang penting jangan CVT πŸ˜…

5. Maintenance tidak terlalu kompleks
Sebisa mungkin yang maintenance nya masih mudah dipahami sama newbie di dunia mobil, biaya mahal dikit nggak apa2 kalau emang sebanding dengan kualitas dan benefitnya. Untuk spareparts karena salah satu motor saya CBU, udah terbiasa hunting sparepart sampai impor sendiri. Tapi jangan yang rewel/ringkih/terlalu banyak masalah bawaan lahirnya.

Nominasi (paling atas yang menurut saya paling sesuai kriteria)
1. Fiesta Ecoboost 1.0 (DCT)
Dari yang saya baca, mesinnya sangat fun to drive dan menang banyak award di zamannya, kebetulan saya punya teman yang punya fiesta juga jadi bisa belajar langsung ke dia, cons nya yang saya tahu ada di sekitaran DCT dan radiatornya perlu extra care. Saya ambil yang DCT karena yang manual langka sekali dan gak pernah ketemu di marketplace.

2. Mazda 2 pre-skyactive (M/T)
Ini saya taro di pilihan ke 2 karena 1 platform sama fiesta, dan image saya sebagai orang awam di dunia mobil, mazda itu merk jepang yang paling mengedepankan fun to drive, cons nya yang saya tahu kabinnya sempit banget dibanding rival sekelasnya dan partnya agak susah. Saya tidak ambil yg skyactive karena budgetnya belum cukup.

3. Honda Jazz GD3 (M/T)
Dari yang saya baca, katanya jazz ini yang chassisnya paling rigid di kelasnya, tapi dalam kondisi stock tidak se-"fun" fiesta dan m2, aftermarket partsnya juga melimpah kalau saya lihat di marketplace (coilover, sway/strut bar, etc). Saya tidak pilih jazz GE karena berasa overprice pas lihat harga sekennya 🀣.

4. Suzuki Swift GT gen awal yang CBU jp (transmisinya nggak tau ini A/T nya cvt ato bukan, mending M/T ato A/T?)
Kalau swift dari yang saya baca sepertinya tidak se fun mobil2 yang saya sebutkan dari driving experience, tapi ini yang saya paling suka design nya, dan untuk upgrade bisa pakai partsnya swift sports. Saya tidak ambil swift sports karena budgetnya ga cukup πŸ’Έ.

5. VW Polo TSI 1.2 (DSG?)
Saya agak ragu masukin ini, dari yang saya baca2 ini driving experiencenya setara sama fiesta ecoboost, tapi transmisi dan kelistrikannya rewel banget, jadi saya masukan di urutan terakhir.

Other:
- Yaris, March, Mirage saya skip soalnya dari yang saya baca, mobil ini tidak ditujukan untuk fun to drive
- Sempet ngelirik motuba Fiat Uno Turbo dan Daihatsu Charade Turbo, tapi sepertinya tidak cukup wise untuk seorang pemula langsung megang mobil tua, mungkin bisa jadi mobil ke dua atau ketiga nanti πŸ˜„


Mohon feedbacknya apakah pilihan dan pemahaman saya ini sudah tepat atau perlu diluruskan lagi, terima kasih πŸ™
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by bejosupangat »

Unpopular opinion >> cari Daihatsu Sirion 1st gen pre-facelift di Pontianak (power steering masih pakai hyrdaulic pump bukan electric motr) >> setir ke Kuching Sarawak buat pasang tuning parts mesin, suspensi, exhaust, dll >> lanjut setir ke Brunei & test cornering sepanjang jalan Kuching - Miri & test top-speed sepanjang Kuala Belait - Bandar Seri Begawan >> pulang lagi ke Pontianak >> kapalin deh.

Murah meriah ber-maruah.
Last edited by bejosupangat on Mon Feb 10, 2025 6:00, edited 1 time in total.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by azu »

Kalau saya pribadi, skip Fiesta dan Polo. Transmisi DCT itu menurut saya jauh dari kata reliabel utk penggunaan dalkot disini. Pengalaman saya pelihara Ecosport aja udah bikin cape, apalagi ini Fiesta yg Ecoboost lebih jarang lagi mobilnya dan mesinnya sendiri agak lemon setahu saya :big_biglaugh:

Untuk amannya sih kalau saya lebih pilih Jazz atau Swift ya om.



Dengan budget segitu, kalau Honda Jazz saya sendiri milih yg GE ya om. Lebih timeless designnya, meskipun betul harganya relatif mahal tapi modelnya yg GE ini sampai 2012. Walaupun secara ukuran memang lebih besar. Kalau Jazz GD jujur aja sudah kerasa ketuaan, modelnya sudah lebih dari 20 tahun :mky_01:



Kalau Swift betul mending ambil yg CBU om, bisa yg GL ataupun yg GT. Maticnya masih konvensional, tapi ya masih 4AT. harga partsnya jangan disamain dengan Suzuki CKD ya om :mky_01: Tapi dengan budget segitu harusnya udah dapet New Swift sih om.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by qushay20019 »

Ane ada pengalaman miara fiesta 1.4 M/T (punya ipar) & mazda2 nonsky A/T punya adek (& beberapa mobil lain di keluarga).
Dari kandidat2 om TS, ane paling support mazda2 nonsky. BQ oke khas CBU (thai sih kayaknya, bukan japs) & beberapa sparepart, khususnya kaki2 sharing sama fiesta (yg ane tau bener plek ketiplek itu tie tod end, soalnya ane pernah beli punya mazda2 nonsky di beres mazda, trus pasang di fiesta ipar di bengkel spes.ford. M2 nonsky penyakitnya sepengalaman ane sih seputar kaki2 & engine mounting, mirip2lah sama mobil2 Fwd lain. Oya, sedikit info ga penting: mazda2 non sky bisa dipakein velg ori city GM2 tipe E yg model akar itu tanpa pake spacer. Cuman fuel cons ya pasti jadi boros dikit & steering jadi berat (ask me how i know).

Alternatif lain swift cbu sih. Kalo mo sabar nabung lagi ya angkut swift sport M/T, trus piara ampe 20-30 taun, pake sparepart orinya impor sendiri dr japs.
Di luar itu ane gak rekomen. Tranny DCT ford yg di ecosport/ fiesta udah terkenal ble’e. Klo harus fiesta & harus matic, cari yg mesin 1.4 A/T, jgn lain2 soalnya fiesta 1.0 ecoboost, 1.5 & 1.6 semuanya pake DCT.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by farizfsa »

kl mau di kilik main mesin ya polo 1.2 turbo ya. naik ke 170hp dgn body kecil gitu pasti enak

kl pilihan lainnya sih pilih yaris bapao tipe s ya, lalu manual. mbl ga setua jazz gd. parts melimpah. colok deh superchager :ngacir: :ngacir: kasih ban bagus, coilover sama brake pad yang bagusan.
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by c4b13 »

kalau dari 5 pilihan yg diberikan, rasa2nya paling fun to drive sih polo yah..
Memang harus perawatan extra aja, terutama DSG dry 7speed nya.. cara akalinnya yah setiap di jalan merayap, transmisi di pindah ke mode manual jadi gigi stay di 1 terus.. udah mulai jalan agak lancar baru naik manual ke 2 lalu geser balik ke D aja nanti auto naik 2 3 dst..

Kalau mau lebih oke lagi harusnya cari2 stok golf mk7, kalo budget blm cukup coba yg 1.2T aja kali bisa masuk..
Saran ini khusus untuk kepentingan TS "cari yang memberikan driving experience terbaik, yang penting tiap nyetir senyum terus 😁" yah


Hope that helps..
RCMN
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 232
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by RCMN »

Kalo buat dipake harian sih keknya urutannya: Jazz - Swift - M2 - Polo/Fiesta.

Tapi kelihatannya penekanannya buat hobi, artinya mungkin cuma dipake pas weekend ya?
Kalo gitu, tes drive aja dulu semuanya, terus cari yg paling bikin senyum pas dibawa.
Jangan lupa bawa inspektor/temen yg ngerti mobil, cari yg PRnya gak berat2 amat.
Untuk mobil hobi sambil benerin pelan2 seru juga kok.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Chr1stm1 »

Dari pilihan dari TS, saya cenderung ke Jazz GE8, udah paling matching dgn kebutuhan TS.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by b0ku »

budget segitu ud gak usah aneh2x jawabnya :big_grin:















JAZZ GE8 no medicine........ :ngacir:
Rauna
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Feb 10, 2025 3:04
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Rauna »

bejosupangat wrote: Mon Feb 10, 2025 5:57 Unpopular opinion >> cari Daihatsu Sirion 1st gen pre-facelift di Pontianak
wah sirion/myvi saya sengaja ga masukin soalnya tidak terlihat seperti mobil yang fun to drive, boleh juga ni idenya
tapi kalo mau kayak gini mending ceria/kancil sekalian ga sih? body lebih enteng, bisa pake part performance daihatsu mira
azu wrote: Mon Feb 10, 2025 5:59 Untuk amannya sih kalau saya lebih pilih Jazz atau Swift ya om.

Dengan budget segitu, kalau Honda Jazz saya sendiri milih yg GE ya om. Lebih timeless designnya, meskipun betul harganya relatif mahal tapi modelnya yg GE ini sampai 2012. Walaupun secara ukuran memang lebih besar. Kalau Jazz GD jujur aja sudah kerasa ketuaan, modelnya sudah lebih dari 20 tahun :mky_01:

Kalau Swift betul mending ambil yg CBU om, bisa yg GL ataupun yg GT. Maticnya masih konvensional, tapi ya masih 4AT. harga partsnya jangan disamain dengan Suzuki CKD ya om :mky_01: Tapi dengan budget segitu harusnya udah dapet New Swift sih om.
kalau jazz menurut saya lebih timeless GD malah, emang design subjektif sih 😁
design nya bikin selalu teringet sama Spoon Fit

Image

selain design nya, perbedaan harga GD sama GE lumayan tapi menurut saya benefitnya nggak terlalu jauh, lebih baik ambil GD dan sisa uangnya untuk upgrade yang menunjang driving experience (coilover, sway bar, etc)

untuk Swift kenapa ambil yg gen awal, alasannya sama kayak Jazz, design nya saya lebih suka soalnya mirip swift yang dipake di WRC

Image

Swift GT CBU dan GT2/GT3 CKD perbedaan utamanya dimana ya selain bodykit? apa driving experience nya ada perbedaan?
yang saya yakin sih pasti fiturnya banyak yang disunat, tapi ngga tahu apa aja πŸ˜…

tapi overall kalau secara driving experience dan asumsi sama2 manual, lebi baik swift apa jazz ya om?
qushay20019 wrote: Mon Feb 10, 2025 6:39 Alternatif lain swift cbu sih. Kalo mo sabar nabung lagi ya angkut swift sport M/T, trus piara ampe 20-30 taun, pake sparepart orinya impor sendiri dr japs.
Di luar itu ane gak rekomen. Tranny DCT ford yg di ecosport/ fiesta udah terkenal ble’e. Klo harus fiesta & harus matic, cari yg mesin 1.4 A/T, jgn lain2 soalnya fiesta 1.0 ecoboost, 1.5 & 1.6 semuanya pake DCT.
oke, kayaknya untuk mobil pertama ini saya skip dulu yang DCT, thanks insight nya
kalau swift sport dapet dibawah 200 mungkin saya masih consider buat nabung lagi, soalnya kalau diatas 200 juta saya ngerasa kurang worth aja kalau cuma dapet sebuah swift walaupun mesinnya udah 1.6 sekalipun (please prove me wrong)
farizfsa wrote: Mon Feb 10, 2025 6:59 kl mau di kilik main mesin ya polo 1.2 turbo ya. naik ke 170hp dgn body kecil gitu pasti enak
wah menarik, tapi untuk mobil pertama ini saya belum tertarik untuk upgrade mesin, mungkin ingin lebih fokus di segi handling dulu (shock, ban, rem)
c4b13 wrote: Mon Feb 10, 2025 7:28 kalau dari 5 pilihan yg diberikan, rasa2nya paling fun to drive sih polo yah..
Memang harus perawatan extra aja, terutama DSG dry 7speed nya.. cara akalinnya yah setiap di jalan merayap, transmisi di pindah ke mode manual jadi gigi stay di 1 terus.. udah mulai jalan agak lancar baru naik manual ke 2 lalu geser balik ke D aja nanti auto naik 2 3 dst..

Kalau mau lebih oke lagi harusnya cari2 stok golf mk7, kalo budget blm cukup coba yg 1.2T aja kali bisa masuk..
Saran ini khusus untuk kepentingan TS "cari yang memberikan driving experience terbaik, yang penting tiap nyetir senyum terus 😁" yah
kalau dengan cara itu, apakah DSG nya bakal awet dan minim trouble?
soalnya saya baca2 kalau DCT nya fiesta walaupun diperlakukan seperti itu, bakal tetep rentan bermasalah, tapi beda merk juga sih ya

wah kalau golf sih saya mending ambil yang GTi nanti sekalian om kalau udah ada duitnya tapi nggak sekarang, di consider untuk jadi mobil ke-2 ato ke-3 nanti πŸ˜‰
b0ku wrote: Mon Feb 10, 2025 8:25
JAZZ GE8 no medicine........ :ngacir:
Chr1stm1 wrote: Mon Feb 10, 2025 8:22 Dari pilihan dari TS, saya cenderung ke Jazz GE8, udah paling matching dgn kebutuhan TS.
tbh saya kalau jazz lebih condong ke GD dibanding GE, ada alasan khusus kenapa mungkin saya lebih baik ambil GE selain karena GD sudah terlalu tua?
RCMN wrote: Mon Feb 10, 2025 7:40 Tapi kelihatannya penekanannya buat hobi, artinya mungkin cuma dipake pas weekend ya?
Kalo gitu, tes drive aja dulu semuanya, terus cari yg paling bikin senyum pas dibawa.
Jangan lupa bawa inspektor/temen yg ngerti mobil, cari yg PRnya gak berat2 amat.
Untuk mobil hobi sambil benerin pelan2 seru juga kok.
betul, cuma untuk sabtu/minggu aja
sebenernya saya ga keberatan benerin pelan2, tapi jangan yang terlalu kompleks/sulit dipahami aja, yang easy mode dulu aja buat pemula 😁
ntar mobil ke 2 atau selanjutnya yang ribet dikit gpp
Last edited by Rauna on Mon Feb 10, 2025 8:32, edited 1 time in total.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by zonepublic »

Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 4:18 Nominasi (paling atas yang menurut saya paling sesuai kriteria)
1. Fiesta Ecoboost 1.0 (DCT)
Akomodasi kecil,sempit
Sparepart mahal
Service mahal
Fitur berlimpah
Part2nya banyakan plastik tidak robust
Mesin teknologi canggih tapi bbm minta ron tinggi ron 98 kalo ga salah
2. Mazda 2 pre-skyactive (M/T)
Sparepart mahal
Service mahal
Akomodasi sempit
Tenaga mesin so so aja
3. Honda Jazz GD3 (M/T)
Tidak sereliable jazz ge8,jauh? Bangett
Tidak se fun to drive swift/mazda 2,fiesta
Plusnya akomodasi paling besar
Tenaga mesinnya juga paling besar di kelasnya
Matic ge8 5 speed,kalo gd3 masih cvt
4. Suzuki Swift GT gen awal yang CBU jp
Kalo ge8 anda bilang overprice apalagi swift gt,lebih ngawur lagi overpricenya
Mesin bawaanya letoy cuma 100 ps sama dengan tenaga mesin honda city type z vtec lama harus ditune habis2an
Penyakitnya suka overheat karena banyak yang tidak pake coolant selain mesin M15nya yang memang cukup panas
Masih drive by cable jadi respon mesin paling enak daripada mobil lain yang sudah drive by wire
Sering rembes di seal2nya macem2 pula
Kompresor ac juga sering rusak
Rack steering,eps juga rentan rusak
Kayanya paling mending manual karena maticnya cuma 4 speed
5. VW Polo TSI 1.2 (DSG?)
Kalo mau main jerman jangan cc kecil,apalagi polo
Min golf GTi
Penyakit sama dgn fiesta
Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 8:31

wah sirion/myvi saya sengaja ga masukin soalnya tidak terlihat seperti mobil yang fun to drive, boleh juga ni idenya
tapi kalo mau kayak gini mending ceria/kancil sekalian ga sih? body lebih enteng, bisa pake part performance daihatsu mira

Kalo anda cari irit iya ceria,tapi tenaga kecil lho mana enak?



kalau jazz menurut saya lebih timeless GD malah, emang design subjektif sih 😁
design nya bikin selalu teringet sama Spoon Fit

Image

selain design nya, perbedaan harga GD sama GE lumayan tapi menurut saya benefitnya nggak terlalu jauh, lebih baik ambil GD dan sisa uangnya untuk upgrade yang menunjang driving experience (coilover, sway bar, etc)
Lhoo jauhh sekali anda tahu,tenaga mesin jazz bawaan original tanpa dituning gd3 itu cuma 110ps,seri GE8 tenaganya 120ps bawaan pabrik
Chasis ge8 lebih minim limbung daripada gd3/gk5,kaki2 jazz gd3 tidak seawet ge8


untuk Swift kenapa ambil yg gen awal, alasannya sama kayak Jazz, design nya saya lebih suka soalnya mirip swift yang dipake di WRC


mesin jazz ge8 dipake buat balap formula ford kandidat anda yang lain diatas tidak ada yang mesinnya dipake balap beneran di tingkat formula(sekelas aryton senna,mick schumacher sebelum ke f1 belajar balap diformula ford dulu),anda pilih WRC atau formula?
Di tahun 2008- sekarang swift juga belum bisa ngalahin dominasi balap lokal di sentul one make race/issom



Image

Swift GT CBU dan GT2/GT3 CKD perbedaan utamanya dimana ya selain bodykit? apa driving experience nya ada perbedaan?
yang saya yakin sih pasti fiturnya banyak yang disunat, tapi ngga tahu apa aja πŸ˜…

Swift gt CBU itu knalpotnya cm 1 yg kanan aja yang jalan yg sebelah kiri cuma pajangan aja
Status cbu cuma jadi alasan menggoreng harga dengan jualan abs& avg kons bbm sama tombol setir

tapi overall kalau secara driving experience dan asumsi sama2 manual, lebi baik swift apa jazz ya om?
Kalo ada punya duit banyak dan mau bangun mesin
Dan mobilnya cuma buat balapan ya swift,chasisnya lebih enak buat manuver daripada jazz
Kalo mau buat bawa barang dan tidak modif mesin besar2an ya mending jazz aja karena tenaga mesin standarnya paling besar





tbh saya kalau jazz lebih condong ke GD dibanding GE, ada alasan khusus kenapa mungkin saya lebih baik ambil GE selain karena GD sudah terlalu tua?



betul, cuma untuk sabtu/minggu aja
sebenernya saya ga keberatan benerin pelan2, tapi jangan yang terlalu kompleks/sulit dipahami aja, yang easy mode dulu aja buat pemula 😁
ntar mobil ke 2 atau selanjutnya yang ribet dikit gpp
Ga mau terlalu kompleks benerin jangan ambil swift,banyak penyakit ghoibnya,makannya banyak yang beli swift sebentar pada jual lagi mobilnya karena pusing keluar duit perbaikan mulu baca aja di grupnya

Selama saya pakai jazz ge8 3,5tahun perbaikan paling mahal servis dinamo power window 650ribu tapi mungkin karena kebetulan saya dapat unit bagus
Last edited by zonepublic on Mon Feb 10, 2025 9:28, edited 15 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by b0ku »

Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 8:31
tbh saya kalau jazz lebih condong ke GD dibanding GE, ada alasan khusus kenapa mungkin saya lebih baik ambil GE selain karena GD sudah terlalu tua?
kabinnya kecil biarpun masih bisa di bilang gede buat di kelasnya emang ge8nya sendiri emang kek GD di gemukin tapi malah runcing :big_biglaugh:

maticnya CVT cuma karena mau manual jd gak masalah :mky_03:

GD pun sebenernya juga gorengan apalagi VTEC gress :mky_03:

dashboard enakan GE8 gd masih kayak mobil normal ge8 dashboardnya ajib berasa bawa gokart feelnya :mky_03:

partsnya juga ge8 lebih banyak :mky_03:
Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Iriawans »

b0ku wrote: Mon Feb 10, 2025 8:52
Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 8:31
tbh saya kalau jazz lebih condong ke GD dibanding GE, ada alasan khusus kenapa mungkin saya lebih baik ambil GE selain karena GD sudah terlalu tua?
kabinnya kecil biarpun masih bisa di bilang gede buat di kelasnya emang ge8nya sendiri emang kek GD di gemukin tapi malah runcing :big_biglaugh:

maticnya CVT cuma karena mau manual jd gak masalah :mky_03:

GD pun sebenernya juga gorengan apalagi VTEC gress :mky_03:

dashboard enakan GE8 gd masih kayak mobil normal ge8 dashboardnya ajib berasa bawa gokart feelnya :mky_03:

partsnya juga ge8 lebih banyak :mky_03:
Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by kemalmakbar »

Iriawans wrote: Mon Feb 10, 2025 9:31 Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
Jazz GE8 maticnya tipe konvensional, om.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Duvebriliant0 »

Iriawans wrote: Mon Feb 10, 2025 9:31
b0ku wrote: Mon Feb 10, 2025 8:52
Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 8:31
tbh saya kalau jazz lebih condong ke GD dibanding GE, ada alasan khusus kenapa mungkin saya lebih baik ambil GE selain karena GD sudah terlalu tua?
kabinnya kecil biarpun masih bisa di bilang gede buat di kelasnya emang ge8nya sendiri emang kek GD di gemukin tapi malah runcing :big_biglaugh:

maticnya CVT cuma karena mau manual jd gak masalah :mky_03:

GD pun sebenernya juga gorengan apalagi VTEC gress :mky_03:

dashboard enakan GE8 gd masih kayak mobil normal ge8 dashboardnya ajib berasa bawa gokart feelnya :mky_03:

partsnya juga ge8 lebih banyak :mky_03:
Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
GD om yg CVT
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Iriawans »

sharing sedikit untuk Om TS dari pengalaman saya pakai:
- 2004 GD3 idsi CVT, pemakaian 4thn rute Bogor-Jkt +/- 110rb km-an
- 2010 GE8 AT, pemakaian 4thn rute Bogor-Jkt +/- 125rb km-an
- 2018 GK5 CVT, jarang dipakai km masih 18 ribuan

yang paling berkesan pakai GE8, paling fun to drive, tenaga cukup. Kondisi standar dibawa lari 140kpj masih anteng2 aja. Kaki2 juga aman sampai dijual gakda pergantian aneh2, GD3 kaki2 lebih ringkih dan beberapa kali ganti part. Kalau GK5 lebih limbung aja.
Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Iriawans »

kemalmakbar wrote: Mon Feb 10, 2025 9:37
Iriawans wrote: Mon Feb 10, 2025 9:31 Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
Jazz GE8 maticnya tipe konvensional, om.
ya betul Om :big_exellent:
Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Iriawans »

Duvebriliant0 wrote: Mon Feb 10, 2025 9:39
Iriawans wrote: Mon Feb 10, 2025 9:31
b0ku wrote: Mon Feb 10, 2025 8:52

kabinnya kecil biarpun masih bisa di bilang gede buat di kelasnya emang ge8nya sendiri emang kek GD di gemukin tapi malah runcing :big_biglaugh:

maticnya CVT cuma karena mau manual jd gak masalah :mky_03:

GD pun sebenernya juga gorengan apalagi VTEC gress :mky_03:

dashboard enakan GE8 gd masih kayak mobil normal ge8 dashboardnya ajib berasa bawa gokart feelnya :mky_03:

partsnya juga ge8 lebih banyak :mky_03:
Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
GD om yg CVT
iya Om :big_exellent:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by b0ku »

Iriawans wrote: Mon Feb 10, 2025 9:31

Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
maksud saya gd om yang CVT jadi minus point buat saya :mky_03:

tapi gara2x TS jd pengen juga gd VTEC manual buat maenan :big_biglaugh:
Iriawans
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Iriawans »

b0ku wrote: Mon Feb 10, 2025 10:51
Iriawans wrote: Mon Feb 10, 2025 9:31

Om boku, transmisi GE8 bukan CVT tapi matic konvensional kan?

Jadi kangen pengen punya lagi GE8 :mky_01:
maksud saya gd om yang CVT jadi minus point buat saya :mky_03:

tapi gara2x TS jd pengen juga gd VTEC manual buat maenan :big_biglaugh:
Ok om, ayo dibungkus GD VTEC-nya :mky_08:
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by sugarpot »

Kebetulan ane pernah piara VW Polo 1.2 TSI, dan bisa ane bilang mobil ini sangat fun to drive dikelasnya, gak bisa dibandingkan dengan jejepangan sejenis. Cuma kekurangannya menurut ane bensinnya lumayan boros (kaki gak disekolahin), BBM minimal RON 95, electrical khas mobil eropa di mana seperti pohon natal pasti ada aja nyalanya :big_biglaugh: , dan kabinnya sempit. Tapi kalo om carinya FUN TO DRIVE, dipake banting stir kiri kanan, gaspol gak karuan sambil denger DSG fart khas VW, ane rasa om pasti puas sama performa mobil eropa buatan india ini :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:. Untuk DSG vw polo 1.2 sepanjang ane pake sih no issue ya om, malahan yang kadang bikin bete malah sensor2nya nyala karena usia pemakaian aja, macam sensor abs gitu, tapi sekarang udah banyak spesialis VW ane kira, apalagi om bakalan gak gitu sering pake mobilnya. So ane vote +1 untuk vw polo om hahaha :mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by sintoni »

150 jt harusnya dapat sih Mazda 2 Sky 2014-2015 tapi mungkin dapat yg R bukan GT.

Enak ini mobil, pake sudah 2 tahun beli bekas awal 2023.

Irit jg, padahal pake Pertalite.
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by scorpio »

beli mobil MT skrg sih apalagi tinggal di kota besar jarang kepake fun to drive nya, jalanan sepi udah jarang. weekend macetnya amit2. kecuali di kota2 kecil mungkin masih enak.

khusus swift klo bisa jgn yg seri GT2 atau GT3. bodikit nya udah ada ga ada yg jual, dlu itu versi customnya indomobil. dan transmisinya masih geared AT. klo sehat sebenernya enak walau tenaganya ga sekuat yaris atau jazz
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Zordon »

Gak mau nyoba kia rio atau hyundai new i20 om?
Saya pernah punya i20 2016 lumayan puas, chasis rigid khas mobil Wrc tapi transmisi 4sp AT nya lemot, utk nyetir cukup puas sering saya pakai di tol jakarta-merak enak banget
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran Mobil Hatchback Fun to drive untuk hobi

Post by Pboyz97 »

Rauna wrote: Mon Feb 10, 2025 4:18 Halo suhu SM sekalian, izin konsultasi disini πŸ™

Background
Saya berawal dari orang yang hobi motor dan belom pernah sekalipun melihara mobil, saat ini saya ingin punya experience (dan hobi) baru, jadi saya ingin menukar salah satu motor saya dengan sebuah mobil.

Awalnya saya ingin ambil sedan seperti altis atau civic, tapi setelah ngukur2, garasi saya ngepas banget buat mobil seukuran itu (dan spacenya harus dibagi lagi sama motor), jadi lebih ideal buat ambil mobil hatchback kecil aja. Udah sempet browsing2 buat cari tahu pros/cons nya, tapi saya mau make sure lagi di forum ini karena belum ada pengalaman car ownership sama sekali.

Kriteria
1. Hatchback subcompact/kecil
Cari yang di kelas jazz/yaris, hatch compact/yg agak gede kayak focus ato mazda3 skip dulu

2. Budget
nyamannya sebenernya 120 jtan, tapi bisa melar ke maksimal 150 juta kalau perlu

3. Fun to drive
cari yang memberikan driving experience terbaik, yang penting tiap nyetir senyum terus 😁

4. No CVT
Karena buat hobby dan cuma dipake di weekend aja, manual gapapa, metik konvensional ato DCT gapapa, yang penting jangan CVT πŸ˜…

5. Maintenance tidak terlalu kompleks
Sebisa mungkin yang maintenance nya masih mudah dipahami sama newbie di dunia mobil, biaya mahal dikit nggak apa2 kalau emang sebanding dengan kualitas dan benefitnya. Untuk spareparts karena salah satu motor saya CBU, udah terbiasa hunting sparepart sampai impor sendiri. Tapi jangan yang rewel/ringkih/terlalu banyak masalah bawaan lahirnya.

Nominasi (paling atas yang menurut saya paling sesuai kriteria)
1. Fiesta Ecoboost 1.0 (DCT)
Dari yang saya baca, mesinnya sangat fun to drive dan menang banyak award di zamannya, kebetulan saya punya teman yang punya fiesta juga jadi bisa belajar langsung ke dia, cons nya yang saya tahu ada di sekitaran DCT dan radiatornya perlu extra care. Saya ambil yang DCT karena yang manual langka sekali dan gak pernah ketemu di marketplace.

2. Mazda 2 pre-skyactive (M/T)
Ini saya taro di pilihan ke 2 karena 1 platform sama fiesta, dan image saya sebagai orang awam di dunia mobil, mazda itu merk jepang yang paling mengedepankan fun to drive, cons nya yang saya tahu kabinnya sempit banget dibanding rival sekelasnya dan partnya agak susah. Saya tidak ambil yg skyactive karena budgetnya belum cukup.

3. Honda Jazz GD3 (M/T)
Dari yang saya baca, katanya jazz ini yang chassisnya paling rigid di kelasnya, tapi dalam kondisi stock tidak se-"fun" fiesta dan m2, aftermarket partsnya juga melimpah kalau saya lihat di marketplace (coilover, sway/strut bar, etc). Saya tidak pilih jazz GE karena berasa overprice pas lihat harga sekennya 🀣.

4. Suzuki Swift GT gen awal yang CBU jp (transmisinya nggak tau ini A/T nya cvt ato bukan, mending M/T ato A/T?)
Kalau swift dari yang saya baca sepertinya tidak se fun mobil2 yang saya sebutkan dari driving experience, tapi ini yang saya paling suka design nya, dan untuk upgrade bisa pakai partsnya swift sports. Saya tidak ambil swift sports karena budgetnya ga cukup πŸ’Έ.

5. VW Polo TSI 1.2 (DSG?)
Saya agak ragu masukin ini, dari yang saya baca2 ini driving experiencenya setara sama fiesta ecoboost, tapi transmisi dan kelistrikannya rewel banget, jadi saya masukan di urutan terakhir.

Other:
- Yaris, March, Mirage saya skip soalnya dari yang saya baca, mobil ini tidak ditujukan untuk fun to drive
- Sempet ngelirik motuba Fiat Uno Turbo dan Daihatsu Charade Turbo, tapi sepertinya tidak cukup wise untuk seorang pemula langsung megang mobil tua, mungkin bisa jadi mobil ke dua atau ketiga nanti πŸ˜„


Mohon feedbacknya apakah pilihan dan pemahaman saya ini sudah tepat atau perlu diluruskan lagi, terima kasih πŸ™
kalo dari semua opsi saya vote jazz or swift. kalo alternatif bs vote m2 non sky. kalo swift gen awal maticnya masih konven om blm cvt. begitupun dengan mazda 2 pre sky, maticnya jg masih at konven non cvt setau saya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11