Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by 2kdpelan »

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59
darrelund wrote: Mon Jan 20, 2025 9:25

ner uga mbah

selama warranty period gaspol aja dah :big_biglaugh:

yg penting serpis wajip beres, biar claimnya ga berkelit :big_biglaugh:

227rb yang tewas apa mbah?

travel gitu banyak GD KD odo udah mau ke bulan sampe skrg banyak masih gelinding, rawat jg yang simple" aja kayakna
Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal.. :big_weee:
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by scorpio »

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59
darrelund wrote: Mon Jan 20, 2025 9:25

ner uga mbah

selama warranty period gaspol aja dah :big_biglaugh:

yg penting serpis wajip beres, biar claimnya ga berkelit :big_biglaugh:

227rb yang tewas apa mbah?

travel gitu banyak GD KD odo udah mau ke bulan sampe skrg banyak masih gelinding, rawat jg yang simple" aja kayakna
Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal.. :big_weee:
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.

Atau om surya aliran bypass thermostat?

Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by feri307 »

D2DW wrote: Mon Jan 20, 2025 15:21 Maaf om baru bales, soalnya bukanya di browser..
Short trip sekali jalan paling 10km, pemakaian paling seminggu 3-4x aja
Ini mirip dgn kondisi pemakaian saya dulu. Kalo begini, mending pakai oli biasa aja, pastikan asli, dan ganti maksimal 6 bln sekali. Saya aja udah tobat pake oli2 premium, dgn harapan bisa diganti setaun sekali. 5 taun ini, saya udah pakai oli lokal, dan ganti setaun 3x saking ekonomisnya ini oli hehehe..
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

scorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59

Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal.. :big_weee:
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.

Atau om surya aliran bypass thermostat?

Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Gini aja

Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam

Lebih capek mana?

Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi :big_grin:

Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59

Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal.. :big_weee:
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by 2kdpelan »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33

Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Lu tau kan head gasket yg mana?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38

Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Lu tau kan head gasket yg mana?
Image

ring piston dan liner aman kan mbah ?
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 21, 2025 3:22, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
jd200
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
Daily Vehicle: Pesot solar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by jd200 »

2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38

Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Lu tau kan head gasket yg mana?
jangan jangan dia gabisa bedain valve cover gasket sama headgasket 🫣
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 727
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17 Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
?????????????????????????????????????????????????????

Cylinder head gasket loh konteksnya. Bukan Valve cover gasket yang di head.
2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by 2kdpelan »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:22
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17

City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Lu tau kan head gasket yg mana?
Image

ring piston dan liner aman kan mbah ?
Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by scorpio »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06
scorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33

Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.

Atau om surya aliran bypass thermostat?

Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Gini aja

Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam

Lebih capek mana?

Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi :big_grin:

Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Otot sama mekanis ya jgn disamain om.
Memang ga niat diskusi kok. Cuma klo missleading ya kasian yg baca. Ini forum rame skrg, jadi acuan orang di komunitas otomotif fb jg
Jgn2 besok suru bandingin otot kuda sama otot manusia lari 10km lebih cape mana. Toh data yg tadi disampaikan kan keliatan di sensor via obd. Bukan cuma "perasaan"

:big_biglaugh:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Tue Jan 21, 2025 3:23
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17 Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
?????????????????????????????????????????????????????

Cylinder head gasket loh konteksnya. Bukan Valve cover gasket yang di head.


iya.. intinya faktor kondisi lalu lintas (juga) mempengaruhi umur seal, gasket, dkk nya mbah
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 21, 2025 3:45, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

scorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 3:31
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06
scorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50

Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.

Atau om surya aliran bypass thermostat?

Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Gini aja

Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam

Lebih capek mana?

Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi :big_grin:

Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Otot sama mekanis ya jgn disamain om.
Memang ga niat diskusi kok. Cuma klo missleading ya kasian yg baca. Ini forum rame skrg, jadi acuan orang di komunitas otomotif fb jg
Jgn2 besok suru bandingin otot kuda sama otot manusia lari 10km lebih cape mana. Toh data yg tadi disampaikan kan keliatan di sensor via obd. Bukan cuma "perasaan"

:big_biglaugh:
rentang suhu rendah atau tinggi, klo konteksnya gasket mesin, yg namanya suhu lbh rendah, itu lbh baik mbah

kan pertanyaan nya menjelaskan, why mobil travel bisa panjang umur KM nya :big_grin:

di saya,
klo soal OBD, lbh mantau suhu transmisi CVT ketika nanjak naik turun bukit dan gunung, lbh mengkhawatirkan
wkwkwkwk
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 21, 2025 3:55, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:24
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:22
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20

Lu tau kan head gasket yg mana?
Image

ring piston dan liner aman kan mbah ?
Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
experience org lain & ngobrol sm teknisi bengkel, krn korban city traffic.

sy gak prnh jebol head gasket, tapi sy pernah kok turun mesin *y*nd*i (<100rb km), ganti ring dan piston upsize karena liner dibubut.
lbh parah kan :big_peace:

sy gak bilang semua mobil loh mbah.

klo sy kan maunya mencegah, pakai oli bagus dan fresh, OCI pendekin, ganti coolant tiap 2-3 thn sekali, cek suhu di obd, ya tujuannya mencegah aja.
namanya jg ikhtiar.

kecuali klo dompet tebal gak bisa lipat, nah lain cerita


santai aja... bahasa tulisan beda dgn verbal mouth, jd klo ada keganjilan, silahkan dikoreksi / ditanya kembali :big_biglaugh: :big_biglaugh:

silahkan back to topic oil review
Merk dan tipe yg nguapnya <10% di mobil 2kd mbah :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Tue Jan 21, 2025 1:10
DOHC wrote: Mon Jan 20, 2025 6:07
2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 2:33

Bedanya ya cuma 1: harus bayar harga 200rban per liter.

Walaupun di claim bs 15rb km, tp koq ragu ya. Mau coba di mobil sendiri pun ragu, kl mbl gw knp2 ntr yg disalahin mobilnya lagi :big_weee:
nguap ampe 2 liter jalan goceng mahh itu oli bahlul namanya, lebi bahlul lg kl seliter nya ud nyaris 200 rebu

mending skalian pake mesran super, mo nguap 3 liter jg top up nya ga sakit itu
Oli apa tu mbah?
q8 mbah

kiyuet

kiu et

kiu lapan

yg harganya mahal minta ampun itu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:38
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:24
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:22

Image

ring piston dan liner aman kan mbah ?
Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
experience org lain & ngobrol sm teknisi bengkel, krn korban city traffic.

sy gak prnh jebol head gasket, tapi sy pernah kok turun mesin *y*nd*i (<100rb km), ganti ring dan piston upsize karena liner dibubut.
lbh parah kan :big_peace:

sy gak bilang semua mobil loh mbah.

klo sy kan maunya mencegah, pakai oli bagus dan fresh, OCI pendekin, ganti coolant tiap 2-3 thn sekali, cek suhu di obd, ya tujuannya mencegah aja.
namanya jg ikhtiar.

kecuali klo dompet tebal gak bisa lipat, nah lain cerita


santai aja... bahasa tulisan beda dgn verbal mouth, jd klo ada keganjilan, silahkan dikoreksi / ditanya kembali :big_biglaugh: :big_biglaugh:

silahkan back to topic oil review
Merk dan tipe yg nguapnya <10% di mobil 2kd mbah :big_peace:
Om iseng nanya, misal udah turun mesin gitu prefer pakai seperti aslinya atau asbes untuk pakingnya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33

Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
city driving emg btul nyiksa

tp tetep, 200 rb km itu itunganya masi prematur, apalagi sekelas enjin 2KD

kl 200 rb km "wajar" utk head gasket jebol, persh taksi sedunia pada bangkrut mbah

kl enjin hyundai gen awal, ini emg defect, jaman itu jg enjin2 visto atos beberapa jebol prematur

tp kl ud sekelas 2KD seh, 200 rebu km itungan nya cuman geli2 doank

BTT ke oli,

kita orang seh percaya koq faktor oli bsa bikin rusak gasket atau sil, tu kejadian di 1TR rebon kita orang sendiri, odo baru 90 rebu tp sil klep ud rembes oli smua, gegara iseng coba2 pakein menul ester, gitu d stop, sembuh sendiri ampe skrg

coba lg di 1KR agya, jg sama, kl ini lebi parah, rembes oli di sil kruk as depan blakang, lagi2 gt d stop, lgs sembuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Tue Jan 21, 2025 7:02
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:38
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:24

Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
experience org lain & ngobrol sm teknisi bengkel, krn korban city traffic.

sy gak prnh jebol head gasket, tapi sy pernah kok turun mesin *y*nd*i (<100rb km), ganti ring dan piston upsize karena liner dibubut.
lbh parah kan :big_peace:

sy gak bilang semua mobil loh mbah.

klo sy kan maunya mencegah, pakai oli bagus dan fresh, OCI pendekin, ganti coolant tiap 2-3 thn sekali, cek suhu di obd, ya tujuannya mencegah aja.
namanya jg ikhtiar.

kecuali klo dompet tebal gak bisa lipat, nah lain cerita


santai aja... bahasa tulisan beda dgn verbal mouth, jd klo ada keganjilan, silahkan dikoreksi / ditanya kembali :big_biglaugh: :big_biglaugh:

silahkan back to topic oil review
Merk dan tipe yg nguapnya <10% di mobil 2kd mbah :big_peace:
Om iseng nanya, misal udah turun mesin gitu prefer pakai seperti aslinya atau asbes untuk pakingnya?
Ori mbah, dan waktu tu beli di atrium senen
genuine parts
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Tue Jan 21, 2025 7:11
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38

Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.

Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.

Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.

Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.

200rb km udh bagus itu loh mbah.

Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
city driving emg btul nyiksa

tp tetep, 200 rb km itu itunganya masi prematur, apalagi sekelas enjin 2KD

kl 200 rb km "wajar" utk head gasket jebol, persh taksi sedunia pada bangkrut mbah

kl enjin hyundai gen awal, ini emg defect, jaman itu jg enjin2 visto atos beberapa jebol prematur

tp kl ud sekelas 2KD seh, 200 rebu km itungan nya cuman geli2 doank

BTT ke oli,

kita orang seh percaya koq faktor oli bsa bikin rusak gasket atau sil, tu kejadian di 1TR rebon kita orang sendiri, odo baru 90 rebu tp sil klep ud rembes oli smua, gegara iseng coba2 pakein menul ester, gitu d stop, sembuh sendiri ampe skrg

coba lg di 1KR agya, jg sama, kl ini lebi parah, rembes oli di sil kruk as depan blakang, lagi2 gt d stop, lgs sembuh
wkwkwwk udh sy sensor, disebut jg mereknya :upss:

aditif tsb bilangnya memperpanjang umur sil, tapi tnyt hanya klaim dan snake-oil semata

odo taksi blubird yg dilelang itu rata2 brp km ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33

Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:


1. wajar dan nggak wajar ada "syarat & ketentuan" pak.
1a. wajar head gasket jebol kalo pernah kemasukan air keran/sejenisnya. atau pressure di ruang bakar melonjak drastis.
1b. nggak wajar kalo kondisi mesin msh bone stock dan coolant selalu terjaga.

2. serendah²nya ect/suhu pendingin mesin, ada di 85°c untuk mesin bensin. setinggi²nya 98°-100°c (rekor yg saya tau 105°-110°c untuk ford fiesta).
nggak mungkin lebih rendah atau lebih tinggi dr itu krn ada thermostat, kecuali sudah dilepas atau ada faktor lain.

3. kalo dibilang lewat tol sirkulasi udara membaik, betul sekali.
tapi walopun itu mesin diidupin 24 jam nonstop dalem garasi ketutup, ect ya terjaga di kisaran suhu kerja krn ada kipas pendingin.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

severmaya wrote: Tue Jan 21, 2025 7:02

Om iseng nanya, misal udah turun mesin gitu prefer pakai seperti aslinya atau asbes untuk pakingnya?


nubi numpang jawap, mungkin yg dimaksud graphite?

setau saya mobil jaman skr head gasketnya sudah steel pak. ada yg single layer spt mesin k3ve & 3sz, ada jg yg multi layer.

mau diganti graphite buat apa? kalo mesin standar ya pake gasket aslinya saja, kecuali pressure ruang bakar mau dinaikin drastis, wajip ganti bahan gasket dgn yg lebih kuat.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Jan 21, 2025 7:35
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33

Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:


1. wajar dan nggak wajar ada "syarat & ketentuan" pak.
1a. wajar head gasket jebol kalo pernah kemasukan air keran/sejenisnya. atau pressure di ruang bakar melonjak drastis.
1b. nggak wajar kalo kondisi mesin msh bone stock dan coolant selalu terjaga.

2. serendah²nya ect/suhu pendingin mesin, ada di 85°c untuk mesin bensin. setinggi²nya 98°-100°c (rekor yg saya tau 105°-110°c untuk ford fiesta).
nggak mungkin lebih rendah atau lebih tinggi dr itu krn ada thermostat, kecuali sudah dilepas atau ada faktor lain.

3. kalo dibilang lewat tol sirkulasi udara membaik, betul sekali.
tapi walopun itu mesin diidupin 24 jam nonstop dalem garasi ketutup, ect ya terjaga di kisaran suhu kerja krn ada kipas pendingin.
truly suhu dan mencerahkan :big_deal:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Lukayst
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
Location: Sumatra selatan
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Lukayst »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06
scorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33

Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.

saya kira sampai ganti ring piston dan upsize :upss:

Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.

Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime :mky_03:
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.

Atau om surya aliran bypass thermostat?

Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Gini aja

Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam

Lebih capek mana?

Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi :big_grin:

Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Singkat padat jelas Suhu
Suwun 🙏🙏
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Lukayst wrote: Tue Jan 21, 2025 8:40
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06
scorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50

Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.

Atau om surya aliran bypass thermostat?

Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Gini aja

Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam

Lebih capek mana?

Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi :big_grin:

Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Singkat padat jelas Suhu
Suwun 🙏🙏
mbah marmut tuh suhu, sampai buka car workshop dan juragan hentul :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Trump-vows-to-quit-Paris-climate-pact-and-drill-baby-drill--01-21-2025_05_47_PM.png
https://www.bbc.com/news/articles/c20px1e05w0o

American Muscle Car will be Back :big_grin:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri