Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
2kdpelan wrote: Sun Jan 19, 2025 12:26
Oli diesel, 100% biosol, tanpa aditif apapun. Nyetir jg sesuka kaki injek gas nya.
Yang paling penting, oli ini tidak nguap berlebihan.
Ada beberapa kasus di beberapa mobil berbeda, brand oli tertentu nguap melebihi batas normal (yg mau tau brand nya apa PM aja)
dah drpd pusing mending pake TMO aja
fill and forget
tapi perna siy dulu vrz dikasih motul sama beres, lupa jenis yg apa
kl mobil mo dipake lebi dari 5 taon, mending TMO jgn di push lebi dari goceng km deh
kapan ari perna post motuba kita orang yg jd korban keganasan TMO gegara owner seblomnya aliran menyembah servis berkala beres
untung aj blom sludge (mungkin jg karena odo masi 70an rebu)
herih09 wrote: Sat Jan 18, 2025 8:59
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
seberapa long yg anda maksud?
q8 dan amsoil saya pribadi nggak pernah pake.
berapa kali saya pake stp 0w20 dan sempat tes UOA dipakai hampir 8000 KM, hasilnya ada di halaman belakang, cari saja.
imo, penggunaan oli mesin nggak bisa pukul rata sekian ribu KM atau sekian bulan. semua balik lg ke gaya nyetir dan rute yg dilewati.
kalo anda penasaran, pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat.
berarti intinya, meskipun dengan mesin dan oli yang sama, akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda juga ya karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal itu.
Thank you pencerahannya om. Otewe coba beberapa jenis oli nih habis ini..
Contoh:
Oli mesin sama , BBM dan Jenis mesin beda.
Ertiga punya om Wicaksono (user SM, kalo mau liat postnya pake fitur search aja)
Screenshot_20250120_131011.jpg
Xtrail saya
IMG_20250120_131113.jpg
Kalo di pukul rata xtrail bbm pertamax dipakein 19500km karena ngeliat hasil Q8 D1 FE 0w20 ada yang bisa segitu ya tewas.
Jadi kalo mau yakin bisa atau gak, paling bener kyk Mbah Marmut bilang di coba , di tes buat tau intervalnya udah sesuai atau belum.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2kdpelan wrote: Sun Jan 19, 2025 12:26
Oli diesel, 100% biosol, tanpa aditif apapun. Nyetir jg sesuka kaki injek gas nya.
Yang paling penting, oli ini tidak nguap berlebihan.
Ada beberapa kasus di beberapa mobil berbeda, brand oli tertentu nguap melebihi batas normal (yg mau tau brand nya apa PM aja)
dah drpd pusing mending pake TMO aja
fill and forget
tapi perna siy dulu vrz dikasih motul sama beres, lupa jenis yg apa
kl mobil mo dipake lebi dari 5 taon, mending TMO jgn di push lebi dari goceng km deh
kapan ari perna post motuba kita orang yg jd korban keganasan TMO gegara owner seblomnya aliran menyembah servis berkala beres
untung aj blom sludge (mungkin jg karena odo masi 70an rebu)
Tmo 5w30 bagus
Prnh liat test lab dr mbah turbo di ipah remap, 8rb km merem
Tp asli yaa beli di beres
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tapi perna siy dulu vrz dikasih motul sama beres, lupa jenis yg apa
kl mobil mo dipake lebi dari 5 taon, mending TMO jgn di push lebi dari goceng km deh
kapan ari perna post motuba kita orang yg jd korban keganasan TMO gegara owner seblomnya aliran menyembah servis berkala beres
untung aj blom sludge (mungkin jg karena odo masi 70an rebu)
Tmo 5w30 bagus
Prnh liat test lab dr mbah turbo di ipah remap, 8rb km merem
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 6:10
Sy coba oli Honda Genuine Blue 5w30 di Brio
Udh paket wajib buat garansi dan free.
(Klo suruh bayar ogah, 125rb seliter)
Rute sering nya tol, OCI 8rb km dalam 4 bulan, udh nguap >10%
Ya udh deh, terpaksa interval pendekin jd 5rb km aja dalam 2-3 bln. Paket wajib dan bersabar gratis sampai 4x ganti.
Sayang oil filternya (lihat dibedah) bisa long drain padahal.
Meanwhile lg coba juga Adnoc SilverPlus Dexos1 G2 5w30 di xpander
Let see.
So far oli bensin terbaik (harga <200rb seliter)
yg prnh sy test lab dan coba di mesin 1500cc honda:
- Q8 0w20, OCI di 10rb km
- Motul 913D 5w30, OCI di 8500km (best value ini buat mesin bensin non turbo)
Baik dr sisi wear, penguapan, dan kehalusan mesin sampai ganti lagi di akhir interval.
DOHC wrote: Mon Jan 20, 2025 6:11
kl mobil mo dipake lebi dari 5 taon, mending TMO jgn di push lebi dari goceng km deh
kapan ari perna post motuba kita orang yg jd korban keganasan TMO gegara owner seblomnya aliran menyembah servis berkala beres
untung aj blom sludge (mungkin jg karena odo masi 70an rebu)
ciyus mbah? yang 0W-20 juga sama? kan biasanya beres dikasih 10W-40, dengernya aja ud eneg, cenggo 100hp dikasih oli kentel kyk truk disel
DOHC wrote: Mon Jan 20, 2025 6:11
kl mobil mo dipake lebi dari 5 taon, mending TMO jgn di push lebi dari goceng km deh
kapan ari perna post motuba kita orang yg jd korban keganasan TMO gegara owner seblomnya aliran menyembah servis berkala beres
untung aj blom sludge (mungkin jg karena odo masi 70an rebu)
ciyus mbah? yang 0W-20 juga sama?
ngeri
trus tips n triknya gimana mbah
Izin nimbrung ya, pake aja mobilnya.. kl rusak ya benerin.
Even with proper maintenance, bukan berarti ga bs jebol koq.
Mbl gw sblmnya dirawat dengan sungguh2 (oli m1 / ams / ptt). Bnyk preventive maintenance jg yg dilakukan sebelum waktunya.
Jebol2 juga di km 227rb (2kd). Padahal org blg mesinnya kuat badak blablabla. Jd ya nikmatin aja, kl rusak / jebol ya benerin, jgn dibawa stress
Sore semuanya, mohon maaf sebelumnya.
Newbie ijin bertanya mengenai oli mobil yg baik untuk honda dg3 ,ru1 dan dd1. Sekarang sih pake epro turbo honda. Mungkin ada rekom lain dari para suhu disini yg lebih baik saya biasa pakai 0W-20. Dulu pernah coba pake epro gold tapi kalau sudah 3.000 km suka gaenak tarikannya sekarang yang turbo 5.000 msh joss. Disini saya masih suka dengar bahwa oli oem pabrikan kurang baik soalnya. Terima kasih dan mohon maaf apabila ada kata yang salah.
kl mobil mo dipake lebi dari 5 taon, mending TMO jgn di push lebi dari goceng km deh
kapan ari perna post motuba kita orang yg jd korban keganasan TMO gegara owner seblomnya aliran menyembah servis berkala beres
untung aj blom sludge (mungkin jg karena odo masi 70an rebu)
Tmo 5w30 bagus
Prnh liat test lab dr mbah turbo di ipah remap, 8rb km merem
Tp asli yaa beli di beres
TMO 5-30 mah skalian psen PFG 5-30 ama sadikun
asal si sadikun jgn ikut2an jualan oli aspal aj
iya bener mbah
PFG 5w30 approval lengkap sampai ke mobil porsche
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
q8 dan amsoil saya pribadi nggak pernah pake.
berapa kali saya pake stp 0w20 dan sempat tes UOA dipakai hampir 8000 KM, hasilnya ada di halaman belakang, cari saja.
imo, penggunaan oli mesin nggak bisa pukul rata sekian ribu KM atau sekian bulan. semua balik lg ke gaya nyetir dan rute yg dilewati.
kalo anda penasaran, pakai saja oli yg di mau lalu test lab. setelah keluar hasilnya, nanti bisa ketauan apakah interval penggantian olinya sudah tepat waktu, atau kecepetan, atau terlambat.
berarti intinya, meskipun dengan mesin dan oli yang sama, akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda juga ya karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal itu.
Thank you pencerahannya om. Otewe coba beberapa jenis oli nih habis ini..
Contoh:
Oli mesin sama , BBM dan Jenis mesin beda.
Ertiga punya om Wicaksono (user SM, kalo mau liat postnya pake fitur search aja)
Screenshot_20250120_131011.jpg
Xtrail saya IMG_20250120_131113.jpg
Kalo di pukul rata xtrail bbm pertamax dipakein 19500km karena ngeliat hasil Q8 D1 FE 0w20 ada yang bisa segitu ya tewas.
Jadi kalo mau yakin bisa atau gak, paling bener kyk Mbah Marmut bilang di coba , di tes buat tau intervalnya udah sesuai atau belum.
Ini hasil fisik kemarin pas odometer sekitar 168rban mau ganti gasket cover head karna udah rembes dikit. Oli Q8 0w-20 saat itu sudah running 17rb km pakai bahan bakar metana tanpa sludge sama sekali. Mesin belum pernah pakai engine flush. Interval long drain sudah dijalankan 3x (15rban, 19rban, 17rban)
IMG_20241221_104508.jpg
IMG_20241221_104828.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 6:10
Sy coba oli Honda Genuine Blue 5w30 di Brio
Udh paket wajib buat garansi dan free.
(Klo suruh bayar ogah, 125rb seliter)
Rute sering nya tol, OCI 8rb km dalam 4 bulan, udh nguap >10%
Ya udh deh, terpaksa interval pendekin jd 5rb km aja dalam 2-3 bln. Paket wajib dan bersabar gratis sampai 4x ganti.
Sayang oil filternya (lihat dibedah) bisa long drain padahal.
Meanwhile lg coba juga Adnoc SilverPlus Dexos1 G2 5w30 di xpander
Let see.
So far oli bensin terbaik (harga <200rb seliter)
yg prnh sy test lab dan coba di mesin 1500cc honda:
- Q8 0w20, OCI di 10rb km
- Motul 913D 5w30, OCI di 8500km (best value ini buat mesin bensin non turbo)
Baik dr sisi wear, penguapan, dan kehalusan mesin sampai ganti lagi di akhir interval.
Beda mesin, beda hasil, jd experimen sendiri aja.
Ud berapa ratus ribu km brio nya?
baru ribuan kilometer
wkwkwkwk
kata teknisi, emg Honda Blue ini buat 5-6rb km
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maaf menyela om marmut..
klo liat thread2 sebelumnya yg aman untuk longdrain ini sejenis Q8, amsoil, dan oli keraton lain kan ya?
saya mau tanya, kalo menurut om marmut, apakah lebih baik Q8 (drain di 10.000KM) atau sejenis Fastron Gold (drain di 5.000~7.000KM) jika dibandingkan dari segi harga, performa, dan keamanan untuk mesin (jangka panjang)?
Mohon pencerahannya.
Saya sudah pake Q8 (RN 5w30), ganti 11.000 KMan kmaren. Sudh krasa bert mesinnya kalo di atas 10KM. Dan selanjutnya, tetep pake Q8 lagi. #bukanNgajak
Jatuhnya kalo sisi harga ga jauh beda, selisih hemat sedikit. Saya cuman concern aja ga mw sering2 ke bengkel buat ganti oli....
Coba D1 5w30 om, pengen tau gimana impressinya. Secara kualitas agak mirip(mungkin d1 lebih tinggi dikit kastanya), tapi hthsnya lebih rendah jadi lebih fuel saving
Saya sebelumnya pake ini. Tp kyknya lebih bagus yg special RN Om, suara mesinya lebih halus RN apa karena lebih kental, ya udah pake RN terus2...
IMG_20250120_184231.jpg
Ato saya belinya bukan ori ya olinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Saya sudah pake Q8 (RN 5w30), ganti 11.000 KMan kmaren. Sudh krasa bert mesinnya kalo di atas 10KM. Dan selanjutnya, tetep pake Q8 lagi. #bukanNgajak
Jatuhnya kalo sisi harga ga jauh beda, selisih hemat sedikit. Saya cuman concern aja ga mw sering2 ke bengkel buat ganti oli....
Coba D1 5w30 om, pengen tau gimana impressinya. Secara kualitas agak mirip(mungkin d1 lebih tinggi dikit kastanya), tapi hthsnya lebih rendah jadi lebih fuel saving
Saya sebelumnya pake ini. Tp kyknya lebih bagus yg special RN Om, suara mesinya lebih halus RN apa karena lebih kental, ya udah pake RN terus2...
IMG_20250120_184231.jpg
Ato saya belinya bukan ori ya olinya
Iya rn suara lebih alus karena lebih kental. Hthsnya > 3.5
Kalo D1 5w30 hthsnya antara 2.9 - 3.5.
Saya sudah pake Q8 (RN 5w30), ganti 11.000 KMan kmaren. Sudh krasa bert mesinnya kalo di atas 10KM. Dan selanjutnya, tetep pake Q8 lagi. #bukanNgajak
Jatuhnya kalo sisi harga ga jauh beda, selisih hemat sedikit. Saya cuman concern aja ga mw sering2 ke bengkel buat ganti oli....
Coba D1 5w30 om, pengen tau gimana impressinya. Secara kualitas agak mirip(mungkin d1 lebih tinggi dikit kastanya), tapi hthsnya lebih rendah jadi lebih fuel saving
Saya sebelumnya pake ini. Tp kyknya lebih bagus yg special RN Om, suara mesinya lebih halus RN apa karena lebih kental, ya udah pake RN terus2...
IMG_20250120_184231.jpg
Ato saya belinya bukan ori ya olinya
Klo penguapan nya gmn mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sahabatq8 wrote: Sat Jan 18, 2025 17:04
Coba D1 5w30 om, pengen tau gimana impressinya. Secara kualitas agak mirip(mungkin d1 lebih tinggi dikit kastanya), tapi hthsnya lebih rendah jadi lebih fuel saving
Saya sebelumnya pake ini. Tp kyknya lebih bagus yg special RN Om, suara mesinya lebih halus RN apa karena lebih kental, ya udah pake RN terus2...
IMG_20250120_184231.jpg
Ato saya belinya bukan ori ya olinya
Iya rn suara lebih alus karena lebih kental. Hthsnya > 3.5
Kalo D1 5w30 hthsnya antara 2.9 - 3.5.
D2DW wrote: Sat Sep 28, 2024 4:04
Permisi om, izin mau tanya..
Unit Kia All New Picanto 2014,
Rekomendasi di manual book API SL SM Ilsac GF3 GF4, kalo misal saya tuang spek Api SN
/CF ACEA A5/B5 C2 apakah aman om?
Tadinya mau beli Total 9000 5w-30, tapi liat PTT Performa Synthetic repack jadi galau tapi takut salah juga wkwkwk atau ada rekomendasi lain?
Oiya satu lagi om, klaimnya bisa 10.000km atau 1 tahun, kalo mobil jalan 1tahun palingan cuma 5.000km apakah aman drain di 1 tahun?
Terima kasih
5.000km setahun ini dicapai dgn cara seperti apa, om? Short trip harian, atau long trip hanya di weekend? Karena bisa berbeda perlakuan penggantian olinya jika jarak dan kondisi pengendaraannya berbeda.
Maaf om baru bales, soalnya bukanya di browser..
Short trip sekali jalan paling 10km, pemakaian paling seminggu 3-4x aja
D2DW wrote: Sat Sep 28, 2024 4:04
Permisi om, izin mau tanya..
Unit Kia All New Picanto 2014,
Rekomendasi di manual book API SL SM Ilsac GF3 GF4, kalo misal saya tuang spek Api SN
/CF ACEA A5/B5 C2 apakah aman om?
Tadinya mau beli Total 9000 5w-30, tapi liat PTT Performa Synthetic repack jadi galau tapi takut salah juga wkwkwk atau ada rekomendasi lain?
Oiya satu lagi om, klaimnya bisa 10.000km atau 1 tahun, kalo mobil jalan 1tahun palingan cuma 5.000km apakah aman drain di 1 tahun?
Terima kasih
5.000km setahun ini dicapai dgn cara seperti apa, om? Short trip harian, atau long trip hanya di weekend? Karena bisa berbeda perlakuan penggantian olinya jika jarak dan kondisi pengendaraannya berbeda.
Maaf om baru bales, soalnya bukanya di browser..
Short trip sekali jalan paling 10km, pemakaian paling seminggu 3-4x aja
Klo mau best value... Pk fastron gold 5w30
Atau Motul Specific 913D 5w30
Sambil cek penguapan yaa.
Dan pastikan cooling system dan coolant berfungsi optimal.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
berarti intinya, meskipun dengan mesin dan oli yang sama, akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda juga ya karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal itu.
Thank you pencerahannya om. Otewe coba beberapa jenis oli nih habis ini..
Contoh:
Oli mesin sama , BBM dan Jenis mesin beda.
Ertiga punya om Wicaksono (user SM, kalo mau liat postnya pake fitur search aja)
Screenshot_20250120_131011.jpg
Xtrail saya IMG_20250120_131113.jpg
Kalo di pukul rata xtrail bbm pertamax dipakein 19500km karena ngeliat hasil Q8 D1 FE 0w20 ada yang bisa segitu ya tewas.
Jadi kalo mau yakin bisa atau gak, paling bener kyk Mbah Marmut bilang di coba , di tes buat tau intervalnya udah sesuai atau belum.
Ini hasil fisik kemarin pas odometer sekitar 168rban mau ganti gasket cover head karna udah rembes dikit. Oli Q8 0w-20 saat itu sudah running 17rb km pakai bahan bakar metana tanpa sludge sama sekali. Mesin belum pernah pakai engine flush. Interval long drain sudah dijalankan 3x (15rban, 19rban, 17rban)
IMG_20241221_104508.jpg
IMG_20241221_104828.jpg
Bersih
Jebol gasket mah wajar, namanya jg kena panas mesin terus2an.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 9:22
Izin nimbrung ya, pake aja mobilnya.. kl rusak ya benerin.
Even with proper maintenance, bukan berarti ga bs jebol koq.
Mbl gw sblmnya dirawat dengan sungguh2 (oli m1 / ams / ptt). Bnyk preventive maintenance jg yg dilakukan sebelum waktunya.
Jebol2 juga di km 227rb (2kd). Padahal org blg mesinnya kuat badak blablabla. Jd ya nikmatin aja, kl rusak / jebol ya benerin, jgn dibawa stress
ner uga mbah
selama warranty period gaspol aja dah
yg penting serpis wajip beres, biar claimnya ga berkelit
227rb yang tewas apa mbah?
travel gitu banyak GD KD odo udah mau ke bulan sampe skrg banyak masih gelinding, rawat jg yang simple" aja kayakna
Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal..
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri