Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal..darrelund wrote: Mon Jan 20, 2025 9:25
ner uga mbah
selama warranty period gaspol aja dah![]()
yg penting serpis wajip beres, biar claimnya ga berkelit![]()
227rb yang tewas apa mbah?
travel gitu banyak GD KD odo udah mau ke bulan sampe skrg banyak masih gelinding, rawat jg yang simple" aja kayakna![]()
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal..darrelund wrote: Mon Jan 20, 2025 9:25
ner uga mbah
selama warranty period gaspol aja dah![]()
yg penting serpis wajip beres, biar claimnya ga berkelit![]()
227rb yang tewas apa mbah?
travel gitu banyak GD KD odo udah mau ke bulan sampe skrg banyak masih gelinding, rawat jg yang simple" aja kayakna![]()
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.
Atau om surya aliran bypass thermostat?
Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
- Location: Padang
- Daily Vehicle: Honda Brio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Ini mirip dgn kondisi pemakaian saya dulu. Kalo begini, mending pakai oli biasa aja, pastikan asli, dan ganti maksimal 6 bln sekali. Saya aja udah tobat pake oli2 premium, dgn harapan bisa diganti setaun sekali. 5 taun ini, saya udah pakai oli lokal, dan ganti setaun 3x saking ekonomisnya ini oli hehehe..D2DW wrote: Mon Jan 20, 2025 15:21 Maaf om baru bales, soalnya bukanya di browser..
Short trip sekali jalan paling 10km, pemakaian paling seminggu 3-4x aja
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Gini ajascorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59
Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal..![]()
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.
Atau om surya aliran bypass thermostat?
Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam
Lebih capek mana?
Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi

Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
City traffic itu menyiksa mbah.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 10:59
Head gasket keropos, jd top OH deh mobilnya.. kd travel odo 1jt km pada gpp padahal..![]()
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Lu tau kan head gasket yg mana?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17City traffic itu menyiksa mbah.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20Lu tau kan head gasket yg mana?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17City traffic itu menyiksa mbah.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.

ring piston dan liner aman kan mbah ?
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 21, 2025 3:22, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Jun 27, 2016 4:00
- Daily Vehicle: Pesot solar
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
jangan jangan dia gabisa bedain valve cover gasket sama headgasket2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20Lu tau kan head gasket yg mana?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17City traffic itu menyiksa mbah.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 727
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
?????????????????????????????????????????????????????Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17 Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Cylinder head gasket loh konteksnya. Bukan Valve cover gasket yang di head.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:222kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:20Lu tau kan head gasket yg mana?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17
City traffic itu menyiksa mbah.
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
ring piston dan liner aman kan mbah ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Otot sama mekanis ya jgn disamain om.Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06Gini ajascorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.
Atau om surya aliran bypass thermostat?
Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam
Lebih capek mana?
Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi
Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Memang ga niat diskusi kok. Cuma klo missleading ya kasian yg baca. Ini forum rame skrg, jadi acuan orang di komunitas otomotif fb jg
Jgn2 besok suru bandingin otot kuda sama otot manusia lari 10km lebih cape mana. Toh data yg tadi disampaikan kan keliatan di sensor via obd. Bukan cuma "perasaan"

vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
saturday wrote: Tue Jan 21, 2025 3:23?????????????????????????????????????????????????????Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17 Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
Cylinder head gasket loh konteksnya. Bukan Valve cover gasket yang di head.
iya.. intinya faktor kondisi lalu lintas (juga) mempengaruhi umur seal, gasket, dkk nya mbah
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 21, 2025 3:45, edited 3 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
rentang suhu rendah atau tinggi, klo konteksnya gasket mesin, yg namanya suhu lbh rendah, itu lbh baik mbahscorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 3:31Otot sama mekanis ya jgn disamain om.Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06Gini ajascorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.
Atau om surya aliran bypass thermostat?
Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam
Lebih capek mana?
Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi
Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Memang ga niat diskusi kok. Cuma klo missleading ya kasian yg baca. Ini forum rame skrg, jadi acuan orang di komunitas otomotif fb jg
Jgn2 besok suru bandingin otot kuda sama otot manusia lari 10km lebih cape mana. Toh data yg tadi disampaikan kan keliatan di sensor via obd. Bukan cuma "perasaan"
![]()
kan pertanyaan nya menjelaskan, why mobil travel bisa panjang umur KM nya

di saya,
klo soal OBD, lbh mantau suhu transmisi CVT ketika nanjak naik turun bukit dan gunung, lbh mengkhawatirkan
wkwkwkwk
Last edited by Suryaputra on Tue Jan 21, 2025 3:55, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
experience org lain & ngobrol sm teknisi bengkel, krn korban city traffic.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:24Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
sy gak prnh jebol head gasket, tapi sy pernah kok turun mesin *y*nd*i (<100rb km), ganti ring dan piston upsize karena liner dibubut.
lbh parah kan

sy gak bilang semua mobil loh mbah.
klo sy kan maunya mencegah, pakai oli bagus dan fresh, OCI pendekin, ganti coolant tiap 2-3 thn sekali, cek suhu di obd, ya tujuannya mencegah aja.
namanya jg ikhtiar.
kecuali klo dompet tebal gak bisa lipat, nah lain cerita
santai aja... bahasa tulisan beda dgn verbal mouth, jd klo ada keganjilan, silahkan dikoreksi / ditanya kembali


silahkan back to topic oil review
Merk dan tipe yg nguapnya <10% di mobil 2kd mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
q8 mbahyanuarra wrote: Tue Jan 21, 2025 1:10Oli apa tu mbah?DOHC wrote: Mon Jan 20, 2025 6:07nguap ampe 2 liter jalan goceng mahh itu oli bahlul namanya, lebi bahlul lg kl seliter nya ud nyaris 200 rebu2kdpelan wrote: Mon Jan 20, 2025 2:33
Bedanya ya cuma 1: harus bayar harga 200rban per liter.
Walaupun di claim bs 15rb km, tp koq ragu ya. Mau coba di mobil sendiri pun ragu, kl mbl gw knp2 ntr yg disalahin mobilnya lagi![]()
mending skalian pake mesran super, mo nguap 3 liter jg top up nya ga sakit itu
kiyuet
kiu et
kiu lapan
yg harganya mahal minta ampun itu
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Om iseng nanya, misal udah turun mesin gitu prefer pakai seperti aslinya atau asbes untuk pakingnya?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:38experience org lain & ngobrol sm teknisi bengkel, krn korban city traffic.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:24Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
sy gak prnh jebol head gasket, tapi sy pernah kok turun mesin *y*nd*i (<100rb km), ganti ring dan piston upsize karena liner dibubut.
lbh parah kan![]()
sy gak bilang semua mobil loh mbah.
klo sy kan maunya mencegah, pakai oli bagus dan fresh, OCI pendekin, ganti coolant tiap 2-3 thn sekali, cek suhu di obd, ya tujuannya mencegah aja.
namanya jg ikhtiar.
kecuali klo dompet tebal gak bisa lipat, nah lain cerita
santai aja... bahasa tulisan beda dgn verbal mouth, jd klo ada keganjilan, silahkan dikoreksi / ditanya kembali![]()
silahkan back to topic oil review
Merk dan tipe yg nguapnya <10% di mobil 2kd mbah![]()
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
city driving emg btul nyiksaSuryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17City traffic itu menyiksa mbah.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
tp tetep, 200 rb km itu itunganya masi prematur, apalagi sekelas enjin 2KD
kl 200 rb km "wajar" utk head gasket jebol, persh taksi sedunia pada bangkrut mbah
kl enjin hyundai gen awal, ini emg defect, jaman itu jg enjin2 visto atos beberapa jebol prematur
tp kl ud sekelas 2KD seh, 200 rebu km itungan nya cuman geli2 doank
BTT ke oli,
kita orang seh percaya koq faktor oli bsa bikin rusak gasket atau sil, tu kejadian di 1TR rebon kita orang sendiri, odo baru 90 rebu tp sil klep ud rembes oli smua, gegara iseng coba2 pakein menul ester, gitu d stop, sembuh sendiri ampe skrg
coba lg di 1KR agya, jg sama, kl ini lebi parah, rembes oli di sil kruk as depan blakang, lagi2 gt d stop, lgs sembuh
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Ori mbah, dan waktu tu beli di atrium senensevermaya wrote: Tue Jan 21, 2025 7:02Om iseng nanya, misal udah turun mesin gitu prefer pakai seperti aslinya atau asbes untuk pakingnya?Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:38experience org lain & ngobrol sm teknisi bengkel, krn korban city traffic.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 3:24
Mbl mana yg head gasket nya 100rb km rusak / jebol? Ini ur talking based on bullcrap / experience?
sy gak prnh jebol head gasket, tapi sy pernah kok turun mesin *y*nd*i (<100rb km), ganti ring dan piston upsize karena liner dibubut.
lbh parah kan![]()
sy gak bilang semua mobil loh mbah.
klo sy kan maunya mencegah, pakai oli bagus dan fresh, OCI pendekin, ganti coolant tiap 2-3 thn sekali, cek suhu di obd, ya tujuannya mencegah aja.
namanya jg ikhtiar.
kecuali klo dompet tebal gak bisa lipat, nah lain cerita
santai aja... bahasa tulisan beda dgn verbal mouth, jd klo ada keganjilan, silahkan dikoreksi / ditanya kembali![]()
silahkan back to topic oil review
Merk dan tipe yg nguapnya <10% di mobil 2kd mbah![]()
genuine parts
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
wkwkwwk udh sy sensor, disebut jg mereknyaDOHC wrote: Tue Jan 21, 2025 7:11city driving emg btul nyiksaSuryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:17City traffic itu menyiksa mbah.2kdpelan wrote: Tue Jan 21, 2025 1:38
Mobil hedon di perkotaan mobil siapa maksudnya? Jd gasket jebol = wajarnya di km brp? Yg bikin gasket jebol= penyebabnya apa?
Apalagi klo bnyk macet, panasnya gak optimal lepas nya.
Klo masalah KM gasket jebol, gakda yg bisa prediksi.
Tp yg pasti kondisi lalin jg mempengaruhi.
Klo model mobil travel gtu, bnyk di tol mbah.
Cek suhu obd jg jauh lbh rendah di tol, dibanding yg kena macet, jd itu faktor yg bikin awet yah.
200rb km udh bagus itu loh mbah.
Mobil yg dipakai sub-urban gtu biasa 100rb km lebih, udah mulai rembes jg ada gasketnya.
tp tetep, 200 rb km itu itunganya masi prematur, apalagi sekelas enjin 2KD
kl 200 rb km "wajar" utk head gasket jebol, persh taksi sedunia pada bangkrut mbah
kl enjin hyundai gen awal, ini emg defect, jaman itu jg enjin2 visto atos beberapa jebol prematur
tp kl ud sekelas 2KD seh, 200 rebu km itungan nya cuman geli2 doank
BTT ke oli,
kita orang seh percaya koq faktor oli bsa bikin rusak gasket atau sil, tu kejadian di 1TR rebon kita orang sendiri, odo baru 90 rebu tp sil klep ud rembes oli smua, gegara iseng coba2 pakein menul ester, gitu d stop, sembuh sendiri ampe skrg
coba lg di 1KR agya, jg sama, kl ini lebi parah, rembes oli di sil kruk as depan blakang, lagi2 gt d stop, lgs sembuh

aditif tsb bilangnya memperpanjang umur sil, tapi tnyt hanya klaim dan snake-oil semata
odo taksi blubird yg dilelang itu rata2 brp km ?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
1. wajar dan nggak wajar ada "syarat & ketentuan" pak.
1a. wajar head gasket jebol kalo pernah kemasukan air keran/sejenisnya. atau pressure di ruang bakar melonjak drastis.
1b. nggak wajar kalo kondisi mesin msh bone stock dan coolant selalu terjaga.
2. serendah²nya ect/suhu pendingin mesin, ada di 85°c untuk mesin bensin. setinggi²nya 98°-100°c (rekor yg saya tau 105°-110°c untuk ford fiesta).
nggak mungkin lebih rendah atau lebih tinggi dr itu krn ada thermostat, kecuali sudah dilepas atau ada faktor lain.
3. kalo dibilang lewat tol sirkulasi udara membaik, betul sekali.
tapi walopun itu mesin diidupin 24 jam nonstop dalem garasi ketutup, ect ya terjaga di kisaran suhu kerja krn ada kipas pendingin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
severmaya wrote: Tue Jan 21, 2025 7:02
Om iseng nanya, misal udah turun mesin gitu prefer pakai seperti aslinya atau asbes untuk pakingnya?
nubi numpang jawap, mungkin yg dimaksud graphite?
setau saya mobil jaman skr head gasketnya sudah steel pak. ada yg single layer spt mesin k3ve & 3sz, ada jg yg multi layer.
mau diganti graphite buat apa? kalo mesin standar ya pake gasket aslinya saja, kecuali pressure ruang bakar mau dinaikin drastis, wajip ganti bahan gasket dgn yg lebih kuat.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
truly suhu dan mencerahkanmarmut wrote: Tue Jan 21, 2025 7:35Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
1. wajar dan nggak wajar ada "syarat & ketentuan" pak.
1a. wajar head gasket jebol kalo pernah kemasukan air keran/sejenisnya. atau pressure di ruang bakar melonjak drastis.
1b. nggak wajar kalo kondisi mesin msh bone stock dan coolant selalu terjaga.
2. serendah²nya ect/suhu pendingin mesin, ada di 85°c untuk mesin bensin. setinggi²nya 98°-100°c (rekor yg saya tau 105°-110°c untuk ford fiesta).
nggak mungkin lebih rendah atau lebih tinggi dr itu krn ada thermostat, kecuali sudah dilepas atau ada faktor lain.
3. kalo dibilang lewat tol sirkulasi udara membaik, betul sekali.
tapi walopun itu mesin diidupin 24 jam nonstop dalem garasi ketutup, ect ya terjaga di kisaran suhu kerja krn ada kipas pendingin.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
- Location: Sumatra selatan
- Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Singkat padat jelas SuhuSuryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06Gini ajascorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 23:33
Wajar mbah gasket jebol, apalagi mobil hedon di perkotaan.
saya kira sampai ganti ring piston dan upsize![]()
Klo travel sering ngetoll, driving style untuk kenyamanan penumpang, panas mesin jg jauh lbh rendah, sirkulasi panas mesin kebuang krn ngetoll, dibanding mobil yg banyak di perkotaan.
Krn prinsip oli itu minimize wear, bukan membuat gasket jd lifetime![]()
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.
Atau om surya aliran bypass thermostat?
Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam
Lebih capek mana?
Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi
Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Suwun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
mbah marmut tuh suhu, sampai buka car workshop dan juragan hentulLukayst wrote: Tue Jan 21, 2025 8:40Singkat padat jelas SuhuSuryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:06Gini ajascorpio wrote: Tue Jan 21, 2025 1:50
Emang bisa gitu ya om??? Suhu mesin naik turun jauh tergantung medan? Perasaan tiap colok obd untuk cek suhu, pasti selalu ada range nya.
Ada thermostat jg yg jaga suhu tetap di range optimal internal combustion.
Atau om surya aliran bypass thermostat?
Insinyur otomotip bikin mobil juga ga sembarangan kali om. Apalagi mesin2 modern skrg
Anda naik sepeda, 2 kondisi:
1. Hari sabtu pagi - stop and go selama 1 jam
2. Hari minggu pagi - cruising santai pakai top gear selama 1 jam
Lebih capek mana?
Jd gak perlu diskusi panjang x lebar x tinggi
Selebihnya terserah point of view anda, saya tidak akan komen lbh jauh lg.
Suwun![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri