Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by kendibocor »

Salahnya semua sih ini mah.
Pemerintah salah ga pernah tegas ma ODOL, kir gampang disogok, razia di jalan jd ajang meres supir doang bukan beneran cek kelayakan jalan dan kelayakan supir.

Supir: biasanya kaum IQ 78, uda tau bawa muatan ODOL yg momentumnya gede malah ngebut2an, itu kalo liat di dashcam yg di medsos ada jalur emergency di kiri sblm kejadian. Begonya kebiasaan kalo jalur tol cuman 2 seenak jidat sering make jalur kanan. Begitu blong ga bisa ke kiri kan.

Pengusaha: ga mau tau selama masih bisa diisi ya diisi aja tuh truk. Perawatan kendaraan bodo amat, yg penting jalan dan bisa menghasilkan duit. Sering ngeliat truk bannya macem ban slick mbl F1, uda ga ada kembangannya sama sekali

Netijen: sapa suruh tinggal di wakanda :big_weee:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Tue Nov 12, 2024 0:19 Salahnya semua sih ini mah.
Pemerintah salah ga pernah tegas ma ODOL, kir gampang disogok, razia di jalan jd ajang meres supir doang bukan beneran cek kelayakan jalan dan kelayakan supir.

Supir: biasanya kaum IQ 78, uda tau bawa muatan ODOL yg momentumnya gede malah ngebut2an, itu kalo liat di dashcam yg di medsos ada jalur emergency di kiri sblm kejadian. Begonya kebiasaan kalo jalur tol cuman 2 seenak jidat sering make jalur kanan. Begitu blong ga bisa ke kiri kan.

Pengusaha: ga mau tau selama masih bisa diisi ya diisi aja tuh truk. Perawatan kendaraan bodo amat, yg penting jalan dan bisa menghasilkan duit. Sering ngeliat truk bannya macem ban slick mbl F1, uda ga ada kembangannya sama sekali

Netijen: sapa suruh tinggal di wakanda :big_weee:
Pemerintah gmn mau tegas.

Itu contohnya kominfo aja nyimpen duit sebulan milyaran di laci krn miara ribuan situs judi.

Ketegasan kalah sama đź’¸

Korupsi ada krn gak prnh merasa cukup.
Giliran mau mati baru nyesel.

Emg harus hukuman mati baru selesai masalah korupsi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Tue Nov 12, 2024 0:09 Naah.... nanya oom B0ku, kan selalu rame ongkos logistik mahal, naaah benernya kalo dibanding dengan harga barang yg. diangkut, tarif per trip di wkwkwkland itu emang masih kemahalan apa enggak sih ?, atau jangan2 yg. punya barang yg. pinginnya untuk gede ?.

Kaya contoh truk Cipularang itu, dia kan angkut kardus bekas tuh buat masuk pabrik. Taruh muatannya standar kontener 40 ton (atau jangan2 lebih ya ?), kalo itu kardus punya marjin bersih 1000/kg., nilai muatan berarti 40 juta, nah ongkos truknya sampe berapa si ?, ndak mungkin cuma 5 juta kan ?, atau jangan2 iya ?... kalo iya maruk bener yak yang punya kardus :big_peace: :big_peace: :big_peace:
bisa jadi om armadanya gembel gitu :big_bored: apalagi mikirnya cuma kirim kardus enteng wong dulu aja kantor saya bisa beli truk dutro di panjangin sampe kepalanya di kasih aero :big_biglaugh:

katanya cuma angkut ac ini :drinking:

ongkos logistik mahal karena di kita gak efisien ngandelinnya cuma trucking, itu calon gubenur jakarta katanya mau bikin kanal biar logistik jakarta bandung bisa lewat kanal itu , mane ud 2024 gak ada kabarnya :big_bored:


terus tiap di bangunin jalan tol treak2x gak butuh infrastruktur padahal makin gampang diakses kendaraan besar bakalan berpengaruh ke ongkos logistik :big_bored:

belom punglinya dimana2x gimane mau murah............... :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Tue Nov 12, 2024 0:19 Salahnya semua sih ini mah.
Pemerintah salah ga pernah tegas ma ODOL, kir gampang disogok, razia di jalan jd ajang meres supir doang bukan beneran cek kelayakan jalan dan kelayakan supir.

Supir: biasanya kaum IQ 78, uda tau bawa muatan ODOL yg momentumnya gede malah ngebut2an, itu kalo liat di dashcam yg di medsos ada jalur emergency di kiri sblm kejadian. Begonya kebiasaan kalo jalur tol cuman 2 seenak jidat sering make jalur kanan. Begitu blong ga bisa ke kiri kan.

Pengusaha: ga mau tau selama masih bisa diisi ya diisi aja tuh truk. Perawatan kendaraan bodo amat, yg penting jalan dan bisa menghasilkan duit. Sering ngeliat truk bannya macem ban slick mbl F1, uda ga ada kembangannya sama sekali

Netijen: sapa suruh tinggal di wakanda :big_weee:

mau tegas kalo di lapangan gorok2xan tarif juga sama aja boong karena gak ngelanggar ntar gak makan jadinya.......................... :ngacir:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by TUFF Stough »

kecelakaan di sono kebanyakan akibat rem blong saat turunan panjang. khususnya antara rest area 97 s.d. rest area 88 sampe disiapkan 2 jalur darurat dengan marka jalan warna merah menyala.

kecelakaan fatal sebelum ini makan korban jiwa direktur indomarco dengan palisednya (pilar a-b-c gak kuat nahan beban truk).

buat pengusaha logistik (terutama sopirnya) patah as di tengah perjalanan jauh lebih murah biayanya dibanding harus nambah armada buat tujuan yg sama. pungli sepanjang jalan bukan cuma dari oknum petugas, tapi oknum ormas juga gak tanggung2. 1 truk aja bisa keluar duit brp jeti untuk sekali jalan.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by newrubble »

ketika bgitu byk yg tohlol di jalanan artinya bangsa itu tohlol
ketika bgitu byk yg tohlol di sosmed artinya bangsa itu tohlol
benchmark sy dari dulu n sampe kapanpun .... bgitu
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by b0ku »

TUFF Stough wrote: Tue Nov 12, 2024 1:32 kecelakaan di sono kebanyakan akibat rem blong saat turunan panjang. khususnya antara rest area 97 s.d. rest area 88 sampe disiapkan 2 jalur darurat dengan marka jalan warna merah menyala.

kecelakaan fatal sebelum ini makan korban jiwa direktur indomarco dengan palisednya (pilar a-b-c gak kuat nahan beban truk).

buat pengusaha logistik (terutama sopirnya) patah as di tengah perjalanan jauh lebih murah biayanya dibanding harus nambah armada buat tujuan yg sama. pungli sepanjang jalan bukan cuma dari oknum petugas, tapi oknum ormas juga gak tanggung2. 1 truk aja bisa keluar duit brp jeti untuk sekali jalan.
iya tuh perusahaan saya dulu tiap taon di kirimin surat sama ormas glodok minta duit :big_biglaugh:
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by k1493nk »

Salah satu penyebab kecelakaan itu adalah hujan, petugas angkut ga ngitung berat kardus ketika basah oleh air hujan. Liat di tivi kemarin itu kardus basah semua, mungkin akibat terpalnya yang kurang rapet sehingga air hujan membasahi kardus2 tersebut yang mengakibatkan jadi overload sehingga rem truk gak mampu lagi menghentikan kendaraan di turunan.
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by faizzz »

b0ku wrote: Tue Nov 12, 2024 1:40
iya tuh perusahaan saya dulu tiap taon di kirimin surat sama ormas glodok minta duit :big_biglaugh:
Jadi teringat kemarin pagi ke Alfa yang baru beberapa minggu buka, waktu awal2 ada spanduk super gede nutupin tembok bertuliskan "Parkir Gatis". Pas kemarin belanja spanduknya udah dicopot, saya tanya ke kasirnya kenapa dicopot, kata mereka kemaren ownernya disamperin sama orang desa, ormas, sama Babinsa buat minta ngelola parkir. Negara ormas :big_biglaugh:

Selama usaha truk kita sering banget dimintain duit sama ormas, mereka mintain duit bilangnya buat repair jalan tapi jalannya gitu2 aja wkwk
Sekarang sudah nyaman pelihara kambing dan jualan kecil2an, it's a peaceful life... :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by Suryaputra »

k1493nk wrote: Tue Nov 12, 2024 1:50 Salah satu penyebab kecelakaan itu adalah hujan, petugas angkut ga ngitung berat kardus ketika basah oleh air hujan. Liat di tivi kemarin itu kardus basah semua, mungkin akibat terpalnya yang kurang rapet sehingga air hujan membasahi kardus2 tersebut yang mengakibatkan jadi overload sehingga rem truk gak mampu lagi menghentikan kendaraan di turunan.
Blm nyampe sana thinking nya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by b0ku »

faizzz wrote: Tue Nov 12, 2024 5:08
Jadi teringat kemarin pagi ke Alfa yang baru beberapa minggu buka, waktu awal2 ada spanduk super gede nutupin tembok bertuliskan "Parkir Gatis". Pas kemarin belanja spanduknya udah dicopot, saya tanya ke kasirnya kenapa dicopot, kata mereka kemaren ownernya disamperin sama orang desa, ormas, sama Babinsa buat minta ngelola parkir. Negara ormas :big_biglaugh:

Selama usaha truk kita sering banget dimintain duit sama ormas, mereka mintain duit bilangnya buat repair jalan tapi jalannya gitu2 aja wkwk
Sekarang sudah nyaman pelihara kambing dan jualan kecil2an, it's a peaceful life... :mky_03:
DULU juga saya baru pindah gudang lsg di peres emang enakan masuk komplek kayak pulogadung namanya apa tuh bayar pengelola semua beres :big_biglaugh:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by carlzeiss »

sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya

klo saya lihat ini truknya salah besar, jalur kanan berarti sebelumnya dia mendahului depannya atau ngeyel di jalur kanan seandainya jalur kiri dia bs atasin dengan hantem parit bahu jalan = supir kaya gini memang ngeyel soal jalur , berapa kali di cipularang main motong ke kanan tp narik gas nya lama karna muatan

saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya :big_grin:
- yang kenceng kalah sama yang wet look
User avatar
brzkr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
Location: Jakarta

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by brzkr »

kenapa biaya tol untuk kendaraan logistik paling mahal dibanding kendaraan pribadi jika asumsinya adalah kendaraan logistik untuk keperluan orang banyak?
AML-CFT
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by b0ku »

brzkr wrote: Tue Nov 12, 2024 6:52 kenapa biaya tol untuk kendaraan logistik paling mahal dibanding kendaraan pribadi jika asumsinya adalah kendaraan logistik untuk keperluan orang banyak?
KARNA tonasenya ngerusak jalan harusnya EV juga tuh 2 ton lebih masuk ke kelas truk :big_bored:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by MSU »

carlzeiss wrote: Tue Nov 12, 2024 6:42 sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya

klo saya lihat ini truknya salah besar, jalur kanan berarti sebelumnya dia mendahului depannya atau ngeyel di jalur kanan seandainya jalur kiri dia bs atasin dengan hantem parit bahu jalan = supir kaya gini memang ngeyel soal jalur , berapa kali di cipularang main motong ke kanan tp narik gas nya lama karna muatan

saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya :big_grin:
kalo liat video-nya....udh banyak yang aneh sih om :
- truk udh kasi lampu hazard dari jauh...cuma posisi salah (di kanan)...seharusnya dgn badan segede itu malah posisi pandang paling bagus
- perbaikan jalan....harusnya diinfo dari jauh, mana itu cuma 2 lajur...jalur rawan pula mestinya ada rambu atau petugas jaga2 dari jauh
- perbaikan jalan tu memang urgent pas musim ujan begini atau sbtlnya bisa ditunda...krn jujur aja perasaan akhir tahun jadi banyak proyek perbaikan jalan di tol

tp apapun alesannya ttp no 1 paling salah sih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Tue Nov 12, 2024 0:19 Salahnya semua sih ini mah.
Pemerintah salah ga pernah tegas ma ODOL, kir gampang disogok, razia di jalan jd ajang meres supir doang bukan beneran cek kelayakan jalan dan kelayakan supir.

Supir: biasanya kaum IQ 78, uda tau bawa muatan ODOL yg momentumnya gede malah ngebut2an, itu kalo liat di dashcam yg di medsos ada jalur emergency di kiri sblm kejadian. Begonya kebiasaan kalo jalur tol cuman 2 seenak jidat sering make jalur kanan. Begitu blong ga bisa ke kiri kan.

Pengusaha: ga mau tau selama masih bisa diisi ya diisi aja tuh truk. Perawatan kendaraan bodo amat, yg penting jalan dan bisa menghasilkan duit. Sering ngeliat truk bannya macem ban slick mbl F1, uda ga ada kembangannya sama sekali

Netijen: sapa suruh tinggal di wakanda :big_weee:
ODOL itu masalah strukturalnya banyak mbah. sulit ngomong kita.

bukan cm perkara penegak aturan ga tegas, pertanyaannya kenapa harga barang masih mahal padahal truk udah dibela-belain ODOL. dibilang wakanda tuh bagusnya decentralized malah sama mulyono dibalikin centralized semua.

blom kena pungli2 segala di jalan. pengusaha mah cuma ikut common sense aja krn tronton di KIR GVW nya ya cuma 20 ton, realitanya bawa 30 ton lebih dgn segala risiko di jalan.

ya gimana pabrik di jakarta, bawanya ampe ujung surabaya gitu. impor2 jg masuknya ke jakarta dulu. ya bahan baku mahal di ongkos. mau solar semurah apapun juga nggak ngaruh kalo bahan baku harus dikirim dari ujung jakarta ke ujung surabaya.
Last edited by ChZ on Tue Nov 12, 2024 8:34, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by kunaskun »

b0ku wrote: Tue Nov 12, 2024 7:58 KARNA tonasenya ngerusak jalan harusnya EV juga tuh 2 ton lebih masuk ke kelas truk :big_bored:
mestinya carry dan L300 juga dong mbah, itu tonase 3 ton masih enteng... malah pamer dan bangga yg punya. engineer pabrikannya ya sabodo teuing. bukan urusan gw. giliran celaka tunjuk sana sini saja, tar juga nguap beritanya. :big_think:

negara wakanda tiap hari ada aja berita yg bikin nambah satu poin buat cabut :big_slap:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by Bibieight »

Iseng2 spot tes supir trailer versi Oz :
https://driverpracticetest.transport.ns ... e?zoom=100
Ternyata syusyah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Test.jpg
Pantes brak-bruk aja truk di wkwkwkwkland :big_peace: :big_peace: :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Tue Nov 12, 2024 8:31
b0ku wrote: Tue Nov 12, 2024 7:58 KARNA tonasenya ngerusak jalan harusnya EV juga tuh 2 ton lebih masuk ke kelas truk :big_bored:
mestinya carry dan L300 juga dong mbah, itu tonase 3 ton masih enteng... malah pamer dan bangga yg punya. engineer pabrikannya ya sabodo teuing. bukan urusan gw. giliran celaka tunjuk sana sini saja, tar juga nguap beritanya. :big_think:

negara wakanda tiap hari ada aja berita yg bikin nambah satu poin buat cabut :big_slap:
maksud saya berat kosongnya om L300 palingan 1.2ton saya pernah dapet mobil kantor hilux single cab mesin innova buset larinya :big_biglaugh:


terang aja beratnya paling 1.1ton mesinnya 2.0 150 hp :big_biglaugh:

grand max juga sebenernya kalo kosong kenceng itu ngintilin CX5 juga bisa soalnya maen short ratio juga
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by rakyatwkwkland »

lexnic wrote: Mon Nov 11, 2024 16:36

ngmng2 truk, ini ada satu spot lg yg suka jdi "parkiran" truk2 gede di area jakbar (https://maps.app.goo.gl/mDVn2Ka4BbjTh5gQ7). lokasinya jga deket sama pintu tol (daerah ini bnyk pergudangan). beberapa wktu lalu jga sempet viral gara2 ada razia pungli.

Tempat itu gajauh dari rumah ane oom, selalu ane lewatin kalau mau ke area downtown lewat tol bandara :mky_04:

Dan yaa... kalo ga gara2 dari berita ane jg gatau kalo polisi cepe2 di situ itu tukang palak... :mky_04: :mky_04: :big_slap:

Mundur sekitar hampir 1 km ada lah ya dari tempat itu, anda akan menemui suatu tempat yang ada puteran baliknya dan suka macet karena suka ada monyet2 lawan arah keluar dari kamal raya... bener2 bar2 daerah cengkareng ini kalo buat orang yang bukan dari daerah sekitaran sini, kalo ane pribadi mah udah kebal :big_weee: Omong2 tempat ini, baru aja hari sabtu kemarin ane ke arah situ pas mau ganti ban (yang bannya ada ane foto juga di trit ban), mau masuk ke jalan kamal raja itu tiba2 ada monyet yang nyebrang ngebut mau lawan arah lewatin depan mobil ane. Ane kaget dan klakson dong. Ehh itu monyet kelar nyebrang langsung nyusruk jatoh gitu aja di samping boil ane. Ane liat2 ga ada yg ngejar atau nyetopin ane yauda fix ane ga nyenggol. Pas di rumah ane cek dashcam ternyata bener, itu monyet nyebrang saking ngebutnya ampe ga liat didepannya dia jalanan berpasir dan berkerikil, yakin ane dia ngerem pasti bannya ngonci makanya nyusruk :big_exellent:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by rakyatwkwkland »

carlzeiss wrote: Tue Nov 12, 2024 6:42 sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya

klo saya lihat ini truknya salah besar, jalur kanan berarti sebelumnya dia mendahului depannya atau ngeyel di jalur kanan seandainya jalur kiri dia bs atasin dengan hantem parit bahu jalan = supir kaya gini memang ngeyel soal jalur , berapa kali di cipularang main motong ke kanan tp narik gas nya lama karna muatan

saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya :big_grin:
Sebagai pelari cipularang, baik pake boil sendiri maupun boil travel, ane 100% setubuh eh setujuh gan... Kalo pakai mobil penumpang ada spion tengah dimanfaatkan, biar bisa mantau kalau2 di belakang ada apa2 siapa tahu kita msh bisa menghindar, juga benar sekali kalau terjadi perlambatan dan kita jadi buntut biarkan hazard nyala terus2an sampai ada beberapa kendaraan yg nutup barisan (inilah saat yg tepat buat ngidupin hazard, bukan pas ujan).

Kalau terjadi perlambatan yang drastis dan saat turunan, turunkan gigi dan manfaatkan engine brake juga bisa membantu. Mobil anda transmisi otomatis? Tidak jadi alasan karena transmisi otomatis mobil akan selalu ada mode manual/mode sport/mode low gear yang bisa bikin transmisi nahan di gigi rendah, tidak seperti motor matic yg ga ada low gearnya.

Serta juga pesan khusus untuk user transmisi manual, please ohh please... JANGAN SEKALI2 BERPIKIR UNTUK NETRALIN TRANSMISI SAAT TURUNAN DAN KEMUDIAN INJAK REM TERUS2AN... ini sering ane temukan dilakukan oleh para supir2 travel. Nanti sekalinya itu rem bener2 dibutuhkan malah udah kepanasan duluan, terjadilah kejadian spt berita yg ada di pejwan.
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by sealplayerz »

rakyatwkwkland wrote: Tue Nov 12, 2024 14:30
carlzeiss wrote: Tue Nov 12, 2024 6:42 sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya

klo saya lihat ini truknya salah besar, jalur kanan berarti sebelumnya dia mendahului depannya atau ngeyel di jalur kanan seandainya jalur kiri dia bs atasin dengan hantem parit bahu jalan = supir kaya gini memang ngeyel soal jalur , berapa kali di cipularang main motong ke kanan tp narik gas nya lama karna muatan

saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya :big_grin:
Sebagai pelari cipularang, baik pake boil sendiri maupun boil travel, ane 100% setubuh eh setujuh gan... Kalo pakai mobil penumpang ada spion tengah dimanfaatkan, biar bisa mantau kalau2 di belakang ada apa2 siapa tahu kita msh bisa menghindar, juga benar sekali kalau terjadi perlambatan dan kita jadi buntut biarkan hazard nyala terus2an sampai ada beberapa kendaraan yg nutup barisan (inilah saat yg tepat buat ngidupin hazard, bukan pas ujan).

Kalau terjadi perlambatan yang drastis dan saat turunan, turunkan gigi dan manfaatkan engine brake juga bisa membantu. Mobil anda transmisi otomatis? Tidak jadi alasan karena transmisi otomatis mobil akan selalu ada mode manual/mode sport/mode low gear yang bisa bikin transmisi nahan di gigi rendah, tidak seperti motor matic yg ga ada low gearnya.

Serta juga pesan khusus untuk user transmisi manual, please ohh please... JANGAN SEKALI2 BERPIKIR UNTUK NETRALIN TRANSMISI SAAT TURUNAN DAN KEMUDIAN INJAK REM TERUS2AN... ini sering ane temukan dilakukan oleh para supir2 travel. Nanti sekalinya itu rem bener2 dibutuhkan malah udah kepanasan duluan, terjadilah kejadian spt berita yg ada di pejwan.
Gak cmn travel aja om, primajasa aja skrg mlh ngaco maen netral+rem di cipularang cmn gegara ngirit solar. Makanya 10 juli 2024 kemaren kecelakaan nyeruduk mirip kyk skrg.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by Salvanost »

carlzeiss wrote: Tue Nov 12, 2024 6:42 sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya

saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya :big_grin:
betul ternyata cipularang curam, cuma ga kelihatan gara2 berbelok...
465671556_10228001696571220_115534780254431263_n.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by Salvanost »

engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Hati2 berkendara pas hujan, kecelakaan beruntun Cipularang

Post by lexnic »

rakyatwkwkland wrote: Tue Nov 12, 2024 14:14 Tempat itu gajauh dari rumah ane oom, selalu ane lewatin kalau mau ke area downtown lewat tol bandara :mky_04:

Dan yaa... kalo ga gara2 dari berita ane jg gatau kalo polisi cepe2 di situ itu tukang palak... :mky_04: :mky_04: :big_slap:

Mundur sekitar hampir 1 km ada lah ya dari tempat itu, anda akan menemui suatu tempat yang ada puteran baliknya dan suka macet karena suka ada monyet2 lawan arah keluar dari kamal raya... bener2 bar2 daerah cengkareng ini kalo buat orang yang bukan dari daerah sekitaran sini, kalo ane pribadi mah udah kebal :big_weee: Omong2 tempat ini, baru aja hari sabtu kemarin ane ke arah situ pas mau ganti ban (yang bannya ada ane foto juga di trit ban), mau masuk ke jalan kamal raja itu tiba2 ada monyet yang nyebrang ngebut mau lawan arah lewatin depan mobil ane. Ane kaget dan klakson dong. Ehh itu monyet kelar nyebrang langsung nyusruk jatoh gitu aja di samping boil ane. Ane liat2 ga ada yg ngejar atau nyetopin ane yauda fix ane ga nyenggol. Pas di rumah ane cek dashcam ternyata bener, itu monyet nyebrang saking ngebutnya ampe ga liat didepannya dia jalanan berpasir dan berkerikil, yakin ane dia ngerem pasti bannya ngonci makanya nyusruk :big_exellent:
ah, saya tau lokasi yg om mksd, itu deket2 kompleks ruko pelangi (https://maps.app.goo.gl/88NuFHdLgGqnQ7FY6). dan emg bener2 edan makhluk2 ini (entah msh layak dibilang manusia apa enggak, bahkan saya rasa hewan pun msh lbh pinter dri mereka :mky_07: ). entah malas gara2 lokasi putar balik resmi yg trlalu jauh ato emg dasarnya bebal jdinya gk paham peraturan lalu lintas. kita gk usah ngomongin etika berkendara sama model bgini soalnya msti kena batunya dulu bru beneran sadar & emg dasarnya nalar mereka gk akan nyampe utk mikir kesitu :big_biglaugh: . beberapa wktu terakhir, area ini dijaga polantas ato petugas dishub pas pagi, jdinya makhluk2 itu gk sebarbar klo gk dijagain.

saya sndiri jga udh kebal, tapi kadang saya isengin mereka klo lg kurang kerjaan ahahaha. biasanya klo udh deket2 area situ, saya agk pepetin sama kendaraan di depan, jdi makhluk2 itu gk ada celah buat nyelonong motong jalan. kadang saya klakson2in jga (tipis2 aja, gk perlu smpe klakson panjang, takut klo tiba2 dia ngamuk trus apa2in mobil saya soalnya ruginya gk sebanding sama repotnya berurusan sama mereka). :big_biglaugh:

untung itu gk smpe ngerusak mobilnya om. klo smpe mobil om knapa2 gara2 mereka, mereka udh psti gk mau ganti dgn alasan orang kecil lah, gk pnya duit lah, dll.
sealplayerz wrote: Tue Nov 12, 2024 15:26
rakyatwkwkland wrote: Tue Nov 12, 2024 14:30
carlzeiss wrote: Tue Nov 12, 2024 6:42 sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya

klo saya lihat ini truknya salah besar, jalur kanan berarti sebelumnya dia mendahului depannya atau ngeyel di jalur kanan seandainya jalur kiri dia bs atasin dengan hantem parit bahu jalan = supir kaya gini memang ngeyel soal jalur , berapa kali di cipularang main motong ke kanan tp narik gas nya lama karna muatan

saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya :big_grin:
Sebagai pelari cipularang, baik pake boil sendiri maupun boil travel, ane 100% setubuh eh setujuh gan... Kalo pakai mobil penumpang ada spion tengah dimanfaatkan, biar bisa mantau kalau2 di belakang ada apa2 siapa tahu kita msh bisa menghindar, juga benar sekali kalau terjadi perlambatan dan kita jadi buntut biarkan hazard nyala terus2an sampai ada beberapa kendaraan yg nutup barisan (inilah saat yg tepat buat ngidupin hazard, bukan pas ujan).

Kalau terjadi perlambatan yang drastis dan saat turunan, turunkan gigi dan manfaatkan engine brake juga bisa membantu. Mobil anda transmisi otomatis? Tidak jadi alasan karena transmisi otomatis mobil akan selalu ada mode manual/mode sport/mode low gear yang bisa bikin transmisi nahan di gigi rendah, tidak seperti motor matic yg ga ada low gearnya.

Serta juga pesan khusus untuk user transmisi manual, please ohh please... JANGAN SEKALI2 BERPIKIR UNTUK NETRALIN TRANSMISI SAAT TURUNAN DAN KEMUDIAN INJAK REM TERUS2AN... ini sering ane temukan dilakukan oleh para supir2 travel. Nanti sekalinya itu rem bener2 dibutuhkan malah udah kepanasan duluan, terjadilah kejadian spt berita yg ada di pejwan.
Gak cmn travel aja om, primajasa aja skrg mlh ngaco maen netral+rem di cipularang cmn gegara ngirit solar. Makanya 10 juli 2024 kemaren kecelakaan nyeruduk mirip kyk skrg.
aje gile, gk paham lg sama cara berpikirnya orang2 yg pake netral + main rem di turunan (apalagi ini alasannya utk irit BBM) :mky_07: . risikonya gk sebanding sama penghematan BBMnya. tapi yah, balik lg, mayoritas orang sini klo bawa kendaraan (motor, mobil, bus, truk) cuma bisa ngegas & ngerem doang tanpa paham cara ngontrol kendaraannya gmana. wong ujian SIM aja msh bisa nembak ato nyogok petugasnya kok :big_biglaugh:

Salvanost wrote: Tue Nov 12, 2024 16:18 engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
klo mnurut nubie, pake engine brake nya jga gk asal main turunin gigi transmisi om. dri jauh udh ancang2, supaya beban ke transmisinya jga gk berlebihan. IMO, klo nyetir, kita msti slalu aware sama jalan yg kita lewatin. minimal jgn asal gas pol aja deh, toh klo kecepatannya wajar & terkontrol jga gk perlu sering2 injek rem ato engine brake.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]