rakyatwkwkland wrote: Tue Nov 12, 2024 14:14
Tempat itu gajauh dari rumah ane oom, selalu ane lewatin kalau mau ke area downtown lewat tol bandara
Dan yaa... kalo ga gara2 dari berita ane jg gatau kalo polisi cepe2 di situ itu tukang palak...
Mundur sekitar hampir 1 km ada lah ya dari tempat itu, anda akan menemui suatu tempat yang ada puteran baliknya dan suka macet karena suka ada monyet2 lawan arah keluar dari kamal raya... bener2 bar2 daerah cengkareng ini kalo buat orang yang bukan dari daerah sekitaran sini, kalo ane pribadi mah udah kebal

Omong2 tempat ini, baru aja hari sabtu kemarin ane ke arah situ pas mau ganti ban (yang bannya ada ane foto juga di trit ban), mau masuk ke jalan kamal raja itu tiba2 ada monyet yang nyebrang ngebut mau lawan arah lewatin depan mobil ane. Ane kaget dan klakson dong. Ehh itu monyet kelar nyebrang langsung nyusruk jatoh gitu aja di samping boil ane. Ane liat2 ga ada yg ngejar atau nyetopin ane yauda fix ane ga nyenggol. Pas di rumah ane cek dashcam ternyata bener, itu monyet nyebrang saking ngebutnya ampe ga liat didepannya dia jalanan berpasir dan berkerikil, yakin ane dia ngerem pasti bannya ngonci makanya nyusruk
ah, saya tau lokasi yg om mksd, itu deket2 kompleks ruko pelangi (
https://maps.app.goo.gl/88NuFHdLgGqnQ7FY6). dan emg bener2 edan makhluk2 ini (entah msh layak dibilang manusia apa enggak, bahkan saya rasa hewan pun msh lbh pinter dri mereka

). entah malas gara2 lokasi putar balik resmi yg trlalu jauh ato emg dasarnya bebal jdinya gk paham peraturan lalu lintas. kita gk usah ngomongin etika berkendara sama model bgini soalnya msti kena batunya dulu bru beneran sadar & emg dasarnya nalar mereka gk akan nyampe utk mikir kesitu

. beberapa wktu terakhir, area ini dijaga polantas ato petugas dishub pas pagi, jdinya makhluk2 itu gk sebarbar klo gk dijagain.
saya sndiri jga udh kebal, tapi kadang saya isengin mereka klo lg kurang kerjaan ahahaha. biasanya klo udh deket2 area situ, saya agk pepetin sama kendaraan di depan, jdi makhluk2 itu gk ada celah buat nyelonong motong jalan. kadang saya klakson2in jga (tipis2 aja, gk perlu smpe klakson panjang, takut klo tiba2 dia ngamuk trus apa2in mobil saya soalnya ruginya gk sebanding sama repotnya berurusan sama mereka).
untung itu gk smpe ngerusak mobilnya om. klo smpe mobil om knapa2 gara2 mereka, mereka udh psti gk mau ganti dgn alasan orang kecil lah, gk pnya duit lah, dll.
sealplayerz wrote: Tue Nov 12, 2024 15:26
rakyatwkwkland wrote: Tue Nov 12, 2024 14:30
carlzeiss wrote: Tue Nov 12, 2024 6:42
sering bgt trayek cipularang ini, dan memang km 90 kecil ini agak rancu turunan + sedikit belok jadi kalo ga fokus bgt bahaya
klo saya lihat ini truknya salah besar, jalur kanan berarti sebelumnya dia mendahului depannya atau ngeyel di jalur kanan seandainya jalur kiri dia bs atasin dengan hantem parit bahu jalan = supir kaya gini memang ngeyel soal jalur , berapa kali di cipularang main motong ke kanan tp narik gas nya lama karna muatan
saran buat para pengguna trayek cipularang, biasakan pakai hazard kalau jadi buntut dari antrian, supaya pengendara lain aware , kemudian slalu biasakan lihat ke spion tengah cek belakang ketika jadi buntut supaya bisa antisipasi , kalau saya biasakan ada jarak kedepan skalian mantau ke belakang skali skali, jadi kalau yg udh keliatan ga bener atau ga ngurangin kecepatan sama sekali, saya biasanya buang ke jalur sebelahnya
Sebagai pelari cipularang, baik pake boil sendiri maupun boil travel, ane 100% setubuh eh setujuh gan... Kalo pakai mobil penumpang ada spion tengah dimanfaatkan, biar bisa mantau kalau2 di belakang ada apa2 siapa tahu kita msh bisa menghindar, juga benar sekali kalau terjadi perlambatan dan kita jadi buntut biarkan hazard nyala terus2an sampai ada beberapa kendaraan yg nutup barisan (inilah saat yg tepat buat ngidupin hazard, bukan pas ujan).
Kalau terjadi perlambatan yang drastis dan saat turunan, turunkan gigi dan manfaatkan engine brake juga bisa membantu. Mobil anda transmisi otomatis? Tidak jadi alasan karena transmisi otomatis mobil akan selalu ada mode manual/mode sport/mode low gear yang bisa bikin transmisi nahan di gigi rendah, tidak seperti motor matic yg ga ada low gearnya.
Serta juga pesan khusus untuk user transmisi manual, please ohh please... JANGAN SEKALI2 BERPIKIR UNTUK NETRALIN TRANSMISI SAAT TURUNAN DAN KEMUDIAN INJAK REM TERUS2AN... ini sering ane temukan dilakukan oleh para supir2 travel. Nanti sekalinya itu rem bener2 dibutuhkan malah udah kepanasan duluan, terjadilah kejadian spt berita yg ada di pejwan.
Gak cmn travel aja om, primajasa aja skrg mlh ngaco maen netral+rem di cipularang cmn gegara ngirit solar. Makanya 10 juli 2024 kemaren kecelakaan nyeruduk mirip kyk skrg.
aje gile, gk paham lg sama cara berpikirnya orang2 yg pake netral + main rem di turunan (apalagi ini alasannya utk irit BBM)

. risikonya gk sebanding sama penghematan BBMnya. tapi yah, balik lg, mayoritas orang sini klo bawa kendaraan (motor, mobil, bus, truk) cuma bisa ngegas & ngerem doang tanpa paham cara ngontrol kendaraannya gmana. wong ujian SIM aja msh bisa nembak ato nyogok petugasnya kok
Salvanost wrote: Tue Nov 12, 2024 16:18
engine break merusak transmisi / cvt ga? apa mending ngerem aja?
klo mnurut nubie, pake engine brake nya jga gk asal main turunin gigi transmisi om. dri jauh udh ancang2, supaya beban ke transmisinya jga gk berlebihan. IMO, klo nyetir, kita msti slalu aware sama jalan yg kita lewatin. minimal jgn asal gas pol aja deh, toh klo kecepatannya wajar & terkontrol jga gk perlu sering2 injek rem ato engine brake.