Beres itu di luar nurul klo ngasih interval ganti lendir.ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:16sbenernya yang mengkhawatirkan soal beres merek apapun di sini itu urusan per olian bener bener cuek dan ngga update. dikira cuma lendir jadi mesin apapun dipukul rata kali yah kan sama-sama cairan. padahal working temperaturenya udah beda banget, celah celah mesin juga lebih sempitmasaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
![]()
sebenernya yang bikin santafe cukup bertahan di indonesia itu peran komunitasnya kuat sekali.
HMI dulu walau hidup segan mati tak mau tp komunitas dirawat bgt. beda ma HMID yang rada bodoamat sama komunitas. bener tuh parts santi justru lebih apal dan lebih resourceful anak2 SOCI daripada orang bengkel hyundai nya![]()
dulu mau ganti sensor ABS belakang santi, di 2 beres dibilang hrs beli se rotor disc, ama anak komunitas bilang bisa beli sensornya doank
di kita beruntung aja itu innova fortuner sharing platform ma hilux yg emang main tambang jadi nggak susah bikin commonparts. di sini juga ngga rewel soal emisi jadi ya udah kasih aja yang penting bisa isi solar 6800 dengan tenang tentram jaya.lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 3:10
tbh, mindset isi solar jelek gk bisa diterapin di mesin diesel common rail. cuma yah mau gmana, udh ketanam di mindset orang sini klo yg namanya mesin diesel kudu bisa minum biosolar hahaha. blm lg gap harga antara biosolar CN 48 dgn dexlite CN 51 yg trlalu jauh akibat kena subsidi. pdhl klo gk disubsidi, harganya mngkin gk beda jauh (dan orang yg aware psti pilih yg kualitasnya lbh bagus).
IMO, perbandingan antara output tenaga dgn BBM yg dikonsumsi di mesin 2kd & 2gd itu kurang bagus. mngkin karena lubang injektornya gk sekecil kepunyaan mesin diesel common rail pd umumnya. cuma yah, dsini laku2 aja, kan yg pnting bisa minum solar jelek![]()
ya mesin2 begini cuma bisa dibuang ke emerging market yang emission regulationnya ngga ketat dan ngga harus pake DPF malah dicumi-cumiin![]()
dia nerjemahin lgs dr manual book LN, dgn oli OEM specnya sekelas ExxonMobil

Nah klo di sini, customernya nyari yg terjangkau, sementara HPP harus dijaga.
- Jadilah itu oli oem beres nya kelas STD, tapi diperlakukan seperti kelas Long Drain, karena translate dr manual book LN

ATF aja masih ada manual book yg bilang ganti per 80rb km, periksa di 40rb km.
hanya bisa istighfar
