Advice santa fe

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Advice santa fe

Post by D70EL97 »

Permisi para suhu, mohon sharing2 dan advicenya.
Ada rencana mau ganti santafe krn tertarik dengan model dan ktnya fun to drive nya (apakah ini berlaku juga utk yg bensin nya?), utk kendaraan yg bukan harian, alias banyakan dipakenya sabtu minggu, tp sesekali suka jalan ke sekitaran jawa timur, worthed kah utk miara santa fe diesel?
Kenapa santafe? Krn butuhnya yg 7 seater. Senpat baca-baca, ktnya klo diesel harus sering perputaran bahan bakarnya (benar ga ya ini ya?)
Atau kalo santa fe bensinnya seperti apa ya, dari sisi tenaga, sparepart, aftersales atau perawatannya, sama bahan bakarnya (wajib pertabo atau bisa pertamax?), keiritannya gmn? (Apakah jauh versi bensin dan diesel nya)
Sempat ngelirik cx-8 krn dari dimensi dan sekennya jg lumayan jauh turunnya.
Mau pilih2 jepang, kok rasanya kemahalan dengan kualitas daleman utk kisaran rentang harga santafe, daleman mobilnya kyknya sangat tidak sebanding 😅

Mohon sarannya para suhu🙏, terima kasih.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Advice santa fe

Post by Salvanost »

Saat tes akselerasi, Santa Fe bensin butuh 10,3 detik untuk menempuh 0-100 km/jam, dan sesuai dugaan, Santa Fe diesel bisa lebih cepat dengan catatan 8,6 detik. Bagaimana dengan konsumsi BBM? Santa Fe bensin mencetak 10,1 km/l di rute Dalam Kota dan 16 km/l di rute Tol. Sementara Santa Fe diesel meraih hasil fantastis dengan 14,5 km/l di rute Dalam Kota dan 20,2 km/l di rute Tol. Jadi terbukti, mesin diesel Santa Fe unggul dalam hal performa, baik akselerasi maupun konsumsi BBM.

Artikel ini telah tayang di https://otomotifnet.gridoto.com dengan judul "Unggul Akselerasi dan BBM, Hyundai Santa Fe Diesel Kalah Soal Ini Dari Versi Bensin".
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Advice santa fe

Post by zonepublic »

D70EL97 wrote: Sat Jun 22, 2024 13:45 Permisi para suhu, mohon sharing2 dan advicenya.
Ada rencana mau ganti santafe krn tertarik dengan model dan ktnya fun to drive nya (apakah ini berlaku juga utk yg bensin nya?), utk kendaraan yg bukan harian, alias banyakan dipakenya sabtu minggu, tp sesekali suka jalan ke sekitaran jawa timur, worthed kah utk miara santa fe diesel?
Kenapa santafe? Krn butuhnya yg 7 seater. Senpat baca-baca, ktnya klo diesel harus sering perputaran bahan bakarnya (benar ga ya ini ya?)
Atau kalo santa fe bensinnya seperti apa ya, dari sisi tenaga, sparepart, aftersales atau perawatannya, sama bahan bakarnya (wajib pertabo atau bisa pertamax?), keiritannya gmn? (Apakah jauh versi bensin dan diesel nya)
Sempat ngelirik cx-8 krn dari dimensi dan sekennya jg lumayan jauh turunnya.
Mau pilih2 jepang, kok rasanya kemahalan dengan kualitas daleman utk kisaran rentang harga santafe, daleman mobilnya kyknya sangat tidak sebanding 😅

Mohon sarannya para suhu🙏, terima kasih.
Mobil disel mmg baru untung klo dipake rutin/jarak jauh terus
Kalo jarang dipake mending cx8 aja
Lalu Santafe disel wajib dex,ga bisa solar subsidi kalo mau aman,ya kalo mampu beli dex ga apa2
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by krniawnhdr »

Santa fe bensin juga keren kok..lebih hening malah..
dan lebih nyaman dibanding CRV dan CX8.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Advice santa fe

Post by Pboyz97 »

D70EL97 wrote: Sat Jun 22, 2024 13:45 Permisi para suhu, mohon sharing2 dan advicenya.
Ada rencana mau ganti santafe krn tertarik dengan model dan ktnya fun to drive nya (apakah ini berlaku juga utk yg bensin nya?), utk kendaraan yg bukan harian, alias banyakan dipakenya sabtu minggu, tp sesekali suka jalan ke sekitaran jawa timur, worthed kah utk miara santa fe diesel?
Kenapa santafe? Krn butuhnya yg 7 seater. Senpat baca-baca, ktnya klo diesel harus sering perputaran bahan bakarnya (benar ga ya ini ya?)
Atau kalo santa fe bensinnya seperti apa ya, dari sisi tenaga, sparepart, aftersales atau perawatannya, sama bahan bakarnya (wajib pertabo atau bisa pertamax?), keiritannya gmn? (Apakah jauh versi bensin dan diesel nya)
Sempat ngelirik cx-8 krn dari dimensi dan sekennya jg lumayan jauh turunnya.
Mau pilih2 jepang, kok rasanya kemahalan dengan kualitas daleman utk kisaran rentang harga santafe, daleman mobilnya kyknya sangat tidak sebanding 😅

Mohon sarannya para suhu🙏, terima kasih.

worth2 aja, asal isinya minimal dex or dexlite. kalo untuk santa fe bensin, buat bahan bakarnya setau saya bisa pertamax, gaharus minimal pertabo. tenaga ya termasuk enak & besar dibanding mobil bensin dikelasnya / di rentang harga yg mirip. kalo part / aftersales/ perawatan, kalo om tinggal di jabodetabek aman2 aja, secara beresnya lumayan banyak yg bs handle. tp kalo diluar jabodetabek. saya kurang tau. cx8 jg sesuai kriteria. cm minusnya bantingan suspensi & kenyamanan ga seenak santa fe

tp kalo TS nya tinggal diluar jabodetabek, saya gabakal ambil dua2nya. saya bakal pick CRV aja kalo mau monokok atau trio ladder pajero innova fortuner kalo diesel, dengan alasan kemudahan sparepart, aftersales / perawatannya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

Siap, makasih para suhu.

Untuk cx8 vs santafe bensin nya komparasi gimana ya? Built quality sm performance atau konsumsi bbm nya?
Liat cx8 baris 2 nya cuma muat 2 orang tapi mewah utk orang rumah dan anak2 😬
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

Pboyz97 wrote: Sun Jun 23, 2024 10:13

worth2 aja, asal isinya minimal dex or dexlite. kalo untuk santa fe bensin, buat bahan bakarnya setau saya bisa pertamax, gaharus minimal pertabo. tenaga ya termasuk enak & besar dibanding mobil bensin dikelasnya / di rentang harga yg mirip. kalo part / aftersales/ perawatan, kalo om tinggal di jabodetabek aman2 aja, secara beresnya lumayan banyak yg bs handle. tp kalo diluar jabodetabek. saya kurang tau. cx8 jg sesuai kriteria. cm minusnya bantingan suspensi & kenyamanan ga seenak santa fe

tp kalo TS nya tinggal diluar jabodetabek, saya gabakal ambil dua2nya. saya bakal pick CRV aja kalo mau monokok atau trio ladder pajero innova fortuner kalo diesel, dengan alasan kemudahan sparepart, aftersales / perawatannya hehe
[/quote]

Kebetulan di jabodetabek, kok crv banyak yg bilang rattle sm built qualitynya kurang banget ya?
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Advice santa fe

Post by faizzz »

kalau nyari 7 seater yang lebih proper engga CX9 aja Om?
Santafe untuk saya yang tinggi 170cm di baris ke 3 dengkul saya nempel ke kursi depannya, posisi baris ke 2 udah dimajuin dikit, cocok untuk anak2 aja (tapi masih mending dibanding mobil 7 seater boong2an kayak CRV atau Xtrail).
On paper CX8 sama CX9 wheelbasenya sama, ga tau CX8 apakah punya space 3rd row yang sama dengan CX9.

Kalau mau fun to drive saya pribadi sih tak saranin CRV yang generasi sekarang, bisa bikin senyum2 kalo ketemu tikungan hihihi
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Advice santa fe

Post by Pboyz97 »

D70EL97 wrote: Sun Jun 23, 2024 14:56

Kebetulan di jabodetabek, kok crv banyak yg bilang rattle sm built qualitynya kurang banget ya?
kalo yg gen 6 saya kurang tau untuk rattlenya. tp pengalaman dulu pake yg gen 5 4 tahun dari 2019-2023 emg ada rattle dikit di bagian doortrim sebelah kiri depan sm dasbor. sm kalo bq ya emg agak kurang buat harga segitu menurut saya ya. tp pengalaman saya td yg gen 6 udh jauh improve dibanding gen sblmnya hehe. walaupun ya kalo dibandingin sm cx8 or santa fe, msh bagusan 2 itu soal bq nya menurut saya pribadi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

faizzz wrote: Sun Jun 23, 2024 16:05 kalau nyari 7 seater yang lebih proper engga CX9 aja Om?
Santafe untuk saya yang tinggi 170cm di baris ke 3 dengkul saya nempel ke kursi depannya, posisi baris ke 2 udah dimajuin dikit, cocok untuk anak2 aja (tapi masih mending dibanding mobil 7 seater boong2an kayak CRV atau Xtrail).
On paper CX8 sama CX9 wheelbasenya sama, ga tau CX8 apakah punya space 3rd row yang sama dengan CX9.

Kalau mau fun to drive saya pribadi sih tak saranin CRV yang generasi sekarang, bisa bikin senyum2 kalo ketemu tikungan hihihi
Makasih sarannya om.
Sempat kepikiran dgn cx9 ini, cakep dan macho menurut saya, plus turbonya. Mana harga sekennya jg lumayan menarik, dibawah 600an thn 2020 😬
tp ngeliat dimensinya lgsg keder om, bongsornya pake banget g muat di carport saya, belum lg lewat jalan sktran rumah, kok kyknya bakalan ribet hehehe
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Advice santa fe

Post by faizzz »

D70EL97 wrote: Mon Jun 24, 2024 0:33
Makasih sarannya om.
Sempat kepikiran dgn cx9 ini, cakep dan macho menurut saya, plus turbonya. Mana harga sekennya jg lumayan menarik, dibawah 600an thn 2020 😬
tp ngeliat dimensinya lgsg keder om, bongsornya pake banget g muat di carport saya, belum lg lewat jalan sktran rumah, kok kyknya bakalan ribet hehehe
Santafe kayaknya lebih reasonable secara ukuran luar, CX8 & CX9 sekilas panjang di moncong aja
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by krniawnhdr »

faizzz wrote: Mon Jun 24, 2024 2:15
D70EL97 wrote: Mon Jun 24, 2024 0:33
Makasih sarannya om.
Sempat kepikiran dgn cx9 ini, cakep dan macho menurut saya, plus turbonya. Mana harga sekennya jg lumayan menarik, dibawah 600an thn 2020 😬
tp ngeliat dimensinya lgsg keder om, bongsornya pake banget g muat di carport saya, belum lg lewat jalan sktran rumah, kok kyknya bakalan ribet hehehe
Santafe kayaknya lebih reasonable secara ukuran luar, CX8 & CX9 sekilas panjang di moncong aja
bener om..
wheelbasenya juga lebih panjang malahan dibanding wheelbasenya palisade sekalipun..hehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

SF gasoline? siap siap kalo dijual lagi ditawar gila sama bakul... dan susah laku. siap siap saja.

tinggal rela apa nggak. yang diesel saja resale valuenya gak terlalu bagus.

ya saya ngajarin realistis aja beli mobil suatu saat akan dijual.... kalaupun gak dijual tinggal bersedia atau tidak piara mobil yang setiap slow moving kena harus indent 2 bulan.

kalau rela, ya monggo.

kalau nggak rela, ya beli new CRV turbo saja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Advice santa fe

Post by Zaxis »

Tiati beli mobil transmisi CVT
Kalo jebol bikin dompet nangis
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3029
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Advice santa fe

Post by KielConstantine »

Kalo benerin CVT aja yg simple gitu udah mau nangis

Gimana yg minta ganti mechatronic + fly wheel + clutch set tranny dual clutch. Jual ginjal kali :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Mon Jun 24, 2024 4:19 Kalo benerin CVT aja yg simple gitu udah mau nangis

Gimana yg minta ganti mechatronic + fly wheel + clutch set tranny dual clutch. Jual ginjal kali :ngacir:
AT biasa rontok di 150k aja ada :mky_07: CVT tahan sampe 300k jg ada :mky_07:

DCT dry sih udah sebuah keniscayaan minimal 100k km pertama keluar puluhan jut :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Advice santa fe

Post by faizzz »

VW Tiguan Allspace Om, ukuran masih compact dan lumayan menggoda jandanya...
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

Waduh, ini antara pecinta cvt sm abti cvt 😬

Tp klo untuk santa fe disel, amankah utk kendaraan jarang pakai? Apakah malahan biaya servisnya malah jd ga sepadan krn lbh mahal dibanding bensin?
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Advice santa fe

Post by Zaxis »

KielConstantine wrote: Mon Jun 24, 2024 4:19 Kalo benerin CVT aja yg simple gitu udah mau nangis

Gimana yg minta ganti mechatronic + fly wheel + clutch set tranny dual clutch. Jual ginjal kali :ngacir:
Maka nya biem ga jual mechantronic lagi ya?
Dengerin curhatan konsumen nya
Kalo DCT x1 belum masuk media ada yg jebol belum

Lagian kelas jelata gini cuma mampu beli mobil rakyat aja dah seneng tiap hari dielus2 sebelom tidur
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

D70EL97 wrote: Mon Jun 24, 2024 7:26 Waduh, ini antara pecinta cvt sm abti cvt 😬

Tp klo untuk santa fe disel, amankah utk kendaraan jarang pakai? Apakah malahan biaya servisnya malah jd ga sepadan krn lbh mahal dibanding bensin?
Se jarang apa? Kalo seminggu 1x amaan. Pokoknya jgn sebulan sekali aja.

Lebih takut solarnya nge gel ... Penyakit diesel kalo kelamaan didiemin. Ya minimal tiap hari dinyalain biar muter tuh solar

Modalin oli agak bagus biar interval ganti oli bs dihemat. Trust me pake oli kelas wahid yg perliter ratusan ribu lebih worth it krn lebih aman di longdrain drpd oli beRes yg dipake mendekati interval servis jg udah ga enak.

Mbl diesel canggih jg lebih sensitif ma oli denger2 beres H miring olinya rada g sesuai spek ampe klub santafe pada kesel trs touring aksi protes logo H nya ditutup :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Advice santa fe

Post by Salvanost »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 11:56
D70EL97 wrote: Mon Jun 24, 2024 7:26 Waduh, ini antara pecinta cvt sm abti cvt 😬

Tp klo untuk santa fe disel, amankah utk kendaraan jarang pakai? Apakah malahan biaya servisnya malah jd ga sepadan krn lbh mahal dibanding bensin?
Se jarang apa? Kalo seminggu 1x amaan. Pokoknya jgn sebulan sekali aja.

Lebih takut solarnya nge gel ... Penyakit diesel kalo kelamaan didiemin. Ya minimal tiap hari dinyalain biar muter tuh solar

Modalin oli agak bagus biar interval ganti oli bs dihemat. Trust me pake oli kelas wahid yg perliter ratusan ribu lebih worth it krn lebih aman di longdrain drpd oli beRes yg dipake mendekati interval servis jg udah ga enak.

Mbl diesel canggih jg lebih sensitif ma oli denger2 beres H miring olinya rada g sesuai spek ampe klub santafe pada kesel trs touring aksi protes logo H nya ditutup :mky_07:
buset diesel sensitif sama oli ya om?
kalau bensin kayanya oli ga enak ya tetap pake aja 2-3 bulan lagi
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Advice santa fe

Post by masaudie »

Saya pake santa fe diesel 2019 (pre Facelift) yg masih transmisi AT. Yg diesel 2021 keatas (FL) udah pake wet DCT. Pengalaman 2 taun pegang mobil ini, sedikit cerita:

1. User FL (yg pake DCT) ngeluh (belum terbiasa?) dengan karakter DCT yg ndut2an terutama saat stop n go.
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
3. Setuju untuk build quality dan performance, di harga segini gak banyak tandingannya. Mungkin yg lebih baik secara BQ CX series, scr performance CRV. Dikomparasi sama Zenix pun jauh.
4. Berangkat dari kijang 2014 bensin (GNKI dono), pas pegang mobil ini rasanya ky bumi dan langit hahaha. Alhamdulillah sangat puas. Kapasitas angkut manusia dan barang ya sedikit lebih sempit dari GNKI. Terakhir roadtrip keliling Jawa 3 dewasa 2 anak pinjem roofrack, jd lbh nyaman. Jadinya malah belajar cara pegang mobil diesel, ya gak ribet sih (oli sesuai spek, bbm sesuai spek, ganti oli dan filter2 sesuai buku manual).
5. Santa Fe bensin vs diesel: tetangga ada yg punya santa fe bensin FL (yg bensin masih pake transmisi AT 6 speed), mesin lebih halus (getaran lebih gak kerasa), tarikan lebih lembut. Saya ambil santa fe diesel krn suka roadtrip, jd butuh tenaga yg cukup buat di tol, nanjak, dll. Diesel asepnya lebih menyengat drpd bensin.

Mungkin paparan saya bs jadi pertimbangan om. Singkat kata kalo cari mobil yg powerful, bs ngangkut 4 dewasa 2 anak dgn cukup nyaman, fitur oke, bersedia sedikit diribetin untuk perawatan dan bersedia cerewet sedikit sama bengkel, santa fe diesel bisa jadi pilihan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

Salvanost wrote: Mon Jun 24, 2024 14:42
buset diesel sensitif sama oli ya om?
kalau bensin kayanya oli ga enak ya tetap pake aja 2-3 bulan lagi
Masalahnya mindset orang piara diesel di sini itu masih pemikiran miara kijang / panther lama. Yang mana ditangkap dgn baik sama astra makanya spek rebon disesuaikan supaya bisa dicekoki solar jelek.

Giliran kena diesel canggih, pd rewel semua. Dulu captiva kan kasus jg tuh akarnya sama : oli pabrikan gak sesuai. Sementara bbm diesel sini ya begitulah palagi zaman captiva jg msh pada hobi cekokin solar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by lexnic »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 23:37
Salvanost wrote: Mon Jun 24, 2024 14:42
buset diesel sensitif sama oli ya om?
kalau bensin kayanya oli ga enak ya tetap pake aja 2-3 bulan lagi
Masalahnya mindset orang piara diesel di sini itu masih pemikiran miara kijang / panther lama. Yang mana ditangkap dgn baik sama astra makanya spek rebon disesuaikan supaya bisa dicekoki solar jelek.

Giliran kena diesel canggih, pd rewel semua. Dulu captiva kan kasus jg tuh akarnya sama : oli pabrikan gak sesuai. Sementara bbm diesel sini ya begitulah palagi zaman captiva jg msh pada hobi cekokin solar.
tbh, mindset isi solar jelek gk bisa diterapin di mesin diesel common rail. cuma yah mau gmana, udh ketanam di mindset orang sini klo yg namanya mesin diesel kudu bisa minum biosolar hahaha. blm lg gap harga antara biosolar CN 48 dgn dexlite CN 51 yg trlalu jauh akibat kena subsidi. pdhl klo gk disubsidi, harganya mngkin gk beda jauh (dan orang yg aware psti pilih yg kualitasnya lbh bagus).

IMO, perbandingan antara output tenaga dgn BBM yg dikonsumsi di mesin 2kd & 2gd itu kurang bagus. mngkin karena lubang injektornya gk sekecil kepunyaan mesin diesel common rail pd umumnya. cuma yah, dsini laku2 aja, kan yg pnting bisa minum solar jelek :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

masaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
sbenernya yang mengkhawatirkan soal beres merek apapun di sini itu urusan per olian bener bener cuek dan ngga update. dikira cuma lendir jadi mesin apapun dipukul rata kali yah kan sama-sama cairan. padahal working temperaturenya udah beda banget, celah celah mesin juga lebih sempit :big_bored:

sebenernya yang bikin santafe cukup bertahan di indonesia itu peran komunitasnya kuat sekali.

HMI dulu walau hidup segan mati tak mau tp komunitas dirawat bgt. beda ma HMID yang rada bodoamat sama komunitas. bener tuh parts santi justru lebih apal dan lebih resourceful anak2 SOCI daripada orang bengkel hyundai nya :mky_07:

dulu mau ganti sensor ABS belakang santi, di 2 beres dibilang hrs beli se rotor disc, ama anak komunitas bilang bisa beli sensornya doank :mky_07:
lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 3:10
tbh, mindset isi solar jelek gk bisa diterapin di mesin diesel common rail. cuma yah mau gmana, udh ketanam di mindset orang sini klo yg namanya mesin diesel kudu bisa minum biosolar hahaha. blm lg gap harga antara biosolar CN 48 dgn dexlite CN 51 yg trlalu jauh akibat kena subsidi. pdhl klo gk disubsidi, harganya mngkin gk beda jauh (dan orang yg aware psti pilih yg kualitasnya lbh bagus).

IMO, perbandingan antara output tenaga dgn BBM yg dikonsumsi di mesin 2kd & 2gd itu kurang bagus. mngkin karena lubang injektornya gk sekecil kepunyaan mesin diesel common rail pd umumnya. cuma yah, dsini laku2 aja, kan yg pnting bisa minum solar jelek :big_peace:
di kita beruntung aja itu innova fortuner sharing platform ma hilux yg emang main tambang jadi nggak susah bikin commonparts. di sini juga ngga rewel soal emisi jadi ya udah kasih aja yang penting bisa isi solar 6800 dengan tenang tentram jaya.

ya mesin2 begini cuma bisa dibuang ke emerging market yang emission regulationnya ngga ketat dan ngga harus pake DPF malah dicumi-cumiin :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7