Advice santa fe

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:16
masaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
sbenernya yang mengkhawatirkan soal beres merek apapun di sini itu urusan per olian bener bener cuek dan ngga update. dikira cuma lendir jadi mesin apapun dipukul rata kali yah kan sama-sama cairan. padahal working temperaturenya udah beda banget, celah celah mesin juga lebih sempit :big_bored:

sebenernya yang bikin santafe cukup bertahan di indonesia itu peran komunitasnya kuat sekali.

HMI dulu walau hidup segan mati tak mau tp komunitas dirawat bgt. beda ma HMID yang rada bodoamat sama komunitas. bener tuh parts santi justru lebih apal dan lebih resourceful anak2 SOCI daripada orang bengkel hyundai nya :mky_07:

dulu mau ganti sensor ABS belakang santi, di 2 beres dibilang hrs beli se rotor disc, ama anak komunitas bilang bisa beli sensornya doank :mky_07:
lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 3:10
tbh, mindset isi solar jelek gk bisa diterapin di mesin diesel common rail. cuma yah mau gmana, udh ketanam di mindset orang sini klo yg namanya mesin diesel kudu bisa minum biosolar hahaha. blm lg gap harga antara biosolar CN 48 dgn dexlite CN 51 yg trlalu jauh akibat kena subsidi. pdhl klo gk disubsidi, harganya mngkin gk beda jauh (dan orang yg aware psti pilih yg kualitasnya lbh bagus).

IMO, perbandingan antara output tenaga dgn BBM yg dikonsumsi di mesin 2kd & 2gd itu kurang bagus. mngkin karena lubang injektornya gk sekecil kepunyaan mesin diesel common rail pd umumnya. cuma yah, dsini laku2 aja, kan yg pnting bisa minum solar jelek :big_peace:
di kita beruntung aja itu innova fortuner sharing platform ma hilux yg emang main tambang jadi nggak susah bikin commonparts. di sini juga ngga rewel soal emisi jadi ya udah kasih aja yang penting bisa isi solar 6800 dengan tenang tentram jaya.

ya mesin2 begini cuma bisa dibuang ke emerging market yang emission regulationnya ngga ketat dan ngga harus pake DPF malah dicumi-cumiin :big_bored:
Beres itu di luar nurul klo ngasih interval ganti lendir.

dia nerjemahin lgs dr manual book LN, dgn oli OEM specnya sekelas ExxonMobil :big_biglaugh:

Nah klo di sini, customernya nyari yg terjangkau, sementara HPP harus dijaga.
- Jadilah itu oli oem beres nya kelas STD, tapi diperlakukan seperti kelas Long Drain, karena translate dr manual book LN :big_biglaugh:

ATF aja masih ada manual book yg bilang ganti per 80rb km, periksa di 40rb km.
hanya bisa istighfar :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:49 Beres itu di luar nurul klo ngasih interval ganti lendir.

dia nerjemahin lgs dr manual book LN, dgn oli OEM specnya sekelas ExxonMobil :big_biglaugh:

Nah klo di sini, customernya nyari yg terjangkau, sementara HPP harus dijaga.
- Jadilah itu oli oem beres nya kelas STD, tapi diperlakukan seperti kelas Long Drain, karena translate dr manual book LN :big_biglaugh:

ATF aja masih ada manual book yg bilang ganti per 80rb km, periksa di 40rb km.
hanya bisa istighfar :mky_03:
lebih ngeri dulu liat buku manual civic FD dan GE8... rekomen bensinnya : RON88 :mky_07:

bukman LN kan rata-rata pakenya AKI dia terjemahin RON :mky_06:

kurang misleading apa itu. itu mending mobil kelas rakyat yang emang untungnya beneran kuat dicekokin RON88.

mobilnya canggih dikit, apes di user, beres ga ad tanggung jawab kalo reputasi produknya lemon karena kesalahan dy terjemahin bukman. buyer rugi banyak, kapok, ga mau beli merek itu.

terus yang salah jadi konsumen yang maunya mobil "resale value tinggi" pdhl resale value ya efek domino dari semua itu, klise :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:57
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:49 Beres itu di luar nurul klo ngasih interval ganti lendir.

dia nerjemahin lgs dr manual book LN, dgn oli OEM specnya sekelas ExxonMobil :big_biglaugh:

Nah klo di sini, customernya nyari yg terjangkau, sementara HPP harus dijaga.
- Jadilah itu oli oem beres nya kelas STD, tapi diperlakukan seperti kelas Long Drain, karena translate dr manual book LN :big_biglaugh:

ATF aja masih ada manual book yg bilang ganti per 80rb km, periksa di 40rb km.
hanya bisa istighfar :mky_03:
lebih ngeri dulu liat buku manual civic FD dan GE8... rekomen bensinnya : RON88 :mky_07:

bukman LN kan rata-rata pakenya AKI dia terjemahin RON :mky_06:

kurang misleading apa itu. itu mending mobil kelas rakyat yang emang untungnya beneran kuat dicekokin RON88.

mobilnya canggih dikit, apes di user, beres ga ad tanggung jawab kalo reputasi produknya lemon karena kesalahan dy terjemahin bukman. buyer rugi banyak, kapok, ga mau beli merek itu.

terus yang salah jadi konsumen yang maunya mobil "resale value tinggi" pdhl resale value ya efek domino dari semua itu, klise :big_biglaugh:
skrg krn issue green program, minimal semua nya RON 92
bahkan sigra calya udh wajib sampai distikerin di kaca belakang, minimal RON 92 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by lexnic »

ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:16
masaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
sbenernya yang mengkhawatirkan soal beres merek apapun di sini itu urusan per olian bener bener cuek dan ngga update. dikira cuma lendir jadi mesin apapun dipukul rata kali yah kan sama-sama cairan. padahal working temperaturenya udah beda banget, celah celah mesin juga lebih sempit :big_bored:

sebenernya yang bikin santafe cukup bertahan di indonesia itu peran komunitasnya kuat sekali.

HMI dulu walau hidup segan mati tak mau tp komunitas dirawat bgt. beda ma HMID yang rada bodoamat sama komunitas. bener tuh parts santi justru lebih apal dan lebih resourceful anak2 SOCI daripada orang bengkel hyundai nya :mky_07:

dulu mau ganti sensor ABS belakang santi, di 2 beres dibilang hrs beli se rotor disc, ama anak komunitas bilang bisa beli sensornya doank :mky_07:
kadang beres jga gk mau ribet mkanya klo ada apa2 mintanya ganti segelondong. klo udh bgini, tinggal pinter2nya kita sbg pemilik buat ambil keputusan. tapi sbenernya secara logika, ganti sensor ABS gk perlu smpe ganti rotor disc nya jga sih hehehe :mky_01:

ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:16
lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 3:10
tbh, mindset isi solar jelek gk bisa diterapin di mesin diesel common rail. cuma yah mau gmana, udh ketanam di mindset orang sini klo yg namanya mesin diesel kudu bisa minum biosolar hahaha. blm lg gap harga antara biosolar CN 48 dgn dexlite CN 51 yg trlalu jauh akibat kena subsidi. pdhl klo gk disubsidi, harganya mngkin gk beda jauh (dan orang yg aware psti pilih yg kualitasnya lbh bagus).

IMO, perbandingan antara output tenaga dgn BBM yg dikonsumsi di mesin 2kd & 2gd itu kurang bagus. mngkin karena lubang injektornya gk sekecil kepunyaan mesin diesel common rail pd umumnya. cuma yah, dsini laku2 aja, kan yg pnting bisa minum solar jelek :big_peace:
di kita beruntung aja itu innova fortuner sharing platform ma hilux yg emang main tambang jadi nggak susah bikin commonparts. di sini juga ngga rewel soal emisi jadi ya udah kasih aja yang penting bisa isi solar 6800 dengan tenang tentram jaya.

ya mesin2 begini cuma bisa dibuang ke emerging market yang emission regulationnya ngga ketat dan ngga harus pake DPF malah dicumi-cumiin :big_bored:
thn 2022 pas gd engine di update jdi euro 4, orang2 lngsung ketar ketir gara2 gk boleh dikasi solar jelek. dri sini aja udh kliatan tipe pembelinya kyk gmana (salah satunya ya yg di bold). :big_biglaugh:
ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:57
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:49 Beres itu di luar nurul klo ngasih interval ganti lendir.

dia nerjemahin lgs dr manual book LN, dgn oli OEM specnya sekelas ExxonMobil :big_biglaugh:

Nah klo di sini, customernya nyari yg terjangkau, sementara HPP harus dijaga.
- Jadilah itu oli oem beres nya kelas STD, tapi diperlakukan seperti kelas Long Drain, karena translate dr manual book LN :big_biglaugh:

ATF aja masih ada manual book yg bilang ganti per 80rb km, periksa di 40rb km.
hanya bisa istighfar :mky_03:
lebih ngeri dulu liat buku manual civic FD dan GE8... rekomen bensinnya : RON88 :mky_07:

bukman LN kan rata-rata pakenya AKI dia terjemahin RON :mky_06:

kurang misleading apa itu. itu mending mobil kelas rakyat yang emang untungnya beneran kuat dicekokin RON88.

mobilnya canggih dikit, apes di user, beres ga ad tanggung jawab kalo reputasi produknya lemon karena kesalahan dy terjemahin bukman. buyer rugi banyak, kapok, ga mau beli merek itu.

terus yang salah jadi konsumen yang maunya mobil "resale value tinggi" pdhl resale value ya efek domino dari semua itu, klise :big_biglaugh:
konsumen dsini bnyk maunya, akhirnya msti dikorting sana sini biar tetep laku & harga jualnya masuk. tapi klo smpe salah tulis buku manual ya kebangetan sih.
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 4:26 skrg krn issue green program, minimal semua nya RON 92
bahkan sigra calya udh wajib sampai distikerin di kaca belakang, minimal RON 92 :big_biglaugh:
udh dikasih stiker RON 92 bukan berarti pasti diikutin sama pemiliknya mbah ahahaha

buat TS, ambil yg santa fe diesel pre facelift yg thn 2019 aja (yg blm pake DCT). tampilan msh gk trlalu kliatan jadul & karena msh pake AT, perawatan transimisinya relatif lbh simple dibanding DCT.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
sbm22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
Location: Tangerang Selatan

Re: Advice santa fe

Post by sbm22 »

D70EL97 wrote: Sat Jun 22, 2024 13:45 Permisi para suhu, mohon sharing2 dan advicenya.
Ada rencana mau ganti santafe krn tertarik dengan model dan ktnya fun to drive nya (apakah ini berlaku juga utk yg bensin nya?), utk kendaraan yg bukan harian, alias banyakan dipakenya sabtu minggu, tp sesekali suka jalan ke sekitaran jawa timur, worthed kah utk miara santa fe diesel?
Kenapa santafe? Krn butuhnya yg 7 seater. Senpat baca-baca, ktnya klo diesel harus sering perputaran bahan bakarnya (benar ga ya ini ya?)
Atau kalo santa fe bensinnya seperti apa ya, dari sisi tenaga, sparepart, aftersales atau perawatannya, sama bahan bakarnya (wajib pertabo atau bisa pertamax?), keiritannya gmn? (Apakah jauh versi bensin dan diesel nya)
Saya punya Santa Fe bensin 2.5L di awal 2024.
Kalau soal fun to drive mungkin yg diesel lebih menarik krn torsi gede di putaran bawah. Yg bensin lebih ke arah smooth. Enak dikendarai? yes untuk mobil SUV sekelasnya.

Mesin diesel memang lebih irit, tp selisih harga mesin bensin vs diesel Santa fe bs sampai Rp 80jt-an. Harga Dex jg lebih mahal dari Pertamax 92 (santa fe bensin bisa pakai 92, sesuai rekomendasi bengkel Hyundai, dan sesuai buku manualnya). Jadi kalau untuk pemakaian jarak pendek-menengah mesin bensin msh terhitung ok.

Sisi tenaga ok bgt, mendahului di tol jg lincah, walaupun bukan tandingan mesin turbo. Untuk road trip nyaman, mungkin krn paduan suspensi dan joknya yg empuk.

Transmisinya AT 6 speed, bukan cvt.

Peredaman kabin mirip dgn mobil eropa (vw). Radius putarnya ternyata baik sekali, sangat membantu kalau naik/turun ramp di gedung parkir yg super pelit space.

Aftersales n sparepart blm bs komen krn mobil relatif baru.
Untuk keiiritan, bisa ngintip review2 di youtube.

Dgn harga Rp 600jt-an untuk yg bensin trim termurah, ini SUV yg tergolong ok value for money.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

sbm22 wrote: Tue Jun 25, 2024 5:31
D70EL97 wrote: Sat Jun 22, 2024 13:45 Permisi para suhu, mohon sharing2 dan advicenya.
Ada rencana mau ganti santafe krn tertarik dengan model dan ktnya fun to drive nya (apakah ini berlaku juga utk yg bensin nya?), utk kendaraan yg bukan harian, alias banyakan dipakenya sabtu minggu, tp sesekali suka jalan ke sekitaran jawa timur, worthed kah utk miara santa fe diesel?
Kenapa santafe? Krn butuhnya yg 7 seater. Senpat baca-baca, ktnya klo diesel harus sering perputaran bahan bakarnya (benar ga ya ini ya?)
Atau kalo santa fe bensinnya seperti apa ya, dari sisi tenaga, sparepart, aftersales atau perawatannya, sama bahan bakarnya (wajib pertabo atau bisa pertamax?), keiritannya gmn? (Apakah jauh versi bensin dan diesel nya)
Saya punya Santa Fe bensin 2.5L di awal 2024.
Kalau soal fun to drive mungkin yg diesel lebih menarik krn torsi gede di putaran bawah. Yg bensin lebih ke arah smooth. Enak dikendarai? yes untuk mobil SUV sekelasnya.

Mesin diesel memang lebih irit, tp selisih harga mesin bensin vs diesel Santa fe bs sampai Rp 80jt-an. Harga Dex jg lebih mahal dari Pertamax 92 (santa fe bensin bisa pakai 92, sesuai rekomendasi bengkel Hyundai, dan sesuai buku manualnya). Jadi kalau untuk pemakaian jarak pendek-menengah mesin bensin msh terhitung ok.

Sisi tenaga ok bgt, mendahului di tol jg lincah, walaupun bukan tandingan mesin turbo. Untuk road trip nyaman, mungkin krn paduan suspensi dan joknya yg empuk.

Transmisinya AT 6 speed, bukan cvt.

Peredaman kabin mirip dgn mobil eropa (vw). Radius putarnya ternyata baik sekali, sangat membantu kalau naik/turun ramp di gedung parkir yg super pelit space.

Aftersales n sparepart blm bs komen krn mobil relatif baru.
Untuk keiiritan, bisa ngintip review2 di youtube.

Dgn harga Rp 600jt-an untuk yg bensin trim termurah, ini SUV yg tergolong ok value for money.
Sejauh ini salah satu pilihan yg paling sensible ya ini (klo masih ragu sm merk tiongkok).

H miring sudah cukup proven track recordnya.
memang tidak ada yg sempurna, tp masih manageable after sales serivcenya.

Teknologinya common but proven; Mesin bensin N/A, less complexity dan reliable.
Pernah lihat di toko audio, bongkar2 di balik door trimnya, peredamnya mirip mobil eropa, pk bahan synthetic rubber, jadi bagian dalam rangka pintu gak telanjang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 5:12
kadang beres jga gk mau ribet mkanya klo ada apa2 mintanya ganti segelondong. klo udh bgini, tinggal pinter2nya kita sbg pemilik buat ambil keputusan. tapi sbenernya secara logika, ganti sensor ABS gk perlu smpe ganti rotor disc nya jga sih hehehe :mky_01:

thn 2022 pas gd engine di update jdi euro 4, orang2 lngsung ketar ketir gara2 gk boleh dikasi solar jelek. dri sini aja udh kliatan tipe pembelinya kyk gmana (salah satunya ya yg di bold). :big_biglaugh:
beres itu prinsip kerjanya minimizing downtime krn stall harus cepat muter. makanya opsi ganti segelondong itu opsi cepat (aka males mikir dan ga bisa mikir juga orang isinya anak STM praktek atau baru lulus). dari pabrik / gudang partsnya jg jangan2 emang udah di stok segelondong, jadi di gelondongin sekalian jualnya. apalagi HMI dulu gurem banget bengkelnya surem ya beginian pasti ladang uang deh :ungg:

sbenernya kalo ngomongin emisi karbon di sini itu ngga pernah serius soal isu emisi karbon. adapun ya isunya dibisnisin macem moblis atau uji emisi. orang beli moblis aja main concernnya bukan emisi karbon kan :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

faizzz wrote: Mon Jun 24, 2024 2:15
D70EL97 wrote: Mon Jun 24, 2024 0:33
Makasih sarannya om.
Sempat kepikiran dgn cx9 ini, cakep dan macho menurut saya, plus turbonya. Mana harga sekennya jg lumayan menarik, dibawah 600an thn 2020 ๐Ÿ˜ฌ
tp ngeliat dimensinya lgsg keder om, bongsornya pake banget g muat di carport saya, belum lg lewat jalan sktran rumah, kok kyknya bakalan ribet hehehe
Santafe kayaknya lebih reasonable secara ukuran luar, CX8 & CX9 sekilas panjang di moncong aja
Baru liat2 yt, kyknya row 3 nya agak lbh proper cx 8 ya dibanding santafe? ๐Ÿค”
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 11:56
D70EL97 wrote: Mon Jun 24, 2024 7:26 Waduh, ini antara pecinta cvt sm abti cvt ๐Ÿ˜ฌ

Tp klo untuk santa fe disel, amankah utk kendaraan jarang pakai? Apakah malahan biaya servisnya malah jd ga sepadan krn lbh mahal dibanding bensin?
Se jarang apa? Kalo seminggu 1x amaan. Pokoknya jgn sebulan sekali aja.

Lebih takut solarnya nge gel ... Penyakit diesel kalo kelamaan didiemin. Ya minimal tiap hari dinyalain biar muter tuh solar

Modalin oli agak bagus biar interval ganti oli bs dihemat. Trust me pake oli kelas wahid yg perliter ratusan ribu lebih worth it krn lebih aman di longdrain drpd oli beRes yg dipake mendekati interval servis jg udah ga enak.

Mbl diesel canggih jg lebih sensitif ma oli denger2 beres H miring olinya rada g sesuai spek ampe klub santafe pada kesel trs touring aksi protes logo H nya ditutup :mky_07:
Seminggu sekali kepake om, utk jalan2 sm keluarga ๐Ÿ˜ฌ
Oli nya brti yg dr beres g bagus ya om? Waduh, was2 do g pake h miring yg diesel om? ๐Ÿ˜… ini hanya berlaku dieselnya santafe ya om? Klo bensinnya perlu cerewet masalah per oli an ke beres jg kah?

Makasih om
Last edited by D70EL97 on Tue Jun 25, 2024 7:45, edited 1 time in total.
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

masaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01 Saya pake santa fe diesel 2019 (pre Facelift) yg masih transmisi AT. Yg diesel 2021 keatas (FL) udah pake wet DCT. Pengalaman 2 taun pegang mobil ini, sedikit cerita:

1. User FL (yg pake DCT) ngeluh (belum terbiasa?) dengan karakter DCT yg ndut2an terutama saat stop n go.
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
3. Setuju untuk build quality dan performance, di harga segini gak banyak tandingannya. Mungkin yg lebih baik secara BQ CX series, scr performance CRV. Dikomparasi sama Zenix pun jauh.
4. Berangkat dari kijang 2014 bensin (GNKI dono), pas pegang mobil ini rasanya ky bumi dan langit hahaha. Alhamdulillah sangat puas. Kapasitas angkut manusia dan barang ya sedikit lebih sempit dari GNKI. Terakhir roadtrip keliling Jawa 3 dewasa 2 anak pinjem roofrack, jd lbh nyaman. Jadinya malah belajar cara pegang mobil diesel, ya gak ribet sih (oli sesuai spek, bbm sesuai spek, ganti oli dan filter2 sesuai buku manual).
5. Santa Fe bensin vs diesel: tetangga ada yg punya santa fe bensin FL (yg bensin masih pake transmisi AT 6 speed), mesin lebih halus (getaran lebih gak kerasa), tarikan lebih lembut. Saya ambil santa fe diesel krn suka roadtrip, jd butuh tenaga yg cukup buat di tol, nanjak, dll. Diesel asepnya lebih menyengat drpd bensin.

Mungkin paparan saya bs jadi pertimbangan om. Singkat kata kalo cari mobil yg powerful, bs ngangkut 4 dewasa 2 anak dgn cukup nyaman, fitur oke, bersedia sedikit diribetin untuk perawatan dan bersedia cerewet sedikit sama bengkel, santa fe diesel bisa jadi pilihan.
Wah, ini lengkap banget penjelasannya om, mantab ๐Ÿ˜
Dulu make mob ops kantor, reborn diesel, tp kita yg disuruh servis sendiri, kyknya g ribetโ€ฆemang kompensasinya nyaman seadanya hehehe.

Makasih banyak om
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 5:12
ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:16
masaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
sbenernya yang mengkhawatirkan soal beres merek apapun di sini itu urusan per olian bener bener cuek dan ngga update. dikira cuma lendir jadi mesin apapun dipukul rata kali yah kan sama-sama cairan. padahal working temperaturenya udah beda banget, celah celah mesin juga lebih sempit :big_bored:

sebenernya yang bikin santafe cukup bertahan di indonesia itu peran komunitasnya kuat sekali.

HMI dulu walau hidup segan mati tak mau tp komunitas dirawat bgt. beda ma HMID yang rada bodoamat sama komunitas. bener tuh parts santi justru lebih apal dan lebih resourceful anak2 SOCI daripada orang bengkel hyundai nya :mky_07:

dulu mau ganti sensor ABS belakang santi, di 2 beres dibilang hrs beli se rotor disc, ama anak komunitas bilang bisa beli sensornya doank :mky_07:
kadang beres jga gk mau ribet mkanya klo ada apa2 mintanya ganti segelondong. klo udh bgini, tinggal pinter2nya kita sbg pemilik buat ambil keputusan. tapi sbenernya secara logika, ganti sensor ABS gk perlu smpe ganti rotor disc nya jga sih hehehe :mky_01:

ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:16
lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 3:10
tbh, mindset isi solar jelek gk bisa diterapin di mesin diesel common rail. cuma yah mau gmana, udh ketanam di mindset orang sini klo yg namanya mesin diesel kudu bisa minum biosolar hahaha. blm lg gap harga antara biosolar CN 48 dgn dexlite CN 51 yg trlalu jauh akibat kena subsidi. pdhl klo gk disubsidi, harganya mngkin gk beda jauh (dan orang yg aware psti pilih yg kualitasnya lbh bagus).

IMO, perbandingan antara output tenaga dgn BBM yg dikonsumsi di mesin 2kd & 2gd itu kurang bagus. mngkin karena lubang injektornya gk sekecil kepunyaan mesin diesel common rail pd umumnya. cuma yah, dsini laku2 aja, kan yg pnting bisa minum solar jelek :big_peace:
di kita beruntung aja itu innova fortuner sharing platform ma hilux yg emang main tambang jadi nggak susah bikin commonparts. di sini juga ngga rewel soal emisi jadi ya udah kasih aja yang penting bisa isi solar 6800 dengan tenang tentram jaya.

ya mesin2 begini cuma bisa dibuang ke emerging market yang emission regulationnya ngga ketat dan ngga harus pake DPF malah dicumi-cumiin :big_bored:
thn 2022 pas gd engine di update jdi euro 4, orang2 lngsung ketar ketir gara2 gk boleh dikasi solar jelek. dri sini aja udh kliatan tipe pembelinya kyk gmana (salah satunya ya yg di bold). :big_biglaugh:
ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 3:57
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 3:49 Beres itu di luar nurul klo ngasih interval ganti lendir.

dia nerjemahin lgs dr manual book LN, dgn oli OEM specnya sekelas ExxonMobil :big_biglaugh:

Nah klo di sini, customernya nyari yg terjangkau, sementara HPP harus dijaga.
- Jadilah itu oli oem beres nya kelas STD, tapi diperlakukan seperti kelas Long Drain, karena translate dr manual book LN :big_biglaugh:

ATF aja masih ada manual book yg bilang ganti per 80rb km, periksa di 40rb km.
hanya bisa istighfar :mky_03:
lebih ngeri dulu liat buku manual civic FD dan GE8... rekomen bensinnya : RON88 :mky_07:

bukman LN kan rata-rata pakenya AKI dia terjemahin RON :mky_06:

kurang misleading apa itu. itu mending mobil kelas rakyat yang emang untungnya beneran kuat dicekokin RON88.

mobilnya canggih dikit, apes di user, beres ga ad tanggung jawab kalo reputasi produknya lemon karena kesalahan dy terjemahin bukman. buyer rugi banyak, kapok, ga mau beli merek itu.

terus yang salah jadi konsumen yang maunya mobil "resale value tinggi" pdhl resale value ya efek domino dari semua itu, klise :big_biglaugh:
konsumen dsini bnyk maunya, akhirnya msti dikorting sana sini biar tetep laku & harga jualnya masuk. tapi klo smpe salah tulis buku manual ya kebangetan sih.
Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 4:26 skrg krn issue green program, minimal semua nya RON 92
bahkan sigra calya udh wajib sampai distikerin di kaca belakang, minimal RON 92 :big_biglaugh:
udh dikasih stiker RON 92 bukan berarti pasti diikutin sama pemiliknya mbah ahahaha

buat TS, ambil yg santa fe diesel pre facelift yg thn 2019 aja (yg blm pake DCT). tampilan msh gk trlalu kliatan jadul & karena msh pake AT, perawatan transimisinya relatif lbh simple dibanding DCT.
Yg pre facelift kyknya mirip2 dgn yg kekinian ya om? Menarik jg hrgnya yg 2019 sih ini ๐Ÿ˜
Secara kebadakan, masih lebih tahan yg AT kah ini om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

D70EL97 wrote: Tue Jun 25, 2024 7:42 Seminggu sekali kepake om, utk jalan2 sm keluarga ๐Ÿ˜ฌ
Oli nya brti yg dr beres g bagus ya om? Waduh, was2 do g pake h miring yg diesel om? ๐Ÿ˜… ini hanya berlaku dieselnya santafe ya om? Klo bensinnya perlu cerewet masalah per oli an ke beres jg kah?

Makasih om
kalau seminggu sekali sih enak beli diesel aja, jualnya lagi juga ngga sulit kota kota besar peminatnya gede ini santafe diesel. butuh uang cepet lebih gampang jual yang diesel.

kalo yang bensin sepertinya nggak, yang masuk sini bensin juga mesinnya pake versi lama belum direct injection. tenaganya lebih kecil (yg smartstream gdi bensin 192hp, yg spek indo masih mpi 174hp). lebih less hassle kalo road trip gak ketemu bbm bagus, cuma ya itu harus rela ditawar agak sadis dan lebih sulit laku.... kecuali emang mau dihabisin mobilnya sampe 10 thn lebih.

oli nggak sesuai spek gitu biasa obatnya gampang : ganti oli lebih cepet aja. tapi kan malah jadi repot mending sekalian beli oli di luaran yg bagus longdrain lebih2 dikit dari interval beres jg aman kalo blom sempet ganti oli :big_okay: bukan nyaranin telat telat ganti oli ya cuma emang lebih aman aja utk keseluruhan kondisi mesin krn sampe lifetime akhir performa oli relatif stabil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by darrelund »

D70EL97 wrote: Tue Jun 25, 2024 7:42
Seminggu sekali kepake om, utk jalan2 sm keluarga ๐Ÿ˜ฌ
Oli nya brti yg dr beres g bagus ya om? Waduh, was2 do g pake h miring yg diesel om? ๐Ÿ˜… ini hanya berlaku dieselnya santafe ya om? Klo bensinnya perlu cerewet masalah per oli an ke beres jg kah?

Makasih om
dibilang was" jg engga

cuma ya masalahnya mau spend extra time ap engga

kyk filter oli & parts lainnya pasti ada aja yg juwal, baik ori/kw

oli jg banyak pilihannya
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Jun 24, 2024 4:27
KielConstantine wrote: Mon Jun 24, 2024 4:19 Kalo benerin CVT aja yg simple gitu udah mau nangis

Gimana yg minta ganti mechatronic + fly wheel + clutch set tranny dual clutch. Jual ginjal kali :ngacir:
AT biasa rontok di 150k aja ada :mky_07: CVT tahan sampe 300k jg ada :mky_07:

DCT dry sih udah sebuah keniscayaan minimal 100k km pertama keluar puluhan jut :ngacir:
itu bocah" oonda aja yg civic turbo / crv turbo. pake cvt pada pecicilan betot sana sini kyknya aman aja, pasti ud remap :big_biglaugh:

cvt honda kalahnya di excessive torque klo modipnya asal"an/ ato ya gapernah ganti oli cvt

limitnya 350-400nm klo ga salah klo yg turbo
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by lexnic »

D70EL97 wrote: Tue Jun 25, 2024 8:01
lexnic wrote: Tue Jun 25, 2024 5:12 ---CUT---

buat TS, ambil yg santa fe diesel pre facelift yg thn 2019 aja (yg blm pake DCT). tampilan msh gk trlalu kliatan jadul & karena msh pake AT, perawatan transimisinya relatif lbh simple dibanding DCT.
Yg pre facelift kyknya mirip2 dgn yg kekinian ya om? Menarik jg hrgnya yg 2019 sih ini ๐Ÿ˜
Secara kebadakan, masih lebih tahan yg AT kah ini om?
ada bedanya sih, tapi kebanyakan bedanya gk kasat mata. kyknya pernah dibahas list perbedaannya di youtube nya c*rm*d*. ini saya saranin yg 2019 pre facelift setelah baca komen om masaudie yg ini:
masaudie wrote: Mon Jun 24, 2024 23:01 Saya pake santa fe diesel 2019 (pre Facelift) yg masih transmisi AT. Yg diesel 2021 keatas (FL) udah pake wet DCT. Pengalaman 2 taun pegang mobil ini, sedikit cerita:

1. User FL (yg pake DCT) ngeluh (belum terbiasa?) dengan karakter DCT yg ndut2an terutama saat stop n go.
2. Seperti kata om ChZ, agak lucu bengkel resmi nya gak punya oli yang speknya sesuai manual book. Hal ini terjadi untuk oli mesin dan oli transmisi. Akhirnya bawa oli sendiri yg sesuai spek. Cerita dari temen2 bbrp part slow moving bisa inden berminggu2, tp di komunitas ada yg bisa bantu masukin (kalo bengkel susah/lama). Part OEM nya juga sudah mulai banyak. Terakhir sy ganti link stabil nunggu 1 mingguan.
3. Setuju untuk build quality dan performance, di harga segini gak banyak tandingannya. Mungkin yg lebih baik secara BQ CX series, scr performance CRV. Dikomparasi sama Zenix pun jauh.
4. Berangkat dari kijang 2014 bensin (GNKI dono), pas pegang mobil ini rasanya ky bumi dan langit hahaha. Alhamdulillah sangat puas. Kapasitas angkut manusia dan barang ya sedikit lebih sempit dari GNKI. Terakhir roadtrip keliling Jawa 3 dewasa 2 anak pinjem roofrack, jd lbh nyaman. Jadinya malah belajar cara pegang mobil diesel, ya gak ribet sih (oli sesuai spek, bbm sesuai spek, ganti oli dan filter2 sesuai buku manual).
5. Santa Fe bensin vs diesel: tetangga ada yg punya santa fe bensin FL (yg bensin masih pake transmisi AT 6 speed), mesin lebih halus (getaran lebih gak kerasa), tarikan lebih lembut. Saya ambil santa fe diesel krn suka roadtrip, jd butuh tenaga yg cukup buat di tol, nanjak, dll. Diesel asepnya lebih menyengat drpd bensin.

Mungkin paparan saya bs jadi pertimbangan om. Singkat kata kalo cari mobil yg powerful, bs ngangkut 4 dewasa 2 anak dgn cukup nyaman, fitur oke, bersedia sedikit diribetin untuk perawatan dan bersedia cerewet sedikit sama bengkel, santa fe diesel bisa jadi pilihan.
klo transmisi AT kan itungannya lbh umum dibanding DCT. jdi hrusnya utk perawatan relatif lbh simple dibanding ngerawat DCT (biarpun DCTnya yg wet).
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »



Estimasi up to 740jt
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Advice santa fe

Post by masaudie »

Kalo mau ambil yg diesel pre facelift, saya saranin ambil yg tipe Grand (cuma ada 1 trim: hanya warna hitam, hanya ada diesel, thn 2019-2020). Ini semacam Facelift pre facelift (haha bingung ya) dr santa fe TM yg masuk ke Indo. Bedanya sama versi sebelomnya: jok kulit lgsg pasangan dr Korea, head unit udh bs android auto/carplay, kamera mundur, power back door, autohold, instrument cluster LCD. Yg 2018 belum punya fitur2 ini. Tampilan luar gak ada beda.
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Advice santa fe

Post by faizzz »

masaudie wrote: Tue Jun 25, 2024 13:02 Kalo mau ambil yg diesel pre facelift, saya saranin ambil yg tipe Grand (cuma ada 1 trim: hanya warna hitam, hanya ada diesel, thn 2019-2020). Ini semacam Facelift pre facelift (haha bingung ya) dr santa fe TM yg masuk ke Indo. Bedanya sama versi sebelomnya: jok kulit lgsg pasangan dr Korea, head unit udh bs android auto/carplay, kamera mundur, power back door, autohold, instrument cluster LCD. Yg 2018 belum punya fitur2 ini. Tampilan luar gak ada beda.
Grand Santafe itu transisi sebelum ganti platform dan mesin bukan Om?
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Advice santa fe

Post by masaudie »

masaudie wrote: Tue Jun 25, 2024 13:02 Kalo mau ambil yg diesel pre facelift, saya saranin ambil yg tipe Grand (cuma ada 1 trim: hanya warna hitam, hanya ada diesel, thn 2019-2020). Ini semacam Facelift pre facelift (haha bingung ya) dr santa fe TM yg masuk ke Indo. Bedanya sama versi sebelomnya: jok kulit lgsg pasangan dr Korea, head unit udh bs android auto/carplay, kamera mundur, power back door, autohold, instrument cluster LCD. Yg versi sblm ini belum punya fitur2 ini. Tampilan luar gak ada beda.
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Advice santa fe

Post by masaudie »

faizzz wrote: Tue Jun 25, 2024 13:34
masaudie wrote: Tue Jun 25, 2024 13:02 Kalo mau ambil yg diesel pre facelift, saya saranin ambil yg tipe Grand (cuma ada 1 trim: hanya warna hitam, hanya ada diesel, thn 2019-2020). Ini semacam Facelift pre facelift (haha bingung ya) dr santa fe TM yg masuk ke Indo. Bedanya sama versi sebelomnya: jok kulit lgsg pasangan dr Korea, head unit udh bs android auto/carplay, kamera mundur, power back door, autohold, instrument cluster LCD. Yg 2018 belum punya fitur2 ini. Tampilan luar gak ada beda.
Grand Santafe itu transisi sebelum ganti platform dan mesin bukan Om?
Pas santa fe keluar tipe TM di 2018 (trim GLS, XG), di taun 2019 muncul trim Grand. Baru abis itu yg facelift. Platform sih sama2 TM. Cuma ya pas facelift mesin dan transmisi berubah, tampilan berubah.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

Sebagai mantan SF DM FL 2016 Gasoline, dan sekarang SF TM FL 2024 Diesel.

Kesimpulannya :
1. Bensin lebih halus.
2. Bensin lebih boros.
3. Bensin lebih murah baik bensin, pajak dan perawatan.

Tergantung tipe org sih, kl demen nyantai nyetirnya bensin lebih OK, tp kl tipikal rada agresif mending Diesel.
Singkatnya yang bensin sedikit membosankan, krn yah bgitu aja tenaganya.

Intinya dua dua nya OK, cuman wet DCT si diesel perlu pembiasaan apalagi sebelumnya yg bawa mbl CVT.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Advice santa fe

Post by zonepublic »

Kalo santafe yg 2018 keatas model grand santafe udah Electronic parkir brake,ga tahu kalo saya sih ga suka ya,ga di indo ga di luar rentan masalah itu EPB
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: Advice santa fe

Post by Zordon »

Utk pajak tahunannya berapa ya om?yg bensin dan diesel
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

Zordon wrote: Tue Jun 25, 2024 22:46 Utk pajak tahunannya berapa ya om?yg bensin dan diesel
Yg sy dl trakhir 2016 bensin aja di 5.7an, yg TM FL Diesel skrg 8.2an.

Bensin TM FL mungkin di 7an.
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

Suryaputra wrote: Tue Jun 25, 2024 12:55

Estimasi up to 740jt
Waduh, new racun ๐Ÿ˜…
Tapi keliatannya 2 row ini ya om?