Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Aditxman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Sep 18, 2022 14:29
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki baleno hatchback 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Aditxman »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 5:47
iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 5:07
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 4:25
Udah remap juga kan CiBo nya yah?

faktor perpanjang umur oli:
- Tuang mesran murah 1 liter ketika tetes terakhir oli lama (untuk flush oil pan aja)
- Pakai Pertamax Turbo atau RON yg sesuai dan Minim sulfur
- Cooling System sampai coolant prima dan fresh (klo mobil baru harusnya sih aman yaa)
- Kondisi Traffic
- Driving Style
udah sih om. kan kalo pake mobil turbo gak di remap kata orang yang bener aja... rugi dong :mky_01:

poin 1 nggak pake sih. poin 2 3 ya udh aman, kalo 4 5 ini nih yg udh gk ketolong wkwkwkw
t105erd wrote: Fri Mar 01, 2024 4:27
Turbo Honda itu GDI bukan om? bukanya harus khusus yg ada LSPI protection yak?
wah kalo udh sampe GDI LSPI gini nggak tau nih.. udh telalu teknis. nanya2 di forum disaranin pake d1 fe 0w20 kan makanya hajar ini saya
Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
gas om saya pake q8 d1 special fe 5w30 d mesin k14b suzuki

bodoo amat yang suruh 0w20 wkwkwkw

pake filter oli SARP suzzuki pak q8 gas 10rb d mesin k14b
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Aditxman wrote: Fri Mar 01, 2024 9:08
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 5:47
iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 5:07

udah sih om. kan kalo pake mobil turbo gak di remap kata orang yang bener aja... rugi dong :mky_01:

poin 1 nggak pake sih. poin 2 3 ya udh aman, kalo 4 5 ini nih yg udh gk ketolong wkwkwkw


wah kalo udh sampe GDI LSPI gini nggak tau nih.. udh telalu teknis. nanya2 di forum disaranin pake d1 fe 0w20 kan makanya hajar ini saya
Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
gas om saya pake q8 d1 special fe 5w30 d mesin k14b suzuki

bodoo amat yang suruh 0w20 wkwkwkw

pake filter oli SARP suzzuki pak q8 gas 10rb d mesin k14b
gass omm
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Aditxman wrote: Fri Mar 01, 2024 9:08
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 5:47
iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 5:07

udah sih om. kan kalo pake mobil turbo gak di remap kata orang yang bener aja... rugi dong :mky_01:

poin 1 nggak pake sih. poin 2 3 ya udh aman, kalo 4 5 ini nih yg udh gk ketolong wkwkwkw


wah kalo udh sampe GDI LSPI gini nggak tau nih.. udh telalu teknis. nanya2 di forum disaranin pake d1 fe 0w20 kan makanya hajar ini saya
Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
gas om saya pake q8 d1 special fe 5w30 d mesin k14b suzuki

bodoo amat yang suruh 0w20 wkwkwkw

pake filter oli SARP suzzuki pak q8 gas 10rb d mesin k14b
maknyuuzz... bukan oli kaum mendang-mending ini :big_exellent:
IMG_20240225_073921.jpg
ini oli mendang mending
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Hahaha
Arabian base oil club :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Red1nzer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 29, 2024 13:24
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Red1nzer »

Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 2:30
Haiqalesha wrote: Fri Feb 23, 2024 2:29
Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 2:15

Gpp setahun kakak.

pk oli yg kelas 125k seliter aja klo mau setahun.
filternya juga pakai PTT FitAuto yg 60rb-an buat honda.
itu filter long drain.
Buat 1 nz tapi :D
oh ya udah PFG 5w30 aja :big_peace:
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.

1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih 🙏

Makasih om.
Last edited by Red1nzer on Sat Mar 02, 2024 4:20, edited 1 time in total.
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by midrpm »

Suryaputra wrote: Tue Feb 06, 2024 0:17
midrpm wrote: Mon Feb 05, 2024 7:06 Om ada yg pernah coba stinger engine flush kah? saya sering liat di IG bengkel m1ster oli mobil, claimnya bisa membuang sisa2 oli mesin di sela2 terdalam dan membuat suara mesin jadi lebih halus. Ini kira2 worthed ga ya? dan apakah aman untuk mobil yg kilometernya tinggi 150 rb km up?
Gak usah mbah.
Gimmick doang itu.

Pk aja oli diesel / bensin spt Bardahl S9 5w30.
Olahraga di tol, pakai 3rb km dan buang.
Itu udh bagus deterjen nya.

Selanjutnya bs pk oli yg sama, atau upgrade ke Fastron Gold, kyu8, dkk nya.
Dgn interval ganti yg lbh panjang.

Yg penting cooling system kuncinya.
Detil teknis bisa japri untuk cek cooling system, ke suhu mbah marmut.
Oke om makasih infonya, jd cm gimmick yaa.
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by midrpm »

t105erd wrote: Tue Feb 06, 2024 0:25
midrpm wrote: Mon Feb 05, 2024 7:06 Om ada yg pernah coba stinger engine flush kah? saya sering liat di IG bengkel m1ster oli mobil, claimnya bisa membuang sisa2 oli mesin di sela2 terdalam dan membuat suara mesin jadi lebih halus. Ini kira2 worthed ga ya? dan apakah aman untuk mobil yg kilometernya tinggi 150 rb km up?
Mau mobilnya sudah 500rb km kalau jadwal penggantian oli rutin dan pakai oli yg bagus juga ga bakal butuh begitu2an menurut saya, kan fungsi oli juga ada detergentnya. malah kalo di flush begituan ngilangin lapisan oil film yang nempel di metal mesin, ibarat tanganya kena oli cuci tangan pakai bensin/pembersih, yang ada keset wkwk... jadi bikin mesin aus saat proses flush dan awal start sebelum oli bisa sirkulasi ke semua bagian.

tapi sih orang pendapatnya beda2 yah, yang penting yakin aja ga usah ragu :big_biglaugh:
Siap om, soalnya klo dilihat harga jasa stingernya juga mahal.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 4:16
Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 2:30
Haiqalesha wrote: Fri Feb 23, 2024 2:29

Buat 1 nz tapi :D
oh ya udah PFG 5w30 aja :big_peace:
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.

1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih 🙏

Makasih om.
midrpm wrote: Sat Mar 02, 2024 5:53
Suryaputra wrote: Tue Feb 06, 2024 0:17
midrpm wrote: Mon Feb 05, 2024 7:06 Om ada yg pernah coba stinger engine flush kah? saya sering liat di IG bengkel m1ster oli mobil, claimnya bisa membuang sisa2 oli mesin di sela2 terdalam dan membuat suara mesin jadi lebih halus. Ini kira2 worthed ga ya? dan apakah aman untuk mobil yg kilometernya tinggi 150 rb km up?
Gak usah mbah.
Gimmick doang itu.

Pk aja oli diesel / bensin spt Bardahl S9 5w30.
Olahraga di tol, pakai 3rb km dan buang.
Itu udh bagus deterjen nya.

Selanjutnya bs pk oli yg sama, atau upgrade ke Fastron Gold, kyu8, dkk nya.
Dgn interval ganti yg lbh panjang.

Yg penting cooling system kuncinya.
Detil teknis bisa japri untuk cek cooling system, ke suhu mbah marmut.
Oke om makasih infonya, jd cm gimmick yaa.
very much welcome om
:big_deal:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Chr1stm1 »

Just info eneos x 0w20
Sudah api SP dan v100nya di 8,2cst enteng...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 4:16
Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 2:30
Haiqalesha wrote: Fri Feb 23, 2024 2:29

Buat 1 nz tapi :D
oh ya udah PFG 5w30 aja :big_peace:
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.

1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih 🙏

Makasih om.
mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 16:13 Hahaha
Arabian base oil club :big_biglaugh:
biar varokah om, pakai yg asli ada aksara Arabnya :big_biglaugh:

first impression, enoc ga se ringan GM Tech pas di gas.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Sat Mar 02, 2024 11:34
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 16:13 Hahaha
Arabian base oil club :big_biglaugh:
biar varokah om, pakai yg asli ada aksara Arabnya :big_biglaugh:

first impression, enoc ga se ringan GM Tech pas di gas.
Gas dl om 500km coba.
Minyak arab agak laen.
Hahaha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: Sat Mar 02, 2024 7:09 Just info eneos x 0w20
Sudah api SP dan v100nya di 8,2cst enteng...
Gile ini eneos....sampe spek 10w40nua pun api SP seingat sy
Red1nzer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 29, 2024 13:24
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Red1nzer »

t105erd wrote: Sat Mar 02, 2024 11:33
Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 4:16
Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 2:30

oh ya udah PFG 5w30 aja :big_peace:
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.

1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih 🙏

Makasih om.
mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

RezPrat wrote: Fri Mar 01, 2024 6:55
iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21
sahabatq8 wrote: Thu Feb 29, 2024 2:29

Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Sat Mar 02, 2024 13:30
RezPrat wrote: Fri Mar 01, 2024 6:55
iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21

kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)

Cocok buat CiBo koq
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by andrejunior »

Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 13:36
iamwewe wrote: Sat Mar 02, 2024 13:30
RezPrat wrote: Fri Mar 01, 2024 6:55

Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)

Cocok buat CiBo koq
CiBo kirain C180 :big_grin:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by rakyatwkwkland »

iamwewe wrote: Sat Mar 02, 2024 13:30
RezPrat wrote: Fri Mar 01, 2024 6:55
iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21

kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Q8 kalo yg d1fe 0w20 yg udah API SP mah harusnya cocok om. Kan katanya API SP udah anti LSPI gituan yg cocok buat mesin turbo.

Kalo mobil 1 triple action ane lagi pake nih oom yg 0w20. Kalo kata orang c4kr4 sih cuma rebrand kemasan baru dari mobil1 advance fuel economy, tidak lupa juga harga ikut naik :e-dance: Tapi yang jelas dari masih pake nama AFE sampe sekarang jadi triple action ane udah ketagihan pake ni oli. Dipake di enjin K15B bikin suara mesin jadi alussss... Dari dulu pertama pake di 70k km sampe sekarang udah 90an rb km selalu pake sampe 10 rb km. So far mesin masih bersih sih.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

andrejunior wrote: Sat Mar 02, 2024 15:50
Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 13:36
iamwewe wrote: Sat Mar 02, 2024 13:30

ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)

Cocok buat CiBo koq
CiBo kirain C180 :big_grin:
Klo c-180 pk Fastron Gold 5w30 dong :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Sat Mar 02, 2024 13:36
iamwewe wrote: Sat Mar 02, 2024 13:30
RezPrat wrote: Fri Mar 01, 2024 6:55

Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)

Cocok buat CiBo koq
nah.. akhirnya daripada pusing2 jadi pagi ini iseng browsing. di webnya q8 sih udh comply banyak banget standarnya.. api sn, sn+ dexos apalah ada ford GM gitu tulis2nya. emang apa sih om kode2 ini artinya? secara garis besar aja om.

trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?

LSPI juga udh tau akhirnya. kalo gk salah nangkep lagi speed rendah tiba2 dibejek yak. low speed pre ignition
rakyatwkwkland wrote: Sat Mar 02, 2024 17:05
iamwewe wrote: Sat Mar 02, 2024 13:30
RezPrat wrote: Fri Mar 01, 2024 6:55

Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Q8 kalo yg d1fe 0w20 yg udah API SP mah harusnya cocok om. Kan katanya API SP udah anti LSPI gituan yg cocok buat mesin turbo.

Kalo mobil 1 triple action ane lagi pake nih oom yg 0w20. Kalo kata orang c4kr4 sih cuma rebrand kemasan baru dari mobil1 advance fuel economy, tidak lupa juga harga ikut naik :e-dance: Tapi yang jelas dari masih pake nama AFE sampe sekarang jadi triple action ane udah ketagihan pake ni oli. Dipake di enjin K15B bikin suara mesin jadi alussss... Dari dulu pertama pake di 70k km sampe sekarang udah 90an rb km selalu pake sampe 10 rb km. So far mesin masih bersih sih.
iya om, udh cek di webnya sih ada api SP SN SNplus juga sih. kalo liat dari buku manual cibo cuma tulis 0w20 jadi ya udh sih gk telalu kepikiran gimana. cuma emang ke depan mau coba2 aja merk lain juga kekeke

btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy :mky_01:

tq banget om sharingnya. nanti sy coba pakai buat next ganti oli :big_exellent:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Sun Mar 03, 2024 1:47 nah.. akhirnya daripada pusing2 jadi pagi ini iseng browsing. di webnya q8 sih udh comply banyak banget standarnya.. api sn, sn+ dexos apalah ada ford GM gitu tulis2nya. emang apa sih om kode2 ini artinya? secara garis besar aja om.

trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?

LSPI juga udh tau akhirnya. kalo gk salah nangkep lagi speed rendah tiba2 dibejek yak. low speed pre ignition
artinya sudah melebihi standard rekomendasi yg ditetapkan oleh:
- bbrp produsen otomtif secara spesifik (GM, Ford, dsb)
- atau standard lendir scr umum (API)

iamwewe wrote: Sun Mar 03, 2024 1:47
-cut-

tq banget om sharingnya. nanti sy coba pakai buat next ganti oli :big_exellent:
setelah itu coba lagi pk Q8, jd perbandingan nya Apple to Apple.

karena:
- oli sblm Q8 ini kan oli nya HPM Indonesia
- sementara Next-nya pk Mobil-1, itu kan bekasnya Q8 masih nempel di mesin

intinya, aditif yg nempel di oli sblmnya jg dah beda.
wkwkwkwk.

makanya bbrp warga sini, gak rekomen pk engine flush gtu, termasuk saya sih :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 945
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 13:03
t105erd wrote: Sat Mar 02, 2024 11:33
Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 4:16

Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih 🙏

Makasih om.
mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.

1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah :big_slap:

Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

azu wrote: Sun Mar 03, 2024 3:01
Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 13:03
t105erd wrote: Sat Mar 02, 2024 11:33

mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.

1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah :big_slap:

Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

azu wrote: Sun Mar 03, 2024 3:01
Red1nzer wrote: Sat Mar 02, 2024 13:03
t105erd wrote: Sat Mar 02, 2024 11:33

mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.

1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah :big_slap:

Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 945
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Suryaputra wrote: Sun Mar 03, 2024 3:06
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini :upss:
Saya aja baru ngeh saat ganti oli terakhir mbah :mky_01:

Si Vios ini biasanya ganti oli itu 3.2Liter dengan posisi dipstick di 3/4, biasanya setiap 1000Km saya tambahin 200ml biar balik ke 3/4 lagi. Nah yg terakhir ini aga sering saya top up nya, entah kenapa lebih banyak penguapannya dari biasanya, sampai terakhir di 5rb Km itu posisi di dipatick tinggal 1/4 lagi ke low.

Sekarang sih ganti pakai Kixx 5W-30 isi di sekitar 3.5L sampai f di dipstick. udah topup 300ml sih dalam 2.000 Km, sekarang saya usahakan di Full aja terus.

Mana barusan cek di body Filter Oli ada agak basah oli tipis, saya cek dengan hand tight sih udah rapet ya. Tadi sih saya coba bersihin FO dan area sekitarnya dengan brake cleaner dulu, kita lihat pemakaian beberapa hari ke depan apakah muncul lagi itu basah olinya. Padahal pas top up terakhir bbrp minggu lalu masih kering itu FO :big_childish:
t105erd wrote: Sun Mar 03, 2024 3:51

sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
Sejak saya dapet mobil ini 6 tahun lalu udah gitu sih om, termasuk dengan varnishnya :mky_01:

Sekarang udah jalan 50an ribu Km pakai oli 5W-30 (sebelumnya saya biasanya diisi 10W-40) masih aman sih om, masih wajar lah penguapannya. Masih jauh dari batas maksimalnya pabrikan di 1liter per 1000Km :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD